Kamis, 18 Februari 2021

PEMBELAJARAN MULTIMEDIA STAI BREBES SEM-IV TA 2020/2021

 

SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM (STAI) BREBES

JURUSAN TARBIYAH/PROGDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI)

SEMESTER IV (GENAP) TA.2020/2021

Alamat Kampus 3: TEGONG PURBANALA BUMIAYU BREBES JAWA-TENGAH 52273.

 


SILABUS PEMBELAJARAN MULTIMEDIA SEM-IV 2021

Isro, M.Ag.

 

1.      Pengertian, Kedudukan dan Urgensi Pembelajaran berbasis multimedia

2.      Penerapan,  prinsip dan karakteristik multimedia dalam pembelajaran

3.      Aplikasi Pembelajaran multimedia berbasis power point murni

4.      Aplikasi Pembelajaran multimedia kolaborasi power point dan photo

5.      Aplikasi Pembelajaran multimedia berbasis file audio

6.      Aplikasi Pembelajaran multimediaberbasis file video

7.      Aplikasi Pembelajaran multimedia berbasis photo slide dan movie/film

8.      Aplikasi Pembelajaran multimedia berbasis siaran radio, Tv dan streaming TV.

9.     Aplikasi Pembelajaran multimedia berbasis web/internet.

10.  Aplikasi Pembelajaran multimedia berbasis share jejaring sosial(email, FB, dll).

11.  Aplikasi Pembelajaran multimedia berbasis file  olahan adobe photoshop.

12.  Aplikasi Pembelajaran multimedia berbasis file olahan audio/video converter.

13.  Aplikasi software-software pendukung multimedia dalam Pembelajaran

14.  Aplikasi Pembelajaran multimedia sebagai design alat evaluasi/tes bagi siswa.

15.  UTS

16.  UAS

 

Referensi:

1.         Anderson, Ronald H. (1993). Pemilihan dan Pengembangan Media untuk Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka dan PT Raja Grafindo Persada Chandra (2003).

2.         Photoshop 7.0 untuk Orang Awam. Palembang : CV. Maxikom. Giles, David (2003).

3.         Hamalik, Oemar (1986). Media Pendidikan. Bandung : Alumni.

4.         Kadir, Abdul (2003). Pengenalan Sistem Informasi. Yogyakarta : ANDI.

5.         Pribadi, B.A, dkk (2008). Komputer dalam Kegiatan Pengembangan Anak Usia Dini (Modul).

6.         Suarna, Nana (2005). Pedoman Praktikum Microsoft Office. Bandung: Yrana Widuya.

7.         Sudjana, N., Rivai, A(1997) Teknologi Pengajaran. Bandung : Sinar Baru

8.         Tim Litbang Wahana Komputer (1999). Desain Grafts dengan Corel Draw 8.0. Yogyakarta: ANDI.

9.         Tim Litbang Wahana Komputer (2004). Pembuatan Animasi dengan Macromedia Director MX. 2004. Yogyakarta : ANDI.

10.     Isro, (2012) Diktat Pengenalan Internet, Ms. Words, Ms. Power Point, Dll, Unpublished.

11.     Dan semua referensi yang mendukung.

 

Bumiayu, 18 Februari 2021

Pengampu,

 

Isro.M.Ag.

 

PEMBAGIAN JUDUL INDIVIDU MATKUL PEMBELAJARAN MULTIMEDIA

NO

NAMA

JUDUL INDIVIDU

1.       

Ms. Words

RL,Telaah dan aplikasinya

2.       

Ms.excel

RL,Telaah dan aplikasinya

3.       

Ms. Powerpoint

RL,Telaah dan aplikasinya

4.       

Audio

RL,Telaah dan aplikasinya

5.       

Video

RL,Telaah dan aplikasinya

6.       

Mpeg3

RL,Telaah dan aplikasinya

7.       

Mpeg4

RL,Telaah dan aplikasinya

8.       

Web/internet

RL,Telaah dan aplikasinya

9.       

Email

RL,Telaah dan aplikasinya

10.   

Facebook

RL,Telaah dan aplikasinya

11.   

Software audio

RL,Telaah dan aplikasinya

12.   

Software video

RL,Telaah dan aplikasinya

13.   

Software photo

RL,Telaah dan aplikasinya

14.   

Software converter audio

RL,Telaah dan aplikasinya

15.   

Software video

RL,Telaah dan aplikasinya

16.   

Model tes via computer

RL,Telaah dan aplikasinya

17.   

Model tugas via computer

RL,Telaah dan aplikasinya

18.   

Model diskusi via computer

RL,Telaah dan aplikasinya

19.   

Model pengayaan via computer

RL,Telaah dan aplikasinya

20.   

Model remedial dengan computer

RL,Telaah dan aplikasinya

21.   

Pembelajaran di  lab computer

RL,Telaah dan aplikasinya

22.   

aplikasi camera utk pembelajaran

RL,Telaah dan aplikasinya

23.   

aplikasi chanel TV dlm PBM

RL,Telaah dan aplikasinya

24.   

Youtube dlm PBM

RL,Telaah dan aplikasinya

25.   

Kolaborasi powerpoint web

RL,Telaah dan aplikasinya

26.   

Kolaborasi powerpoint grafik

RL,Telaah dan aplikasinya

27.   

Kolaborasi powerpoint chart

RL,Telaah dan aplikasinya

28.   

Kolaborasi powerpoint video

RL,Telaah dan aplikasinya

29.   

Kolaborasi powerpoint audio

RL,Telaah dan aplikasinya

30.   

Kolaborasi powerpoint photo

RL,Telaah dan aplikasinya

31.   

Kolaborasi powerpoint angka

RL,Telaah dan aplikasinya

32.   

Kolaborasi powerpoint test

RL,Telaah dan aplikasinya

33.   

Kolaborasi powerpoint game

RL,Telaah dan aplikasinya

34.   

OS Android/Aple/symbian

RL,Telaah dan aplikasinya

35.   

Power bank USB

RL,Telaah dan aplikasinya

36.   

Mini Player/Mp3 Player

RL,Telaah dan aplikasinya

37.   

Bahaya Game/Game Online

RL,Telaah dan aplikasinya

38.   

Anti Virus Komputer

RL,Telaah dan aplikasinya

39.   

Mhs yg blm terbagi

SMS Banking/Banking Net

RL,Telaah dan aplikasinya

40.   

Mhs yg blm terbagi

Finger Print/Face Print, dll

RL,Telaah dan aplikasinya

Bumiayu, 18 Februari 2021

Pengampu,

 

Isro, S.Ag, S.Pd.Kkt, M.Ag.

 

MATERI MATKUL PEMBELAJARAN MULTIMEDIA

 

No.

Pokok Bahasan

Kel Diskusi

Tapka

1

Pengertian, Kedudukan dan Urgensi Pembelajaran berbasis multimedia

1

2

2

Penerapan prinsip dan karakteristik multimedia dalam pembelajaran

2

3

3

Aplikasi Pembelajaran multimedia berbasis power point murni

3

4

4

Aplikasi Pembelajaran multimedia kolaborasi power point dan photo

4

5

5

Aplikasi Pembelajaran multimedia berbasis file audio

5

6

6

Aplikasi Pembelajaran multimediaberbasis file video

6

7

7

Aplikasi Pembelajaran multimedia berbasis photo slide dan movie/film

7

8

8

Aplikasi Pembelajaran multimedia berbasis siaran radio, Tvdan streaming TV.

8

9

9

Aplikasi Pembelajaran multimedia berbasis web/internet.

9

10

10

Aplikasi Pembelajaran multimedia berbasis share jejaring sosial(email, FB, dll).

10

11

11

Aplikasi Pembelajaran multimedia berbasis file  olahan adobe photoshop.

11

12

12

Aplikasi Pembelajaran multimedia berbasis file olahan audio/video converter.

12

13

13

Aplikasi software-software pendukung multimedia dalam Pembelajaran

13

14

14

Aplikasi Pembelajaran multimedia sebagai design alat evaluasi/tes bagi siswa.

14

15

Makalah Kelompok harus sudah terkonsep ketika diskusi kelas berlangsung…!

Makalah Individu diserahkan kepada dosen pengampu paling lambat ketika UAS.

 

Bumiayu, 18 Februari 2021

Pengampu,

 

Isro, S.Ag, S.Pd. Kkt, M.Ag.

 

PEMBAGIAN JUDUL KEL DISKUSI DAN TAPKA PEMB MULTIMEDIA

NO

NAMA

KEL DISKUSI

TOPIK KE-

TAPKA

1.       

1

1

2

2.       

2

2

3

3.       

3

3

4

4.       

4

4

5

5.       

5

5

6

6.       

6

6

7

7.       

7

7

8

8.       

8

8

9

9.       

9

9

10

10.   

10

10

11

11.   

11

11

12

12.   

12

12

13

13.   

13

13

14

14.   

14

14

15

15.   

1

1

2

16.   

2

2

3

17.   

3

3

4

18.   

4

4

5

19.   

5

5

6

20.   

6

6

7

21.   

7

7

8

22.   

8

8

9

23.   

9

9

10

24.   

10

10

11

25.   

11

11

12

26.   

12

12

13

27.   

13

13

14

28.   

14

14

15

29.   

1

1

2

30.   

2

2

3

31.   

3

3

4

32.   

4

4

5

33.   

5

5

6

34.   

6

6

7

35.   

7

7

8

36.   

8

8

9

37.   

9

9

10

38.   

10

10

11

39.   

11

11

12

40.   

Mhs yg blm terbagi lanjut....

12

12

13

Bumiayu, 18 Februari 2021

Pengampu,

 

Isro, S.Ag, S.Pd. Kkt, M.Ag.

Ket:

Bila mau konsultasi bias via email: Isromag2@gmail.com

Judul Tugas individu dan kelompok dapat dilihat dalam Blog:Isromag.blogspot.com

Telp/Sms: 0852-1519-5333 / WA: 085322816919.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar