Kamis, 09 Februari 2017

Sylabus Pembelajaran Komputer dan Internet-2 (Sem-II/Genap)



SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM (STAI) BREBES
JURUSAN TARBIYAH/PROGDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI)
Alamat Kampus 2: SMP BU NU-1  BUMIAYU BREBES 52273.


 


SILABUS DAN SATUAN ACARA PERKULIAHAN (SAP)
Mata Kuliah : Pembelajaran Komputer dan Internet-2 (Sem-II/Genap)
Oleh: Isro, M.Ag.

A.    Sasaran
Mata Kuliah ini didesain untuk memahami, mengenal, mengadakan analisis kritis terhadap seluk-beluk yang berkaitan dengan “Pembelajaran Komputer dan Internet”. Dengan demikian, mahasiswa akan mampu: 1). Memperluas, memahami konsep dan pengertian Komputer dan Internet. 2). Mengerti dan memahami perkembangan Komputer dan Internet  3). Mengerti dan memahami ruang lingkup serta karakteristik Komputer dan Internet  yang digunakan dalam pelaksanaan proses belajar mengajar saat ini.
Mengingat mata kuliah ini termasuk mata kuliah dasar (MKD), maka kuliah ini hanya bersifat pengantar, tidak membahas Komputer dan Internet  secara detail. Kuliah ini sekedar memberikan arahan dan pengantar bagi para mahasiswa untruk mengungkap lebih rinci dan detail terhadap masalah yang berkaitan dengan Komputer dan Internet . Mahasiswa sendirilah yang nantinya akan mendalami baik secara mandiri (otodidak) maupun secara kelompok (kolektif).

B.     Sistem Perkuliahan
Perkuliahan ini dilakukan atas asumsi bahwa mahasiswa adalah sosok individu yang memiliki kemandirian belajar, karena itu perkuliahan ini pada dasarnya untuk mengaktifkan, menggairahkan dan meningkatkan kemampuan belajar mandiri. Sehingga untuk perkuliahan melalui ceramah dikurangi semaksimal mungkin. Sebagai gantinya mahasiswa diarahkan untuk mendiskusikan dan mempraktekan tema-tema yang ada secara serius.
Untuk itu, maka diwajibkan kepada masing-masing mahasiswa (baik secara perorangan atau group) menulis satu makalah/paper untuk dipresentasikan. Dan makalah tersebut hendaknya dibuat rangkap/digandakan secukupnya (untuk peserta dan pengampu mata kuliah). Makalah/paper tersebut selanjutnya dipresentasikan paling lama 15 menit untuk selanjutnya didiskusikan di dalam ruang kuliah dengan tertib.

C.    Sistem Penilaian
1.    Absensi/partisipasi kelas (kehadiran dan kontribusi pemikiran dalam diskusi 25 %.
2.    Makalah (presentasi dan revisi) 15 %
3.    Tugas Mandiri (sesuai situasi dan kondisi) 15 %.
4.    Mid semester 20 %.
5.    Ujian akhir 25 %.

D.    Cara Penulisan Paper/Makalah
Makalah/Paper yang ditulis harus mengikuti prosedur sebagai berikut:
  1. Pendahuluan (suatu problem/masalah yang akan dijawab/dibahas).
  2. Pengertian (sub-sub yang akan dibahas harus dijelaskan secara singkat).
  3. Pembahasan (jawaban problem/pembahasan dari literatur/buku-buku).
  4. Analisis/argumentasi (jawaban yang diutarakan sebagai orisinalitas pandangan dari penulis makalah/paper yang bersangkutan).
  5. Kesimpulan/penutup (bukan ringkasan makalah/paper, melainkan ulasan singkat mengenai problem solving terhadap masalah yang ada.
  6. Bentuk penulisan: a). Memakai font 12 (TNR) atau Tahoma 11 juga calibri 11.  b. Margin kanan kiri ukuran standar. c. Bila ada kutipan gunakan cakak (foot note bukan body note atau end note).
  7. Referensi (mengenai data buku; judul, pengarang, tahun, penerbit, cetakan, penerjemah).
  8. Makalah Individu dikumpulkan dalam bentuk hard copy atau  Soft Copy CD atau dikirim lewat e-mail: isromag2@gmail.com paling lambat sampai Ujian Akhir Semester (UAS).
 E.     Manajemen Waktu Kuliah
Waktu perkuliahan setiap pertemuan untuk alokasi waktu 60/100 menit, dengan perincian sebagai berikut:
1.    Preparasi                                                                        5/10 menit
2.    Presentasi makalah/paper                                               10/20 menit
3.    Tanya Jawab                                                                  30/40 menit
4.    Masukan pengampu mata kuliah                                   15/30 menit

F.     Ragam Tema diskusi (Silaby)
Lihat lampiran

G.    Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah yang diberikan pada program S-1 PAI. Selesai mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan memahami pentingnya Pembelajaran komputer dan Internet bagi dunia pendidikan. Perkuliahan ini juga mengkaji pemanfaatan komputer dan internet dalam pembelajaran di sekolah. Pelaksanaan kuliah menggunakan pendekatan ekspositori dalam bentuk ceramah, tanya jawab dan demonstrasi yang dilengkapi dengan penggunaan lab komputer, infocus/LCD dan pendekatan inkuiri yaitu penyelesaian tugas penyusunan dan penyajian makalah, diskusi dan pemecahan masalah, observasi. Dan  Tahap penguasaan mahasiswa selain evaluasi melalui UTS dan UAS juga evaluasi terhadap tugas mandiri, penyajian dan diskusi.

H.    Tujuan Akhir Perkuliahan
Selesai mengikuti perkuliahan ini mahasiswa dapat memahami pentingnya pembelajaran komputer, menganalisis manfaat pembelajaran komputer dalam dunia pendidikan, mengetahui prosedur pemilihan dan pengembangan pembelajaran komputer, menguasai beberapa program aplikasi untuk pengembangan pembelajaran komputer, dan mampu memanfaatkan internet untuk berbagai tujuan pendidikan.

I.       Deskripsi isi
Dalam perkuliahan ini dibahas pentingnya pembelajaran komputer dalam kehidupan sehari-hari, pengaruh pembelajaran komputer, pengenalan komponen-komponen komputer, prosedur, pemilihan dan pengembangan program pembelajaran komputer, pengembangan program pembelajaran berbasis program multimedia dalam dunia pendidikan. Perkuliahan ini juga mengkaji pemanfaatan internet dalam pembelajaran di sekolah.

J. Pendekatan Pembelajaran (Ekspositori dan inkuiri)
1.    Metode: ceramah, tanya jawab, demonstrasi, diskusi, pemecahan masalah dan praktek pengembangan program media.
2.    Tugas : makalah, penyajian dan diskusi, produksi program pembelajaran komputer
3.    Media : OHP, LCD, Modul, Buku, WEB.

K. Evaluasi
1.    Kehadiran
2.    Makalah
3.    Penyajian dan diskusi
4.    UTS
5.    UAS

J.      Penutup
Panduan ini disusun dengan harapan dapat menjadi acuan proses perkuliahan Komputer dan Internet  dan juga dapat berfungsi sebagai jembatan untuk mencapai tujuan akhir dari perkuliahan ini.


 Bumiayu, 9 Februari 2017
 Pengampu Mata Kuliah,


Isro, M.Ag.

PEMBELAJARAN KOMPUTER DAN INTERNET-II
Rincian materi perkuliahan tiap pertemuan

Pertemuan 1 : Orientasi perkuliahan
Pertemuan 2 : Aplikasi Words dan Paper/makalah/Skripsi, dll.
Pertemuan 3 : Aplikasi Words dan Tabel Data.
Pertemuan 4 : Aplikasi Words dan File JPG, Scane, dan sejenisnya.
Pertemuan 5 : Aplikasi Excel dan Tabel Data.
Pertemuan 6 : Aplikasi Excel dan Olah Data Nilai/Evaluasi Score Nilai.
Pertemuan 7 : Aplikasi Power Point dan View LCD
Pertemuan 8 : Aplikasi Electronic Mail sebagai Media Pembelajaran.
Pertemuan 9 : Blog sebagai Media Pembelajaran.
Pertemuan 10 : Web dan Searching Data.
Pertemuan 11 : Aplikasi Soft Ware Penting untuk  Pembelajaran
Pertemuan 12 : Aplikasi Arabic Pad dalam Ms. Words.
Pertemuan 13 : Aplikasi Al-Qur’an digital dalam Ms.words.
Pertemuan 14 : Aplikasi Panggil data/File yang Terhapus/Hilang(Recuva).
Pertemuan 15 : Aplikasi Kamus Indonesia/Inggris/Arab  off line/on line.

Referensi
1.         Anderson, Ronald H. (1993). Pemilihan dan Pengembangan Media untuk Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka dan PT Raja Grafindo Persada Chandra (2003).
2.         Photoshop 7.0 untuk Orang Awam. Palembang : CV. Maxikom. Giles, David (2003).
3.         Hamalik, Oemar (1986). Media Pendidikan. Bandung : Alumni.
4.         Kadir, Abdul (2003). Pengenalan Sistem Informasi. Yogyakarta : Andi.
5.         Pribadi, B.A, dkk (2008). Komputer dalam Kegiatan Pengembangan Anak Usia Dini (Modul).
6.         Suarna, Nana (2005). Pedoman Praktikum Microsoft Office. Bandung: Yrana Widuya.
7.         Sudjana, N., Rivai, A(1997) Teknologi Pengajaran. Bandung : Sinar Baru
8.         Tim Litbang Wahana Komputer (1999). Desain Grafis dengan Corel Draw 8.0. Yogyakarta: Andi.
9.         Tim Litbang Wahana Komputer (2004). Pembuatan Animasi dengan Macromedia Director MX. 2004. Yogyakarta : Andi.
10.     Isro, (2012) Diktat Pengenalan Internet, Ms. Words, Ms. Power Point, Dll, Unpublished.
 
JUDUL TUGAS PEMBUATAN MAKALAH
Individu Yang Dikumpulkan Pra UAS Lewat Cd/Email/Hard Copy.

NO. Absen
NAMA
JUDUL PAPER
KET.
1
Ahmad Dahlan
Aplikasi Words
dan PRL
Min 14 Lbr
2
Ahmad Hidayatulloh
Aplikasi excel
dan PRL
Min 14 Lbr
3
Ahmad Muzaki
Aplikasi Converter Video audio
dan PRL
Min 14 Lbr
4
Amil Maulana
Aplikasi adobe photoshop
dan PRL
Min 14 Lbr
5
Azmiatul Farkhati
Aplikasi Corel Draw
dan PRL
Min 14 Lbr
6
Chalimatussa'diah
Aplikasi powerpoint
dan PRL
Min 14 Lbr
7
Duan Riyanto
Facebook
dan PRL
Min 14 Lbr
8
Ervina Maulida
What’s Up
dan PRL
Min 14 Lbr
9
Huril Mubin
BBM
dan PRL
Min 14 Lbr
10
Ida Farida
Email
dan PRL
Min 14 Lbr
11
Ilham Awaluna
Instagram
dan PRL
Min 14 Lbr
12
Imam Firmansyah
Koneksi Wifi
dan PRL
Min 14 Lbr
13
Imam Yusuf
Internet Iatellite
dan PRL
Min 14 Lbr
14
Khaerul Umam
TV Satelit
dan PRL
Min 14 Lbr
15
Krisno Aji
TV Cable
dan PRL
Min 14 Lbr
16
Laelatul Umroh
TV UHF/VHF
dan PRL
Min 14 Lbr
17
M.Sabbichis
Internet DVB Card/Grabbing
dan PRL
Min 14 Lbr
18
Makhfudz
Koneksi LAN
dan PRL
Min 14 Lbr
19
Mar'atus Solikhah
Koneksi WAN
dan PRL
Min 14 Lbr
20
Moh Ali Muntaha
Fiber Optic
dan PRL
Min 14 Lbr
21
Muanas
Provider Layanan Internet
dan PRL
Min 14 Lbr
22
Muawanah
Plasdish/MMC/Hardisk External
dan PRL
Min 14 Lbr
23
Muh Faqih Ridho
Modem internet
dan PRL
Min 14 Lbr
24
Muh Alpan Zaenuri
Saluran internet 2G/5G Radio
dan PRL
Min 14 Lbr
25
Muh Andi Rofik
Saluran 2G GPRS/Edge/Hsdp
dan PRL
Min 14 Lbr
26
Mufid
Saluran 3G
dan PRL
Min 14 Lbr
27
Musriah
Saluran 4G
dan PRL
Min 14 Lbr
28
Nurul Hidayatulloh
Satelit Palapa
dan PRL
Min 14 Lbr
29
Rita Hermawati
Satelite Telkom
dan PRL
Min 14 Lbr
30
Roikhatul Jannah
Satelit Brisat
dan PRL
Min 14 Lbr
31
Samsul Majid
Satelit Cakrawalta
dan PRL
Min 14 Lbr
32
Siti Asqia
Infra Red dan Bluetooth
dan PRL
Min 14 Lbr
33
Siti Nuratikah
Processor Pentium 3,4,Core, dll.
dan PRL
Min 14 Lbr
34
Sri Puji Astuti
CCTV digital
dan PRL
Min 14 Lbr
35
Umi Musahidatur R.
Lampu LED
dan PRL
Min 14 Lbr
36
Umi Nazikhah F.
Era Digital dan Komputer
dan PRL
Min 14 Lbr
37
Vita Rima Dina P.
Komputer Multidimensi
dan PRL
Min 14 Lbr
38
Yopi Susri Suryanti
Note book/Laptop
dan PRL
Min 14 Lbr
39
Yuni Dwi Oktaviani
OS Android/Aple/symbian
dan PRL
Min 14 Lbr
40
Hadi Munawar
LCD
dan PRL
Min 14 Lbr
41
Ahmad Subkhi
LD,VCD, DVD
dan PRL
Min 14 Lbr
42
Aida Chusnu Azqia
Power bank USB
dan PRL
Min 14 Lbr
43
Eka Ubaedah S.
Mini Player/Mp3 Player
dan PRL
Min 14 Lbr
44
Ahmad Lutfilhakim A
Bahaya Game/Game Online
dan PRL
Min 14 Lbr
45
Faiqoh
Anti Virus Komputer
dan PRL
Min 14 Lbr
46
Nur Alfiaturrizqi
SMS Banking/Banking Net
dan PRL
Min 14 Lbr
47
Mhs yang belum tercantum
Finger Print/Face Print, dll
dan PRL
Min 14 Lbr

Bumiayu, 9 Februari 2017
Pengampu Mata Kuliah,

Ket.                                                                                         Isro, M.Ag.
Ket.
1. Makalah Individu dikumpulkan sebelum UAS Lewat Hard Copy/ CD/Email.
2. Judul Makalah Individu tidak boleh ditukar dengan mhsw lain.
3. Dibuat/diketik sesuai dengan prosedur dan tidak kurang dari 14  lembar.
4. Buku referensi bebas yang penting berkaitan.

MATERI MATKUL  K+I-II

No.
Pokok Bahasan
Kel Diskusi
Tapka
1
Aplikasi Words dan Paper/makalah/Skripsi, dll.
1
2
2
Aplikasi Words dan Tabel Data.
2
3
3
Aplikasi Words dan File JPG, Scane, dan sejenisnya.
3
4
4
Aplikasi Excel dan Tabel Data.
4
5
5
Aplikasi Excel dan Olah Data Nilai/Evaluasi Score Nilai.
5
6
6
Aplikasi Power Point dan View LCD
6
7
7
Aplikasi Electronic Mail sebagai Media Pembelajaran.
7
8
8
Blog sebagai Media Pembelajaran.
8
9
9
Web dan Searching Data.
9
10
10
Aplikasi Soft Ware Penting untuk  Pembelajaran
10
11
11
Aplikasi Arabic Pad dalam Ms. Words.
11
12
12
Aplikasi Al-Qur’an digital dalam Ms.words.
12
13
13
Aplikasi Panggil data/File yang Terhapus/Hilang(Recuva).
13
14
14
Aplikasi Kamus Indonesia/Inggris/Arab  off line/on line.
14
15
Makalah Kelompok harus sudah dibuat ketika diskusi kelas berlangsung…!
Makalah Individu diserahkan kepada dosen pengampu paling lambat ketika UAS.

Bumiayu, 9 Februari 2017
Pengampu,

Isro.M.Ag.


PEMBAGIAN JUDUL KELOMPOK DISKUSI  KELAS-A/B
No
Nama
Kel Diskusi
Topik Ke-
Tapka
1.       
Ahmad Dahlan
1
1
2
2.       
Ahmad Hidayatulloh
2
2
3
3.       
Ahmad Muzaki
3
3
4
4.       
Amil Maulana
4
4
5
5.       
Azmiatul Farkhati
5
5
6
6.       
Chalimatussa'diah
6
6
7
7.       
Duan Riyanto
7
7
8
8.       
Ervina Maulida
8
8
9
9.       
Huril Mubin
9
9
10
10.   
Ida Farida
10
10
11
11.   
Ilham Awaluna
11
11
12
12.   
Imam Firmansyah
12
12
13
13.   
Imam Yusuf
13
13
14
14.   
Khaerul Umam
14
14
15
15.   
Krisno Aji
1
1
2
16.   
Laelatul Umroh
2
2
3
17.   
M.Sabbichis
3
3
4
18.   
Makhfudz
4
4
5
19.   
Mar'atus Solikhah
5
5
6
20.   
Moh Ali Muntaha
6
6
7
21.   
Muanas
7
7
8
22.   
Muawanah
8
8
9
23.   
Muh Faqih Ridho
9
9
10
24.   
Muh Alpan Zaenuri
10
10
11
25.   
Muh Andi Rofik
11
11
12
26.   
Mufid
12
12
13
27.   
Musriah
13
13
14
28.   
Nurul Hidayatulloh
14
14
15
29.   
Rita Hermawati
1
1
2
30.   
Roikhatul Jannah
2
2
3
31.   
Samsul Majid
3
3
4
32.   
Siti Asqia
4
4
5
33.   
Siti Nuratikah
5
5
6
34.   
Sri Puji Astuti
6
6
7
35.   
Umi Musahidatur R.
7
7
8
36.   
Umi Nazikhah F.
8
8
9
37.   
Vita Rima Dina P.
9
9
10
38.   
Yopi Susri Suryanti
10
10
11
39.   
Yuni Dwi Oktaviani
11
11
12
40.   
Hadi Munawar
12
12
13
41.   
Ahmad Subkhi
13
13
14
42.   
Aida Chusnu Azqia
14
14
15
43.   
Eka Ubaedah S.
1
1
2
44.   
Ahmad Lutfilhakim A
2
2
3
45.   
Faiqoh
3
3
4
46.   
Nur Alfiaturrizqi
4
4
5
47.   
Mhs yang belum tercantum
5
5
6
Bumiayu, 9 Februari 2017
Pengampu,

Isro.M.Ag.
 Ket:
Bila mau konsultasi bias via email: Isromag2@gmail.com
Judul Tugas individu dan kelompok dapat dilihat dalam Blog: Isromag.blogspot.com
HP.0852-1519-5333

Tidak ada komentar:

Posting Komentar