Selasa, 14 Agustus 2012

PANDUAN PERKULIAHAN SPI


SEKOLAH TINGGI ILMU TARBIYAH (STIT) BREBES
JURUSAN TARBIYAH/PROGDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI)
Alamat Kampus 3: MAN BREBES 2 LAREN BUMIAYU BREBES 52273.


 


PANDUAN PERKULIAHAN SEJARAH PENDIDIKAN ISLAM
Pengampu: Isro, M.Ag.

A.   Sasaran
Mata Kuliah ini didesain untuk memahami, mengenal, mengadakan analisis kritis terhadap seluk-beluk yang berkaitan dengan “Sejarah Pendidikan Islam”. Dengan demikian, mahasiswa akan mampu: Memahami dengan benar tentang ruang lingkup sejarah pendidikan Islam, pertumbuhan dan perkembangan pendidikan Islam di Asia Barat dan pendidikan Islam di Indonesia.
Mengingat mata kuliah ini termasuk mata kuliah dasar khusus (MKDK), maka kuliah ini hanya bersifat pengantar, tidak membahas Sejarah Pendidikan Islam secara detail. Kuliah ini sekedar memberikan arahan dan pengantar bagi para mahasiswa untruk mengungkap lebih rinci dan detail terhadap masalah yang berkaitan dengan Sejarah Pendidikan Islam Mahasiswa sendirilah yang nantinya akan mendalami baik secara mandiri (otodidak) maupun secara kelompok (kolektif).

B.   Sistem Perkuliahan
Perkuliahan ini dilakukan atas asumsi bahwa mahasiswa adalah sosok individu yang memiliki kemandirian belajar, karena itu perkuliahan ini pada dasarnya untuk mengaktifkan, menggairahkan dan meningkatkan kemampuan belajar mandiri. Sehingga untuk perkuliahan melalui ceramah dikurangi semaksimal mungkin. Sebagai gantinya mahasiswa diarahkan untuk mendiskusikan tema-tema yang ada secara serius.
Untuk itu, maka diwajibkan kepada masing-masing mahasiswa (baik secara perorangan atau group) menulis satu makalah/paper untuk dipresentasikan. Dan makalah tersebut hendaknya dibuat rangkap/digandakan secukupnya (untuk peserta dan pengampu mata kuliah). Makalah/paper tersebut selanjutnya dipresentasikan paling lama 15 menit untuk selanjutnya didiskusikan di dalam ruang kuliah dengan tertib.

C.   Sistem Penilaian
1.    Absensi/partisipasi kelas (kehadiran dan kontribusi pemikiran dalam diskusi 25 %.
2.    Makalah (presentasi dan revisi) 15 %
3.    Tugas Mandiri (sesuai situasi dan kondisi) 15 %.
4.    Mid semester 20 %.
5.    Ujian akhir 25 %.

D.   Cara Penulisan Paper/Makalah
Makalah/Paper yang ditulis dan dipresentasikan harus mengikuti prosedur sebagai berikut:
1.    Pendahuluan (suatu problem/masalah yang akan dijawab/dibahas).
2.    Pengertian (sub-sub yang akan dibahas harus dijelaskan secara singkat).
3.    Pembahasan (jawaban problem/pembahasan dari literatur/buku-buku).
4.    Analisis/argumentasi (jawaban yang diutarakan sebagai orisinalitas pandangan dari penulis makalah/paper yang bersangkutan).
5.    Kesimpulan/penutup (bukan ringkasan makalah/paper, melainkan ulasan singkat mengenai problem solving terhadap masalah yang ada.
6.    Bentuk penulisan: a). Memakai font 12 (TNR) atau Tahoma 11. b. Margin kanan kiri ukuran standar. c. Bila ada kutipan gunakan cakak (foot note bukan body note atau end note).
7.    Referensi (mengenai data buku; judul, pengarang, tahun, penerbit, cetakan, penerjemah).

E.    Manajemen Waktu Kuliah
Waktu perkuliahan setiap pertemuan untuk alokasi waktu 60/100 menit, dengan perincian sebagai berikut:
1.    Preparasi                                                       5/10 menit
2.    Presentasi makalah/paper                                 10/20 menit
3.    Tanya Jawab                                                  30/40 menit
4.    Masukan pengampu mata kuliah                        15/30 menit

F.    Ragam Tema diskusi (Silaby)
Lihat lampiran

G.   Penutup
Panduan ini disusun dengan harapan dapat menjadi acuan proses perkuliahan Sejarah Pendidikan  Islam dan juga dapat berfungsi sebagai jembatan untuk mencapai tujuan akhir dari perkuliahan ini.


 Bumiayu, 1 Pebruari  2010.
 Pengampu Mata Kuliah,



    Isro, M.Ag.


Lampiran F.
SILABI SEJARAH PENDIDIKAN ISLAM

DISKRIPSI MATA KULIAH :
 

Mata Kuliah ini meliputi kajian tentang : Studi Pendahuluan Sejarah Pendidikan Islam, pertumbuhan dan perkembangan pendidikan Islam dan Pendidikan Islam di Indonesia.


TOPIK BAHASAN

A.  Studi Pendahuluan Sejarah Pendidikan Islam:
1.  Pengertian, Obyek dan metode, kegunaan dan Priodisasi Sejarah Pendidikan Islam.

B.  Pertumbuhan dan Perkembangan Sejarah Pendidikan Islam:
2. Keadaan Bangsa Arab Sebelum dan Islam Pendidikannya. (Tujuan, Tempat, Metode, dan Pendidikan Kaum Wanita).
3. Masa Pembinaan Pendidikan Islam di Mekah. (Tahapan Secara rahasia, secara terang-terangan, bahan, metode, faktor pendorong dan penghambat).
4.  Masa Pembinaan Pendidikan Islam di Madinah. (bahan atau materi, metode, pusat pendidikan, hasil pendidikan dan guru atau tenaga pendidik).
5.  Masa pertumbuhan dan perkembangan pendidikan Islam. (Pusat-pusat, pengajaran al-Qur’an, Pertumbuhan dan perkembangan kebudayaan Islam).
6.  Masa Kejayaan Pendidikan Islam. (Berkembangnya lembaga-lembaga pendidikan Islam, sistem pendidikan di sekolah-sekolah, puncak kemajuan Ilmu pendidikan Islam).
7.  Masa Kemunduran Pendidikan Islam.
8.  Masa Pembaharuan Pendidikan Islam.
9.  Corak Pendidikan Islam Pasca Rasulullah Masa Abasiyah dan Umayah.

C.  Pendidikan Islam di Indonesia:
10. Pertumbuhan dan Perkembangan pendidikan Islam di Indonesia. (Masa masuk dan berkembangnya, kebijakan pemerintah Belanda dan Jepang dalam bidang Pendidikan Islam, dan kebijakan pemerintah Indonesia dalam bidang Pendidikan Islam).
11. Organisasi, Lembaga, dan Tokoh-tokoh pendidikan Islam. (Organisasi, Jenis Lembaga dan para tokohnya).
12. sistem dan Isi Pendidikan Islam
13. Pendidikan Islam dan Pendidikan Nasional Indonesia.
14. Corak Pendidikan Islam Pada masa Orde Baru sampai sekarang.

--------0000-------

JUDUL TUGAS PEMBUATAN MAKALAH
YANG DIDISKUSIKAN DAN DIKUMPULKAN *)


NO.


JUDUL/TOPIK **)

PERTEMUAN

PEMAKALAH
NO. ABSEN: ***)


KET.

1
KE-1
KE-2
1, 14,27,40,53

2
KE-2
KE-3
2, 15,28,41,54

3
KE-3
KE-4
3, 16,29,42,55

4
KE-4
KE-4
4, 17,30,43,56

5
KE-5
KE-5
5, 18,31,44,57

6
KE-6
KE-5
6, 19,32,45,58

7
KE-7
KE-6
Semua , MHS

8
KE-8
KE-6
7,20,33,46,59

9
KE-9
KE-7
8,21,34,47,60

10
KE-10
KE-7
9,22,35,48,61,

11
KE-11
KE-8
10,23,36,4962

12
KE-12
KE-9
11,24,37,50,63

13
KE-13
KE-10
12,25,38,51,64

14
KE-14
KE-11
13,26,39,52,65

15
Mid Semester
KE-7
Semua MHS

16
UAS
KE-15
Semua MHS****)


Ket. :
*)   Jika makalah belum jadi ketika diskusi, cukup membawa konsep saja, makalah harus sudah diserahkan kepada pengampu mata kuliah paling lambat sebelum semester akhir.
**) Lihat Judul/Topik untuk judul makalah yang ada dalam lampiran F.
***) Nama pemakalah dapat dilihat dalam Absensi kelas harian, untuk memudahkan penilaian makalah cantumkan no. Absen dan nama pemakalah ybs.
****) Semester Akhir (Pertemuan Khusus).

REFERENSI
1.        Busyairi Madjidi, Sejarah Pendidikan Islam.
2.        I. Djumhur, Sejarah Pendidikan Islam.
3.        Zuhairini, Sejarah Pendidikan Islam.
4.        Muhammad Athiyah al-Abrasyi, Sejarah Pendidikan Islam.
5.        Mahmud  Junus, Sejarah Pendidikan Islam.
6.        Mahmudah, Sejarah Pendidikan Islam.
7.        Dan semua refernsi yang mendukung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar