Rabu, 15 September 2021

PANDUAN PERKULIAHAN MP SKI DI MTs. (Sem-V/Gasal) TA. 2021/2022

 

SEKOLAH TINGGI ILMU TARBIYAH (STIT) BREBES

JURUSAN TARBIYAH/PROGDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI)

Alamat Kampus 3: Ponpes KH. Mu’alim Tegong Bumiayu BREBES 52273.

 

 


PANDUAN PERKULIAHAN MP SKI DI MTs. (Sem-V/Gasal)

Pengampu: Isro, M.Ag.

 

A.   Sasaran

Mata Kuliah ini didesain untuk memahami, mengenal, mengadakan analisis kritis terhadap seluk-beluk yang berkaitan dengan “Sejarah Kebudayaan Islam sebagai mata pelajaran yang diberikan di MTs”. Dengan demikian, mahasiswa akan mampu: Memahami dengan benar tentang ruang lingkup Sejarah Kebudayaan Islam, Profil negeri dan bangsa Arab sebelum Islam, Kerajaan-Kerajaan Arab Pra Islam, sejarah Perjuangan Rasulullah, Islam periode Rasulullah, dan Islam Pasca Rasulullah.

Mengingat mata kuliah ini termasuk mata kuliah dasar khusus (MKDK), maka kuliah ini hanya bersifat pengantar, tidak membahas Sejarah Kebudayaan Islam secara detail. Kuliah ini sekedar memberikan arahan dan pengantar bagi para mahasiswa untruk mengungkap lebih rinci dan detail terhadap masalah yang berkaitan dengan Sejarah Kebudayaan Islam Mahasiswa sendirilah yang nantinya akan mendalami baik secara mandiri (otodidak) maupun secara kelompok (kolektif).

 

B.   Sistem Perkuliahan

Perkuliahan ini dilakukan atas asumsi bahwa mahasiswa adalah sosok individu yang memiliki kemandirian belajar, karena itu perkuliahan ini pada dasarnya untuk mengaktifkan, menggairahkan dan meningkatkan kemampuan belajar mandiri. Sehingga untuk perkuliahan melalui ceramah dikurangi semaksimal mungkin. Sebagai gantinya mahasiswa diarahkan untuk mendiskusikan tema-tema yang ada secara serius.

Untuk itu, maka diwajibkan kepada masing-masing mahasiswa (baik secara perorangan atau group) menulis satu makalah/paper untuk dipresentasikan. Dan makalah tersebut hendaknya dibuat rangkap/digandakan secukupnya (untuk peserta dan pengampu mata kuliah). Makalah/paper tersebut selanjutnya dipresentasikan paling lama 15 menit untuk selanjutnya didiskusikan di dalam ruang kuliah dengan tertib.

 

C.   Sistem Penilaian

1.    Absensi/partisipasi kelas (kehadiran dan kontribusi pemikiran dalam diskusi 25 %.

2.    Makalah (presentasi dan revisi) 15 %

3.    Tugas Mandiri (sesuai situasi dan kondisi) 15 %.

4.    Mid semester 20 %.

5.    Ujian akhir 25 %.

 

D.   Cara Penulisan Paper/Makalah

Makalah/Paper yang ditulis dan dipresentasikan harus mengikuti prosedur sebagai berikut:

1.    Pendahuluan (suatu problem/masalah yang akan dijawab/dibahas).

2.    Pengertian (sub-sub yang akan dibahas harus dijelaskan secara singkat).

3.    Pembahasan (jawaban problem/pembahasan dari literatur/buku-buku).

4.    Analisis/argumentasi (jawaban yang diutarakan sebagai orisinalitas pandangan dari penulis makalah/paper yang bersangkutan).

5.    Kesimpulan/penutup (bukan ringkasan makalah/paper, melainkan ulasan singkat mengenai problem solving terhadap masalah yang ada.

6.    Bentuk penulisan: a). Memakai font 12 (TNR) atau Tahoma 11. b. Margin kanan kiri ukuran standar. c. Bila ada kutipan gunakan cakak (foot note bukan body note atau end note).

7.    Referensi (mengenai data buku; judul, pengarang, tahun, penerbit, cetakan, penerjemah).

 

E.    Manajemen Waktu Kuliah

Waktu perkuliahan setiap pertemuan untuk alokasi waktu 60/100 menit, dengan perincian sebagai berikut:

1.    Preparasi                                                       5/10 menit

2.    Presentasi makalah/paper                                 10/20 menit

3.    Tanya Jawab                                                  30/40 menit

4.    Masukan pengampu mata kuliah                        15/30 menit

 

F.    Ragam Tema diskusi (Silaby)

Lihat lampiran

 

G.   Penutup

Panduan ini disusun dengan harapan dapat menjadi acuan proses perkuliahan Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs, dan juga dapat berfungsi sebagai jembatan untuk mencapai tujuan akhir dari perkuliahan ini.

 

 Bumiayu, 9 September 2021

 Pengampu Mata Kuliah,

 

Isro, M.Ag.

 

Lampiran F.

SILABI MP SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MTs.

 

DISKRIPSI MATA KULIAH :

 


Mata Kuliah ini meliputi kajian tentang : Studi Pendahuluan Sejarah Kebudayaan Islam,  Profil negeri dan bangsa Arab sebelum Islam, Kerajaan-Kerajaan Arab Pra Islam, sejarah Perjuangan Rasulullah, Islam periode Rasulullah, dan Islam Pasca Rasulullah.

 

TOPIK BAHASAN

 

A.  Studi Pendahuluan Sejarah Kebudayaan Islam:

1. Pengertian, Batasan sejarah dan Kebudayaan, sumber-sumber, tujuan dan kegunaan,  obyek.

2. Tipe-tipe penulisan sejarah, penyebab kesalahan penulisan sejarah, historiografi Islam dan Priodisasi Sejarah Kebudayaan Islam.

 

B.  Lintasan Sejarah Kebudayaan Islam:

3. Keadaan Bangsa Arab Sebelum  Islam. (Negeri dan Bangsa Arab Pra Islam).

4. Kerajaan-kerajaan Arab pra Islam. (Arab Selatan dan Arab Utara).

5.  Agama Monotheisme di jaman kuno. (Mesir kuno, Eropa kuno, Persia (zoroaster, mani’, mazdakiyah), Yahudi, Nasrani dan Hindu).

6.  Islam Masa Rasulullah. (kisah kelahiran, kehidupan dan pendidikan, tanda-tanda kenabian, menjadi rasul).

7. Da’wah dan Pengikut Rasulullah sebelum Hijrah. (cara dan sasaran da’wah, agama yang dibawa, sikap kaum Quraisy, dan pengikut Nabi).

8. Pengaruh wafat Abu Thalib dan Siti Khadijah (‘amul khuzni), Hijrah ke Thaif, dan Perjalanan Da’wah Nabi secara terang.

9.  Peristiwa Isra’ Mi’raj dan Hikmahnya.

10. Hijrah ke Madinah, Peperangan penting, Fathul Makkah.

11.Haji Wada’, wahyu terakhir, wafat Nabi Saw dan peninggalannya.

12.  Perkembangan Islam pada masa Abu Bakar Shidiq. (Khalifah Nabi SAW yang ke-1).

13. Perkembangan Islam pada masa Umar Bin Khotob. (Khalifah Nabi SAW yang ke-2).

14. Perkembangan Islam pada masa Utsman Bin Affan. (Khalifah Nabi SAW yang ke-3).

15. Perkembangan Islam pada masa Ali Bin abi Tholib. (Khalifah Nabi SAW yang ke-4).

16. UTS

17. UAS

--------0000-------

 

 

JUDUL TUGAS PEMBUATAN MAKALAH

YANG DIDISKUSIKAN DAN DIKUMPULKAN *)

 

 

NO.

 

 

JUDUL/TOPIK **)

 

PERTEMUAN

 

PEMAKALAH

NO. ABSEN: ***)

 

 

KET.

 

1

KE-1

KE-2

 

 

2

KE-2

KE-3

 

 

3

KE-3

KE-4

 

 

4

KE-4

KE-4

 

 

5

KE-5

KE-5

 

 

6

KE-6

KE-5

 

 

7

KE-7

KE-6

 

 

8

KE-8

KE-6

 

 

9

KE-9

KE-7

 

 

10

KE-10

KE-7

 

 

11

KE-11

KE-8

 

 

12

KE-12

KE-9

 

 

13

KE-13

KE-10

 

 

14

KE-14 & 15

KE-11

 

 

15

Mid Semester

KE-7

Semua MHS****)

 

16

UAS

KE-15

Semua MHS****)

 

Ket. :

*)   Jika makalah belum jadi ketika diskusi, cukup membawa konsep saja, makalah harus sudah diserahkan kepada pengampu mata kuliah paling lambat sebelum semester akhir.

**) Lihat Judul/Topik untuk judul makalah yang ada dalam lampiran F.

***) Nama pemakalah dapat dilihat dalam Absensi kelas harian, untuk memudahkan penilaian makalah cantumkan no. Absen dan nama pemakalah ybs.

****) Semester Akhir (Pertemuan Khusus).

 

REFERENSI

1.        Nourouzzaman Shiddiqi, Sejarah Kebudayaan Islam.

2.        M. Noor Matdawam, Sejarah Kebudayaan Islam.

3.        Ahmad Syalaby, Sejarah Kebudayaan Islam.

4.        Ahmad Hasyimi, Sejarah Kebudayaan Islam.

5.        Muhtar yahya, Bangsa Arab sebelum Islam.

6.        Nourouzzaman Shiddiqi, Tamaddun Muslim.

7.        Ebrahim Dkk, Islam dalam Masyarakat kontemporer.

8.        Prodjodikoro, Pengantar Ilmu Tauhid.

9.        Depag, Buku Ajar MTs Kelas 1-3

10.    Dan semua refernsi yang mendukung.

-------000000-----

JUDUL TUGAS PEMBUATAN SAJIAN MATERI DALAM RPP

YANG DIKUMPULKAN SEBELUM UAS

DALAM BENTUK HARD COPY DENGAN TEMA (SK/KD):

Kelas-A/B :

Ket. : Makalah Individu diketik dengan Apl. MS. Word

 

NO

MP SKI MTs

MATERI PEMBELAJARAN

1.       

Enquiry-Discovery Learning

Agama Samawi

2.       

Expository Learning

Agama Ardy

3.       

Mastery Learning

Peta Jazirah Arab

4.       

Pemberian Tugas Dan Resitasi

Kehidupan Dan Adat Istiadat Bangsa Arab Jahiliyah

5.       

Metode Diskusi

Kepercayaan Bangsa Arab

6.       

Pendekatan Proses

Kisah Kelahiran Nabi Muhammad Saw

7.       

Inquiry Approach/Penemuan

Kehidupan Dan Pendidikan Nabi Saw

8.       

Kerja Kelompok Siswa

Tanda Tanda Kerasulan Nabi Muhammad Saw

9.       

Experiment

Kisah Nabi Muhammad Menjadi Rosul

10.   

Tanya Jawab

Cara Nabi Muhammad Berdakwah

11.   

Study Tour/Karyawisata

Dakwah Bissirri

12.   

Studi Individual

Dakwah Secara Terang Terangan

13.   

Metode Klasikal

Sasaran Dakwah Nabi Muhammad

14.   

Humanistic Education

Agama Yang Dibawa Nabi Muhammad

15.   

CBSA

Sikap Kaum Quraisy

16.   

Aplikasi Perpustakaan

Pengikut-Pengikut Nabi Muhammad Saw

17.   

Audiovisual

Pengaruh Wafat Abu Tholib

18.   

Re-Inforcement

Pengaruh Wafat Siti Khodijah

19.   

Mass Media

Hijrah Ke Thoif

20.   

Bahan/Materials

Kisah Isro’ Mi’roj

21.   

Simulasi

Tanggapan Kaum Quraisy Terhadap Isro’ Mi’roj

22.   

Alam Lingkungan Terbuka

Hikmah Isro’ Mi’roj

23.   

Pengajaran Modul

Dakwah Kepada Orang-Orang Madinah

24.   

Cerita/Sejarah/Peninggalan

Kaum Muhajirin Dan Anshor

25.   

Media Pendidikan

Usaha Nabi Muhammad Ketika Di Madinah

26.   

Pendekatan Educatif

Siasat Dan Strategi Nabi Muhammad Di Madinah

27.   

Pendekatan Emosional

Pokok-Pokok Ajaran Islam Ketika Di Madinah

28.   

Pendekatan Pengalaman

Perang Umat Islam Pada Masa Nabi Muhammad

29.   

Pendekatan Pembiasaan

Fathul Makkah

30.   

Pendekatan Rasional

Nabi Menyeru Raja Raja

31.   

Pendekatan Fungsional

Haji Wada’

32.   

Pendekatan Keagamaan

Nabi Wafat

33.   

Pendekatan Kebermaknaan

Peninggalan Nabi Muhammad Saw

34.   

Metode Proyek

Rumah Tangga Nabi Muhammad Saw

35.   

Metode Sosiodrama

Kehidupan Putra Putri Nabi Muhammad Saw

36.   

Metode Demontrasi

Pemerintahan Abu Bakar Shidiq

37.   

Metode Problem Solving

Pemerintahan Umar Bin Khotob

38.   

Metode Tanya Jawab

Pemerintahan Utsman Bin Affan

39.   

Metode Drill

Pemerintahan Ali Bin Abi Tholib

40.   

Metode CL/CTL

Kisah Para Nabi Sebelum Nabi Muhammad Saw

 

Bumiayu, 9 September 2021.

Pengampu Mata Kuliah,

Isro, M.Ag.

Catatan:

Tugas ini bukan makalah/paper tapi sajian materi dalam RPP, jadi termasuk RPP lengkap 1 Tapka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar