Rabu, 05 September 2018

PANDUAN PERKULIAHAN BPKI SEM-VII/GASAL



SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM (STAI)BREBES
JURUSAN TARBIYAH/PROGDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI)
Alamat Kampus 3: MAN BREBES 2 LAREN BUMIAYU BREBES 52273.


 
PANDUAN PERKULIAHAN BPKI SEM-VII/GASAL
Pengampu: Isro, M.Ag.
A.   Sasaran
Mata Kuliah ini didesain untuk memahami, mengenal, mengadakan analisis kritis terhadap seluk-beluk yang berkaitan dengan “Penulisan Karya Ilmiyah”. Dengan demikian, mahasiswa akan mampu: Memahami dengan benar tentang Penulisan karya ilmiyah.
Mengingat mata kuliah ini termasuk mata kuliah dasar khusus (MKDK), maka kuliah ini hanya bersifat pengantar, tidak membahas materi secara detail. Kuliah ini sekedar memberikan arahan dan pengantar bagi para mahasiswa untruk mengungkap lebih rinci dan detail terhadap masalah yang berkaitan dengan penulisan karya ilmiyah. Mahasiswa sendirilah yang nantinya akan mendalami baik secara mandiri (otodidak) maupun secara kelompok (kolektif).

B.   Sistem Perkuliahan
Perkuliahan ini dilakukan atas asumsi bahwa mahasiswa adalah sosok individu yang memiliki kemandirian belajar, karena itu perkuliahan ini pada dasarnya untuk mengaktifkan, menggairahkan dan meningkatkan kemampuan belajar mandiri. Sehingga untuk perkuliahan melalui ceramah dikurangi semaksimal mungkin. Sebagai gantinya mahasiswa diarahkan untuk mendiskusikan tema-tema yang ada secara serius.
Untuk itu, maka diwajibkan kepada masing-masing mahasiswa (baik secara perorangan atau group) menulis satu makalah/paper untuk dipresentasikan. Dan makalah tersebut hendaknya dibuat rangkap/digandakan secukupnya (untuk peserta dan pengampu mata kuliah). Makalah/paper tersebut selanjutnya dipresentasikan paling lama 15 menit untuk selanjutnya didiskusikan di dalam ruang kuliah dengan tertib.

C.   Sistem Penilaian
1.    Absensi/partisipasi kelas (kehadiran dan kontribusi pemikiran dalam diskusi 25 %.
2.    Makalah (presentasi dan revisi) 15 %
3.    Tugas Mandiri (sesuai situasi dan kondisi) 15 %.
4.    Mid semester 20 %.
5.    Ujian akhir 25 %.

D.   Cara Penulisan Paper/Makalah
Makalah/Paper yang ditulis dan dipresentasikan harus mengikuti prosedur sebagai berikut:
1.    Pendahuluan (suatu problem/masalah yang akan dijawab/dibahas).
2.    Pengertian (sub-sub yang akan dibahas harus dijelaskan secara singkat).
3.    Pembahasan (jawaban problem/pembahasan dari literatur/buku-buku).
4.    Analisis/argumentasi (jawaban yang diutarakan sebagai orisinalitas pandangan dari penulis makalah/paper yang bersangkutan).
5.    Kesimpulan/penutup (bukan ringkasan makalah/paper, melainkan ulasan singkat mengenai problem solving terhadap masalah yang ada.
6.    Bentuk penulisan: a). Memakai font 12 (TNR) atau Tahoma 11. b. Margin kanan kiri ukuran standar. c. Bila ada kutipan gunakan cakak (foot note bukan body note atau end note).
7.    Referensi (mengenai data buku; judul, pengarang, tahun, penerbit, cetakan, penerjemah).

E.    Manajemen Waktu Kuliah
Waktu perkuliahan setiap pertemuan untuk alokasi waktu 60/100 menit, dengan perincian sebagai berikut:
1.    Preparasi                                                       5 menit
2.    Presentasi makalah/paper                                 10 menit
3.    Tanya Jawab                                                  30 menit
4.    Masukan pengampu mata kuliah                        15 menit

F.    Ragam Tema diskusi (Silaby)
Lihat lampiran

G.   Penutup
Panduan ini disusun dengan harapan dapat menjadi acuan proses perkuliahan BPKI, dan juga dapat berfungsi sebagai jembatan untuk mencapai tujuan akhir dari perkuliahan ini.

 Bumiayu, 1 September 2018
 Pengampu Mata Kuliah,

Isro, M.Ag.


Lampiran F.
SYLABI BIMBINGAN PENULISAN KARYA ILMIAH
TOPIK BAHASAN


No
Pokok Bahasan
Sub Bahasan
1
Pengantar Perkuliahan dan Kontrak Studi
Ceramah perkuliahan dari dosen.
2
Pengertian dan makna Karya Tulis Ilmiah
1.      Pengertian karya tulis ilmiah
2.      Jenis-jenis karya Tulis ilmiah
3.      Prinsip-prinsip umum
4.      Urgensi karya tulis ilmiah
3
Karya Ilmiah Populer
Langkah penyusunan artikel ilmiah popular
4
Anotasi Bibligrafi dan Laporan Buku
1.      Langkah penyusunan anotasi bibliografi
2.      Langkah penyusunan laporan buku
5
Makalah
1.      Jenis makalah ilmiah
2.      Langkah penyusunan makalah
6
Bahasa Ilmiah
Penggunaan bahasa tulis Ilmiah
7
Penulisan diktat, modul dan LKS
Cara-cara  Penulisan diktat, modul dan LKS
8
Bagian dalam Karya Tulis
1.      Bagian awal (front metter)
2.      Bagian tubuh (main body)
3.      Bagian akhir (reference section)
9
Penulisan Skripsi
1.      Macam dan ukuran kertas
2.      Tipe huruf
3.      Mengatur kertas
4.      Mengatur Spasi
5.      Indensi
6.      Nomor halaman
7.      Nomor bab dan bagian-bagiannya
8.      Menulis bilangan
10
Kutipan dan Teknik Penulisan Kutipan
1.      Pengertian dan syarat-syarat kutipan
2.      Macam-macam kutipan
3.      hal-hal yang berhubungan dengan kutipan
4.      Innote (Intra Teks)
5.      Footnote dan Endnote
6.      Transliterasi arab-latin
11
Penulisan Tabel dan Gambar
1.      Penyajian table
2.      Format tabel
3.      Pemberian nomor dan judul tabel
4.      Ketentuan lainnya
5.      Penyajian bahan gambar
12
Daftar Pustaka
1.      Isi daftar pustaka
2.      Fungsi dasar pustaka
3.      Ketentuan-ketentuan menyusun daftar pustaka
4.      Perbandingan daftar pustaka dengan footnote
5.      Bentuk-bentuk lain penyusunan daftar pustaka
13
Orijinalitas dan Plagiarisme
1.      Pengertian orijinalitas dan plagiarisme;
2.      Cara-cara menghindari plagiat

14
Presenstasi karya tulisan  yang efektif

1.        Persiapan presentasi yang efektif
2.        Menyampaikan presentasi











Referensi                      
A. Buku Wajib                                             
1. Talizduhu Naraha, Desain Riset dan Teknik Penyusunan Karya Tulis Ilmiah
2. Djarwanto Ps, Petunjuk Teknis Penyusunan Skripsi
3. Wahyu, Bimbingan Penulisan Skrispi
4. Nasution S, Buku Petunjuk Membuat Thesis, Skripsi, Book Report
5. Adjat Sakri, Bibliografi


Buku Anjuran                
1. Nana Sudjana, Tuntunan Penyusunan Karya Ilmiah
2. Sutrisno Hadi, Bimbingan Menulis Skripsi-Thesis Jilid II
3. Ali, Sastrohoetomo, Karangan Ilmiah Suatu Penuntun Menulis Laporan dan Skripsi
4. Hubbel, George Shelton, Writing Term Papers and Report
5. Turabian, Kate L.A., Manual for Writers of Term Papers and Disertations


--------0000-------


 

JUDUL TUGAS PEMBUATAN MAKALAH
YANG DIDISKUSIKAN DAN DIKUMPULKAN *)


NO.


JUDUL/TOPIK **)

PERTEMUAN

PEMAKALAH
NO. ABSEN: ***)


KET.

1
KE-2
KE-2
1,14,27,40

2
KE-3
KE-3
2,15,28,41

3
KE-4
KE-4
3,16,29,42

4
KE-5
KE-5
4,17,30,43

5
KE-6
KE-6
5,18,31,44

6
KE-7
KE-7
6,19,32,45

7
KE-8
KE-8
7,20,33,

8
KE-9
KE-9
8,21,34,

9
KE-10
KE-10
9,22,35,

10
KE-11
KE-11
10,23,36,

11
KE-12
KE-12
11,24,37,

12
KE-13
KE-13
12,25,38,

13
KE-14
KE-14
13,26,39,

14
Mid Semester
aksidental
Semua MHS****)

15
UAS
aksidental
Semua MHS****)

Ket. :
*)   Jika makalah belum jadi ketika diskusi, cukup membawa konsep saja, makalah harus sudah diserahkan kepada pengampu mata kuliah paling lambat sebelum semester akhir.
**) Lihat Judul/Topik untuk judul makalah yang ada dalam lampiran F.
***) Nama pemakalah dapat dilihat dalam Absensi kelas harian, untuk memudahkan penilaian makalah cantumkan no. Absen dan nama pemakalah ybs.
****) Semester Akhir (Pertemuan Khusus).
PEMBAGIAN JUDUL INDIVIDU MATKUL BPKI
MAHASISWA SEM-VII/A

NO
NAMA
JUDUL INDIVIDU
1.       

Enquiry-Discovery Learning
di MTs ……… TP.2017/2018
2.       

Expository Learning
di MTs ……… TP.2017/2018
3.       

Mastery Learning
di MTs ……… TP.2017/2018
4.       

Pemberian Tugas Dan Resitasi
di MTs ……… TP.2017/2018
5.       

Metode Diskusi
di MTs ……… TP.2017/2018
6.       

Pendekatan Proses
di MTs ……… TP.2017/2018
7.       

Inquiry Approach/Penemuan
di MTs ……… TP.2017/2018
8.       

Kerja Kelompok Siswa
di MTs ……… TP.2017/2018
9.       

Experiment
di MTs ……… TP.2017/2018
10.   

Tanya Jawab
di MTs ……… TP.2017/2018
11.   

Study Tour/Karyawisata
di MTs ……… TP.2017/2018
12.   

Studi Individual
di MTs ……… TP.2017/2018
13.   

Metode Klasikal
di MTs ……… TP.2017/2018
14.   

Humanistic Education
di MTs ……… TP.2017/2018
15.   

CBSA
di MTs ……… TP.2017/2018
16.   

Aplikasi Perpustakaan
di MTs ……… TP.2017/2018
17.   

Audiovisual
di MTs ……… TP.2017/2018
18.   

Re-Inforcement
di MTs ……… TP.2017/2018
19.   

Mass Media
di MTs ……… TP.2017/2018
20.   

Bahan/Materials
di MTs ……… TP.2017/2018
21.   

Simulasi
di MTs ……… TP.2017/2018
22.   

Alam Lingkungan Terbuka
di MTs ……… TP.2017/2018
23.   

Pengajaran Modul
di MTs ……… TP.2017/2018
24.   

Cerita/Sejarah/Peninggalan
di MTs ……… TP.2017/2018
25.   

Media Pendidikan
di MTs ……… TP.2017/2018
26.   

Pendekatan Educatif
di MTs ……… TP.2017/2018
27.   

Pendekatan Emosional
di MTs ……… TP.2017/2018
28.   

Pendekatan Pengalaman
di MTs ……… TP.2017/2018
29.   

Pendekatan Pembiasaan
di MTs ……… TP.2017/2018
30.   

Pendekatan Rasional
di MTs ……… TP.2017/2018
31.   

Pendekatan Fungsional
di MTs ……… TP.2017/2018
32.   

Pendekatan Keagamaan
di MTs ……… TP.2017/2018
33.   

Pendekatan Kebermaknaan
di MTs ……… TP.2017/2018
34.   

Metode Proyek
di MTs ……… TP.2017/2018
35.   

Metode Sosiodrama
di MTs ……… TP.2017/2018
36.   

Metode Demontrasi
di MTs ……… TP.2017/2018
37.   

Metode Problem Solving
di MTs ……… TP.2017/2018
38.   

Metode Tanya Jawab
di MTs ……… TP.2017/2018
39.   

Metode Drill
di MTs ……… TP.2017/2018
40.   

Metode CL/CTL
di MTs ……… TP.2017/2018
41.   

Program Remedial
di MTs ……… TP.2017/2018
Ket. : Makalah Individu diketik dengan Apl. MS. Word
Bumiayu, 1 September 2018
Pengampu Mata Kuliah,

Isro, M.Ag.

PEMBAGIAN JUDUL INDIVIDU MATKUL BPKI
MAHASISWA SEM-VII/B

NO
NAMA
JUDUL INDIVIDU
1.       

Enquiry-Discovery Learning
di MTs ……… TP.2017/2018
2.       

Expository Learning
di MTs ……… TP.2017/2018
3.       

Mastery Learning
di MTs ……… TP.2017/2018
4.       

Pemberian Tugas Dan Resitasi
di MTs ……… TP.2017/2018
5.       

Metode Diskusi
di MTs ……… TP.2017/2018
6.       

Pendekatan Proses
di MTs ……… TP.2017/2018
7.       

Inquiry Approach/Penemuan
di MTs ……… TP.2017/2018
8.       

Kerja Kelompok Siswa
di MTs ……… TP.2017/2018
9.       

Experiment
di MTs ……… TP.2017/2018
10.   

Tanya Jawab
di MTs ……… TP.2017/2018
11.   

Study Tour/Karyawisata
di MTs ……… TP.2017/2018
12.   

Studi Individual
di MTs ……… TP.2017/2018
13.   

Metode Klasikal
di MTs ……… TP.2017/2018
14.   

Humanistic Education
di MTs ……… TP.2017/2018
15.   

CBSA
di MTs ……… TP.2017/2018
16.   

Aplikasi Perpustakaan
di MTs ……… TP.2017/2018
17.   

Audiovisual
di MTs ……… TP.2017/2018
18.   

Re-Inforcement
di MTs ……… TP.2017/2018
19.   

Mass Media
di MTs ……… TP.2017/2018
20.   

Bahan/Materials
di MTs ……… TP.2017/2018
21.   

Simulasi
di MTs ……… TP.2017/2018
22.   

Alam Lingkungan Terbuka
di MTs ……… TP.2017/2018
23.   

Pengajaran Modul
di MTs ……… TP.2017/2018
24.   

Cerita/Sejarah/Peninggalan
di MTs ……… TP.2017/2018
25.   

Media Pendidikan
di MTs ……… TP.2017/2018
26.   

Pendekatan Educatif
di MTs ……… TP.2017/2018
27.   

Pendekatan Emosional
di MTs ……… TP.2017/2018
28.   

Pendekatan Pengalaman
di MTs ……… TP.2017/2018
29.   

Pendekatan Pembiasaan
di MTs ……… TP.2017/2018
30.   

Pendekatan Rasional
di MTs ……… TP.2017/2018
31.   

Pendekatan Fungsional
di MTs ……… TP.2017/2018
32.   

Pendekatan Keagamaan
di MTs ……… TP.2017/2018
33.   

Pendekatan Kebermaknaan
di MTs ……… TP.2017/2018
34.   

Metode Proyek
di MTs ……… TP.2017/2018
35.   

Metode Sosiodrama
di MTs ……… TP.2017/2018
36.   

Metode Demontrasi
di MTs ……… TP.2017/2018
37.   

Metode Problem Solving
di MTs ……… TP.2017/2018
38.   

Metode Tanya Jawab
di MTs ……… TP.2017/2018
39.   

Metode Drill
di MTs ……… TP.2017/2018
40.   

Metode CL/CTL
di MTs ……… TP.2017/2018
41.   

Program Remedial
di MTs ……… TP.2017/2018

Ket. : Makalah Individu diketik dengan Apl. MS. Word

Bumiayu, 1 September 2018
Pengampu Mata Kuliah,

Isro, M.Ag.

JUDUL DAN NAMA KELOMPOK DISKUSI
MAHASISWA SEM-VII/A


NO.


JUDUL

TAPKA
NAMA MAHASIAWA
KELOMPOK DISKUSI
1
KE-2
KE-2



2
KE-3
KE-3



3
KE-4
KE-4



4
KE-5
KE-5



5
KE-6
KE-6



6
KE-7
KE-7



7
KE-8
KE-8



8
KE-9
KE-9



9
KE-10
KE-10



10
KE-11
KE-11


Mahasiswa Baru
11
KE-12
KE-12


Mahasiswa Baru
12
KE-13
KE-13


Mahasiswa Baru
13
KE-14
KE-14


Mahasiswa Baru

Bumiayu, 1 September 2018
Pengampu Mata Kuliah,

Isro, M.Ag.

JUDUL DAN NAMA KELOMPOK DISKUSI
MAHASISWA SEM-VII/B


NO.


JUDUL

TAPKA
NAMA MAHASIAWA
KELOMPOK DISKUSI
1
KE-2
KE-2



2
KE-3
KE-3



3
KE-4
KE-4



4
KE-5
KE-5



5
KE-6
KE-6



6
KE-7
KE-7



7
KE-8
KE-8



8
KE-9
KE-9



9
KE-10
KE-10



10
KE-11
KE-11



11
KE-12
KE-12



12
KE-13
KE-13



13
KE-14
KE-14




Bumiayu, 1 September 2018
Pengampu Mata Kuliah,

Isro, M.Ag.

1 komentar:

  1. Assalamualaikum Wr. Wb.
    Mohon maaf saya igin menambahkan kepada Bapak dosen Isro,M.Ag. agar dituliskan absen nama-nama mahasiswa yang bersangkutan, karena dikhawatirkan nomor urut absen yang kami ketahui berbeda dengan nomor urut absen yang anda miliki... Terima kasih...
    Wassalamualaikum Wr. Wb.

    BalasHapus