SEKOLAH TINGGI ILMU TARBIYAH (STIT)
BREBES
JURUSAN TARBIYAH/PROGDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
(PAI)
Alamat
Kampus 2: MAN BREBES 2 Jl. Jenderal Soedirman Km. 01
Telp./Fax.
(0289) 430056 LAREN BUMIAYU BREBES 52273.
SILABUS
DAN SATUAN ACARA PERKULIAHAN
(SAP)
Mata Kuliah : Pembelajaran
Komputer dan Internet Sem-2
Oleh: Isro, M.Ag.
A. Sasaran
Mata Kuliah ini didesain untuk
memahami, mengenal, mengadakan analisis kritis terhadap seluk-beluk yang
berkaitan dengan “Pembelajaran Komputer dan Internet”. Dengan demikian, mahasiswa akan
mampu: 1). Memperluas, memahami konsep dan pengertian Komputer dan Internet.
2). Mengerti dan memahami perkembangan Komputer dan Internet 3). Mengerti dan memahami ruang lingkup serta
karakteristik Komputer dan Internet yang
digunakan dalam pelaksanaan proses belajar mengajar saat ini.
Mengingat mata kuliah ini termasuk
mata kuliah dasar (MKD), maka kuliah ini hanya bersifat pengantar, tidak
membahas Komputer dan Internet secara
detail. Kuliah ini sekedar memberikan arahan dan pengantar bagi para mahasiswa
untruk mengungkap lebih rinci dan detail terhadap masalah yang berkaitan dengan
Komputer dan Internet . Mahasiswa sendirilah yang nantinya akan mendalami baik
secara mandiri (otodidak) maupun secara kelompok (kolektif).
B. Sistem Perkuliahan
Perkuliahan ini dilakukan atas
asumsi bahwa mahasiswa adalah sosok individu yang memiliki kemandirian belajar,
karena itu perkuliahan ini pada dasarnya untuk mengaktifkan, menggairahkan dan
meningkatkan kemampuan belajar mandiri. Sehingga untuk perkuliahan melalui
ceramah dikurangi semaksimal mungkin. Sebagai gantinya mahasiswa diarahkan
untuk mendiskusikan dan mempraktekan tema-tema yang ada secara serius.
Untuk itu, maka diwajibkan kepada
masing-masing mahasiswa (baik secara perorangan atau group) menulis satu
makalah/paper untuk dipresentasikan. Dan makalah tersebut hendaknya dibuat
rangkap/digandakan secukupnya (untuk peserta dan pengampu mata kuliah).
Makalah/paper tersebut selanjutnya dipresentasikan paling lama 15 menit untuk
selanjutnya didiskusikan di dalam ruang kuliah dengan tertib.
C. Sistem Penilaian
1.
Absensi/partisipasi kelas (kehadiran dan kontribusi pemikiran dalam diskusi
25 %.
2.
Makalah (presentasi dan revisi) 15 %
3.
Tugas Mandiri (sesuai situasi dan kondisi) 15 %.
4.
Mid semester 20 %.
5.
Ujian akhir 25 %.
D. Cara Penulisan Paper/Makalah
Makalah/Paper yang ditulis harus mengikuti
prosedur sebagai berikut:
- Pendahuluan (suatu problem/masalah yang akan dijawab/dibahas).
- Pengertian (sub-sub yang akan dibahas harus dijelaskan secara singkat).
- Pembahasan (jawaban problem/pembahasan dari literatur/buku-buku).
- Analisis/argumentasi (jawaban yang diutarakan sebagai orisinalitas pandangan dari penulis makalah/paper yang bersangkutan).
- Kesimpulan/penutup (bukan ringkasan makalah/paper, melainkan ulasan singkat mengenai problem solving terhadap masalah yang ada.
- Bentuk penulisan: a). Memakai font 12 (TNR) atau Tahoma 11 juga calibri 11. b. Margin kanan kiri ukuran standar. c. Bila ada kutipan gunakan cakak (foot note bukan body note atau end note).
- Referensi (mengenai data buku; judul, pengarang, tahun, penerbit, cetakan, penerjemah).
- Makalah Individu dikumpulkan dalam bentuk hard copy atau Soft Copy CD atau dikirim lewat e-mail: isromag2@gmail.com paling lambat sampai ujian tengah Semester (UTS).
E. Manajemen Waktu Kuliah
Waktu perkuliahan setiap pertemuan
untuk alokasi waktu 60/100 menit, dengan perincian sebagai berikut:
1.
Preparasi 5/10
menit
2.
Presentasi makalah/paper 10/20
menit
3.
Tanya Jawab 30/40
menit
4.
Masukan pengampu mata kuliah 15/30
menit
F. Ragam Tema diskusi (Silaby)
Lihat lampiran
G.
Deskripsi
Mata Kuliah
Mata
kuliah ini merupakan mata kuliah yang diberikan pada program S-1 PAI. Selesai
mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan memahami pentingnya Pembelajaran komputer dan Internet bagi dunia pendidikan. Perkuliahan ini juga mengkaji pemanfaatan komputer dan internet
dalam pembelajaran di sekolah. Pelaksanaan kuliah menggunakan pendekatan ekspositori dalam bentuk
ceramah, tanya jawab dan demonstrasi yang dilengkapi dengan penggunaan lab komputer, infocus/LCD
dan pendekatan inkuiri yaitu penyelesaian tugas penyusunan dan
penyajian makalah, diskusi dan pemecahan masalah, observasi. Dan Tahap penguasaan mahasiswa selain evaluasi
melalui UTS dan UAS juga evaluasi terhadap tugas mandiri, penyajian dan diskusi.
H. Tujuan Akhir Perkuliahan
Selesai mengikuti perkuliahan ini mahasiswa dapat memahami pentingnya
pembelajaran komputer, menganalisis manfaat pembelajaran komputer dalam dunia
pendidikan, mengetahui prosedur pemilihan dan pengembangan pembelajaran
komputer, menguasai beberapa program aplikasi untuk pengembangan pembelajaran
komputer, dan mampu memanfaatkan internet untuk berbagai tujuan pendidikan.
I. Deskripsi isi
Dalam perkuliahan ini dibahas pentingnya pembelajaran komputer dalam
kehidupan sehari-hari, pengaruh pembelajaran komputer, pengenalan
komponen-komponen komputer, prosedur, pemilihan dan pengembangan program
pembelajaran komputer, pengembangan program
pembelajaran berbasis program multimedia dalam dunia pendidikan. Perkuliahan ini juga
mengkaji pemanfaatan internet dalam pembelajaran di sekolah.
J. Pendekatan Pembelajaran (Ekspositori dan inkuiri)
1.
Metode:
ceramah, tanya jawab, demonstrasi, diskusi, pemecahan masalah dan praktek
pengembangan program media.
2. Tugas : makalah, penyajian dan diskusi,
produksi program pembelajaran komputer
3.
Media :
OHP, LCD, Modul, Buku, WB.
K. Evaluasi
1.
Kehadiran
2.
Makalah
3.
Penyajian
dan diskusi
4. UTS
5. UAS
J. Penutup
Panduan ini disusun dengan harapan
dapat menjadi acuan proses perkuliahan Komputer dan Internet dan juga dapat berfungsi sebagai jembatan
untuk mencapai tujuan akhir dari perkuliahan ini.
Bumiayu, 1 Maret 2016.
Pengampu Mata Kuliah,
Isro, M.Ag.
PEMBELAJARAN KOMPUTER DAN INTERNET
Rincian materi perkuliahan tiap
pertemuan
Pertemuan 1 : Orientasi perkuliahan
Pertemuan 2 : Pengaruh Komputer dan Internet dalam segala Bidang (Teori).
Pertemuan 3 : Komponen-komponen
komputer (Hardware dan Software) (Teori).
Pertemuan 4 : Prosedur Pemilihan
Program Pembelajaran Komputer dan
Internet(Teori).
Pertemuan 5 : Prosedur Pengembangan
Program Pembelajaran Komputer dan
Internet(Teori).
Pertemuan 6 : Aplikasi Word
Processor (Microsoft Word) dalam Pembelajaran (Teori).
Pertemuan 7 : Aplikasi Word
Processor (Microsoft Word) dalam Pembelajaran(Praktek).
Pertemuan 8 : Aplikasi Program Presentasi
(Microsoft Excel) dalam Pembelajaran (Teori).
Pertemuan 9 : Aplikasi Program Presentasi
(Microsoft Excel) dalam Pembelajaran (Praktek).
Pertemuan 10 : Pengembangan program
pembelajaran komputer menggunakan Microsoft Power Point (Teori).
Pertemuan 11 : Pengembangan program
pembelajaran komputer menggunakan Microsoft Power Point (Praktek).
Pertemuan 12 : Aplikasi Program
Multimedia dalam Pembelajaran (Teori).
Pertemuan 13 : Aplikasi Program
Multimedia dalam Pembelajaran (Praktek).
Pertemuan 14 : Pemanfaatan Internet dalam Pembelajaran(Teori).
Pertemuan 15 : Pemanfaatan Internet dalam Pembelajaran(Praktek).
Pertemuan 16 : Pengembangan program
pembelajaran komputer untuk anak menggunakan Program Multimedia Adobe Photoshop dan Corel Draw(Teori).
Pertemuan 17 : Pengembangan program
pembelajaran komputer untuk anak menggunakan Program Multimedia Adobe Photoshop dan Corel Draw (Praktek).
Referensi
1.
Anderson,
Ronald H. (1993). Pemilihan dan Pengembangan Media untuk Pembelajaran. Jakarta:
Universitas Terbuka dan PT Raja Grafindo Persada Chandra (2003).
2.
Photoshop
7.0 untuk Orang Awam. Palembang : CV. Maxikom. Giles, David (2003).
3.
Hamalik,
Oemar (1986). Media Pendidikan. Bandung : Alumni.
4.
Kadir,
Abdul (2003). Pengenalan Sistem Informasi. Yogyakarta : ANDI.
5.
Pribadi,
B.A, dkk (2008). Komputer dalam Kegiatan Pengembangan Anak Usia Dini (Modul).
6.
Suarna,
Nana (2005). Pedoman Praktikum Microsoft Office. Bandung: Yrana Widuya.
7.
Sudjana,
N., Rivai, A(1997) Teknologi Pengajaran. Bandung : Sinar Baru
8.
Tim
Litbang Wahana Komputer (1999). Desain Grafts dengan Corel Draw 8.0.
Yogyakarta: ANDI.
9.
Tim
Litbang Wahana Komputer (2004). Pembuatan Animasi dengan Macromedia Director MX. 2004.
Yogyakarta : ANDI.
10.
Isro, (2012) Diktat Pengenalan Internet, Ms. Words, Ms. Power Point, Dll,
Unpublished.
JUDUL TUGAS
PEMBUATAN MAKALAH
Individu Yang Dikumpulkan Pra UAS Lewat Cd/Email/Hard Copy.
NO. Absen
|
NAMA
|
JUDUL PAPER
|
KET.
|
1
|
|
Pengertian
Komputer dan Internet
|
|
2
|
|
Landasan
teoritis penggunaan Komputer
|
|
3
|
|
Landasan
teoritis penggunaan Internet
|
|
4
|
|
Fungsi
dan manfaat Komputer pendidikan
|
|
5
|
|
Pengenalan
internet
|
|
6
|
|
Pemilihan
program internet
|
|
7
|
|
Pemilihan
program komputer
|
|
8
|
|
Aplikasi
Ms. Word dalam pendidikan
|
|
9
|
|
Aplikasi
Ms. Power Point dalam pendidikan
|
|
10
|
|
Aplikasi
Corel Draw dalam pendidikan
|
|
11
|
|
Media
berbasis komputer
|
|
12
|
|
Pemanfaatan
komputer sebagai sumber belajar
|
|
13
|
|
Evaluasi
pembelajaran dengan internet
|
|
14
|
|
komputer
pendidikan dan proses belajar mengajar
|
|
15
|
|
Jenis
dan karakteristik internet
|
|
16
|
|
Aplikasi
internet dan rancangan
|
|
17
|
|
Penyusunan
dan perancangan Internet pendidikan
|
|
18
|
|
Tujuan
dan penggunaan Komputer pendidikan
|
|
19
|
|
Analisis
kebutuhan Internet dan komputer
|
|
20
|
|
Strategi
pemanfaatan komputer sebagai alat bantu
|
|
21
|
|
Persiapan
sebelum menggunakan Internet
|
|
22
|
|
Perbedaan
aplikasi komputer pendidikan
|
|
23
|
|
Aplikasi
Plash disk, MMC, Dll
|
|
24
|
|
Aplikasi
Hard disk
|
|
25
|
|
Aplikasi
LCD
|
|
26
|
|
Aplikasi
E-mail
|
|
27
|
|
Aplikasi
Jejaring sosial
|
|
28
|
|
Aplikasi
Web pendidikan
|
|
29
|
|
Aplikasi
Televisi berbasis internet
|
|
30
|
|
Aplikasi
media komputer-lcd-program
|
|
31
|
|
Tataletak
penempatan LCD di kelas
|
|
32
|
|
Aplikasi
program player di laptop/notebook
|
|
33
|
|
Aplikasi
media komputer dalam PBM di kelas
|
|
34
|
|
Aplikasi
video youtube dalam pembelajaran
|
|
35
|
|
Kreatifitas
pengolahan program komputer
|
|
36
|
|
Keterbatasan
komputer dalam pendidikan
|
|
37
|
|
Faktor
pendukung media komputer
|
|
38
|
|
Faktor
penghambat media komputer
|
|
39
|
|
Penyimpanan
media pendidikan
|
|
40
|
|
Memodifikasi
program words untuk PBM
|
|
41
|
|
Keterkaitan
internet pendidikan
|
|
42
|
|
Minat,
respon siswa terhadap komputer
|
|
43
|
|
Hubungan
metode dan media komputer
|
|
44
|
|
Pemanfaatan
televisi edukasi dalam internet
|
|
45
|
|
Pemanfaatan
berita surat kabar dalam internet
|
|
46
|
|
Pemanfaatan
searcher google dalam pendidikan
|
|
47
|
|
Pemanfaatan
searcher yahoo dalam pendidikan
|
|
48
|
|
Pemanfaatan
searcher youtube video pendidikan
|
|
49
|
|
Pemanfaatan
jejaring sosial dalam pendidikan
|
|
50
|
|
Fungsi
internet dan komputer sebagai pengolah data
|
|
51
|
|
Aplikasi
Camera dan handycam untuk video pendidikan
|
|
52
|
|
Aplikasi
E-mail dan daya dukung pendidikan
|
|
53
|
|
Aplikasi
Internet komputer dan video live dalam PBM
|
|
Bumiayu, 1 Maret 2016
Pengampu Mata Kuliah,
Ket. Isro, M.Ag.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar