Rabu, 15 September 2021

PANDUAN PERKULIAHAN MP SKI DI MA TA 2021/2022

 

SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM (STAI) BREBES

JURUSAN TARBIYAH/PROGDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI)

Alamat Kampus 3: PONPES KH. MU’ALIM TEGONG PURBANALA

 BUMIAYU BREBES 52273.

 


PANDUAN PERKULIAHAN MP SKI DI MA

Pengampu: Isro, M.Ag.

 

A.   Sasaran

Mata Kuliah ini didesain untuk memahami, mengenal, mengadakan analisis kritis terhadap seluk-beluk yang berkaitan dengan “Sejarah Kebudayaan Islam sebagai mata pelajaran yang diberikan di MA”. Dengan demikian, mahasiswa akan mampu: Memahami dengan benar tentang Sejarah Kebudayaan Islam Pasca Nabi SAW, Sejarah Kebudayaan Islam di Indonesia dari sebelum kedatangan Islam, Sejarah masuknya Islam, dan sejarah Masuk dan berkembangnya Islam ke berbagai Pulau di Indonesia.

Mengingat mata kuliah ini termasuk mata kuliah dasar khusus (MKDK), maka kuliah ini hanya bersifat pengantar, tidak membahas Sejarah Kebudayaan Islam secara detail. Kuliah ini sekedar memberikan arahan dan pengantar bagi para mahasiswa untruk mengungkap lebih rinci dan detail terhadap masalah yang berkaitan dengan materi Sejarah Kebudayaan Islam sebagai MP yang diberikan di MA. Mahasiswa sendirilah yang nantinya akan mendalami baik secara mandiri (otodidak) maupun secara kelompok (kolektif).

 

B.   Sistem Perkuliahan

Perkuliahan ini dilakukan atas asumsi bahwa mahasiswa adalah sosok individu yang memiliki kemandirian belajar, karena itu perkuliahan ini pada dasarnya untuk mengaktifkan, menggairahkan dan meningkatkan kemampuan belajar mandiri. Sehingga untuk perkuliahan melalui ceramah dikurangi semaksimal mungkin. Sebagai gantinya mahasiswa diarahkan untuk mendiskusikan tema-tema yang ada secara serius.

Untuk itu, maka diharuskan kepada masing-masing mahasiswa (baik secara perorangan atau group) membuat sebuah makalah/paper untuk dipresentasikan. Dan makalah tersebut hendaknya dicopy secukupnya (sejumlah peserta diskusi dalam kelas). Makalah/paper tersebut selanjutnya dipresentasikan paling lama 10 menit untuk selanjutnya didiskusikan di dalam ruang kuliah dengan tertib. Adapun makalah yang didiskusikan tidak perlu diserahkan kepada pengampu mata kuliah. Selain membuat makalah/paper yang didiskusikan, juga membuat makalah/paper secara individu sebagai tugas akhir dengan judul terlampir yang harus diserahkan kepada dosen pengampu sebelum UAS dalam bentuk soft copy dan dikirim lewat e-mail : isromag@yahoo.co.id atau diserahkan dalam bentuk CD/DVD.

 

C.   Sistem Penilaian

1.    Absensi/partisipasi kelas (kehadiran dan kontribusi pemikiran dalam diskusi 25 %.

2.    Makalah (presentasi dan revisi) 15 %

3.    Tugas Mandiri (sesuai situasi dan kondisi) 15 %.

4.    Mid semester 20 %.

5.    Ujian akhir 25 %.

D.   Cara Penulisan Paper/Makalah

Makalah/Paper yang ditulis dan diserahkan kepada pengampu mata kuliah harus mengikuti prosedur sebagai berikut:

1.    Pendahuluan (suatu problem/masalah yang akan dijawab/dibahas).

2.    Pengertian (sub-sub yang akan dibahas harus dijelaskan secara singkat).

3.    Pembahasan (jawaban problem/pembahasan dari literatur/buku-buku).

4.    Analisis/argumentasi (jawaban yang diutarakan sebagai orisinalitas pandangan dari penulis makalah/paper yang bersangkutan).

5.    Kesimpulan/penutup (bukan ringkasan makalah/paper, melainkan ulasan singkat mengenai problem solving terhadap masalah yang ada.

6.    Bentuk penulisan: a). Menggunakan office dalam format Word dan memakai font TNR-12, Calibri-12 atau Tahoma-11. b. Margin kanan kiri ukuran standar. c. Bila ada kutipan gunakan cakak (foot note bukan body note atau end note).

7.    Referensi (mengenai data buku; judul, pengarang, tahun, penerbit, cetakan, penerjemah).

 

E.    Manajemen Waktu Kuliah

Waktu perkuliahan setiap pertemuan untuk alokasi waktu 60/100 menit, dengan perincian sebagai berikut:

1.    Preparasi                                                       5/10 menit

2.    Presentasi makalah/paper                                 10/20 menit

3.    Tanya Jawab                                                  30/40 menit

4.    Masukan pengampu mata kuliah                        15/30 menit

 

F.    Ragam Tema diskusi (Silaby)

Lihat lampiran

G.   Penutup

Panduan ini disusun dengan harapan dapat menjadi acuan proses perkuliahan Sejarah Kebudayaan Islam Di MA, dan juga dapat berfungsi sebagai jembatan untuk mencapai tujuan akhir dari perkuliahan ini.

 Bumiayu, 10 September  2021.

 Pengampu Mata Kuliah,

 

    Isro, M.Ag.

Lampiran F.

SILABI MP SKI DI MA

 

DISKRIPSI MATA KULIAH :

 


Mata Kuliah ini meliputi kajian tentang : Tentang Sejarah Kebudayaan Islam Islam Pasca Rasulullah, Sejarah Kebudayaan Islam Islam di Indonesia dari sebelum kedatangan Islam, Sejarah masuknya Islam, dan sejarah Masuk dan berkembangnya Islam ke berbagai Pulau di Indonesia.

 

 TOPIK BAHASAN

SKI PASCA RASULULLAH SAW. DI  TIMUR DAN BARAT

1.    Sejarah Islam Pada Masa Bani Umayah

2.    Sejarah Islam pada Masa bani Abasiyah

3.    Runtuhnya Islam Kerajaan Andalusia dan pengaruhnya terhadap peradaban Islam.

4.    Perang Salib

5.    Kebangkitan Bangsa Barat. (penemuan Iptek, tumbuhnya kekuatan Barat dan ekspansi ke daerah lain).

6.    Kebangkitan dunia Islam. (Modernisasi dan revitalisasi)

SKI DI INDONESIA

7.    Indonesia sebelum kedatangan Islam. (Kehidupan bangsa Indonesia dan agama yang dianut sebelum datangnya Islam).

8.    Sejarah Masuknya Islam ke Indonesia. (Peta penyebaran, cara dan pembawanya, serta Akulturasi antara pengaruh kebudayaan Islam dengan non Islam).

9.    Sejarah Masuknya Islam dan perkembangannya (strategi penyebarannya) ke pulau-pulau di Indonesia.

10. Kerajaan Islam di Sumatera. (Samudera Pasai dan Aceh), Kerajaan Islam di Jawa. (Demak, Pajang, Banten dan Mataram), Kerajaan Islam di Kalimantan. (Sukadana, Brunai / kalimantan utara, Banjar / kalimantan Selatan), Kerajaan Islam di Sulawesi. (Goa Tallo, Makasar), Kerajaan Islam di Pulau Maluku dan Nusa Tenggara.

11. Indonesia di bawah penjajahan Belanda.

12. Kebangkitan Islam di Indonesia. (sebab timbulnya, tokoh-tokohnya, dan daerah-daerahnya), dan Peranan Umat Islam dalam Proklamasi Kemerdekaan.

13. Keadaan Islam di Indonesia sebagai negara berdasar pancasila, negara aneka suku dan agama, aneka budaya dan adat istiadat, serta sikap tasamuh/toleransi antar agama.

14. Gerakan dan usaha persatuan dunia Islam. (organisasi Islam International dan kerjasama antar negeri Islam).

15. Gerakan Pembaharuan dalam dalam dunia Islam (Gerakan Wahabi dan pan Islamisme).

--------0000-------

JUDUL TUGAS PEMBUATAN MAKALAH

YANG DIDISKUSIKAN*)

 

 

NO.

 

 

JUDUL/TOPIK **)

 

PERTEMUAN

 

PEMAKALAH

NO. ABSEN: ***)

 

 

KET.

 

1

KE-1

KE-2

1,14,27,40

 

2

KE-2

KE-3

2,15,28,41

 

3

KE-3

KE-4

3,16,29,42

 

4

KE-4

KE-5

4,17,30,43

 

5

KE-5

KE-6

5,18,31,44

 

6

KE-6

KE-7

6,19,32,45

 

7

KE-7

KE-8

7,20,33,46

 

8

UTS

KE-9

Semua MHS

 

9

KE-8

KE-10

8,21,34,47

 

10

KE-9

KE-11

9,22,35,48

 

11

KE-10

KE-12

10,23,36,49

 

12

KE-11

KE-13

11,24,37,50

 

13

KE-12,14

KE-14

12,25,38,51

 

14

KE-13,15

KE-15

13,26,39,52

 

15

UAS

KE-16

Semua MHS

 

 

Ket. :

*)   Jika makalah belum jadi ketika diskusi, cukup membawa konsep saja, dan diskusi tetap berlangsung dengan  tertib.

**) Lihat Judul/Topik untuk judul makalah yang ada dalam lampiran F.

***) Nama pemakalah dapat dilihat dalam Absensi kelas harian/pembagian nomor absen yang disepakati bersama.

 

REFERENSI

1.        Nourouzzaman Shiddiqi, Sejarah Kebudayaan Islam.

2.        Badri Yatim, Sejarah Peradaban Islam

3.        M. Noor Matdawam, Sejarah Kebudayaan Islam.

4.        Ahmad Syalaby, Sejarah Kebudayaan Islam.

5.        Ahmad Hasyimi, Sejarah Kebudayaan Islam.

6.        Muhtar yahya, Bangsa Arab sebelum Islam.

7.        Nourouzzaman Shiddiqi, Tamaddun Muslim.

8.        Ebrahim Dkk, Islam dalam Masyarakat kontemporer.

9.        Prodjodikoro, Pengantar Ilmu Tauhid.

10.    Buku paket SKI untuk MA.

11.    Dan semua refernsi yang mendukung.

-------000000-----

JUDUL TUGAS PEMBUATAN MAKALAH INDIVIDU

YANG DIKUMPULKAN SEBELUM UAS

DALAM BENTUK SOFT COPY YANG DIKIRIM

KE E-MAIL ATAU DISERAHKAN DALAM BENTUK CD*)

 

Kelas-A :

ABSEN

MP SKI MA

MATERI PELAJARAN

1.       

Enquiry-Discovery Learning

Sejarah Islam Pada Masa Bani Umayah

2.       

Expository Learning

Sejarah Islam pada Masa bani Abasiyah

3.       

Mastery Learning

Runtuhnya Islam Kerajaan Andalusia dan pengaruhnya terhadap peradaban Islam.

4.       

Pemberian Tugas Dan Resitasi

Perang Salib

5.       

Metode Diskusi

Kebangkitan Bangsa Barat. (penemuan Iptek, tumbuhnya kekuatan Barat dan ekspansi ke daerah lain).

6.       

Pendekatan Proses

Kebangkitan dunia Islam. (Modernisasi dan revitalisasi)

7.       

Inquiry Approach/Penemuan

Indonesia sebelum kedatangan Islam. (Kehidupan bangsa Indonesia dan agama yang dianut sebelum datangnya Islam).

8.       

Kerja Kelompok Siswa

Sejarah Masuknya Islam ke Indonesia. (Peta penyebaran, cara dan pembawanya, serta Akulturasi antara pengaruh kebudayaan Islam dengan non Islam).

9.       

Experiment

Sejarah Masuknya Islam dan perkembangannya (strategi penyebarannya) ke pulau-pulau di Indonesia.

10.   

Tanya Jawab

Kerajaan Islam di Sumatera. (Samudera Pasai dan Aceh).

11.   

Study Tour/Karyawisata

Kerajaan Islam di Jawa. (Demak, Pajang, Banten dan Mataram).

12.   

Studi Individual

Kerajaan Islam di Kalimantan. (Sukadana, Brunai / kalimantan utara, Banjar / kalimantan Selatan).

13.   

Metode Klasikal

Kerajaan Islam di Sulawesi. (Goa Tallo, Makasar),

14.   

Humanistic Education

Kerajaan Islam di Pulau Maluku dan Nusa Tenggara (NTT/NTB)

15.   

CBSA

1.       Indonesia di bawah penjajahan Belanda.

16.   

Aplikasi Perpustakaan

Kebangkitan Islam di Indonesia. (sebab timbulnya, tokoh-tokohnya, dan daerah-daerahnya).

17.   

Audiovisual

Peranan Umat Islam dalam Proklamasi Kemerdekaan.

18.   

Re-Inforcement

Keadaan Islam di Indonesia sebagai negara berdasar pancasila, negara aneka suku dan agama, aneka budaya dan adat istiadat, serta sikap tasamuh/toleransi antar agama.

19.   

Mass Media

Gerakan dan usaha persatuan dunia Islam. (organisasi Islam International dan kerjasama antar negeri Islam).

20.   

Bahan/Materials

Gerakan Pembaharuan dalam dalam dunia Islam (Gerakan Wahabi dan pan Islamisme)

21.   

Simulasi

Masa Kemunduran (Bangsa mongol dan dinasti Khan, serangan timur lenk, dan dinasti mamalik Mesir).

22.   

Alam Lingkungan Terbuka

Kerajaan Utsmani dan Safawi di Persia.

23.   

Pengajaran Modul

Kerajaan Mughal di India.

24.   

Cerita/Sejarah/Peninggalan

Renaisans di Eropa.

25.   

Media Pendidikan

Pusat peradaban Islam di Baghdad Irak

26.   

Pendekatan Educatif

Pusat peradaban Islam di Kairo Mesir

27.   

Pendekatan Emosional

Pusat peradaban Islam di Isfahan Persia

28.   

Pendekatan Pengalaman

Pusat peradaban Islam di Istambul Turki

29.   

Pendekatan Pembiasaan

Pusat peradaban Islam di Delhi India

30.   

Pendekatan Rasional

Pusat peradaban Islam di Andalus (Spanyol).

31.   

Pendekatan Fungsional

Pusat peradaban Islam di Samarkand-Bukhara (Transoxania)

32.   

Pendekatan Keagamaan

Khilafah rasyidah

33.   

Pendekatan Kebermaknaan

Dinasti yang memerdekakan diri dari Baghdad

34.   

Metode Proyek

Sebab-sebab kemunduran kekholifahan bani Abbas

35.   

Metode Sosiodrama

Penjajahan Barat terhadap Islam di anak benua India dan Asia.

36.   

Metode Demontrasi

Politik Islam Hindia Belanda

37.   

Metode Problem Solving

Format Islam Jawa (Priyayi, santri dan abangan)

38.   

Metode Tanya Jawab

Kultur Islam jawa dan kedekatannya dengan Gugon tuhon, khurafat, tahayul dan mistis.

39.   

Metode Drill

Asimilasi, akulturasi dan penetrasi antara Islam dan budaya jawa lama (budaya animisme, dinamisme/hindu, budha).

40.   

Metode CL/CTL

Terusan Suez dan andilnya dalam kemajuan Islam dan dampak negatif bagi dunia Timur.

 

Ket. : Soft copy diketik dengan Apl. Word dan dikirim lewat e-mail : isromag2@gmail.com  atau diserahkan dalam bentuk CD/DVD.

 

 

 

 

Bumiayu, 11 September  2021.

Pengampu Mata Kuliah,

 

Isro, M.Ag.

 

JUDUL TUGAS PEMBUATAN MAKALAH INDIVIDU

YANG DIKUMPULKAN SEBELUM UAS

DALAM BENTUK SOFT COPY YANG DIKIRIM

KE E-MAIL ATAU DISERAHKAN DALAM BENTUK CD*)

 

Kelas-B:

 

ABSEN

MP SKI MA

MATERI PELAJARAN

1.       

Enquiry-Discovery Learning

Sejarah Islam Pada Masa Bani Umayah

2.       

Expository Learning

Sejarah Islam pada Masa bani Abasiyah

3.       

Mastery Learning

Runtuhnya Islam Kerajaan Andalusia dan pengaruhnya terhadap peradaban Islam.

4.       

Pemberian Tugas Dan Resitasi

Perang Salib

5.       

Metode Diskusi

Kebangkitan Bangsa Barat. (penemuan Iptek, tumbuhnya kekuatan Barat dan ekspansi ke daerah lain).

6.       

Pendekatan Proses

Kebangkitan dunia Islam. (Modernisasi dan revitalisasi)

7.       

Inquiry Approach/Penemuan

Indonesia sebelum kedatangan Islam. (Kehidupan bangsa Indonesia dan agama yang dianut sebelum datangnya Islam).

8.       

Kerja Kelompok Siswa

Sejarah Masuknya Islam ke Indonesia. (Peta penyebaran, cara dan pembawanya, serta Akulturasi antara pengaruh kebudayaan Islam dengan non Islam).

9.       

Experiment

Sejarah Masuknya Islam dan perkembangannya (strategi penyebarannya) ke pulau-pulau di Indonesia.

10.   

Tanya Jawab

Kerajaan Islam di Sumatera. (Samudera Pasai dan Aceh).

11.   

Study Tour/Karyawisata

Kerajaan Islam di Jawa. (Demak, Pajang, Banten dan Mataram).

12.   

Studi Individual

Kerajaan Islam di Kalimantan. (Sukadana, Brunai / kalimantan utara, Banjar / kalimantan Selatan).

13.   

Metode Klasikal

Kerajaan Islam di Sulawesi. (Goa Tallo, Makasar),

14.   

Humanistic Education

Kerajaan Islam di Pulau Maluku dan Nusa Tenggara (NTT/NTB)

15.   

CBSA

2.       Indonesia di bawah penjajahan Belanda.

16.   

Aplikasi Perpustakaan

Kebangkitan Islam di Indonesia. (sebab timbulnya, tokoh-tokohnya, dan daerah-daerahnya).

17.   

Audiovisual

Peranan Umat Islam dalam Proklamasi Kemerdekaan.

18.   

Re-Inforcement

Keadaan Islam di Indonesia sebagai negara berdasar pancasila, negara aneka suku dan agama, aneka budaya dan adat istiadat, serta sikap tasamuh/toleransi antar agama.

19.   

Mass Media

Gerakan dan usaha persatuan dunia Islam. (organisasi Islam International dan kerjasama antar negeri Islam).

20.   

Bahan/Materials

Gerakan Pembaharuan dalam dalam dunia Islam (Gerakan Wahabi dan pan Islamisme)

21.   

Simulasi

Masa Kemunduran (Bangsa mongol dan dinasti Khan, serangan timur lenk, dan dinasti mamalik Mesir).

22.   

Alam Lingkungan Terbuka

Kerajaan Utsmani dan Safawi di Persia.

23.   

Pengajaran Modul

Kerajaan Mughal di India.

24.   

Cerita/Sejarah/Peninggalan

Renaisans di Eropa.

25.   

Media Pendidikan

Pusat peradaban Islam di Baghdad Irak

26.   

Pendekatan Educatif

Pusat peradaban Islam di Kairo Mesir

27.   

Pendekatan Emosional

Pusat peradaban Islam di Isfahan Persia

28.   

Pendekatan Pengalaman

Pusat peradaban Islam di Istambul Turki

29.   

Pendekatan Pembiasaan

Pusat peradaban Islam di Delhi India

30.   

Pendekatan Rasional

Pusat peradaban Islam di Andalus (Spanyol).

31.   

Pendekatan Fungsional

Pusat peradaban Islam di Samarkand-Bukhara (Transoxania)

32.   

Pendekatan Keagamaan

Khilafah rasyidah

33.   

Pendekatan Kebermaknaan

Dinasti yang memerdekakan diri dari Baghdad

34.   

Metode Proyek

Sebab-sebab kemunduran kekholifahan bani Abbas

35.   

Metode Sosiodrama

Penjajahan Barat terhadap Islam di anak benua India dan Asia.

36.   

Metode Demontrasi

Politik Islam Hindia Belanda

37.   

Metode Problem Solving

Format Islam Jawa (Priyayi, santri dan abangan)

38.   

Metode Tanya Jawab

Kultur Islam jawa dan kedekatannya dengan Gugon tuhon, khurafat, tahayul dan mistis.

39.   

Metode Drill

Asimilasi, akulturasi dan penetrasi antara Islam dan budaya jawa lama (budaya animisme, dinamisme/hindu, budha).

40.   

Metode CL/CTL

Terusan Suez dan andilnya dalam kemajuan Islam dan dampak negatif bagi dunia Timur.

 

Ket. : Soft copy diketik dengan Apl. Word dan dikirim lewat e-mail : isromag2@gmail.com atau diserahkan dalam bentuk CD/DVD.

 

 

 

Bumiayu, 11 September  2021.

Pengampu Mata Kuliah,

 

Isro, M.Ag.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar