Jumat, 23 Februari 2018

Pembelajaran Komputer dan Internet-2 (Sem-II/Genap) TA.2017/2018.


SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM (STAI) BREBES
JURUSAN TARBIYAH/PROGDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI)
Alamat Kampus 2: SMA AN-NURIYAH  BUMIAYU BREBES 52273.
 
SILABUS DAN SATUAN ACARA PERKULIAHAN (SAP)
Mata Kuliah : Pembelajaran Komputer dan Internet-2 (Sem-II/Genap)
Oleh: Isro, M.Ag.


A.    Sasaran
Mata Kuliah ini didesain untuk memahami, mengenal, mengadakan analisis kritis terhadap seluk-beluk yang berkaitan dengan “Pembelajaran Komputer dan Internet”. Dengan demikian, mahasiswa akan mampu: 1). Memperluas, memahami konsep dan pengertian Komputer dan Internet. 2). Mengerti dan memahami perkembangan Komputer dan Internet  3). Mengerti dan memahami ruang lingkup serta karakteristik Komputer dan Internet  yang digunakan dalam pelaksanaan proses belajar mengajar saat ini.
Mengingat mata kuliah ini termasuk mata kuliah dasar (MKD), maka kuliah ini hanya bersifat pengantar, tidak membahas Komputer dan Internet  secara detail. Kuliah ini sekedar memberikan arahan dan pengantar bagi para mahasiswa untruk mengungkap lebih rinci dan detail terhadap masalah yang berkaitan dengan Komputer dan Internet . Mahasiswa sendirilah yang nantinya akan mendalami baik secara mandiri (otodidak) maupun secara kelompok (kolektif).

B.     Sistem Perkuliahan
Perkuliahan ini dilakukan atas asumsi bahwa mahasiswa adalah sosok individu yang memiliki kemandirian belajar, karena itu perkuliahan ini pada dasarnya untuk mengaktifkan, menggairahkan dan meningkatkan kemampuan belajar mandiri. Sehingga untuk perkuliahan melalui ceramah dikurangi semaksimal mungkin. Sebagai gantinya mahasiswa diarahkan untuk mendiskusikan dan mempraktekan tema-tema yang ada secara serius.
Untuk itu, maka diwajibkan kepada masing-masing mahasiswa (baik secara perorangan atau group) menulis satu makalah/paper untuk dipresentasikan. Dan makalah tersebut hendaknya dibuat rangkap/digandakan secukupnya (untuk peserta dan pengampu mata kuliah). Makalah/paper tersebut selanjutnya dipresentasikan paling lama 15 menit untuk selanjutnya didiskusikan di dalam ruang kuliah dengan tertib.

C.    Sistem Penilaian
1.    Absensi/partisipasi kelas (kehadiran dan kontribusi pemikiran dalam diskusi 25 %.
2.    Makalah (presentasi dan revisi) 15 %
3.    Tugas Mandiri (sesuai situasi dan kondisi) 15 %.
4.    Mid semester 20 %.
5.    Ujian akhir 25 %.

D.    Cara Penulisan Paper/Makalah
Makalah/Paper yang ditulis harus mengikuti prosedur sebagai berikut:
  1. Pendahuluan (suatu problem/masalah yang akan dijawab/dibahas).
  2. Pengertian (sub-sub yang akan dibahas harus dijelaskan secara singkat).
  3. Pembahasan (jawaban problem/pembahasan dari literatur/buku-buku).
  4. Analisis/argumentasi (jawaban yang diutarakan sebagai orisinalitas pandangan dari penulis makalah/paper yang bersangkutan).
  5. Kesimpulan/penutup (bukan ringkasan makalah/paper, melainkan ulasan singkat mengenai problem solving terhadap masalah yang ada.
  6. Bentuk penulisan: a). Memakai font 12 (TNR) atau Tahoma 11 juga calibri 11.  b. Margin kanan kiri ukuran standar. c. Bila ada kutipan gunakan cakak (foot note bukan body note atau end note).
  7. Referensi (mengenai data buku; judul, pengarang, tahun, penerbit, cetakan, penerjemah).
  8. Makalah Individu dikumpulkan dalam bentuk hard copy atau  Soft Copy CD atau dikirim lewat e-mail: isromag2@gmail.com paling lambat sampai Ujian Akhir Semester (UAS).

E.     Manajemen Waktu Kuliah
Waktu perkuliahan setiap pertemuan untuk alokasi waktu 60/100 menit, dengan perincian sebagai berikut:
1.    Preparasi                                                                        5/10 menit
2.    Presentasi makalah/paper                                               10/20 menit
3.    Tanya Jawab                                                                  30/40 menit
4.    Masukan pengampu mata kuliah                                   15/30 menit

F.     Ragam Tema diskusi (Silaby)
Lihat lampiran

G.    Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah yang diberikan pada program S-1 PAI. Selesai mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan memahami pentingnya Pembelajaran komputer dan Internet bagi dunia pendidikan. Perkuliahan ini juga mengkaji pemanfaatan komputer dan internet dalam pembelajaran di sekolah. Pelaksanaan kuliah menggunakan pendekatan ekspositori dalam bentuk ceramah, tanya jawab dan demonstrasi yang dilengkapi dengan penggunaan lab komputer, infocus/LCD dan pendekatan inkuiri yaitu penyelesaian tugas penyusunan dan penyajian makalah, diskusi dan pemecahan masalah, observasi. Dan  Tahap penguasaan mahasiswa selain evaluasi melalui UTS dan UAS juga evaluasi terhadap tugas mandiri, penyajian dan diskusi.

H.    Tujuan Akhir Perkuliahan
Selesai mengikuti perkuliahan ini mahasiswa dapat memahami pentingnya pembelajaran komputer, menganalisis manfaat pembelajaran komputer dalam dunia pendidikan, mengetahui prosedur pemilihan dan pengembangan pembelajaran komputer, menguasai beberapa program aplikasi untuk pengembangan pembelajaran komputer, dan mampu memanfaatkan internet untuk berbagai tujuan pendidikan.

I.       Deskripsi isi
Dalam perkuliahan ini dibahas pentingnya pembelajaran komputer dalam kehidupan sehari-hari, pengaruh pembelajaran komputer, pengenalan komponen-komponen komputer, prosedur, pemilihan dan pengembangan program pembelajaran komputer, pengembangan program pembelajaran berbasis program multimedia dalam dunia pendidikan. Perkuliahan ini juga mengkaji pemanfaatan internet dalam pembelajaran di sekolah.

J. Pendekatan Pembelajaran (Ekspositori dan inkuiri)
1.    Metode: ceramah, tanya jawab, demonstrasi, diskusi, pemecahan masalah dan praktek pengembangan program media.
2.    Tugas : makalah, penyajian dan diskusi, produksi program pembelajaran komputer
3.    Media : OHP, LCD, Modul, Buku, WEB.

K. Evaluasi
1.    Kehadiran
2.    Makalah
3.    Penyajian dan diskusi
4.    UTS
5.    UAS

J.      Penutup
Panduan ini disusun dengan harapan dapat menjadi acuan proses perkuliahan Komputer dan Internet  dan juga dapat berfungsi sebagai jembatan untuk mencapai tujuan akhir dari perkuliahan ini.


 Bumiayu, 22 Februari 2018
 Pengampu Mata Kuliah,
 Isro, M.Ag.

PEMBELAJARAN KOMPUTER DAN INTERNET-II
Rincian materi perkuliahan tiap pertemuan

 Pertemuan 1 : Orientasi perkuliahan
Pertemuan 2 : Aplikasi Words dan Paper/makalah/Skripsi, dll.
Pertemuan 3 : Aplikasi Words dan File JPG, Scane, dan sejenisnya.
Pertemuan 4 : Aplikasi Excel dalam Tabel dan Olah Data Nilai/Evaluasi Score Nilai.
Pertemuan 5 : Aplikasi Converter file sebagai alat bantu pengolah file/data
Pertemuan 6 : Aplikasi note book/laptop store atau Play Store sbg Alat Bantu Multimedia
Pertemuan 7 : Aplikasi Power Point dan View LCD
Pertemuan 8 : Aplikasi Electronic Mail sebagai Media Pembelajaran.
Pertemuan 9 : Blog sebagai Media Pembelajaran
Pertemuan 10 : Web dan Searching Data.
Pertemuan 11 : Aplikasi Soft Ware Penting untuk  Pembelajaran
Pertemuan 12 : Aplikasi Arabic Pad dalam Ms. Words.
Pertemuan 13 : Aplikasi Al-Qur’an digital dalam Ms.words.
Pertemuan 14 : Aplikasi Panggil data/File yang Terhapus/Hilang(Recuva).
Pertemuan 15 : Aplikasi Kamus Indonesia/Inggris/Arab  off line/on line.

Referensi
1.   Anderson, Ronald H. (1993). Pemilihan dan Pengembangan Media untuk Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka dan PT Raja Grafindo Persada Chandra (2003).
2.         Photoshop 7.0 untuk Orang Awam. Palembang : CV. Maxikom. Giles, David (2003).
3.         Hamalik, Oemar (1986). Media Pendidikan. Bandung : Alumni.
4.         Kadir, Abdul (2003). Pengenalan Sistem Informasi. Yogyakarta : Andi.
5.         Pribadi, B.A, dkk (2008). Komputer dalam Kegiatan Pengembangan Anak Usia Dini (Modul).
6.         Suarna, Nana (2005). Pedoman Praktikum Microsoft Office. Bandung: Yrana Widuya.
7.         Sudjana, N., Rivai, A(1997) Teknologi Pengajaran. Bandung : Sinar Baru
8.         Tim Litbang Wahana Komputer (1999). Desain Grafis dengan Corel Draw 8.0. Yogyakarta: Andi.
9.     Tim Litbang Wahana Komputer (2004). Pembuatan Animasi dengan Macromedia Director MX. 2004. Yogyakarta : Andi.
10.     Isro, (2012) Diktat Pengenalan Internet, Ms. Words, Ms. Power Point, Dll, Unpublished.
















JUDUL TUGAS PEMBUATAN MAKALAH
Individu Yang Dikumpulkan Pra UAS Lewat Cd/Email/Hard Copy.

NO. Absen
NAMA
JUDUL PAPER
KET.
1

Aplikasi Words
dan PRL
Min 14 Lbr
2

Aplikasi excel
dan PRL
Min 14 Lbr
3

Aplikasi Converter Video audio
dan PRL
Min 14 Lbr
4

Aplikasi adobe photoshop
dan PRL
Min 14 Lbr
5

Aplikasi Corel Draw
dan PRL
Min 14 Lbr
6

Aplikasi powerpoint
dan PRL
Min 14 Lbr
7

Facebook
dan PRL
Min 14 Lbr
8

What’s Up
dan PRL
Min 14 Lbr
9

BBM
dan PRL
Min 14 Lbr
10

Email
dan PRL
Min 14 Lbr
11

Instagram
dan PRL
Min 14 Lbr
12

Koneksi Wifi
dan PRL
Min 14 Lbr
13

Internet Iatellite
dan PRL
Min 14 Lbr
14

TV Satelit
dan PRL
Min 14 Lbr
15

TV Cable
dan PRL
Min 14 Lbr
16

TV UHF/VHF
dan PRL
Min 14 Lbr
17

Internet DVB Card/Grabbing
dan PRL
Min 14 Lbr
18

Koneksi LAN
dan PRL
Min 14 Lbr
19

Koneksi WAN
dan PRL
Min 14 Lbr
20

Fiber Optic
dan PRL
Min 14 Lbr
21

Provider Layanan Internet
dan PRL
Min 14 Lbr
22

Plasdish/MMC/Hardisk External
dan PRL
Min 14 Lbr
23

Modem internet
dan PRL
Min 14 Lbr
24

Saluran internet 2G/5G Radio
dan PRL
Min 14 Lbr
25

Saluran 2G GPRS/Edge/Hsdp
dan PRL
Min 14 Lbr
26

Saluran 3G
dan PRL
Min 14 Lbr
27

Saluran 4G
dan PRL
Min 14 Lbr
28

Satelit Palapa
dan PRL
Min 14 Lbr
29

Satelite Telkom
dan PRL
Min 14 Lbr
30

Satelit Brisat
dan PRL
Min 14 Lbr
31

Satelit Cakrawalta
dan PRL
Min 14 Lbr
32

Infra Red dan Bluetooth
dan PRL
Min 14 Lbr
33

Processor Pentium 3,4,Core, dll.
dan PRL
Min 14 Lbr
34

CCTV digital
dan PRL
Min 14 Lbr
35

Lampu LED
dan PRL
Min 14 Lbr
36

Era Digital dan Komputer
dan PRL
Min 14 Lbr
37

Komputer Multidimensi
dan PRL
Min 14 Lbr
38

Note book/Laptop
dan PRL
Min 14 Lbr
39

OS Android/Aple/symbian
dan PRL
Min 14 Lbr
40

LCD
dan PRL
Min 14 Lbr
41

LD,VCD, DVD
dan PRL
Min 14 Lbr
42

Power bank USB
dan PRL
Min 14 Lbr
43

Mini Player/Mp3 Player
dan PRL
Min 14 Lbr
44

Bahaya Game/Game Online
dan PRL
Min 14 Lbr
45

Anti Virus Komputer
dan PRL
Min 14 Lbr
46

SMS Banking/Banking Net
dan PRL
Min 14 Lbr
47

Finger Print/Face Print, dll
dan PRL
Min 14 Lbr

Bumiayu, 22 Februari 2018
Pengampu Mata Kuliah,

Ket.                                                                                         Isro, M.Ag.
Ket.
1. Makalah Individu dikumpulkan sebelum UAS Lewat Hard Copy/ CD/Email.
2. Judul Makalah Individu tidak boleh ditukar dengan mhsw lain.
3. Dibuat/diketik sesuai dengan prosedur dan tidak kurang dari 14  lembar.
4. Buku referensi bebas yang penting berkaitan.

MATERI MATKUL  K+I-II

No.
Pokok Bahasan
Kel Diskusi
Tapka
1
Aplikasi Words dan Paper/makalah/Skripsi, dll.
1
2
2
Aplikasi Words dan File JPG, Scane, dan sejenisnya.
2
3
3
Aplikasi Excel dalam Tabel dan Olah Data Nilai/Evaluasi Score Nilai.
3
4
4
Aplikasi Converter file sebagai alat bantu pengolah file/data
4
5
5
Aplikasi note book/laptop store atau Play Store sbg Alat Bantu Multimedia
5
6
6
Aplikasi Power Point dan View LCD
6
7
7
Aplikasi Electronic Mail sebagai Media Pembelajaran.
7
8
8
Blog sebagai Media Pembelajaran.
8
9
9
Web dan Searching Data.
9
10
10
Aplikasi Soft Ware Penting untuk  Pembelajaran
10
11
11
Aplikasi Arabic Pad dalam Ms. Words.
11
12
12
Aplikasi Al-Qur’an digital dalam Ms.words.
12
13
13
Aplikasi Panggil data/File yang Terhapus/Hilang(Recuva).
13
14
14
Aplikasi Kamus Indonesia/Inggris/Arab  off line/on line.
14
15

Makalah Kelompok harus sudah dikonsep ketika diskusi kelas berlangsung…!
Makalah Individu diserahkan kepada dosen pengampu paling lambat ketika UAS.

Bumiayu, 22 Februari 2018
Pengampu,

Isro.M.Ag.


PEMBAGIAN JUDUL KELOMPOK DISKUSI  KELAS-A/B
No
Nama
Kel Diskusi
Topik Ke-
Tapka
1.       

1
1
2
2.       

2
2
3
3.       

3
3
4
4.       

4
4
5
5.       

5
5
6
6.       

6
6
7
7.       

7
7
8
8.       

8
8
9
9.       

9
9
10
10.   

10
10
11
11.   

11
11
12
12.   

12
12
13
13.   

13
13
14
14.   

14
14
15
15.   

1
1
2
16.   

2
2
3
17.   

3
3
4
18.   

4
4
5
19.   

5
5
6
20.   

6
6
7
21.   

7
7
8
22.   

8
8
9
23.   

9
9
10
24.   

10
10
11
25.   

11
11
12
26.   

12
12
13
27.   

13
13
14
28.   

14
14
15
29.   

1
1
2
30.   

2
2
3
31.   

3
3
4
32.   

4
4
5
33.   

5
5
6
34.   

6
6
7
35.   

7
7
8
36.   

8
8
9
37.   

9
9
10
38.   

10
10
11
39.   

11
11
12
40.   

12
12
13
41.   

13
13
14
42.   

14
14
15
43.   

1
1
2
44.   

2
2
3
45.   

3
3
4
46.   

4
4
5
47.   

5
5
6
Bumiayu, 22 Februari 2018
Pengampu,

Isro.M.Ag.


Ket:
Bila mau konsultasi bias via email: Isromag2@gmail.com
Judul Tugas individu dan kelompok dapat dilihat dalam Blog: Isromag.blogspot.com
HP.0852-1519-5333 / WA: 085322816919


Tidak ada komentar:

Posting Komentar