Sabtu, 24 Februari 2018

SYLABUS Mata KONDAS PAI Semester-2TA. 2017/2018, UPB Bumiayu.

Judul Pembahasan Diskusi
No.
Topik Pokok Bahasan
Kel-1
Topik
Tapka
1
Mendeskripsikan Konsep Manusia, Agama Dan Hubungan Manusia Dengan Agama
1
1
2
2
Mendeskripsikan Pengertian Agama Islam, Karakteristik Agama Islam, Kedudukan Agama Islam Diantara Agama2 di Dunia
2
2
3
3
Menganalisis Sumber- Sumber Ajaran Islam Dan L-Quran -  Hadits Sebagai  Sumber Ajaran  Islam.
3
3
4
4
Menganalisis Ijtihad Sebagai Sumber Ajaran Islam.
4
4
5
5
Mendeskripsikan Kerangka Dasar Ajaran Islam Dan  Aqidah Islam
5
5
6
6
Mendeskripsikan Syariah Islam Dan  Akhlak Islam.
6
6
7
7
Memahami Pendidikan Islam Dalam Konteks Pendidikan Nasional
7
7
8
8
Menerapkan Nilai Islam Bagi Pengembangan Ilpeng.
8
8
9
9
Memahami Peradaban Islam.
9
9
10
10
Menerapkan Nilai Toleransi Dalam Islam.
10
10
11
11
Memahami Nilai Gender di Dalam Islam.
11
11
12
12
Menganalisis Fundamentalisme di Dalam Islam.
12
12
13
13
Menganalisis Pernikahan Dalam Islam.
13
13
14








Sumber/Buku Referensi:
A.  Buku Wajib:
1.     Muhammad Alim. (2006). Pendidikan Agama Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya,cet-2.
2.     Syahraini Tambak. (2014). Pendidikan Agama Islam. Yogyakarta: Graha Ilmu, cet-1.
3.     Ajat Sudrajat. (1995). Din Al-Islam. Yogyakarta: Upp Ikip Yogyakarta.
4.     Dede Ahmad Ghozali. (2015). Bandung: Remaja Rosdakarya.
5.     Marzuki Dkk. (Ed.), (2002). Din Al-Islam: Buku Teks Pendidikan Agama Islam Di Perguruan Tinggi. Yogyakarta: Upp Percetakan Uny.
6.     Mohammad Daud Ali. (2000). Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Rajawali Press.
B.  Buku Anjuran:
1.      Abud, Abdul Ghani. (1987). Keluarga Muslim Dan Berbagai Masalahnya. Bandung: Pustaka.
2.      A. Hassan. (1984). Islam Dan Kebangsaan. Bangil: Persatuan.
3.      Ahmad Azhar Basyir. (1993). Refleksi Atas Persoalan KeIslaman.Bandung: Mizan.
4.      Ahmad Baiquni. (1994). Al-Quran: Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi. Yogyakarta: Dana Bakti Wakaf.
5.      Ahmad Sukardja. (1995). Piagam Madinah Dan Undang-Undang Dasar 1945. Jakarta: Ui Press.
6.      Ali Yafie. (1994). Menggagas Fiqih Sosial. Bandung: Mizan.
7.      Azyumardi Azra. (1999). Pendidikan Islam: Tradisi Dan Modernisasi Menuju Milenium Baru. Jakarta: Logos.
8.      Cassirer, Ernst. (1990). Manusia Dan Kebudayaan. Jakarta: Gramedia.
9.      Fazlur Rahman (1984). Islam. Bandung: Pustaka.
10.    Al-Faruqi, Ismail Raji (1995). Tauhid. Bandung: Pustaka.
11.    Gauhar, Altaf. (1983). Tantangan Islam. Bandung: Pustaka.
12.    Harun Nasution (1979). Islam Ditinjau Dari Berbagai Aspeknya. Jilid I & Ii. Jakarta: Ui Press.
13.    Maududi, Abul ‘Ala. (1984). Dasar-Dasar Islam. Bandung: Pustaka.
14.    Moenawar Chalil. (1956). Kembali Kepada Al-Quran Dan As-Sunnah. Jakarta: Bulan Bintang.
15.    Nasaruddin Umar. (1999). Argumen Kesetaraan Jender. Jakarta: Paramadina.
16.    Jalaluddin Rakhmat, Dkk. (1996). Rekonstruksi Dan Renungan Religius Islam. Paramadina: Jakarta.

Komponen Evaluasi                             Bobot
1 Kehadiran                                           10%
2 Keaktifan Di Kelas                               10%
3 Tugas-Tugas                                       10%
4 Ujian Tengah Semester                         30%
6 Ujian Akhir Semester                           40%
Jumlah                                                  100%

JUDUL TUGAS MAKALAH INDIVIDU KONDAS PAI-2 SEM-2

No.
Judul Tugas Individu (Mandiri)
Jumlah Minimal Hal.
1.       

  1.  
14 (1 Cover, 12 Isi, 1 Dapus
2.       

  1.  
14 (1 Cover, 12 Isi, 1 Dapus
3.       

  1.  
14 (1 Cover, 12 Isi, 1 Dapus
4.       

  1.  
14 (1 Cover, 12 Isi, 1 Dapus
5.       

  1.  
14 (1 Cover, 12 Isi, 1 Dapus
6.       

  1.  
14 (1 Cover, 12 Isi, 1 Dapus
7.       

  1.  
14 (1 Cover, 12 Isi, 1 Dapus
8.       

  1.  
14 (1 Cover, 12 Isi, 1 Dapus
9.       

  1.  
14 (1 Cover, 12 Isi, 1 Dapus
10.   

  1.  
14 (1 Cover, 12 Isi, 1 Dapus
11.   

  1.  
14 (1 Cover, 12 Isi, 1 Dapus
12.   

  1.  
14 (1 Cover, 12 Isi, 1 Dapus
13.   

  1.  
14 (1 Cover, 12 Isi, 1 Dapus
14.   

  1.  
14 (1 Cover, 12 Isi, 1 Dapus
15.   

  1.  
14 (1 Cover, 12 Isi, 1 Dapus
16.   

  1.  
14 (1 Cover, 12 Isi, 1 Dapus
17.   

  1.  
14 (1 Cover, 12 Isi, 1 Dapus
18.   

  1.  
14 (1 Cover, 12 Isi, 1 Dapus
19.   

  1.  
14 (1 Cover, 12 Isi, 1 Dapus
20.   

  1.  
14 (1 Cover, 12 Isi, 1 Dapus
21.   

  1.  
14 (1 Cover, 12 Isi, 1 Dapus
22.   

  1.  
14 (1 Cover, 12 Isi, 1 Dapus
23.   

  1.  
14 (1 Cover, 12 Isi, 1 Dapus
24.   

  1.  
14 (1 Cover, 12 Isi, 1 Dapus
25.   

  1.  
14 (1 Cover, 12 Isi, 1 Dapus
26.   

  1.  
14 (1 Cover, 12 Isi, 1 Dapus
27.   

  1.  
14 (1 Cover, 12 Isi, 1 Dapus
28.   

  1.  
14 (1 Cover, 12 Isi, 1 Dapus
29.   

  1.  
14 (1 Cover, 12 Isi, 1 Dapus
30.   

  1.  
14 (1 Cover, 12 Isi, 1 Dapus
31.   

  1.  
14 (1 Cover, 12 Isi, 1 Dapus
32.   

  1.  
14 (1 Cover, 12 Isi, 1 Dapus
33.   

  1.  
14 (1 Cover, 12 Isi, 1 Dapus
34.   

  1.  
14 (1 Cover, 12 Isi, 1 Dapus
35.

  1.  
14 (1 Cover, 12 Isi, 1 Dapus
36

  1.  
14 (1 Cover, 12 Isi, 1 Dapus
37

  1.  
14 (1 Cover, 12 Isi, 1 Dapus
38

  1.  
14 (1 Cover, 12 Isi, 1 Dapus
39

  1.  
14 (1 Cover, 12 Isi, 1 Dapus
40

  1.  
14 (1 Cover, 12 Isi, 1 Dapus
41

  1.  
14 (1 Cover, 12 Isi, 1 Dapus
42

  1.  
14 (1 Cover, 12 Isi, 1 Dapus
43

  1.  
14 (1 Cover, 12 Isi, 1 Dapus
44

  1.  
14 (1 Cover, 12 Isi, 1 Dapus
45

  1.  
14 (1 Cover, 12 Isi, 1 Dapus
46

  1.  
14 (1 Cover, 12 Isi, 1 Dapus
47

  1.  
14 (1 Cover, 12 Isi, 1 Dapus
48

  1.  
14 (1 Cover, 12 Isi, 1 Dapus

Catatan :
Disetorkan Ke Ketua Komting Masing-Masing Tanpa Dijilid Untuk Disatukan Dalam 1 Bendel Jilid Benang Dan Disetorkan Kepada Pengampu Mata Kuliah Pada Tapka Terakhir (Tapka Ke 14), Bagi Yang Terlambat Menyetorkan Dianggap Tidak Mengerjakan Tugas Makalah. Bendelan Yang Sudah Disatukan Setelah Dikoreksi/Dinilai Akan Ditaruh Di Perpustakaan Upb.

RINCIAN PEMBAGIAN TUGAS KELOMPOK PGSD 1  SEMESTER 2
No.
Nama
Kel ke-/Topik Ke-
Tapka Ke-
1
1
2
2
2
3
3
3
4
4
4
5
5
5
6
6
6
7
7
7
8
8
8
9
9
9
10
10
10
11
11
11
12
12
12
13
13
13
14
14
1
2
15
2
3
16
3
4
17
4
5
18
5
6
19
6
7
20
7
8
21
8
9
22
9
10
23
10
11
24
11
12
25
12
13
26
13
14
27
1
2
28
2
3
29
3
4
30
4
5
31
5
6
32
6
7
33
7
8


















































JUDUL TUGAS INDIVIDU/MANDIRI
  1. Manusia dan agama Islam
  2. Karakteristik agama Islam
  3. Agama dan Ruang Lingkupnya
  4. Teori tentang agama
  5. Unsur-unsur pokok agama
  6. Agama sebagai fitrah manusia
  7. Agama sebagai pedoman hidup manusia
  1. Agama Islam secara etimologis
  2. Agama Islam secara teminologis
  3. Agama Islam  dan Ruang Lingkupnya
  4. Islam sebagai rahmatan lil’alamin
  5. Islam sebagai agama rasional
  6. Islam sebagai pembebasan dan persamaan
  7. Islam sebagai agama yang humanis
  8. Pluralisme  dan Ruang Lingkupnya
  9. Islam dan pluralismeagama
  1. sumber-sumber ajaran Islam  dan Ruang Lingkupnya
  2. Kerangka dasar ajaran Islam
  3. Al-quran  dan Ruang Lingkupnya
  4. Proses turunnya  al-quran
  5. Sejarah kodifikasi al-quran
  6. Isi kandungan al-quran
  7. Bagian-bagian  al-quran
  8. Fungsi al-qur’an
  9. Keistimewaan  al-qur’an
  10. Hadits  dan Ruang Lingkupnya
  11. Sejarah kodifikasi as-hadits
  12. Kedudukan as-sunnah
  13. Kedudukan hadits terhadpal-qur’an
  14. Macam-macam hadits  terhadap al-quran
  15. Fungsi hadits
  1. ijtihad  dan Ruang Lingkupnya
  2. Fungsi ijtihad
  3. Dasar penggunaan ijtihad
  4. Objek ijtihad
  5. Persyaratan mujtahid
  1. Kerangka dasar ajaran Islam
  2. Hubungan antar unsur dalam kerangka dasar
  3. Aqidah  dan Ruang Lingkupnya
  4. Fungsi dan peran aqidah
  5. Ruang lingkup aqidah
  1. Syariah  dan Ruang Lingkupnya
  2. Prinsip syariah
  3. Tujuan syariah Islam
  4. Ciri khas syariah Islam
  5. Pengertian akhlak
  6. Ruang lingkup akhlak
  7. Fungsi dan tujuan akhlak
  1. pendidikan Islam  dan Ruang Lingkupnya
  2. Prinsip-prinsip dasar pendidikan  Islam
  3. Tujuan dan manfaat pendidikan Islam
  1. Konsep Islam ttg ilpeng
  2. Prinsip pengembangan ilmu pengetahuan
  3. Ayat qur’an ttg ilpeng bagi pengembangan ilpeng
  1. peradaban Islam  dan Ruang Lingkupnya
  2. Perjalanan peradaban Islam
  3. Bentuk peradabanIslam
  1. Prinsip toleransi dalam Islam
  2. Nilai toleransi Islam dalam kehidupan sehari-hari
  1. gender  dan Ruang Lingkupnya
  2. Prinsip kesetaraan gender dalam Islam
  1. fundamentalisme  dan Ruang Lingkupnya
  2. Sebab-sebab munculnya fundamentalisme dalam Islam
  1. Pernikahan dan Ruang Lingkupnya
  2. Dasar-dasar pernikahan dalam Islam
  3. Berbagai problema pernikahan dalam Islam






Tidak ada komentar:

Posting Komentar