Senin, 14 September 2015

STRATEGI BELAJAR MENGAJAR SD SEMESTER 3/PGSD2 STKIP ISLAM



MATERI STRATEGI BELAJAR MENGAJAR  SD SEMESTER 3/PGSD2 
STKIP ISLAM  BUMIAYU

No.
Pokok Bahasan
Sub Pokok Bahasan
Kel Diskusi
Tapka
1
KONSEP BELAJAR MENGAJAR
1.   Konsep belajar
2.   Konsep mengajar
3.   Komponen pengajaran : tujuan siswa, guru, materi, metode, alat / sumber, evaluasi
4.   Komunikasi dalam proses belajar mengajar: komunikasi sebagai aksi,  sebagai interaksi dan sebagai transaksi
5.   Kriteria keberhasilan pengajaran:
      (Ditinjau dari segi proses dan dari segi hasil)
1
2
2
STRATEGI BELAJAR MENGAJAR
1.    Pengertian SBM
2.   Dimensi SBM (dimensi perancangan dan dimensi pelaksanaan)
3.   Jenis SBM (SBM eksploitasi dan SBM Heuristik )
4.   Kriteria pemilihan strategi belajar mengajar
2
3
3
TUJUAN PENDIDIKAN DAN PENGAJARAN
1.   Tingkatan tujuan pendidikan dan pengajaran (TPN,tujuan instruksional, tujuan penggiring)
2.   Klasifikasi tujuan pengajaran (ramah, kognitif, efektif dan psikomotor)
3.   Jenis tujuan pembelajaran : (tujuan umum pembelajaran dan tujuan khusus pembelajaran )
3
4
4
BAHAN PELAJARAN DAN KEGIATAN BELAJAR
1.    Kategori bahan pelajaran (fakta, konsep, prinsip dan keterampilan)
2.    Langkah-langkah dalam mengembangkan bahan pelajaran
3.    Kriteria dalam menetapkan / mengembangkan bahan pelajaran
4.    Kategori kegiatan belajar siswa (belajar mandiri, belajar kelompok dan belajar klasikal)
4
5
5
PENDEKATAN BELAJAR MENGAJAR
1.         Pengertian pendekatan belajar mengajar
2. Jenis-jenis pendekatan mengajar (pendekatan tradisional, kelompok, bervariasi, edukatif, pengalaman, pembiasaan, emosional, rasional, fungsional, kebermaknaan imposisi, teknologi, personalisasi dan interaksi)
5
6
6
METODE DAN TEKNIK BELAJAR
1.   Peranan metode dan teknik mengajar
2. Jenis-jenis metode mengajar (ceramah, tanya jawab, diskusi, demonstrasi, tugas, eksperimen, simulasi)
3. Keunggulan dan kelemahan setiap metode mengajar
4.         Prosedur pelaksanaan setiap metode mengajar dalam PBM
6
7
7
MEDIA, SUMBER DAN ALAT PEMBELAJARAN
1.    Pengertian media, alat dan sumber bahan pembelajaran
2.    Jenis-jenis media pembelajaran (media cetak dan elektronik)
3.    Jenis alat pembelajaran (umum dan khusus)
4.    Pemilihan media, alat dan sumber pembelajaran
7
8
8
PENERAPAN CBSA, PKP DAN MODEL DALAM PEMBELAJARAN
1.    Rasional penerapan dan pengertian CBSA dalam pembelajaran
2.    Prinsip-prinsip penerapan CBSA dalam pembelajaran
3.    Rasional penerapan dan pengertian PKP dalam pembelajaran
4.    Jenis-jenis keterampilan yang dapat dikembangkan pada anak SD dalam pembelajaran
5.    Langkah-langkah KBM pada penerapan PKP
8
9
9
STRATEGI PEMBELAJARAN EKSPOSITORY, DISCOVERY, INQUIRY, COOPERATIVE LEARNING DAN CTL.
1.   Faktor-Faktor Strategi Pembelajaran
2.   Jenis Strategi Pembelajaran
3.   Konsep Dan Prinsip Penggunaan Strategi Pembelajaran Ekspository, Discovery, Inquiry, Cooperative Learning dan CTL.
9
10
10
MODEL PAIKEM
1.   Pembelajaran Aktif,  Inovatif, Kreatif, Efektif Dan Menyenangkan
2.   Langkah-Langkah Dan Model Pembelajaran Paikem
10
11
11
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

1.    Pengertian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
2.    Langkah-Langkah Rencana Pembelajaran
11
12
12
BERTANYA, MENJELASKAN, MENGADAKAN VARIASI, DAN MEMBERI PENGUATAN
1.   Keterampilan bertanya, menjelaskan, mengadakan variasi, dan memberi penguatan.
2.   Metode dan langkah-langkah bertanya, menjelaskan, variasi, dan member penguatan.
12
13
13
MEMBUKA DAN MENUTUP PELAJARAN, MENGELOLA KELAS, MEMBIMBING DISKUSI, DAN MENGAJAR KELOMPOK SISWA
1.   Keterampilan membuka dan menutup pelajaran, mengelola kelas, membimbing diskusi, dan mengajar kelompok kecil/perorangan dan kelompok besar.
2.   Metode dan langkah-langkah  membuka dan menutup pelajaran, mengelola kelas, membimbing diskusi, dan mengajar kelompok kecil/perorangan dan kelompok besar.
13
14

Tidak ada komentar:

Posting Komentar