Minggu, 06 Maret 2016

sylabus dan tugas mata kuliah Metode Pembelajaran mhs STAI Brebes 2016



Description: G:\staib3.jpgSEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM (STAI) BREBES
JURUSAN TARBIYAH/PROGDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI)
SEMESTER IV (GENAP) TA.2015/2016
Alamat Kampus 3: SMP BU NU BUMIAYU BREBES JAWA-TENGAH 52273.


 


SILABUS METODE PEMBELAJARAN PAI
Isro, M.Ag.


1.      Pengertian, Kedudukan dan Urgensi  Metode Pembelajaran PAI
2.      Menentukan Metode Pembelajaran yang Tepat dan Baik serta Pengaruhnya terhadap Keberhasilan Pembelajaran PAI
3.      Aplikasi metode Cerita, teladan dan inquiri Kelebihan dan  Kelemahannya dalam Pemb. PAI
4.      Aplikasi metode Proyek, sosiodrama: Kelebihan dan  Kelemahannya dalam Pemb. PAI
5.      Aplikasi Metode Ceramah, Tanya Jawab, Diskusi: Kelebihan dan  Kelemahannya dalam Pemb. PAI
6.      Aplikasi Metode Demontrasi, Eksperimen, Resitasi: Kelebihan dan  Kelemahannya
7.      Aplikasi Metode Latihan (Drill), Kerja Kelompok: Kelebihan dan  Kelemahannya
8.      Aplikasi Metode Karyawisata, Discovery, Team Teaching: Kelebihan dan  Kelemahannya
9.      Aplikasi Metode Mind Mapping, Problem Solving, Moral Reasoning: Kelebihan dan  Kelemahannya
10.  Aplikasi Metode Recollection Smart Teaching (RST): Kelebihan dan  Kelemahannya
11.  Metode Quantum Teaching: Prinsip, Teknik, Kelebihan dan  Kelemahannya
12.  Aplikasi Metode Make a Match (Mencari Pasangan), Think Pair and Share, Snowball Throwing:  Kelebihan dan  Kelemahannya
13.  Aplikasi Metode Partisipatori, Kolaboratif, Studi Mandiri: Kelebihan dan  Kelemahannya
14.  Aplikasi Metode Pembelajaran Terprogram, Studi Kasus, Insiden: Kelebihan dan  Kelemahannya
15.  UTS
16.  UAS



Referensi:
Abdul Aziz Wahab. 2008. Metode dan Model-Model Mengajar
Abuddin Nata. 2009. Perspektif Islam tentang Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group   
Ahmad Tafsir. 2003. Metodologi Pengajaran Agama Islam. Bandung: Remaja
M. Arifin. 1993. Ilmu Pendidikan Islam: Suatu Tinjauan Teoritis dan Praktis Berdasarkan Pendekatan Interdisipliner
Muhammad  Qutb.1993. Sistem Pendidikan Islam. terj. Salman Harun. Bandung: al-Ma’arif
Muis Sad Iman. 2004. Pendidikan Partisipatif: Menimbang Konsep Fitra dan Progresivisme John Dewey
Mukhtar dan Iskandar, 2010. Desain Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (Sebuah Orientasi Baru))
Nana Sudjana. 1986. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Noeng Muhadjir. 2003. Ilmu Pendidikan dan Perubahan Sosial: Teori Pendidikan Pelaku Sosial Kreatif
Ramayulis. 1994. Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Kalam Mulia
Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Wina Sanjaya. 2009. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Zakiah Daradjat. 1995. Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Bumiayu, 3 Maret 2016
Pengampu,

Isro.M.Ag.

PEMBAGIAN JUDUL INDIVIDU MATKUL METODE PEMBELAJARAN PAI
NO
NAMA
JUDUL INDIVIDU
1.       
Aenullaeli Nurizki
Enquiry-Discovery Learning
RL,Telaah dan aplikasinya
2.       
Ali Gufron
Expository Learning
RL,Telaah dan aplikasinya
3.       
Asep Didi Adi BM
Mastery Learning
RL,Telaah dan aplikasinya
4.       
Fitri Lusiana
Pemberian Tugas Dan Resitasi
RL,Telaah dan aplikasinya
5.       
Hikmatul Laelia
Metode Diskusi
RL,Telaah dan aplikasinya
6.       
Ihwan M. Ridwan
Pendekatan Proses
RL,Telaah dan aplikasinya
7.       
Lilies Nurul Fasihah
Inquiry Approach/Penemuan
RL,Telaah dan aplikasinya
8.       
M.Helmi Purbaya
Kerja Kelompok Siswa
RL,Telaah dan aplikasinya
9.       
Mufridah
Experiment
RL,Telaah dan aplikasinya
10.   
Muh. Muhlisin
Tanya Jawab
RL,Telaah dan aplikasinya
11.   
Nuralimin Ahyarudin
Study Tour/Karyawisata
RL,Telaah dan aplikasinya
12.   
Nurul Fahmi
Studi Individual
RL,Telaah dan aplikasinya
13.   
Suparman
Metode Klasikal
RL,Telaah dan aplikasinya
14.   
Suratno
Humanistic Education
RL,Telaah dan aplikasinya
15.   
Tazkiyatun Muawanah
CBSA
RL,Telaah dan aplikasinya
16.   
Umi Hidayati
Aplikasi Perpustakaan
RL,Telaah dan aplikasinya
17.   
Wasri
Audiovisual
RL,Telaah dan aplikasinya
18.   
Siti Umayah
Re-Inforcement
RL,Telaah dan aplikasinya
19.   
Wahrun
Mass Media
RL,Telaah dan aplikasinya
20.   
Anisatun Fatunni’mah
Bahan/Materials
RL,Telaah dan aplikasinya
21.   
Ela Sofiana
Simulasi
RL,Telaah dan aplikasinya
22.   
M. Ali Farkhan
Alam Lingkungan Terbuka
RL,Telaah dan aplikasinya
23.   
Nining Nurhidayati
Pengajaran Modul
RL,Telaah dan aplikasinya
24.   
Mainah
Cerita/Sejarah/Peninggalan
RL,Telaah dan aplikasinya
25.   
Mhs blm tercantum
Media Pendidikan
RL,Telaah dan aplikasinya
26.   
Mhs blm tercantum
Pendekatan Educatif
RL,Telaah dan aplikasinya
27.   
Mhs blm tercantum
Pendekatan Emosional
RL,Telaah dan aplikasinya
28.   
Mhs blm tercantum
Pendekatan Pengalaman
RL,Telaah dan aplikasinya
29.   
Mhs blm tercantum
Pendekatan Pembiasaan
RL,Telaah dan aplikasinya
30.   
Mhs blm tercantum
Pendekatan Rasional
RL,Telaah dan aplikasinya
31.   
Mhs blm tercantum
Pendekatan Fungsional
RL,Telaah dan aplikasinya
32.   
Mhs blm tercantum
Pendekatan Keagamaan
RL,Telaah dan aplikasinya
33.   
Mhs blm tercantum
Pendekatan Kebermaknaan
RL,Telaah dan aplikasinya
34.   
Mhs blm tercantum
Metode Proyek
RL,Telaah dan aplikasinya
35.   
Mhs blm tercantum
Metode Sosiodrama
RL,Telaah dan aplikasinya
36.   
Mhs blm tercantum
Metode Demontrasi
RL,Telaah dan aplikasinya
37.   
Mhs blm tercantum
Metode Problem Solving
RL,Telaah dan aplikasinya
38.   
Mhs blm tercantum
Metode Tanya Jawab
RL,Telaah dan aplikasinya
39.   
Mhs blm tercantum
Metode Drill
RL,Telaah dan aplikasinya
40.   
Mhs blm tercantum
Metode CL/CTL
RL,Telaah dan aplikasinya
41.   
Mhs blm tercantum
Program Remedial
RL,Telaah dan aplikasinya
42.   
Mhs blm tercantum
Mind Mapping
RL,Telaah dan aplikasinya
43.   
Mhs blm tercantum
Think Pair
RL,Telaah dan aplikasinya
44.   
Mhs blm tercantum
snowball
RL,Telaah dan aplikasinya
45.   
Mhs blm tercantum
Quantum Teaching
RL,Telaah dan aplikasinya
Bumiayu, 3 Maret 2016
Pengampu,

Isro.M.Ag.

MATERI MATKUL METODE PEMBELAJARAN PAI

No.
Pokok Bahasan
Kel Diskusi
Tapka
1
Pengertian, Kedudukan dan Urgensi  Metode Pembelajaran PAI
1
2
2
Menentukan Metode Pembelajaran yang Tepat dan Baik serta Pengaruhnya terhadap Keberhasilan Pembelajaran PAI
2
3
3
Aplikasi metode Cerita, teladan dan inquiri Kelebihan dan  Kelemahannya dalam Pemb. PAI
3
4
4
Aplikasi metode Proyek, sosiodrama: Kelebihan dan  Kelemahannya dalam Pemb. PAI
4
5
5
Aplikasi Metode Ceramah, Tanya Jawab, Diskusi: Kelebihan dan  Kelemahannya dalam Pemb. PAI
5
6
6
Aplikasi Metode Demontrasi, Eksperimen, Resitasi: Kelebihan dan  Kelemahannya
6
7
7
Aplikasi Metode Latihan (Drill), Kerja Kelompok: Kelebihan dan  Kelemahannya
7
8
8
Aplikasi Metode Karyawisata, Discovery, Team Teaching: Kelebihan dan  Kelemahannya
8
9
9
Aplikasi Metode Mind Mapping, Problem Solving, Moral Reasoning: Kelebihan dan  Kelemahannya
9
10
10
Aplikasi Metode Recollection Smart Teaching (RST): Kelebihan dan  Kelemahannya
10
11
11
Metode Quantum Teaching: Prinsip, Teknik, Kelebihan dan  Kelemahannya
11
12
12
Aplikasi Metode Make a Match (Mencari Pasangan), Think Pair and Share, Snowball Throwing:  Kelebihan dan  Kelemahannya
12
13
13
Aplikasi Metode Partisipatori, Kolaboratif, Studi Mandiri: Kelebihan dan  Kelemahannya
13
14
14
Aplikasi Metode Pembelajaran Terprogram, Studi Kasus, Insiden: Kelebihan dan  Kelemahannya
14
15
Makalah Kelompok harus sudah dibuat ketika diskusi kelas berlangsung…!
Makalah Individu diserahkan kepada dosen pengampu paling lambat ketika UAS.

Bumiayu, 3 Maret 2016
Pengampu,

Isro.M.Ag.


PEMBAGIAN JUDUL KELOMPOK DISKUSI DAN TAPKA
NO
NAMA
KEL DISKUSI
TOPIK KE-
TAPKA
1.       
Aenullaeli Nurizki
1
1
2
2.       
Ali Gufron
2
2
3
3.       
Asep Didi Adi BM
3
3
4
4.       
Fitri Lusiana
4
4
5
5.       
Hikmatul Laelia
5
5
6
6.       
Ihwan M. Ridwan
6
6
7
7.       
Lilies Nurul Fasihah
7
7
8
8.       
M.Helmi Purbaya
8
8
9
9.       
Mufridah
9
9
10
10.   
Muh. Muhlisin
10
10
11
11.   
Nuralimin Ahyarudin
11
11
12
12.   
Nurul Fahmi
12
12
13
13.   
Suparman
13
13
14
14.   
Suratno
14
14
15
15.   
Tazkiyatun Muawanah
1
1
2
16.   
Umi Hidayati
2
2
3
17.   
Wasri
3
3
4
18.   
Siti Umayah
4
4
5
19.   
Wahrun
5
5
6
20.   
Anisatun Fatunni’mah
6
6
7
21.   
Ela Sofiana
7
7
8
22.   
M. Ali Farkhan
8
8
9
23.   
Nining Nurhidayati
9
9
10
24.   
Mainah
10
10
11
25.   
Mhs blm tercantum
11
11
12
26.   
Mhs blm tercantum
12
12
13
27.   
Mhs blm tercantum
13
13
14
28.   
Mhs blm tercantum
14
14
15
29.   
Mhs blm tercantum
1
1
2
30.   
Mhs blm tercantum
2
2
3
31.   
Mhs blm tercantum
3
3
4
32.   
Mhs blm tercantum
4
4
5
33.   
Mhs blm tercantum
5
5
6
34.   
Mhs blm tercantum
6
6
7
35.   
Mhs blm tercantum
7
7
8
36.   
Mhs blm tercantum
8
8
9
37.   
Mhs blm tercantum
9
9
10
38.   
Mhs blm tercantum
10
10
11
39.   
Mhs blm tercantum
11
11
12
40.   
Mhs blm tercantum
12
12
13
41.   
Mhs blm tercantum
13
13
14
42.   
Mhs blm tercantum
14
14
15
43.   
Mhs blm tercantum
1
1
2
44.   
Mhs blm tercantum
2
2
3
45.   
Mhs blm tercantum
3
3
4
Bumiayu, 3 Maret 2016
Pengampu,

Isro.M.Ag.


Ket:
Bila mau konsultasi bias via email: Isromag2@gmail.com
Judul Tugas individu dan kelompok dapat dilihat dalam Blog: Isromag.blogspot.com
HP.0852-1519-5333

Tidak ada komentar:

Posting Komentar