SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM (STAI)BREBES
JURUSAN TARBIYAH/PROGDI PENDIDIKAN AGAMA
ISLAM (PAI)
Alamat Kampus 3: MAN BREBES 2 LAREN BUMIAYU
BREBES 52273.
PANDUAN PERKULIAHAN BPKI SEM-VII/GASAL
Pengampu: Isro, M.Ag.
A.
Sasaran
Mata Kuliah ini didesain untuk memahami,
mengenal, mengadakan analisis kritis terhadap seluk-beluk yang berkaitan dengan
“Penulisan Karya Ilmiyah”. Dengan
demikian, mahasiswa akan mampu: Memahami dengan benar tentang Penulisan
karya ilmiyah.
Mengingat mata kuliah ini termasuk mata
kuliah dasar khusus (MKDK), maka kuliah ini hanya bersifat pengantar, tidak
membahas materi secara detail. Kuliah
ini sekedar memberikan arahan dan pengantar bagi para mahasiswa untruk
mengungkap lebih rinci dan detail terhadap masalah yang berkaitan dengan penulisan
karya ilmiyah. Mahasiswa sendirilah yang nantinya akan
mendalami baik secara mandiri (otodidak) maupun secara kelompok (kolektif).
B.
Sistem Perkuliahan
Perkuliahan ini dilakukan atas asumsi bahwa
mahasiswa adalah sosok individu yang memiliki kemandirian belajar, karena itu
perkuliahan ini pada dasarnya untuk mengaktifkan, menggairahkan dan
meningkatkan kemampuan belajar mandiri. Sehingga untuk perkuliahan melalui
ceramah dikurangi semaksimal mungkin. Sebagai gantinya mahasiswa diarahkan
untuk mendiskusikan tema-tema yang ada secara serius.
Untuk itu, maka diwajibkan kepada
masing-masing mahasiswa (baik secara perorangan atau group) menulis satu
makalah/paper untuk dipresentasikan. Dan makalah tersebut hendaknya dibuat
rangkap/digandakan secukupnya (untuk peserta dan pengampu mata kuliah).
Makalah/paper tersebut selanjutnya dipresentasikan paling lama 15 menit untuk
selanjutnya didiskusikan di dalam ruang kuliah dengan tertib.
C.
Sistem Penilaian
1. Absensi/partisipasi kelas (kehadiran dan kontribusi
pemikiran dalam diskusi 25 %.
2. Makalah (presentasi dan revisi) 15 %
3. Tugas Mandiri (sesuai situasi dan kondisi) 15 %.
4. Mid semester 20 %.
5. Ujian akhir 25 %.
D.
Cara Penulisan Paper/Makalah
Makalah/Paper yang ditulis dan
dipresentasikan harus mengikuti prosedur sebagai berikut:
1. Pendahuluan (suatu problem/masalah yang akan
dijawab/dibahas).
2. Pengertian (sub-sub yang akan dibahas harus dijelaskan
secara singkat).
3. Pembahasan (jawaban problem/pembahasan dari
literatur/buku-buku).
4. Analisis/argumentasi (jawaban yang diutarakan sebagai
orisinalitas pandangan dari penulis makalah/paper yang bersangkutan).
5. Kesimpulan/penutup (bukan ringkasan makalah/paper,
melainkan ulasan singkat mengenai problem solving terhadap masalah yang ada.
6. Bentuk penulisan: a). Memakai font 12 (TNR) atau Tahoma
11. b. Margin kanan kiri ukuran standar. c. Bila ada kutipan gunakan cakak
(foot note bukan body note atau end note).
7. Referensi (mengenai data buku; judul, pengarang, tahun,
penerbit, cetakan, penerjemah).
E.
Manajemen Waktu Kuliah
Waktu perkuliahan setiap pertemuan untuk
alokasi waktu 60/100 menit, dengan perincian sebagai berikut:
1. Preparasi 5
menit
2. Presentasi makalah/paper 10
menit
3. Tanya Jawab 30
menit
4. Masukan pengampu mata kuliah 15 menit
F.
Ragam Tema diskusi (Silaby)
Lihat lampiran
G.
Penutup
Panduan ini disusun dengan harapan dapat
menjadi acuan proses perkuliahan BPKI, dan juga dapat berfungsi sebagai jembatan untuk
mencapai tujuan akhir dari perkuliahan ini.
Bumiayu, 1 September 2018
Pengampu Mata Kuliah,
Isro, M.Ag.
Lampiran F.
SYLABI BIMBINGAN
PENULISAN KARYA ILMIAH
TOPIK BAHASAN
No
|
Pokok Bahasan
|
Sub Bahasan
|
1
|
Pengantar Perkuliahan dan Kontrak Studi
|
Ceramah perkuliahan dari dosen.
|
2
|
Pengertian dan makna Karya Tulis Ilmiah
|
1.
Pengertian karya
tulis ilmiah
2.
Jenis-jenis karya
Tulis ilmiah
3.
Prinsip-prinsip umum
4.
Urgensi karya tulis
ilmiah
|
3
|
Karya Ilmiah Populer
|
Langkah penyusunan artikel ilmiah popular
|
4
|
Anotasi Bibligrafi dan Laporan Buku
|
1.
Langkah penyusunan
anotasi bibliografi
2.
Langkah penyusunan
laporan buku
|
5
|
Makalah
|
1.
Jenis makalah ilmiah
2.
Langkah penyusunan
makalah
|
6
|
Bahasa Ilmiah
|
Penggunaan bahasa tulis Ilmiah
|
7
|
Penulisan diktat, modul dan LKS
|
Cara-cara
Penulisan diktat, modul dan LKS
|
8
|
Bagian dalam Karya Tulis
|
1.
Bagian awal (front
metter)
2.
Bagian tubuh (main
body)
3.
Bagian akhir (reference
section)
|
9
|
Penulisan Skripsi
|
1.
Macam dan ukuran
kertas
2.
Tipe huruf
3.
Mengatur kertas
4.
Mengatur Spasi
5.
Indensi
6.
Nomor halaman
7.
Nomor bab dan
bagian-bagiannya
8.
Menulis bilangan
|
10
|
Kutipan dan Teknik Penulisan Kutipan
|
1.
Pengertian dan
syarat-syarat kutipan
2.
Macam-macam kutipan
3.
hal-hal yang
berhubungan dengan kutipan
4.
Innote (Intra Teks)
5.
Footnote dan Endnote
6.
Transliterasi
arab-latin
|
11
|
Penulisan Tabel dan Gambar
|
1.
Penyajian table
2.
Format tabel
3.
Pemberian nomor dan
judul tabel
4.
Ketentuan lainnya
5.
Penyajian bahan
gambar
|
12
|
Daftar Pustaka
|
1.
Isi daftar pustaka
2.
Fungsi dasar pustaka
3.
Ketentuan-ketentuan
menyusun daftar pustaka
4.
Perbandingan daftar
pustaka dengan footnote
5.
Bentuk-bentuk lain
penyusunan daftar pustaka
|
13
|
Orijinalitas dan Plagiarisme
|
1.
Pengertian
orijinalitas dan plagiarisme;
2.
Cara-cara
menghindari plagiat
|
14
|
Presenstasi karya tulisan
yang efektif
|
1.
Persiapan presentasi yang efektif
2.
Menyampaikan presentasi
|
Referensi
A. Buku Wajib
1. Talizduhu Naraha,
Desain Riset dan Teknik Penyusunan Karya Tulis Ilmiah
2. Djarwanto Ps,
Petunjuk Teknis Penyusunan Skripsi
3. Wahyu, Bimbingan
Penulisan Skrispi
4. Nasution S, Buku
Petunjuk Membuat Thesis, Skripsi, Book Report
5. Adjat Sakri, Bibliografi
Buku Anjuran
1. Nana Sudjana,
Tuntunan Penyusunan Karya Ilmiah
2. Sutrisno Hadi,
Bimbingan Menulis Skripsi-Thesis Jilid II
3. Ali, Sastrohoetomo, Karangan
Ilmiah Suatu Penuntun Menulis Laporan dan Skripsi
4. Hubbel, George Shelton,
Writing Term Papers and Report
5. Turabian, Kate L.A.,
Manual for Writers of Term Papers and Disertations
--------0000-------
JUDUL TUGAS PEMBUATAN MAKALAH
YANG DIDISKUSIKAN DAN DIKUMPULKAN *)
NO.
|
JUDUL/TOPIK **)
|
PERTEMUAN
|
PEMAKALAH
NO. ABSEN: ***)
|
KET.
|
1
|
KE-2
|
KE-2
|
1,14,27,40
|
|
2
|
KE-3
|
KE-3
|
2,15,28,41
|
|
3
|
KE-4
|
KE-4
|
3,16,29,42
|
|
4
|
KE-5
|
KE-5
|
4,17,30,43
|
|
5
|
KE-6
|
KE-6
|
5,18,31,44
|
|
6
|
KE-7
|
KE-7
|
6,19,32,45
|
|
7
|
KE-8
|
KE-8
|
7,20,33,
|
|
8
|
KE-9
|
KE-9
|
8,21,34,
|
|
9
|
KE-10
|
KE-10
|
9,22,35,
|
|
10
|
KE-11
|
KE-11
|
10,23,36,
|
|
11
|
KE-12
|
KE-12
|
11,24,37,
|
|
12
|
KE-13
|
KE-13
|
12,25,38,
|
|
13
|
KE-14
|
KE-14
|
13,26,39,
|
|
14
|
Mid Semester
|
aksidental
|
Semua MHS****)
|
|
15
|
UAS
|
aksidental
|
Semua MHS****)
|
|
Ket. :
*) Jika makalah belum jadi ketika diskusi, cukup
membawa konsep saja, makalah harus sudah diserahkan kepada pengampu mata kuliah
paling lambat sebelum semester akhir.
**) Lihat
Judul/Topik untuk judul makalah yang ada dalam lampiran F.
***) Nama
pemakalah dapat dilihat dalam Absensi kelas harian, untuk memudahkan penilaian
makalah cantumkan no. Absen dan nama pemakalah ybs.
****) Semester Akhir (Pertemuan Khusus).
PEMBAGIAN JUDUL INDIVIDU MATKUL BPKI
MAHASISWA SEM-VII/A
NO
|
NAMA
|
JUDUL INDIVIDU
|
|
1.
|
|
Enquiry-Discovery Learning
|
di MTs ……… TP.2017/2018
|
2.
|
|
Expository Learning
|
di MTs ……… TP.2017/2018
|
3.
|
|
Mastery Learning
|
di MTs ……… TP.2017/2018
|
4.
|
|
Pemberian Tugas Dan Resitasi
|
di MTs ……… TP.2017/2018
|
5.
|
|
Metode Diskusi
|
di MTs ……… TP.2017/2018
|
6.
|
|
Pendekatan Proses
|
di MTs ……… TP.2017/2018
|
7.
|
|
Inquiry Approach/Penemuan
|
di MTs ……… TP.2017/2018
|
8.
|
|
Kerja Kelompok Siswa
|
di MTs ……… TP.2017/2018
|
9.
|
|
Experiment
|
di MTs ……… TP.2017/2018
|
10.
|
|
Tanya Jawab
|
di MTs ……… TP.2017/2018
|
11.
|
|
Study Tour/Karyawisata
|
di MTs ……… TP.2017/2018
|
12.
|
|
Studi Individual
|
di MTs ……… TP.2017/2018
|
13.
|
|
Metode Klasikal
|
di MTs ……… TP.2017/2018
|
14.
|
|
Humanistic Education
|
di MTs ……… TP.2017/2018
|
15.
|
|
CBSA
|
di MTs ……… TP.2017/2018
|
16.
|
|
Aplikasi Perpustakaan
|
di MTs ……… TP.2017/2018
|
17.
|
|
Audiovisual
|
di MTs ……… TP.2017/2018
|
18.
|
|
Re-Inforcement
|
di MTs ……… TP.2017/2018
|
19.
|
|
Mass Media
|
di MTs ……… TP.2017/2018
|
20.
|
|
Bahan/Materials
|
di MTs ……… TP.2017/2018
|
21.
|
|
Simulasi
|
di MTs ……… TP.2017/2018
|
22.
|
|
Alam Lingkungan Terbuka
|
di MTs ……… TP.2017/2018
|
23.
|
|
Pengajaran Modul
|
di MTs ……… TP.2017/2018
|
24.
|
|
Cerita/Sejarah/Peninggalan
|
di MTs ……… TP.2017/2018
|
25.
|
|
Media Pendidikan
|
di MTs ……… TP.2017/2018
|
26.
|
|
Pendekatan Educatif
|
di MTs ……… TP.2017/2018
|
27.
|
|
Pendekatan Emosional
|
di MTs ……… TP.2017/2018
|
28.
|
|
Pendekatan Pengalaman
|
di MTs ……… TP.2017/2018
|
29.
|
|
Pendekatan Pembiasaan
|
di MTs ……… TP.2017/2018
|
30.
|
|
Pendekatan Rasional
|
di MTs ……… TP.2017/2018
|
31.
|
|
Pendekatan Fungsional
|
di MTs ……… TP.2017/2018
|
32.
|
|
Pendekatan Keagamaan
|
di MTs ……… TP.2017/2018
|
33.
|
|
Pendekatan Kebermaknaan
|
di MTs ……… TP.2017/2018
|
34.
|
|
Metode Proyek
|
di MTs ……… TP.2017/2018
|
35.
|
|
Metode Sosiodrama
|
di MTs ……… TP.2017/2018
|
36.
|
|
Metode Demontrasi
|
di MTs ……… TP.2017/2018
|
37.
|
|
Metode Problem Solving
|
di MTs ……… TP.2017/2018
|
38.
|
|
Metode Tanya Jawab
|
di MTs ……… TP.2017/2018
|
39.
|
|
Metode Drill
|
di MTs ……… TP.2017/2018
|
40.
|
|
Metode CL/CTL
|
di MTs ……… TP.2017/2018
|
41.
|
|
Program Remedial
|
di MTs ……… TP.2017/2018
|
Ket. : Makalah Individu diketik dengan Apl. MS. Word
Bumiayu,
1 September 2018
Pengampu
Mata Kuliah,
Isro, M.Ag.
PEMBAGIAN JUDUL INDIVIDU MATKUL BPKI
MAHASISWA SEM-VII/B
NO
|
NAMA
|
JUDUL INDIVIDU
|
|
1.
|
|
Enquiry-Discovery Learning
|
di MTs ……… TP.2017/2018
|
2.
|
|
Expository Learning
|
di MTs ……… TP.2017/2018
|
3.
|
|
Mastery Learning
|
di MTs ……… TP.2017/2018
|
4.
|
|
Pemberian Tugas Dan Resitasi
|
di MTs ……… TP.2017/2018
|
5.
|
|
Metode Diskusi
|
di MTs ……… TP.2017/2018
|
6.
|
|
Pendekatan Proses
|
di MTs ……… TP.2017/2018
|
7.
|
|
Inquiry Approach/Penemuan
|
di MTs ……… TP.2017/2018
|
8.
|
|
Kerja Kelompok Siswa
|
di MTs ……… TP.2017/2018
|
9.
|
|
Experiment
|
di MTs ……… TP.2017/2018
|
10.
|
|
Tanya Jawab
|
di MTs ……… TP.2017/2018
|
11.
|
|
Study Tour/Karyawisata
|
di MTs ……… TP.2017/2018
|
12.
|
|
Studi Individual
|
di MTs ……… TP.2017/2018
|
13.
|
|
Metode Klasikal
|
di MTs ……… TP.2017/2018
|
14.
|
|
Humanistic Education
|
di MTs ……… TP.2017/2018
|
15.
|
|
CBSA
|
di MTs ……… TP.2017/2018
|
16.
|
|
Aplikasi Perpustakaan
|
di MTs ……… TP.2017/2018
|
17.
|
|
Audiovisual
|
di MTs ……… TP.2017/2018
|
18.
|
|
Re-Inforcement
|
di MTs ……… TP.2017/2018
|
19.
|
|
Mass Media
|
di MTs ……… TP.2017/2018
|
20.
|
|
Bahan/Materials
|
di MTs ……… TP.2017/2018
|
21.
|
|
Simulasi
|
di MTs ……… TP.2017/2018
|
22.
|
|
Alam Lingkungan Terbuka
|
di MTs ……… TP.2017/2018
|
23.
|
|
Pengajaran Modul
|
di MTs ……… TP.2017/2018
|
24.
|
|
Cerita/Sejarah/Peninggalan
|
di MTs ……… TP.2017/2018
|
25.
|
|
Media Pendidikan
|
di MTs ……… TP.2017/2018
|
26.
|
|
Pendekatan Educatif
|
di MTs ……… TP.2017/2018
|
27.
|
|
Pendekatan Emosional
|
di MTs ……… TP.2017/2018
|
28.
|
|
Pendekatan Pengalaman
|
di MTs ……… TP.2017/2018
|
29.
|
|
Pendekatan Pembiasaan
|
di MTs ……… TP.2017/2018
|
30.
|
|
Pendekatan Rasional
|
di MTs ……… TP.2017/2018
|
31.
|
|
Pendekatan Fungsional
|
di MTs ……… TP.2017/2018
|
32.
|
|
Pendekatan Keagamaan
|
di MTs ……… TP.2017/2018
|
33.
|
|
Pendekatan Kebermaknaan
|
di MTs ……… TP.2017/2018
|
34.
|
|
Metode Proyek
|
di MTs ……… TP.2017/2018
|
35.
|
|
Metode Sosiodrama
|
di MTs ……… TP.2017/2018
|
36.
|
|
Metode Demontrasi
|
di MTs ……… TP.2017/2018
|
37.
|
|
Metode Problem Solving
|
di MTs ……… TP.2017/2018
|
38.
|
|
Metode Tanya Jawab
|
di MTs ……… TP.2017/2018
|
39.
|
|
Metode Drill
|
di MTs ……… TP.2017/2018
|
40.
|
|
Metode CL/CTL
|
di MTs ……… TP.2017/2018
|
41.
|
|
Program Remedial
|
di MTs ……… TP.2017/2018
|
Ket. : Makalah Individu diketik dengan Apl. MS. Word
Bumiayu,
1 September 2018
Pengampu
Mata Kuliah,
Isro, M.Ag.
JUDUL DAN NAMA KELOMPOK DISKUSI
MAHASISWA SEM-VII/A
NO.
|
JUDUL
|
TAPKA
|
NAMA MAHASIAWA
KELOMPOK DISKUSI
|
||
1
|
KE-2
|
KE-2
|
|
|
|
2
|
KE-3
|
KE-3
|
|
|
|
3
|
KE-4
|
KE-4
|
|
|
|
4
|
KE-5
|
KE-5
|
|
|
|
5
|
KE-6
|
KE-6
|
|
|
|
6
|
KE-7
|
KE-7
|
|
|
|
7
|
KE-8
|
KE-8
|
|
|
|
8
|
KE-9
|
KE-9
|
|
|
|
9
|
KE-10
|
KE-10
|
|
|
|
10
|
KE-11
|
KE-11
|
|
|
Mahasiswa Baru
|
11
|
KE-12
|
KE-12
|
|
|
Mahasiswa Baru
|
12
|
KE-13
|
KE-13
|
|
|
Mahasiswa Baru
|
13
|
KE-14
|
KE-14
|
|
|
Mahasiswa Baru
|
Bumiayu,
1 September 2018
Pengampu
Mata Kuliah,
Isro, M.Ag.
JUDUL DAN NAMA KELOMPOK DISKUSI
MAHASISWA SEM-VII/B
NO.
|
JUDUL
|
TAPKA
|
NAMA MAHASIAWA
KELOMPOK DISKUSI
|
||
1
|
KE-2
|
KE-2
|
|
|
|
2
|
KE-3
|
KE-3
|
|
|
|
3
|
KE-4
|
KE-4
|
|
|
|
4
|
KE-5
|
KE-5
|
|
|
|
5
|
KE-6
|
KE-6
|
|
|
|
6
|
KE-7
|
KE-7
|
|
|
|
7
|
KE-8
|
KE-8
|
|
|
|
8
|
KE-9
|
KE-9
|
|
|
|
9
|
KE-10
|
KE-10
|
|
|
|
10
|
KE-11
|
KE-11
|
|
|
|
11
|
KE-12
|
KE-12
|
|
|
|
12
|
KE-13
|
KE-13
|
|
|
|
13
|
KE-14
|
KE-14
|
|
|
|
Bumiayu,
1 September 2018
Pengampu
Mata Kuliah,
Isro, M.Ag.
Assalamualaikum Wr. Wb.
BalasHapusMohon maaf saya igin menambahkan kepada Bapak dosen Isro,M.Ag. agar dituliskan absen nama-nama mahasiswa yang bersangkutan, karena dikhawatirkan nomor urut absen yang kami ketahui berbeda dengan nomor urut absen yang anda miliki... Terima kasih...
Wassalamualaikum Wr. Wb.