Materi Pokok Kondas PAI di SD Semester 2 Ta. 2016/2017
Indikator
|
Pengalaman
Pembelajaran
|
1. Pendahuluan Konsep Dasar
PAI
|
Membuat Kontrak Belajar Konsep Dasar PAI
|
2.
Mendeskripsikan Konsep
Manusia, Agama Dan Hubungan Manusia Dengan Agama
|
Mendeskripsikan Pengertian Manusia dan Agama
Islam
Menjelaskan Karakteristik Agama Islam
Menjelaskan Pengertian Agama
Mengungkapkan Beberapa Teori Tentang Agama
Mendeskripsikan Unsur-Unsur Pokok Agama
Mendeskripsikan Agama Sebagai Fitrah Manusia
Mendeskripsikan Agama Sebagai Pedoman Hidup
Manusia
|
3. Mendeskripsikan Pengertian Agama Islam, Karakteristik Agama Islam,
Kedudukan Agama Islam Diantara Agama2 Di Dunia
|
Mendefinisikan Pengertian Agama Islam Secara
Etimologis
Mendefinisikan Pengertian Agama Islam Secara
Teminologis
Merumuskan Pengertian Agama Islam
Menjelaskan Islam Sebagai Rahmatan Lil’alamin
Menjelaskan Islam Sebagai Agama Rasional
Menjelaskan Islam Sebagai Pembebasan Dan
Persamaan
Mengidentifikasi Islam Sebagai Agama Yang Humanis
Menjelaskan Pengertian Pluralisme
Menjelaskan Islam Dan Pluralismeagama
|
4. Menganalisis Sumber- Sumber Ajaran Islam Dan al-Quran - Hadits Sebagai Sumber Ajaran Islam.
|
Menjelaskan
Pengertian Sumber-Sumber Ajaran Islam
Mengidentifikasi
Sumber-Sumberajaran Islam
Menjelaskan
Pengertian Al-Quran
Menjelaskan
Proses Turunnya Al-Quran
Menjelaskan
Sejarah Kodifikasi Al-Quran
Menjealskan
Isi Kandungan Al-Quran
Menjelaskan
Bagian-Bagian Al-Quran
Menjelaskan
Fungsi Al-Qur’an
Menjelaskan
Keistimewaan Al-Qur’an
Menjelaskan
Pengertian Hadits
Menjelaskan
Sejarah Kodifikasi As-Hadits
Menjelaskan
Kedudukan As-Sunnah
Menjelaskan
Kedudukan Hadits Terhadpal-Qur’an
Menjelaskan
Macam-Macam Hadits Terhadap Al-Quran
Menjelaskan
Fungsi Hadits
|
5.
Menganalisis Ijtihad Sebagai Sumber Ajaran Islam.
|
Menjelaskan Pengertian Ijtihad
Menjelaskan Fungsi Ijtihad
Menjelaskan Dasar Penggunaan Ijtihad
Menjelaskan Objek Ijtihad
Menjelaskan Persyaratan Mujtahid
|
6.
Mendeskripsikan Kerangka
Dasar Ajaran Islam Dan Aqidah Islam
|
Menjelaskan
Kerangka Dasar Ajaran Islam
Menjelaskan
Hubungan Antar Unsur Dalam Kerangka Dasar
Menjelaskan
Pengertian Aqidah
Menjelaskan
Fungsi Dan Peran Aqidah
Menjelaskan
Ruang Lingkup Aqidah
|
7. Mendeskripsikan Syariah Islam Dan Akhlak Islam.
|
Menjelaskan Pengertian Syariah
Menjelaskan Prinsip Syariah
Menjelaskan Tujuan Syariah Islam
Menjelaskan Ciri Khas Syariah Islam
Menjelaskan Pengertian Akhlak
Menjelaskan Ruang Lingkup Akhlak
Menjelaskan Fungsi Dan Tujuan Akhlak
|
8.
Memahami Pendidikan Islam
Dalam Konteks Pendidikan Nasional
|
Menjelaskan Pengertian PendidikanIslam
Mengidentifikasi Prinsip-Prinsip Dasar Pendidikan Islam
Menjelaskan Tujuan Dan Manfaat Pendidikan Islam
|
9.
Menerapkan Nilai Islam Bagi
Pengembangan Ilpeng.
|
Menjelaskan
Konsep Islam Ttg Ilpeng
Mengidentifikasi
Prinsip Pengembangan Ilmu Pengetahuan
Menerapkan
Ayat Qur’an Ttg Ilpeng Bagi Pengembangan Ilpeng
|
10.
Memahami Peradaban Islam.
|
Menjelaskan
Arti Peradaban Islam
Mendeskripsikan
Perjalanan Peradaban Islam
Mengidentifikasi
Bentuk PeradabanIslam
|
11.
Menerapkan Nilai Toleransi
Dalam Islam.
|
Menjelaskan
Prinsip Toleransi Dalam Islam
Menerapkan
Nilai Toleransi Islam Dalam Kehidupan Sehari-Hari
|
12.
Memahami Nilai Gender Di
Dalam Islam.
|
Menjelaskan
Pengertian Gender
Menjelaskan
Prinsi Kesetaraan Gender Dalam Islam
|
13.
Menganalisis Fundamentalisme
Di Dalam Islam.
|
Menjelaskan
Pengertian Fundamentalisme
Menganalisis
Sebab-Sebab Munculnya Fundamentalisme Dalam Islam
|
14. Menganalisis Pernikahan
Dalam Islam.
|
Menjelaskan Pengertian Pernikahan
Menganalisis Dasar-Dasar Pernikahan dalam Islam
Menganalisis Berbagai Problema Pernikahan Dalam Islam
|
Email : Isromag2@gmail.com
Isromag.blogspot.com
HP. 085215195333
Judul Pembahasan Diskusi
No.
|
Topik Pokok Bahasan
|
Kel-1
|
Topik
|
Tapka
|
1
|
Mendeskripsikan Konsep Manusia, Agama Dan Hubungan
Manusia Dengan Agama
|
1
|
1
|
2
|
2
|
Mendeskripsikan
Pengertian Agama Islam, Karakteristik Agama Islam, Kedudukan Agama Islam
Diantara Agama2
di Dunia
|
2
|
2
|
3
|
3
|
Menganalisis
Sumber- Sumber Ajaran Islam Dan L-Quran - Hadits Sebagai
Sumber Ajaran Islam.
|
3
|
3
|
4
|
4
|
Menganalisis Ijtihad Sebagai Sumber Ajaran Islam.
|
4
|
4
|
5
|
5
|
Mendeskripsikan
Kerangka Dasar Ajaran Islam Dan Aqidah
Islam
|
5
|
5
|
6
|
6
|
Mendeskripsikan
Syariah Islam Dan Akhlak Islam.
|
6
|
6
|
7
|
7
|
Memahami
Pendidikan Islam Dalam Konteks Pendidikan Nasional
|
7
|
7
|
8
|
8
|
Menerapkan
Nilai Islam Bagi Pengembangan Ilpeng.
|
8
|
8
|
9
|
9
|
Memahami
Peradaban Islam.
|
9
|
9
|
10
|
10
|
Menerapkan
Nilai Toleransi Dalam Islam.
|
10
|
10
|
11
|
11
|
Memahami
Nilai Gender di Dalam Islam.
|
11
|
11
|
12
|
12
|
Menganalisis
Fundamentalisme di Dalam Islam.
|
12
|
12
|
13
|
13
|
Menganalisis Pernikahan Dalam Islam.
|
13
|
13
|
14
|
A. Buku Wajib:
1. Muhammad Alim. (2006). Pendidikan Agama Islam. Bandung:
Remaja Rosdakarya,cet-2.
2. Syahraini Tambak. (2014). Pendidikan Agama Islam.
Yogyakarta: Graha Ilmu, cet-1.
3. Ajat Sudrajat. (1995). Din Al-Islam. Yogyakarta: Upp Ikip Yogyakarta.
4. Dede Ahmad Ghozali. (2015). Bandung: Remaja Rosdakarya.
5. Marzuki Dkk. (Ed.), (2002). Din Al-Islam: Buku Teks Pendidikan Agama Islam
Di Perguruan Tinggi. Yogyakarta: Upp Percetakan Uny.
6. Mohammad Daud Ali. (2000). Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Rajawali Press.
B. Buku Anjuran:
1. Abud, Abdul Ghani. (1987). Keluarga Muslim Dan Berbagai Masalahnya.
Bandung: Pustaka.
2. A. Hassan. (1984). Islam Dan Kebangsaan. Bangil: Persatuan.
3. Ahmad Azhar Basyir. (1993). Refleksi Atas Persoalan KeIslaman.Bandung:
Mizan.
4. Ahmad Baiquni. (1994). Al-Quran: Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi.
Yogyakarta: Dana Bakti Wakaf.
5. Ahmad Sukardja. (1995). Piagam Madinah Dan Undang-Undang Dasar 1945.
Jakarta: Ui Press.
6. Ali Yafie. (1994). Menggagas Fiqih Sosial. Bandung: Mizan.
7. Azyumardi Azra. (1999). Pendidikan Islam: Tradisi Dan Modernisasi Menuju
Milenium Baru. Jakarta: Logos.
8. Cassirer, Ernst. (1990). Manusia Dan Kebudayaan. Jakarta: Gramedia.
9. Fazlur Rahman (1984). Islam. Bandung: Pustaka.
10. Al-Faruqi, Ismail Raji (1995). Tauhid. Bandung: Pustaka.
11. Gauhar, Altaf. (1983). Tantangan Islam. Bandung: Pustaka.
12. Harun Nasution (1979). Islam Ditinjau Dari Berbagai Aspeknya. Jilid I &
Ii. Jakarta: Ui Press.
13. Maududi, Abul ‘Ala. (1984). Dasar-Dasar Islam. Bandung: Pustaka.
14. Moenawar Chalil. (1956). Kembali Kepada Al-Quran Dan As-Sunnah. Jakarta: Bulan Bintang.
15. Nasaruddin Umar. (1999). Argumen Kesetaraan Jender. Jakarta: Paramadina.
16. Jalaluddin Rakhmat, Dkk. (1996). Rekonstruksi Dan Renungan Religius Islam.
Paramadina: Jakarta.
Komponen Evaluasi Bobot
1 Kehadiran 10%
2 Keaktifan Di Kelas 10%
3 Tugas-Tugas 10%
4 Ujian Tengah Semester 30%
6 Ujian Akhir Semester 40%
Jumlah 100%
Judul Tugas Makalah Individu Kondas PAI-2 Sem-2
No.
|
Judul Tugas
Individu (Mandiri)
|
Jumlah Minimal
Hal.
|
1.
|
|
14 (1 Cover, 12 Isi, 1 Dapus
|
2.
|
|
14 (1 Cover, 12 Isi, 1 Dapus
|
3.
|
|
14 (1 Cover, 12 Isi, 1 Dapus
|
4.
|
|
14 (1 Cover, 12 Isi, 1 Dapus
|
5.
|
|
14 (1 Cover, 12 Isi, 1 Dapus
|
6.
|
|
14 (1 Cover, 12 Isi, 1 Dapus
|
7.
|
|
14 (1 Cover, 12 Isi, 1 Dapus
|
8.
|
|
14 (1 Cover, 12 Isi, 1 Dapus
|
9.
|
|
14 (1 Cover, 12 Isi, 1 Dapus
|
10.
|
|
14 (1 Cover, 12 Isi, 1 Dapus
|
11.
|
|
14 (1 Cover, 12 Isi, 1 Dapus
|
12.
|
|
14 (1 Cover, 12 Isi, 1 Dapus
|
13.
|
|
14 (1 Cover, 12 Isi, 1 Dapus
|
14.
|
|
14 (1 Cover, 12 Isi, 1 Dapus
|
15.
|
|
14 (1 Cover, 12 Isi, 1 Dapus
|
16.
|
|
14 (1 Cover, 12 Isi, 1 Dapus
|
17.
|
|
14 (1 Cover, 12 Isi, 1 Dapus
|
18.
|
|
14 (1 Cover, 12 Isi, 1 Dapus
|
19.
|
|
14 (1 Cover, 12 Isi, 1 Dapus
|
20.
|
|
14 (1 Cover, 12 Isi, 1 Dapus
|
21.
|
|
14 (1 Cover, 12 Isi, 1 Dapus
|
22.
|
|
14 (1 Cover, 12 Isi, 1 Dapus
|
23.
|
|
14 (1 Cover, 12 Isi, 1 Dapus
|
24.
|
|
14 (1 Cover, 12 Isi, 1 Dapus
|
25.
|
|
14 (1 Cover, 12 Isi, 1 Dapus
|
26.
|
|
14 (1 Cover, 12 Isi, 1 Dapus
|
27.
|
|
14 (1 Cover, 12 Isi, 1 Dapus
|
28.
|
|
14 (1 Cover, 12 Isi, 1 Dapus
|
29.
|
|
14 (1 Cover, 12 Isi, 1 Dapus
|
30.
|
|
14 (1 Cover, 12 Isi, 1 Dapus
|
31.
|
|
14 (1 Cover, 12 Isi, 1 Dapus
|
32.
|
|
14 (1 Cover, 12 Isi, 1 Dapus
|
33.
|
|
14 (1 Cover, 12 Isi, 1 Dapus
|
34.
|
|
14 (1 Cover, 12 Isi, 1 Dapus
|
35.
|
|
14 (1 Cover, 12 Isi, 1 Dapus
|
36
|
|
14 (1 Cover, 12 Isi, 1 Dapus
|
37
|
|
14 (1 Cover, 12 Isi, 1 Dapus
|
38
|
|
14 (1 Cover, 12
Isi, 1 Dapus
|
39
|
|
14 (1 Cover, 12
Isi, 1 Dapus
|
40
|
|
14 (1 Cover, 12
Isi, 1 Dapus
|
41
|
|
14 (1 Cover, 12 Isi, 1 Dapus
|
42
|
|
14 (1 Cover, 12 Isi, 1 Dapus
|
43
|
|
14 (1 Cover, 12 Isi, 1 Dapus
|
44
|
|
14 (1 Cover, 12 Isi, 1 Dapus
|
45
|
|
14 (1 Cover, 12 Isi, 1 Dapus
|
46
|
|
14 (1 Cover, 12 Isi, 1 Dapus
|
47
|
|
14 (1 Cover, 12 Isi, 1 Dapus
|
48
|
|
14 (1 Cover, 12 Isi, 1 Dapus
|
Catatan :
Disetorkan Ke Ketua Komting Masing-Masing Tanpa Dijilid Untuk Disatukan
Dalam 1 Bendel Jilid Benang Dan Disetorkan Kepada Pengampu Mata Kuliah Pada
Tapka Terakhir (Tapka Ke 14), Bagi Yang Terlambat Menyetorkan Dianggap Tidak
Mengerjakan Tugas Makalah. Bendelan Yang Sudah Disatukan Setelah
Dikoreksi/Dinilai Akan Ditaruh Di Perpustakaan Upb.
Kepustakaan :
Rincian Pembagian Tugas Kelompok Pgsd 1 Semester 2
No.
|
Nama
|
Kel ke-/Topik Ke-
|
Tapka Ke
|
1
|
Ade
|
1
|
2
|
2
|
Ani
|
2
|
3
|
3
|
Anisatun
|
3
|
4
|
4
|
Ari
|
4
|
5
|
5
|
Asep
|
5
|
6
|
6
|
Asih
|
6
|
7
|
7
|
Ayu
|
7
|
8
|
8
|
Charlin
|
8
|
9
|
9
|
Cindi
|
9
|
10
|
10
|
Daniatul
|
10
|
11
|
11
|
Dewi
|
11
|
12
|
12
|
Dian
|
12
|
13
|
13
|
Dika
|
13
|
14
|
14
|
Eha
|
1
|
2
|
15
|
Euis
|
2
|
3
|
16
|
Ernawati
|
3
|
4
|
17
|
Faoji
|
4
|
5
|
18
|
Felny
|
5
|
6
|
19
|
Fini
|
6
|
7
|
20
|
Galang
|
7
|
8
|
21
|
Gita
|
8
|
9
|
22
|
Ida
|
9
|
10
|
23
|
Intan
|
10
|
11
|
24
|
Irpan
|
11
|
12
|
25
|
Juwita
|
12
|
13
|
26
|
Lia
|
13
|
14
|
27
|
Lilis
|
1
|
2
|
28
|
Linda Khoerun
|
2
|
3
|
29
|
Linda widya
|
3
|
4
|
30
|
Ayu
|
4
|
5
|
31
|
M. Ismail
|
5
|
6
|
32
|
Piyona
|
6
|
7
|
33
|
7
|
8
|
JUDUL TUGAS
INDIVIDU/MANDIRI
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar