Selasa, 14 Agustus 2012

PANDUAN PERKULIAHAN MEDIA PENGAJARAN


SEKOLAH TINGGI ILMU TARBIYAH (STIT) BREBES
JURUSAN TARBIYAH/PROGDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI)
Alamat Korcab: MAN BREBES 2 LAREN BUMIAYU BREBES 52273.


 


PANDUAN PERKULIAHAN MEDIA PENGAJARAN
Pengampu: Isro, M.Ag.

A.   Sasaran
Mata Kuliah ini didesain untuk memahami, mengenal, mengadakan analisis kritis terhadap seluk-beluk yang berkaitan dengan “Media Pengajaran”. Dengan demikian, mahasiswa akan mampu: 1). Memperluas, memahami konsep dan pengertian Media Pengajaran dari media yang sederhana sampai media tercanggih saat ini. 2). Mengerti dan memahami perkembangan media Pengajaran seiring dengan perkembangan IPTEK.  3). Mengerti dan memahami ruang lingkup serta karakteristik Media Pengajaran yang digunakan dalam pelaksanaan proses belajar mengajar saat ini.
Mengingat mata kuliah ini termasuk mata kuliah dasar khusus (MKDK), maka kuliah ini hanya bersifat pengantar, tidak membahas Media Pengajaran secara detail. Kuliah ini sekedar memberikan arahan dan pengantar bagi para mahasiswa untruk mengungkap lebih rinci dan detail terhadap masalah yang berkaitan dengan media Pengajaran. Mahasiswa sendirilah yang nantinya akan mendalami baik secara mandiri (otodidak) maupun secara kelompok (kolektif).

B.   Sistem Perkuliahan
Perkuliahan ini dilakukan atas asumsi bahwa mahasiswa adalah sosok individu yang memiliki kemandirian belajar, karena itu perkuliahan ini pada dasarnya untuk mengaktifkan, menggairahkan dan meningkatkan kemampuan belajar mandiri. Sehingga untuk perkuliahan melalui ceramah dikurangi semaksimal mungkin. Sebagai gantinya mahasiswa diarahkan untuk mendiskusikan tema-tema yang ada secara serius.
Untuk itu, maka diwajibkan kepada masing-masing mahasiswa (baik secara perorangan atau group) menulis satu makalah/paper untuk dipresentasikan. Dan makalah tersebut hendaknya dibuat rangkap/digandakan secukupnya (untuk peserta dan pengampu mata kuliah). Makalah/paper tersebut selanjutnya dipresentasikan paling lama 15 menit untuk selanjutnya didiskusikan di dalam ruang kuliah dengan tertib.

C.   Sistem Penilaian
1.    Absensi/partisipasi kelas (kehadiran dan kontribusi pemikiran dalam diskusi 25 %.
2.    Makalah (presentasi dan revisi) 15 %
3.    Tugas Mandiri (sesuai situasi dan kondisi) 15 %.
4.    Mid semester 20 %.
5.    Ujian akhir 25 %.

D.   Cara Penulisan Paper/Makalah
Makalah/Paper yang ditulis dan dipresentasikan harus mengikuti prosedur sebagai berikut:
1.    Pendahuluan (suatu problem/masalah yang akan dijawab/dibahas).
2.    Pengertian (sub-sub yang akan dibahas harus dijelaskan secara singkat).
3.    Pembahasan (jawaban problem/pembahasan dari literatur/buku-buku).
4.    Analisis/argumentasi (jawaban yang diutarakan sebagai orisinalitas pandangan dari penulis makalah/paper yang bersangkutan).
5.    Kesimpulan/penutup (bukan ringkasan makalah/paper, melainkan ulasan singkat mengenai problem solving terhadap masalah yang ada.
6.    Bentuk penulisan: a). Memakai font 12 (TNR) atau Tahoma 11. b. Margin kanan kiri ukuran standar. c. Bila ada kutipan gunakan cakak (foot note bukan body note atau end note).
7.    Referensi (mengenai data buku; judul, pengarang, tahun, penerbit, cetakan, penerjemah).

E.    Manajemen Waktu Kuliah
Waktu perkuliahan setiap pertemuan untuk alokasi waktu 60/100 menit, dengan perincian sebagai berikut:
1.    Preparasi                                                       5/10 menit
2.    Presentasi makalah/paper                                 10/20 menit
3.    Tanya Jawab                                                  30/40 menit
4.    Masukan pengampu mata kuliah                        15/30 menit

F.    Ragam Tema diskusi (Silaby)
Lihat lampiran
G.   Penutup
Panduan ini disusun dengan harapan dapat menjadi acuan proses perkuliahan Media Pengajaran dan juga dapat berfungsi sebagai jembatan untuk mencapai tujuan akhir dari perkuliahan ini.


 Bumiayu, 3 September 2009.
 Pengampu Mata Kuliah,



    Isro, M.Ag.

Lampiran F.
SILABI MEDIA PENGAJARAN

TOPIK BAHASAN
1.    PENGERTIAN MEDIA (pengertian Media Pendidikan, Landasan Teoritis penggunaan, Media Pendidikan, Ciri-Ciri Media Pendidikan). Ref. No.2, hal. 1-12. (Pertemuan ke-1).

2.    PEMAHAMAN TENTANG FUNGSI MEDIA PENDIDIKAN  Ref. No.2, hal. 15-28. (Pertemuan ke-2).

3.    KRITERIA PEMILIHAN MEDIA  Ref. No.1, hal. 85-98. dan Ref. No.2, hal. 67-80. (Pertemuan ke-3).

4.    PENGENALAN BERBAGAI MEDIA DI LINGKUNGAN SEKOLAH Ref. No.2, hal. 29-66. (Pertemuan ke-4).

5.    PENGENALAN BERBAGAI MEDIA ELEKTRONIK Ref. No.2, hal. 29-66. (Pertemuan ke-5).

6.    JENIS DAN KARAKTERISTIK MEDIA  Ref. No.1, hal. 19-82. (Pertemuan ke-6).

7.    PEMBUATAN MEDIA PENDIDIKAN SEDERHANA Ref. No.1, hal. 207-330. (Pertemuan ke-7).

8.    PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR Ref. No.2, hal. 101-104. (Pertemuan ke-8).

9.    LATIHAN MEMILIH MEDIA Ref. No.1, hal. 83-84. dan Ref. No.2, hal. 67-80. (Pertemuan ke-9).

10. PENGGUNAAN MEDIA PENDIDIKAN Ref. No.2, hal. 81-96. (Pertemuan ke-10).

11. PENGEMBANGAN MEDIA PENDIDIKAN Ref. No.2, hal. 105-172. (Pertemuan ke-11).

12. EVALUASI MEDIA PEMBELAJARAN Ref. No.2, hal. 173-188. (Pertemuan ke-12).

13.  MID SEMESTER (Pertemuan khusus).

14. SEMESTER AKHIR (Pertemuan Khusus).


REFERENSI
1.    Arif Sadiman, dkk, Media Pendidikan, Jakarta, CV Rajawali, 1990, Cet-11.
2.    Azhar Arsyad, Media Pembelajaran, Jakarta, Raja Grapindo Persada, 2007, Cet-1.
3.    Yusuf Hadi Miarso, Media Intruksional, Jakarta, Pusat TKPK, Depdikbud, 1985, Cet-8.
4.    Dan Sumber lain yang menunjang.
JUDUL TUGAS PEMBUATAN MAKALAH
YANG DIDISKUSIKAN DAN DIKUMPULKAN *)



NO.


JUDUL/TOPIK **)

PERTEMUAN

PEMAKALAH
NO. ABSEN: ***)


KET.

1
KE-1
KE-2
1,13,25,37

2
KE-2
KE-2
2,14,26,38

3
KE-3
KE-3
3,15,27,39

4
KE-4
KE-4
4,16,28,40

5
KE-5
KE-5
5,17,29,41

6
KE-6
KE-6
6,18,30,42

7
KE-7
KE-7
7,19,31,43

8
KE-8
KE-8
8,20,32,44

9
KE-9
KE-9
9,21,33,45

10
KE-10
KE-10
10,22,34,46

11
KE-11
KE-11
11,23,35,47

12
KE-12
KE-12
12,24,36,48



Ket. :
*)   Jika makalah belum jadi ketika diskusi, cukup membawa konsep saja, makalah harus sudah diserahkan kepada pengampu mata kuliah paling lambat sebelum semester akhir.
**) Lihat Judul/Topik untuk judul makalah yang ada dalam lampiran F.
***) Nama pemakalah dapat dilihat dalam Absensi kelas harian, untuk memudahkan penilaian makalah cantumkan no. Absen dan nama pemakalah ybs.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar