SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM (STAI) BREBES
JURUSAN
TARBIYAH/PROGDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI)
SEMESTER IV (GENAP) TA.2015/2016
Alamat Kampus 3: SMP
BU NU BUMIAYU BREBES JAWA-TENGAH 52273.
SILABUS
METODE PEMBELAJARAN PAI
Isro,
M.Ag.
1. Pengertian, Kedudukan dan Urgensi Metode Pembelajaran PAI
2. Menentukan Metode Pembelajaran yang Tepat dan Baik
serta Pengaruhnya terhadap Keberhasilan Pembelajaran PAI
3. Aplikasi metode Cerita, teladan dan inquiri
Kelebihan dan Kelemahannya dalam Pemb.
PAI
4. Aplikasi metode Proyek, sosiodrama: Kelebihan
dan Kelemahannya dalam Pemb. PAI
5. Aplikasi Metode Ceramah, Tanya Jawab, Diskusi:
Kelebihan dan Kelemahannya dalam Pemb.
PAI
6. Aplikasi Metode Demontrasi, Eksperimen, Resitasi:
Kelebihan dan Kelemahannya
7. Aplikasi Metode Latihan (Drill), Kerja
Kelompok: Kelebihan dan Kelemahannya
8. Aplikasi Metode
Karyawisata, Discovery, Team Teaching: Kelebihan
dan Kelemahannya
9. Aplikasi Metode Mind
Mapping, Problem Solving, Moral Reasoning: Kelebihan dan
Kelemahannya
10. Aplikasi Metode Recollection
Smart Teaching (RST): Kelebihan
dan Kelemahannya
11. Metode Quantum
Teaching: Prinsip, Teknik, Kelebihan dan
Kelemahannya
12. Aplikasi Metode Make a Match (Mencari
Pasangan), Think Pair and Share, Snowball Throwing: Kelebihan dan
Kelemahannya
13. Aplikasi Metode Partisipatori, Kolaboratif, Studi
Mandiri: Kelebihan dan
Kelemahannya
14. Aplikasi Metode Pembelajaran Terprogram, Studi
Kasus, Insiden: Kelebihan dan
Kelemahannya
15. UTS
16. UAS
Referensi:
Abdul Aziz Wahab. 2008. Metode
dan Model-Model Mengajar
Abuddin Nata. 2009. Perspektif Islam tentang
Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Ahmad Tafsir. 2003. Metodologi Pengajaran
Agama Islam. Bandung: Remaja
M. Arifin. 1993. Ilmu
Pendidikan Islam: Suatu Tinjauan Teoritis dan Praktis Berdasarkan Pendekatan
Interdisipliner
Muhammad Qutb.1993.
Sistem Pendidikan Islam. terj. Salman Harun. Bandung: al-Ma’arif
Muis Sad Iman. 2004. Pendidikan
Partisipatif: Menimbang Konsep Fitra dan Progresivisme John Dewey
Mukhtar dan Iskandar, 2010. Desain
Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (Sebuah Orientasi
Baru))
Nana Sudjana. 1986. Dasar-dasar Proses
Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Noeng Muhadjir. 2003. Ilmu
Pendidikan dan Perubahan Sosial: Teori Pendidikan Pelaku Sosial Kreatif
Ramayulis. 1994. Metode Pembelajaran
Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Kalam Mulia
Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain. 2002. Strategi
Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Wina Sanjaya. 2009. Perencanaan dan Desain
Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Zakiah Daradjat. 1995. Metodik Khusus
Pengajaran Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Bumiayu, 3 Maret 2016
Pengampu,
Isro.M.Ag.
PEMBAGIAN JUDUL INDIVIDU MATKUL METODE PEMBELAJARAN PAI
NO
|
NAMA
|
JUDUL INDIVIDU
|
|
1.
|
Aenullaeli
Nurizki
|
Enquiry-Discovery Learning
|
RL,Telaah dan
aplikasinya
|
2.
|
Ali Gufron
|
Expository Learning
|
RL,Telaah dan
aplikasinya
|
3.
|
Asep Didi Adi
BM
|
Mastery Learning
|
RL,Telaah dan
aplikasinya
|
4.
|
Fitri Lusiana
|
Pemberian Tugas Dan Resitasi
|
RL,Telaah dan aplikasinya
|
5.
|
Hikmatul Laelia
|
Metode Diskusi
|
RL,Telaah dan
aplikasinya
|
6.
|
Ihwan M. Ridwan
|
Pendekatan Proses
|
RL,Telaah dan
aplikasinya
|
7.
|
Lilies Nurul
Fasihah
|
Inquiry Approach/Penemuan
|
RL,Telaah dan
aplikasinya
|
8.
|
M.Helmi Purbaya
|
Kerja Kelompok Siswa
|
RL,Telaah dan
aplikasinya
|
9.
|
Mufridah
|
Experiment
|
RL,Telaah dan
aplikasinya
|
10.
|
Muh. Muhlisin
|
Tanya Jawab
|
RL,Telaah dan
aplikasinya
|
11.
|
Nuralimin
Ahyarudin
|
Study Tour/Karyawisata
|
RL,Telaah dan
aplikasinya
|
12.
|
Nurul Fahmi
|
Studi Individual
|
RL,Telaah dan
aplikasinya
|
13.
|
Suparman
|
Metode Klasikal
|
RL,Telaah dan
aplikasinya
|
14.
|
Suratno
|
Humanistic Education
|
RL,Telaah dan
aplikasinya
|
15.
|
Tazkiyatun
Muawanah
|
CBSA
|
RL,Telaah dan
aplikasinya
|
16.
|
Umi Hidayati
|
Aplikasi Perpustakaan
|
RL,Telaah dan
aplikasinya
|
17.
|
Wasri
|
Audiovisual
|
RL,Telaah dan
aplikasinya
|
18.
|
Siti Umayah
|
Re-Inforcement
|
RL,Telaah dan
aplikasinya
|
19.
|
Wahrun
|
Mass Media
|
RL,Telaah dan
aplikasinya
|
20.
|
Anisatun
Fatunni’mah
|
Bahan/Materials
|
RL,Telaah dan
aplikasinya
|
21.
|
Ela Sofiana
|
Simulasi
|
RL,Telaah dan
aplikasinya
|
22.
|
M. Ali Farkhan
|
Alam Lingkungan Terbuka
|
RL,Telaah dan
aplikasinya
|
23.
|
Nining
Nurhidayati
|
Pengajaran Modul
|
RL,Telaah dan
aplikasinya
|
24.
|
Mainah
|
Cerita/Sejarah/Peninggalan
|
RL,Telaah dan
aplikasinya
|
25.
|
Mhs blm
tercantum
|
Media Pendidikan
|
RL,Telaah dan
aplikasinya
|
26.
|
Mhs blm
tercantum
|
Pendekatan Educatif
|
RL,Telaah dan
aplikasinya
|
27.
|
Mhs blm
tercantum
|
Pendekatan Emosional
|
RL,Telaah dan
aplikasinya
|
28.
|
Mhs blm
tercantum
|
Pendekatan Pengalaman
|
RL,Telaah dan
aplikasinya
|
29.
|
Mhs blm
tercantum
|
Pendekatan Pembiasaan
|
RL,Telaah dan
aplikasinya
|
30.
|
Mhs blm
tercantum
|
Pendekatan Rasional
|
RL,Telaah dan
aplikasinya
|
31.
|
Mhs blm
tercantum
|
Pendekatan Fungsional
|
RL,Telaah dan
aplikasinya
|
32.
|
Mhs blm
tercantum
|
Pendekatan Keagamaan
|
RL,Telaah dan
aplikasinya
|
33.
|
Mhs blm
tercantum
|
Pendekatan Kebermaknaan
|
RL,Telaah dan aplikasinya
|
34.
|
Mhs blm
tercantum
|
Metode Proyek
|
RL,Telaah dan
aplikasinya
|
35.
|
Mhs blm
tercantum
|
Metode Sosiodrama
|
RL,Telaah dan
aplikasinya
|
36.
|
Mhs blm
tercantum
|
Metode Demontrasi
|
RL,Telaah dan
aplikasinya
|
37.
|
Mhs blm
tercantum
|
Metode Problem Solving
|
RL,Telaah dan
aplikasinya
|
38.
|
Mhs blm
tercantum
|
Metode Tanya Jawab
|
RL,Telaah dan
aplikasinya
|
39.
|
Mhs blm
tercantum
|
Metode Drill
|
RL,Telaah dan
aplikasinya
|
40.
|
Mhs blm
tercantum
|
Metode CL/CTL
|
RL,Telaah dan
aplikasinya
|
41.
|
Mhs blm
tercantum
|
Program Remedial
|
RL,Telaah dan aplikasinya
|
42.
|
Mhs blm
tercantum
|
Mind Mapping
|
RL,Telaah dan
aplikasinya
|
43.
|
Mhs blm
tercantum
|
Think Pair
|
RL,Telaah dan
aplikasinya
|
44.
|
Mhs blm
tercantum
|
snowball
|
RL,Telaah dan
aplikasinya
|
45.
|
Mhs blm
tercantum
|
Quantum Teaching
|
RL,Telaah dan
aplikasinya
|
Bumiayu, 3 Maret 2016
Pengampu,
Isro.M.Ag.
MATERI MATKUL
METODE PEMBELAJARAN PAI
No.
|
Pokok Bahasan
|
Kel Diskusi
|
Tapka
|
1
|
Pengertian, Kedudukan dan
Urgensi Metode Pembelajaran PAI
|
1
|
2
|
2
|
Menentukan Metode Pembelajaran
yang Tepat dan Baik serta Pengaruhnya terhadap Keberhasilan Pembelajaran PAI
|
2
|
3
|
3
|
Aplikasi metode Cerita, teladan
dan inquiri Kelebihan dan Kelemahannya
dalam Pemb. PAI
|
3
|
4
|
4
|
Aplikasi metode Proyek,
sosiodrama: Kelebihan dan Kelemahannya
dalam Pemb. PAI
|
4
|
5
|
5
|
Aplikasi Metode Ceramah, Tanya Jawab,
Diskusi: Kelebihan dan Kelemahannya
dalam Pemb. PAI
|
5
|
6
|
6
|
Aplikasi Metode Demontrasi,
Eksperimen, Resitasi: Kelebihan dan
Kelemahannya
|
6
|
7
|
7
|
Aplikasi Metode Latihan (Drill),
Kerja Kelompok: Kelebihan dan
Kelemahannya
|
7
|
8
|
8
|
Aplikasi Metode Karyawisata, Discovery, Team Teaching: Kelebihan dan
Kelemahannya
|
8
|
9
|
9
|
Aplikasi Metode Mind Mapping, Problem Solving, Moral
Reasoning: Kelebihan dan Kelemahannya
|
9
|
10
|
10
|
Aplikasi Metode Recollection Smart Teaching (RST): Kelebihan dan
Kelemahannya
|
10
|
11
|
11
|
Metode Quantum Teaching: Prinsip, Teknik, Kelebihan dan Kelemahannya
|
11
|
12
|
12
|
Aplikasi Metode Make a Match
(Mencari Pasangan), Think Pair and Share, Snowball Throwing: Kelebihan dan Kelemahannya
|
12
|
13
|
13
|
Aplikasi Metode Partisipatori,
Kolaboratif, Studi Mandiri: Kelebihan dan Kelemahannya
|
13
|
14
|
14
|
Aplikasi Metode Pembelajaran
Terprogram, Studi Kasus, Insiden: Kelebihan dan Kelemahannya
|
14
|
15
|
Makalah Kelompok harus sudah dibuat ketika diskusi kelas berlangsung…!
Makalah Individu diserahkan kepada dosen pengampu paling lambat ketika
UAS.
Bumiayu, 3 Maret 2016
Pengampu,
Isro.M.Ag.
PEMBAGIAN JUDUL
KELOMPOK DISKUSI DAN TAPKA
NO
|
NAMA
|
KEL DISKUSI
|
TOPIK KE-
|
TAPKA
|
1.
|
Aenullaeli Nurizki
|
1
|
1
|
2
|
2.
|
Ali Gufron
|
2
|
2
|
3
|
3.
|
Asep Didi Adi BM
|
3
|
3
|
4
|
4.
|
Fitri Lusiana
|
4
|
4
|
5
|
5.
|
Hikmatul Laelia
|
5
|
5
|
6
|
6.
|
Ihwan M. Ridwan
|
6
|
6
|
7
|
7.
|
Lilies Nurul Fasihah
|
7
|
7
|
8
|
8.
|
M.Helmi Purbaya
|
8
|
8
|
9
|
9.
|
Mufridah
|
9
|
9
|
10
|
10.
|
Muh. Muhlisin
|
10
|
10
|
11
|
11.
|
Nuralimin Ahyarudin
|
11
|
11
|
12
|
12.
|
Nurul Fahmi
|
12
|
12
|
13
|
13.
|
Suparman
|
13
|
13
|
14
|
14.
|
Suratno
|
14
|
14
|
15
|
15.
|
Tazkiyatun Muawanah
|
1
|
1
|
2
|
16.
|
Umi Hidayati
|
2
|
2
|
3
|
17.
|
Wasri
|
3
|
3
|
4
|
18.
|
Siti Umayah
|
4
|
4
|
5
|
19.
|
Wahrun
|
5
|
5
|
6
|
20.
|
Anisatun Fatunni’mah
|
6
|
6
|
7
|
21.
|
Ela Sofiana
|
7
|
7
|
8
|
22.
|
M. Ali Farkhan
|
8
|
8
|
9
|
23.
|
Nining Nurhidayati
|
9
|
9
|
10
|
24.
|
Mainah
|
10
|
10
|
11
|
25.
|
Mhs blm tercantum
|
11
|
11
|
12
|
26.
|
Mhs blm tercantum
|
12
|
12
|
13
|
27.
|
Mhs blm tercantum
|
13
|
13
|
14
|
28.
|
Mhs blm tercantum
|
14
|
14
|
15
|
29.
|
Mhs blm tercantum
|
1
|
1
|
2
|
30.
|
Mhs blm tercantum
|
2
|
2
|
3
|
31.
|
Mhs blm tercantum
|
3
|
3
|
4
|
32.
|
Mhs blm tercantum
|
4
|
4
|
5
|
33.
|
Mhs blm tercantum
|
5
|
5
|
6
|
34.
|
Mhs blm tercantum
|
6
|
6
|
7
|
35.
|
Mhs blm tercantum
|
7
|
7
|
8
|
36.
|
Mhs blm tercantum
|
8
|
8
|
9
|
37.
|
Mhs blm tercantum
|
9
|
9
|
10
|
38.
|
Mhs blm tercantum
|
10
|
10
|
11
|
39.
|
Mhs blm tercantum
|
11
|
11
|
12
|
40.
|
Mhs blm tercantum
|
12
|
12
|
13
|
41.
|
Mhs blm tercantum
|
13
|
13
|
14
|
42.
|
Mhs blm tercantum
|
14
|
14
|
15
|
43.
|
Mhs blm tercantum
|
1
|
1
|
2
|
44.
|
Mhs blm tercantum
|
2
|
2
|
3
|
45.
|
Mhs blm tercantum
|
3
|
3
|
4
|
Bumiayu, 3 Maret 2016
Pengampu,
Isro.M.Ag.
Ket:
Judul Tugas individu dan kelompok dapat dilihat dalam Blog: Isromag.blogspot.com
HP.0852-1519-5333
Tidak ada komentar:
Posting Komentar