SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM (STAI) BREBES
JURUSAN TARBIYAH/PROGDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
(PAI)
Alamat
Kampus 2: KH. MU'ALIM TEGONG BUMIAYU BREBES 52273
PANDUAN PERKULIAHAN MP SKI DI MTs. (Sem-V/Gasal)
Pengampu: Isro, M.Ag.
A. Sasaran
Mata Kuliah ini didesain untuk memahami, mengenal,
mengadakan analisis kritis terhadap seluk-beluk yang berkaitan dengan “Sejarah
Kebudayaan Islam sebagai mata pelajaran yang diberikan di MTs”. Dengan
demikian, mahasiswa akan mampu: Memahami dengan benar tentang ruang lingkup
Sejarah Kebudayaan Islam, Profil negeri dan bangsa Arab sebelum Islam,
Kerajaan-Kerajaan Arab Pra Islam, sejarah Perjuangan Rasulullah, Islam periode
Rasulullah, dan Islam Pasca Rasulullah.
Mengingat mata kuliah ini termasuk mata kuliah dasar
khusus (MKDK), maka kuliah ini hanya bersifat pengantar, tidak membahas Sejarah
Kebudayaan Islam secara detail. Kuliah ini sekedar memberikan arahan dan
pengantar bagi para mahasiswa untruk mengungkap lebih rinci dan detail terhadap
masalah yang berkaitan dengan Sejarah Kebudayaan Islam Mahasiswa sendirilah
yang nantinya akan mendalami baik secara mandiri (otodidak) maupun secara
kelompok (kolektif).
B. Sistem Perkuliahan
Perkuliahan ini dilakukan atas asumsi bahwa mahasiswa
adalah sosok individu yang memiliki kemandirian belajar, karena itu perkuliahan
ini pada dasarnya untuk mengaktifkan, menggairahkan dan meningkatkan kemampuan
belajar mandiri. Sehingga untuk perkuliahan melalui ceramah dikurangi
semaksimal mungkin. Sebagai gantinya mahasiswa diarahkan untuk mendiskusikan tema-tema
yang ada secara serius.
Untuk itu, maka diwajibkan kepada masing-masing mahasiswa
(baik secara perorangan atau group) menulis satu makalah/paper untuk
dipresentasikan. Dan makalah tersebut hendaknya dibuat rangkap/digandakan
secukupnya (untuk peserta dan pengampu mata kuliah). Makalah/paper tersebut
selanjutnya dipresentasikan paling lama 15 menit untuk selanjutnya didiskusikan
di dalam ruang kuliah dengan tertib.
C. Sistem Penilaian
1.
Absensi/partisipasi kelas (kehadiran dan kontribusi
pemikiran dalam diskusi 25 %.
2.
Makalah (presentasi dan revisi) 15 %
3.
Tugas Mandiri (sesuai situasi dan kondisi) 15 %.
4.
Mid semester 20 %.
5.
Ujian akhir 25 %.
D. Cara Penulisan Paper/Makalah
Makalah/Paper yang ditulis dan dipresentasikan harus
mengikuti prosedur sebagai berikut:
1.
Pendahuluan (suatu problem/masalah yang akan
dijawab/dibahas).
2.
Pengertian (sub-sub yang akan dibahas harus dijelaskan
secara singkat).
3.
Pembahasan (jawaban problem/pembahasan dari
literatur/buku-buku).
4.
Analisis/argumentasi (jawaban yang diutarakan sebagai orisinalitas
pandangan dari penulis makalah/paper yang bersangkutan).
5.
Kesimpulan/penutup (bukan ringkasan makalah/paper,
melainkan ulasan singkat mengenai problem solving terhadap masalah yang ada.
6.
Bentuk penulisan: a). Memakai font 12 (TNR) atau Tahoma
11. b. Margin kanan kiri ukuran standar. c. Bila ada kutipan gunakan cakak
(foot note bukan body note atau end note).
7.
Referensi (mengenai data buku; judul, pengarang, tahun,
penerbit, cetakan, penerjemah).
E. Manajemen Waktu Kuliah
Waktu perkuliahan setiap pertemuan untuk alokasi waktu
60/100 menit, dengan perincian sebagai berikut:
1.
Preparasi 5/10 menit
2.
Presentasi makalah/paper 10/20 menit
3.
Tanya Jawab 30/40 menit
4.
Masukan pengampu mata kuliah 15/30
menit
F. Ragam Tema diskusi (Silaby)
Lihat lampiran
G. Penutup
Panduan ini disusun dengan harapan dapat menjadi acuan
proses perkuliahan Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs, dan juga
dapat berfungsi sebagai jembatan untuk mencapai tujuan akhir dari perkuliahan
ini.
Bumiayu, 5 September 2019
Pengampu Mata Kuliah,
Isro, M.Ag.
Lampiran F.
SILABI
MP SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MTs.
DISKRIPSI MATA
KULIAH :
Mata Kuliah ini meliputi kajian tentang : Studi Pendahuluan Sejarah
Kebudayaan Islam, Profil negeri dan
bangsa Arab sebelum Islam, Kerajaan-Kerajaan Arab Pra Islam, sejarah Perjuangan
Rasulullah, Islam periode Rasulullah, dan Islam Pasca Rasulullah.
TOPIK BAHASAN
A. Studi
Pendahuluan Sejarah Kebudayaan Islam:
1. Pengertian, Batasan sejarah dan Kebudayaan,
sumber-sumber, tujuan dan kegunaan, obyek.
2. Tipe-tipe penulisan sejarah, penyebab kesalahan
penulisan sejarah, historiografi Islam dan Priodisasi Sejarah Kebudayaan Islam.
B. Lintasan
Sejarah Kebudayaan Islam:
3. Keadaan Bangsa Arab Sebelum Islam. (Negeri dan Bangsa Arab Pra Islam).
4. Kerajaan-kerajaan Arab pra Islam. (Arab Selatan dan
Arab Utara).
5. Agama Monotheisme
di jaman kuno. (Mesir kuno, Eropa kuno, Persia (zoroaster, mani’, mazdakiyah),
Yahudi, Nasrani dan Hindu).
6. Islam Masa
Rasulullah. (kisah kelahiran, kehidupan dan pendidikan, tanda-tanda kenabian,
menjadi rasul).
7. Da’wah dan Pengikut Rasulullah sebelum Hijrah. (cara
dan sasaran da’wah, agama yang dibawa, sikap kaum Quraisy, dan pengikut Nabi). Dan
Pengaruh wafat Abu Thalib dan Siti Khadijah (‘amul khuzni), Hijrah ke Thaif,
dan Perjalanan Da’wah Nabi secara terang.
8. Peristiwa Isra’
Mi’raj, hijrah ke Madinah, Peperangan penting, Fathul Makkah, dan Nabi Wafat
(Haji Wada’, wahyu terakhir, wafat Nabi Saw dan peninggalannya).
9. Perkembangan
Islam pada masa khulafaurrosyidin. (4 khalifah Nabi SAW).
10. Sejarah Islam Pada Masa Bani Umayah
11. Sejarah Islam pada Masa bani Abasiyah
12. Runtuhnya Islam Kerajaan Andalusia dan pengaruhnya
terhadap peradaban Islam.
13. Perang Salib
14. Kebangkitan Bangsa Barat. (penemuan Iptek, tumbuhnya
kekuatan Barat dan ekspansi ke daerah lain).
15. Kebangkitan dunia Islam. (Modernisasi dan
revitalisasi)
--------0000-------
JUDUL TUGAS PEMBUATAN MAKALAH
YANG DIDISKUSIKAN DAN DIKUMPULKAN *)
NO.
|
JUDUL/TOPIK **)
|
PERTEMUAN
|
PEMAKALAH
NO. ABSEN: ***)
|
KET.
|
1
|
KE-1
|
KE-2
|
||
2
|
KE-2
|
KE-3
|
||
3
|
KE-3
|
KE-4
|
||
4
|
KE-4
|
KE-4
|
||
5
|
KE-5
|
KE-5
|
||
6
|
KE-6
|
KE-5
|
||
7
|
KE-7
|
KE-6
|
||
8
|
KE-8
|
KE-6
|
||
9
|
KE-9
|
KE-7
|
||
10
|
KE-10
|
KE-7
|
||
11
|
KE-11
|
KE-8
|
||
12
|
KE-12
|
KE-9
|
||
13
|
KE-13
|
KE-10
|
||
14
|
KE-14 & 15
|
KE-11
|
||
15
|
Mid Semester
|
KE-7
|
Semua MHS****)
|
|
16
|
UAS
|
KE-15
|
Semua MHS****)
|
Ket. :
*) Jika makalah belum jadi ketika diskusi, cukup membawa konsep saja, makalah
harus sudah diserahkan kepada pengampu mata kuliah paling lambat sebelum
semester akhir.
**)
Lihat Judul/Topik untuk judul
makalah yang ada dalam lampiran F.
***)
Nama pemakalah dapat dilihat
dalam Absensi kelas harian, untuk memudahkan penilaian makalah cantumkan no.
Absen dan nama pemakalah ybs.
****) Semester Akhir
(Pertemuan Khusus).
REFERENSI
1.
Nourouzzaman Shiddiqi, Sejarah Kebudayaan
Islam.
2.
M. Noor Matdawam, Sejarah Kebudayaan
Islam.
3.
Ahmad Syalaby, Sejarah Kebudayaan
Islam.
4.
Ahmad Hasyimi, Sejarah Kebudayaan
Islam.
5.
Muhtar yahya, Bangsa Arab
sebelum Islam.
6.
Nourouzzaman Shiddiqi, Tamaddun Muslim.
7.
Ebrahim Dkk, Islam dalam Masyarakat kontemporer.
8.
Prodjodikoro, Pengantar Ilmu Tauhid.
9.
Depag, Buku Ajar MTs Kelas 1-3
10.
Dan semua refernsi
yang mendukung.
-------000000-----
JUDUL TUGAS PEMBUATAN SAJIAN MATERI DALAM RPP
YANG DIKUMPULKAN SEBELUM UAS
DALAM BENTUK HARD COPY DENGAN TEMA
(SK/KD):
Semester-1, Kelas-A/B :
1.
|
Sejarah Islam Pada Masa Bani Umayah
|
|
2.
|
Sejarah Islam pada Masa bani Abasiyah
|
|
3.
|
Runtuhnya Islam Kerajaan Andalusia dan
pengaruhnya terhadap peradaban Islam.
|
|
4.
|
Perang Salib
|
|
5.
|
Kebangkitan Bangsa Barat. (penemuan Iptek,
tumbuhnya kekuatan Barat dan ekspansi ke daerah lain).
|
|
6.
|
Kebangkitan dunia Islam. (Modernisasi dan
revitalisasi)
|
|
7.
|
Indonesia sebelum kedatangan Islam. (Kehidupan
bangsa Indonesia dan agama yang dianut sebelum datangnya Islam).
|
|
8.
|
Gerakan dan usaha persatuan dunia Islam.
(organisasi Islam International dan kerjasama antar negeri Islam).
|
|
9.
|
Gerakan Pembaharuan dalam dalam dunia Islam
(Gerakan Wahabi dan pan Islamisme)
|
|
10.
|
Masa Kemunduran (Bangsa mongol dan dinasti Khan,
serangan timur lenk, dan dinasti mamalik Mesir).
|
|
11.
|
Kerajaan Utsmani dan Safawi di Persia.
|
|
12.
|
Kerajaan Mughal di India.
|
|
13.
|
Renaisans di Eropa.
|
|
14.
|
Pusat peradaban Islam di Baghdad Irak
|
|
15.
|
Pusat peradaban Islam di Kairo Mesir
|
|
16.
|
Pusat peradaban Islam di Isfahan Persia
|
|
17.
|
Pusat peradaban Islam di Istambul Turki
|
|
18.
|
Pusat peradaban Islam di Delhi India
|
|
19.
|
Pusat peradaban Islam di Andalus (Spanyol).
|
|
20.
|
Pusat peradaban Islam di Samarkand-Bukhara
(Transoxania)
|
|
21.
|
Khilafah rasyidah
|
|
22.
|
Dinasti yang memerdekakan diri dari Baghdad
|
|
23.
|
Sebab-sebab kemunduran kekholifahan bani Abbas
|
|
24.
|
Penjajahan Barat terhadap Islam di anak benua India dan
Asia.
|
|
25.
|
Politik Islam Hindia Belanda
|
|
26.
|
Format Islam Jawa (Priyayi, santri dan abangan)
|
|
27.
|
Kultur Islam jawa dan kedekatannya dengan Gugon tuhon,
khurafat, tahayul dan mistis.
|
|
28.
|
Asimilasi, akulturasi dan penetrasi antara Islam dan
budaya jawa lama (budaya animisme, dinamisme/hindu, budha).
|
|
29.
|
Terusan Suez dan andilnya dalam kemajuan Islam dan
dampak negatif bagi dunia Timur.
|
|
30.
|
Pola
fikir Barat dan Asia
|
|
31.
|
Pusat
peradaban Mesir dan andil bagi dunia Islam Indonesia
|
|
32.
|
Pusat
peradaban Irak dan andil bagi dunia
Islam Indonesia
|
|
33.
|
Pusat
peradaban Turki dan andil bagi dunia Islam Indonesia
|
|
34.
|
Dinasti
Turki Utsmani
|
|
35.
|
Pengaruh
pemikiran filosuf Yunani terhadap dunia Islam
|
|
36.
|
Pengaruh
Perang Salib terhadap umat Islam.
|
|
37.
|
Citra
Triyuningsih Pengaruh Kolonilisme barat terhadap umat Islam
|
|
38.
|
Sejarah
Kota Baghdad pra, post dan pasca Era Islam.
|
|
39.
|
Renaisance dan pengaruhnya terhadap dunia Islam
|
|
40.
|
Urgensi
filsafat Islam dalam pembentukan masyarakat madani
|
|
41.
|
Sejarah Islam Pada Masa Bani Umayah
|
|
42.
|
Sejarah Islam pada Masa bani Abasiyah
|
|
43.
|
Runtuhnya Islam Kerajaan Andalusia dan
pengaruhnya terhadap peradaban Islam.
|
|
44.
|
Perang Salib
|
|
45.
|
Kebangkitan Bangsa Barat. (penemuan Iptek,
tumbuhnya kekuatan Barat dan ekspansi ke daerah lain).
|
|
46.
|
Kebangkitan dunia Islam. (Modernisasi dan
revitalisasi)
|
|
47.
|
Indonesia sebelum kedatangan Islam. (Kehidupan
bangsa Indonesia dan agama yang dianut sebelum datangnya Islam).
|
|
48.
|
Gerakan dan usaha persatuan dunia Islam.
(organisasi Islam International dan kerjasama antar negeri Islam).
|
|
49.
|
Gerakan Pembaharuan dalam dalam dunia Islam
(Gerakan Wahabi dan pan Islamisme)
|
|
50.
|
Masa Kemunduran (Bangsa mongol dan dinasti Khan,
serangan timur lenk, dan dinasti mamalik Mesir).
|
|
51.
|
Kerajaan Utsmani dan Safawi di Persia.
|
|
52.
|
Kerajaan Mughal di India.
|
|
53.
|
Renaisans di Eropa.
|
|
54.
|
Pusat peradaban Islam di Baghdad Irak
|
|
55.
|
Pusat peradaban Islam di Kairo Mesir
|
|
56.
|
Pusat peradaban Islam di Isfahan Persia
|
|
57.
|
Pusat peradaban Islam di Istambul Turki
|
|
58.
|
Pusat peradaban Islam di Delhi India
|
|
59.
|
Pusat peradaban Islam di Andalus (Spanyol).
|
|
60.
|
Pusat peradaban Islam di Samarkand-Bukhara
(Transoxania)
|
|
61.
|
Khilafah rasyidah
|
|
62.
|
Dinasti yang memerdekakan diri dari Baghdad
|
|
63.
|
Sebab-sebab kemunduran kekholifahan bani Abbas
|
|
64.
|
Penjajahan Barat terhadap Islam di anak benua India dan
Asia.
|
|
65.
|
Politik Islam Hindia Belanda
|
|
66.
|
Format Islam Jawa (Priyayi, santri dan abangan)
|
|
67.
|
Kultur Islam jawa dan kedekatannya dengan Gugon tuhon,
khurafat, tahayul dan mistis.
|
|
68.
|
Asimilasi, akulturasi dan penetrasi antara Islam dan
budaya jawa lama (budaya animisme, dinamisme/hindu, budha).
|
|
69.
|
Terusan Suez dan andilnya dalam kemajuan Islam dan
dampak negatif bagi dunia Timur.
|
|
70.
|
Pola
fikir Barat dan Asia
|
|
71.
|
Pusat
peradaban Mesir dan andil bagi dunia Islam Indonesia
|
|
72.
|
Pusat
peradaban Irak dan andil bagi dunia
Islam Indonesia
|
|
73.
|
Pusat
peradaban Turki dan andil bagi dunia Islam Indonesia
|
|
74.
|
Dinasti
Turki Utsmani
|
|
75.
|
Pengaruh
pemikiran filosuf Yunani terhadap dunia Islam
|
|
76.
|
Pengaruh
Perang Salib terhadap umat Islam.
|
|
77.
|
Citra
Triyuningsih Pengaruh Kolonilisme barat terhadap umat Islam
|
|
78.
|
Sejarah
Kota Baghdad pra, post dan pasca Era Islam.
|
|
79.
|
Renaisance dan pengaruhnya terhadap dunia Islam
|
|
80.
|
Urgensi
filsafat Islam dalam pembentukan masyarakat madani
|
Ket. : Makalah Individu diketik dengan Apl. MS. Word
Bumiayu, 5
September 2019.
Pengampu Mata Kuliah,
Isro, M.Ag.
Catatan:
Tugas
ini bukan makalah/paper tapi sajian materi dalam RPP, jadi termasuk RPP lengkap
1 Tapka.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar