SEKOLAH TINGGI ILMU TARBIYAH (STIT) BREBES
JURUSAN TARBIYAH/PROGDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI)
PANDUAN PERKULIAHAN MP SKI DI MTs. (Sem-V/Gasal)
Pengampu: Isro, M.Ag.
A. Sasaran
Mata Kuliah ini didesain untuk memahami, mengenal,
mengadakan analisis kritis terhadap seluk-beluk yang berkaitan dengan “Sejarah
Kebudayaan Islam sebagai mata pelajaran yang diberikan di MTs”. Dengan
demikian, mahasiswa akan mampu: Memahami dengan benar tentang ruang lingkup
Sejarah Kebudayaan Islam, Profil negeri dan bangsa Arab sebelum Islam,
Kerajaan-Kerajaan Arab Pra Islam, sejarah Perjuangan Rasulullah, Islam periode
Rasulullah, dan Islam Pasca Rasulullah.
B. Sistem Perkuliahan
Perkuliahan ini dilakukan atas asumsi bahwa mahasiswa
adalah sosok individu yang memiliki kemandirian belajar, karena itu perkuliahan
ini pada dasarnya untuk mengaktifkan, menggairahkan dan meningkatkan kemampuan
belajar mandiri. Sehingga untuk perkuliahan melalui ceramah dikurangi
semaksimal mungkin. Sebagai gantinya mahasiswa diarahkan untuk mendiskusikan
tema-tema yang ada secara serius.
Untuk itu, maka diwajibkan kepada masing-masing mahasiswa
(baik secara perorangan atau group) menulis satu makalah/paper untuk
dipresentasikan. Dan makalah tersebut hendaknya dibuat rangkap/digandakan
secukupnya (untuk peserta dan pengampu mata kuliah). Makalah/paper tersebut
selanjutnya dipresentasikan paling lama 15 menit untuk selanjutnya didiskusikan
di dalam ruang kuliah dengan tertib.
C. Sistem Penilaian
1.
Absensi/partisipasi
kelas (kehadiran dan kontribusi pemikiran dalam diskusi 25 %.
2.
Makalah (presentasi dan
revisi) 15 %
3.
Tugas Mandiri (sesuai
situasi dan kondisi) 15 %.
4.
Mid semester 20 %.
5.
Ujian akhir 25 %.
D. Cara Penulisan
Paper/Makalah
Makalah/Paper yang ditulis dan dipresentasikan harus
mengikuti prosedur sebagai berikut:
1.
Pendahuluan (suatu
problem/masalah yang akan dijawab/dibahas).
2.
Pengertian (sub-sub
yang akan dibahas harus dijelaskan secara singkat).
3.
Pembahasan (jawaban
problem/pembahasan dari literatur/buku-buku).
4.
Analisis/argumentasi
(jawaban yang diutarakan sebagai orisinalitas pandangan dari penulis makalah/paper
yang bersangkutan).
5.
Kesimpulan/penutup
(bukan ringkasan makalah/paper, melainkan ulasan singkat mengenai problem
solving terhadap masalah yang ada.
6.
Bentuk penulisan: a).
Memakai font 12 (TNR) atau Tahoma 11. b. Margin kanan kiri ukuran standar. c.
Bila ada kutipan gunakan cakak (foot note bukan body note atau end note).
7.
Referensi (mengenai
data buku; judul, pengarang, tahun, penerbit, cetakan, penerjemah).
E. Manajemen Waktu Kuliah
Waktu perkuliahan setiap pertemuan untuk alokasi waktu
60/100 menit, dengan perincian sebagai berikut:
1. Preparasi 5/10 menit
2. Presentasi makalah/paper 10/20 menit
3. Tanya Jawab 30/40 menit
4. Masukan pengampu mata kuliah 15/30 menit
F. Ragam Tema diskusi
(Silaby)
Lihat lampiran
G. Penutup
Panduan ini disusun dengan harapan dapat menjadi acuan
proses perkuliahan Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs, dan juga
dapat berfungsi sebagai jembatan untuk mencapai tujuan akhir dari perkuliahan
ini.
Bumiayu, 9 September 2017
Pengampu Mata Kuliah,
Isro, M.Ag.
Lampiran F.
SILABI MP SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MTs.
DISKRIPSI MATA
KULIAH :
Mata Kuliah ini meliputi kajian tentang : Studi Pendahuluan Sejarah
Kebudayaan Islam, Profil negeri dan
bangsa Arab sebelum Islam, Kerajaan-Kerajaan Arab Pra Islam, sejarah Perjuangan
Rasulullah, Islam periode Rasulullah, dan Islam Pasca Rasulullah.
TOPIK BAHASAN
A. Studi
Pendahuluan Sejarah Kebudayaan Islam:
1. Pengertian, Batasan sejarah dan Kebudayaan,
sumber-sumber, tujuan dan kegunaan, obyek.
2. Tipe-tipe penulisan sejarah, penyebab kesalahan
penulisan sejarah, historiografi Islam dan Priodisasi Sejarah Kebudayaan Islam.
B. Lintasan
Sejarah Kebudayaan Islam:
3. Keadaan Bangsa Arab Sebelum Islam. (Negeri dan Bangsa Arab Pra Islam).
4. Kerajaan-kerajaan Arab pra Islam. (Arab Selatan dan
Arab Utara).
5. Agama Monotheisme
di jaman kuno. (Mesir kuno, Eropa kuno, Persia (zoroaster, mani’, mazdakiyah),
Yahudi, Nasrani dan Hindu).
6. Islam Masa
Rasulullah. (kisah kelahiran, kehidupan dan pendidikan, tanda-tanda kenabian,
menjadi rasul).
7. Da’wah dan Pengikut Rasulullah sebelum Hijrah. (cara
dan sasaran da’wah, agama yang dibawa, sikap kaum Quraisy, dan pengikut Nabi). Dan
Pengaruh wafat Abu Thalib dan Siti Khadijah (‘amul khuzni), Hijrah ke Thaif,
dan Perjalanan Da’wah Nabi secara terang.
8. Peristiwa Isra’
Mi’raj, hijrah ke Madinah, Peperangan penting, Fathul Makkah, dan Nabi Wafat
(Haji Wada’, wahyu terakhir, wafat Nabi Saw dan peninggalannya).
9. Perkembangan
Islam pada masa khulafaurrosyidin. (4 khalifah Nabi SAW).
10. Sejarah Islam Pada Masa Bani Umayah
11. Sejarah Islam pada Masa bani Abasiyah
12. Runtuhnya Islam Kerajaan Andalusia dan pengaruhnya
terhadap peradaban Islam.
13. Perang Salib
14. Kebangkitan Bangsa Barat. (penemuan Iptek, tumbuhnya
kekuatan Barat dan ekspansi ke daerah lain).
15. Kebangkitan dunia Islam. (Modernisasi dan
revitalisasi)
--------0000-------
JUDUL TUGAS PEMBUATAN MAKALAH
YANG DIDISKUSIKAN DAN DIKUMPULKAN *)
NO.
|
JUDUL/TOPIK **)
|
PERTEMUAN
|
PEMAKALAH
NO. ABSEN: ***)
|
KET.
|
1
|
KE-1
|
KE-2
|
||
2
|
KE-2
|
KE-3
|
||
3
|
KE-3
|
KE-4
|
||
4
|
KE-4
|
KE-4
|
||
5
|
KE-5
|
KE-5
|
||
6
|
KE-6
|
KE-5
|
||
7
|
KE-7
|
KE-6
|
||
8
|
KE-8
|
KE-6
|
||
9
|
KE-9
|
KE-7
|
||
10
|
KE-10
|
KE-7
|
||
11
|
KE-11
|
KE-8
|
||
12
|
KE-12
|
KE-9
|
||
13
|
KE-13
|
KE-10
|
||
14
|
KE-14 & 15
|
KE-11
|
||
15
|
Mid Semester
|
KE-7
|
Semua MHS****)
|
|
16
|
UAS
|
KE-15
|
Semua MHS****)
|
Ket. :
*) Jika makalah belum jadi ketika diskusi, cukup membawa
konsep saja, makalah harus sudah diserahkan kepada pengampu mata kuliah paling
lambat sebelum semester akhir.
**)
Lihat Judul/Topik untuk judul
makalah yang ada dalam lampiran F.
***)
Nama pemakalah dapat dilihat
dalam Absensi kelas harian, untuk memudahkan penilaian makalah cantumkan no.
Absen dan nama pemakalah ybs.
****) Semester Akhir
(Pertemuan Khusus).
REFERENSI
1.
Nourouzzaman Shiddiqi, Sejarah Kebudayaan
Islam.
2.
M. Noor Matdawam, Sejarah Kebudayaan
Islam.
3.
Ahmad Syalaby, Sejarah Kebudayaan
Islam.
4.
Ahmad Hasyimi, Sejarah Kebudayaan
Islam.
5.
Muhtar yahya, Bangsa Arab
sebelum Islam.
6.
Nourouzzaman Shiddiqi, Tamaddun Muslim.
7.
Ebrahim Dkk, Islam dalam Masyarakat kontemporer.
8.
Prodjodikoro, Pengantar Ilmu Tauhid.
9.
Depag, Buku Ajar MTs Kelas 1-3
10.
Dan semua refernsi
yang mendukung.
-------000000-----
INFO KOMUNIKASI
DOSEN PENGAMPU
JUDUL TUGAS PEMBUATAN SAJIAN MATERI DALAM RPP
Email : Isromag.blogspot.com
Blog : Isromag2@gmail.com
HP : 085215195333
WA :
085322816919
JUDUL TUGAS PEMBUATAN SAJIAN MATERI DALAM RPP
YANG DIKUMPULKAN SEBELUM UAS
DALAM BENTUK HARD COPY DENGAN TEMA (SK/KD):
Semester-1, Kelas-A/B :
1.
|
Ahmad Mukhlis Anwar
|
Sejarah Islam Pada Masa Bani Umayah
|
2.
|
Alvin Nahdiyatul Husna
|
Sejarah Islam pada Masa bani Abasiyah
|
3.
|
Anggi Mita Rosalia
|
Runtuhnya Islam Kerajaan Andalusia dan
pengaruhnya terhadap peradaban Islam.
|
4.
|
Elfia Hikmah
|
Perang Salib
|
5.
|
Esy Noprani B.P
|
Kebangkitan Bangsa Barat. (penemuan Iptek,
tumbuhnya kekuatan Barat dan ekspansi ke daerah lain).
|
6.
|
Nurul Khikmah
|
Kebangkitan dunia Islam. (Modernisasi dan
revitalisasi)
|
7.
|
Fatihatul Khoiroh
|
Indonesia sebelum kedatangan Islam. (Kehidupan
bangsa Indonesia dan agama yang dianut sebelum datangnya Islam).
|
8.
|
Honimatul Ulumi
|
Gerakan dan usaha persatuan dunia Islam.
(organisasi Islam International dan kerjasama antar negeri Islam).
|
9.
|
Lili Ikrimatul Inayah
|
Gerakan Pembaharuan dalam dalam dunia Islam
(Gerakan Wahabi dan pan Islamisme)
|
10.
|
Mia Setiana
|
Masa Kemunduran (Bangsa mongol dan dinasti Khan,
serangan timur lenk, dan dinasti mamalik Mesir).
|
11.
|
Tomi Harianto
|
Kerajaan Utsmani dan Safawi di Persia.
|
12.
|
Sri Wahyati
|
Kerajaan Mughal di India.
|
13.
|
Muhammad Nur Seha
|
Renaisans di Eropa.
|
14.
|
Muhammad Risky Ariadi
|
Pusat peradaban Islam di Baghdad Irak
|
15.
|
Rusiah
|
Pusat peradaban Islam di Kairo Mesir
|
16.
|
Nur Hikmah
|
Pusat peradaban Islam di Isfahan Persia
|
17.
|
Rano
|
Pusat peradaban Islam di Istambul Turki
|
18.
|
Rohim
|
Pusat peradaban Islam di Delhi India
|
19.
|
Ahsanu Nadiyah
|
Pusat peradaban Islam di Andalus (Spanyol).
|
20.
|
Siti Khumaeroh
|
Pusat peradaban Islam di Samarkand-Bukhara
(Transoxania)
|
21.
|
Siti Mutmainah
|
Khilafah rasyidah
|
22.
|
Siti Nok Muawanah
|
Dinasti yang memerdekakan diri dari Baghdad
|
23.
|
Sri Tuti Ulwiyah
|
Sebab-sebab kemunduran kekholifahan bani Abbas
|
24.
|
Syahrir Hidayatulloh
|
Penjajahan Barat terhadap Islam di anak benua India dan
Asia.
|
25.
|
Triyono
|
Politik Islam Hindia Belanda
|
26.
|
Ulfa Triani Septia
|
Format Islam Jawa (Priyayi, santri dan abangan)
|
27.
|
Umi Purwati
|
Kultur Islam jawa dan kedekatannya dengan Gugon tuhon,
khurafat, tahayul dan mistis.
|
28.
|
Umi Faidatun Ni’mah
|
Asimilasi, akulturasi dan penetrasi antara Islam dan
budaya jawa lama (budaya animisme, dinamisme/hindu, budha).
|
29.
|
Wildan Mukholid
|
Terusan Suez dan andilnya dalam kemajuan Islam dan
dampak negatif bagi dunia Timur.
|
30.
|
Farkhan Rizalludin
|
Pola
fikir Barat dan Asia
|
31.
|
M. Mamun Farid Farihi
|
Pusat
peradaban Mesir dan andil bagi dunia Islam Indonesia
|
32.
|
Toharoh
|
Pusat
peradaban Irak dan andil bagi dunia
Islam Indonesia
|
33.
|
Rusto
|
Pusat
peradaban Turki dan andil bagi dunia Islam Indonesia
|
34.
|
Ruswi
|
Dinasti
Turki Utsmani
|
35.
|
Citra Triyuningsih
|
Pengaruh
pemikiran filosuf Yunani terhadap dunia Islam
|
36.
|
Uminah
|
Pengaruh Perang Salib
terhadap umat Islam.
|
37.
|
Ida suhartati
|
Citra Triyuningsih
Pengaruh Kolonilisme barat terhadap umat Islam
|
38.
|
Suminah
|
Sejarah
Kota Baghdad pra, post dan pasca Era Islam.
|
39.
|
Mhs yg blm terbagi
|
Renaisance dan pengaruhnya terhadap dunia Islam
|
40.
|
Mhs yg blm terbagi
|
Urgensi
filsafat Islam dalam pembentukan masyarakat madani
|
41.
|
Sejarah Islam Pada Masa Bani Umayah
|
|
42.
|
Sejarah Islam pada Masa bani Abasiyah
|
|
43.
|
Runtuhnya Islam Kerajaan Andalusia dan
pengaruhnya terhadap peradaban Islam.
|
|
44.
|
Perang Salib
|
|
45.
|
Kebangkitan Bangsa Barat. (penemuan Iptek,
tumbuhnya kekuatan Barat dan ekspansi ke daerah lain).
|
|
46.
|
Kebangkitan dunia Islam. (Modernisasi dan
revitalisasi)
|
|
47.
|
Indonesia sebelum kedatangan Islam. (Kehidupan
bangsa Indonesia dan agama yang dianut sebelum datangnya Islam).
|
|
48.
|
Gerakan dan usaha persatuan dunia Islam.
(organisasi Islam International dan kerjasama antar negeri Islam).
|
|
49.
|
Gerakan Pembaharuan dalam dalam dunia Islam
(Gerakan Wahabi dan pan Islamisme)
|
|
50.
|
Masa Kemunduran (Bangsa mongol dan dinasti Khan,
serangan timur lenk, dan dinasti mamalik Mesir).
|
|
51.
|
Kerajaan Utsmani dan Safawi di Persia.
|
|
52.
|
Kerajaan Mughal di India.
|
|
53.
|
Renaisans di Eropa.
|
|
54.
|
Pusat peradaban Islam di Baghdad Irak
|
|
55.
|
Pusat peradaban Islam di Kairo Mesir
|
|
56.
|
Pusat peradaban Islam di Isfahan Persia
|
|
57.
|
Pusat peradaban Islam di Istambul Turki
|
|
58.
|
Pusat peradaban Islam di Delhi India
|
|
59.
|
Pusat peradaban Islam di Andalus (Spanyol).
|
|
60.
|
Pusat peradaban Islam di Samarkand-Bukhara
(Transoxania)
|
|
61.
|
Khilafah rasyidah
|
|
62.
|
Dinasti yang memerdekakan diri dari Baghdad
|
|
63.
|
Sebab-sebab kemunduran kekholifahan bani Abbas
|
|
64.
|
Penjajahan Barat terhadap Islam di anak benua India dan
Asia.
|
|
65.
|
Politik Islam Hindia Belanda
|
|
66.
|
Format Islam Jawa (Priyayi, santri dan abangan)
|
|
67.
|
Kultur Islam jawa dan kedekatannya dengan Gugon tuhon,
khurafat, tahayul dan mistis.
|
|
68.
|
Asimilasi, akulturasi dan penetrasi antara Islam dan
budaya jawa lama (budaya animisme, dinamisme/hindu, budha).
|
|
69.
|
Terusan Suez dan andilnya dalam kemajuan Islam dan
dampak negatif bagi dunia Timur.
|
|
70.
|
Pola
fikir Barat dan Asia
|
|
71.
|
Pusat
peradaban Mesir dan andil bagi dunia Islam Indonesia
|
|
72.
|
Pusat
peradaban Irak dan andil bagi dunia
Islam Indonesia
|
|
73.
|
Pusat
peradaban Turki dan andil bagi dunia Islam Indonesia
|
|
74.
|
Dinasti
Turki Utsmani
|
|
75.
|
Pengaruh
pemikiran filosuf Yunani terhadap dunia Islam
|
|
76.
|
Pengaruh Perang Salib
terhadap umat Islam.
|
|
77.
|
Citra Triyuningsih
Pengaruh Kolonilisme barat terhadap umat Islam
|
|
78.
|
Sejarah
Kota Baghdad pra, post dan pasca Era Islam.
|
|
Renaisance dan pengaruhnya terhadap dunia Islam
|
||
79.
|
Urgensi
filsafat Islam dalam pembentukan masyarakat madani
|
Ket. : Makalah Individu diketik dengan Apl. MS. Word
Bumiayu, 9 September 2017.
Pengampu Mata
Kuliah,
Isro, M.Ag.
Catatan:
Tugas
ini bukan makalah/paper tapi sajian materi dalam RPP, jadi termasuk RPP lengkap
1 Tapka.
Tugas Mahasiswa Kelas B:
Tugas Mahasiswa Kelas B:
No.
|
NAMA
|
Judul ke-……
|
1.
|
AGUS ROZIQIN
|
39
|
2.
|
ANNISA FITRI ASTUTE
|
40
|
3.
|
DENY AULADI
|
41
|
4.
|
DEWI INTAN TRIYANI
|
42
|
5.
|
EMIROTUL AMALIYAH
|
43
|
6.
|
FADHEEL M. AL-HASANI
|
44
|
7.
|
FARIZ SAHRIR
|
45
|
8.
|
FATIR AINUN NAJIB
|
46
|
9.
|
FERI AHMAD ALFIAN
|
47
|
10.
|
HUMAMU ALMILAH
|
48
|
11.
|
INTAN ASRIANTI
|
49
|
12.
|
M. IKHSAN
|
50
|
13.
|
M. ISHAQUDDIN
|
51
|
14.
|
M. NUR GHOUT
|
52
|
15.
|
M. RIFKI ABDURROHMAN
|
53
|
16.
|
M. RIYANTO
|
54
|
17.
|
NURUL KOMALA
|
55
|
18.
|
RIFA R. H.
|
56
|
19.
|
ROHMAT
|
57
|
20.
|
ROMI DS. FAIQ S.
|
58
|
21.
|
SITI ISTIQOMAH
|
59
|
22.
|
SOFIYU ROHMAN
|
60
|
23.
|
ST. FATIKHATUL N.
|
61
|
24.
|
UMU IZATU RIZQI
|
62
|
25.
|
ZIDNI IMAMUDIN
|
63
|
26.
|
ABDUL ROZAK
|
64
|
27.
|
AHMAD SUBHAN
|
65
|
28.
|
AHMAD MUZAKI
|
66
|
29.
| AZIZATUL HIKMAH |
67
|
30.
|
SAMSUL HADI
|
68
|
31.
|
MUH. NUR HAMZAH
|
68
|
32.
|
MUH. IKHSAN
|
68
|
33.
|
KURNIAWAN EKO Y.
|
68
|
34
|
SYIFAUL HUSNA
|
68
|
35
|
ROYANAH
|
68
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar