SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM (STAI) BREBES
JURUSAN TARBIYAH/PROGDI
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI)
Alamat Kampus 2: SMK MAA BUMIAYU BREBES
52273.
SILABUS DAN SATUAN ACARA PERKULIAHAN (SAP)
Mata Kuliah : Pembelajaran Komputer dan Internet-2 (Sem Genap)
Oleh: Isro, M.Ag.
A. Sasaran
Mata Kuliah ini didesain
untuk memahami, mengenal, mengadakan analisis kritis terhadap seluk-beluk yang
berkaitan dengan “Pembelajaran Komputer dan Internet”. Dengan
demikian, mahasiswa akan mampu: 1). Memperluas, memahami konsep dan pengertian
Komputer dan Internet. 2). Mengerti dan memahami perkembangan Komputer dan
Internet 3). Mengerti dan memahami ruang lingkup serta karakteristik
Komputer dan Internet yang digunakan dalam pelaksanaan proses belajar
mengajar saat ini.
Mengingat mata kuliah ini
termasuk mata kuliah dasar (MKD), maka kuliah ini hanya bersifat pengantar,
tidak membahas Komputer dan Internet secara detail. Kuliah ini sekedar
memberikan arahan dan pengantar bagi para mahasiswa untruk mengungkap lebih
rinci dan detail terhadap masalah yang berkaitan dengan Komputer dan Internet .
Mahasiswa sendirilah yang nantinya akan mendalami baik secara mandiri
(otodidak) maupun secara kelompok (kolektif).
B. Sistem Perkuliahan
Perkuliahan ini dilakukan
atas asumsi bahwa mahasiswa adalah sosok individu yang memiliki kemandirian
belajar, karena itu perkuliahan ini pada dasarnya untuk mengaktifkan,
menggairahkan dan meningkatkan kemampuan belajar mandiri. Sehingga untuk
perkuliahan melalui ceramah dikurangi semaksimal mungkin. Sebagai gantinya
mahasiswa diarahkan untuk mendiskusikan dan mempraktekan tema-tema yang ada
secara serius.
Untuk itu, maka
diwajibkan kepada masing-masing mahasiswa (baik secara perorangan atau group)
menulis satu makalah/paper untuk dipresentasikan. Dan makalah tersebut
hendaknya dibuat rangkap/digandakan secukupnya (untuk peserta dan pengampu mata
kuliah). Makalah/paper tersebut selanjutnya dipresentasikan paling lama 15
menit untuk selanjutnya didiskusikan di dalam ruang kuliah dengan tertib.
C. Sistem Penilaian
1. Absensi/partisipasi kelas
(kehadiran dan kontribusi pemikiran dalam diskusi 25 %.
2. Makalah (presentasi dan
revisi) 15 %
3. Tugas Mandiri (sesuai
situasi dan kondisi) 15 %.
4. Mid semester 20 %.
5. Ujian akhir 25 %.
D. Cara Penulisan
Paper/Makalah
Makalah/Paper yang ditulis harus mengikuti
prosedur sebagai berikut:
1.
Pendahuluan (suatu problem/masalah yang
akan dijawab/dibahas).
2.
Pengertian (sub-sub yang akan dibahas harus
dijelaskan secara singkat).
3.
Pembahasan (jawaban problem/pembahasan dari
literatur/buku-buku).
4.
Analisis/argumentasi (jawaban yang
diutarakan sebagai orisinalitas pandangan dari penulis makalah/paper yang
bersangkutan).
5.
Kesimpulan/penutup (bukan ringkasan
makalah/paper, melainkan ulasan singkat mengenai problem solving terhadap
masalah yang ada.
6.
Bentuk penulisan: a). Memakai font 12 (TNR)
atau Tahoma 11 juga calibri 11. b. Margin kanan kiri ukuran standar. c.
Bila ada kutipan gunakan cakak (foot note bukan body note atau end note).
7.
Referensi (mengenai data buku; judul,
pengarang, tahun, penerbit, cetakan, penerjemah).
8.
Makalah Individu dikumpulkan dalam bentuk
hard copy atau Soft Copy CD atau dikirim lewat e-mail: isromag2@gmail.com paling lambat sampai Ujian Akhir Semester (UAS).
E. Manajemen Waktu Kuliah
Waktu perkuliahan setiap
pertemuan untuk alokasi waktu 60/100 menit, dengan perincian sebagai berikut:
1. Preparasi
5/10 menit
2. Presentasi makalah/paper
10/20 menit
3. Tanya Jawab
30/40 menit
4. Masukan pengampu mata
kuliah
15/30 menit
F. Ragam Tema diskusi
(Silaby)
Lihat lampiran
G. Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah yang
diberikan pada program S-1 PAI. Selesai mengikuti
perkuliahan ini mahasiswa diharapkan memahami pentingnya Pembelajaran komputer dan Internet bagi dunia
pendidikan. Perkuliahan ini juga mengkaji pemanfaatankomputer dan internet dalam pembelajaran di sekolah. Pelaksanaan kuliah menggunakan pendekatan
ekspositori dalam bentuk ceramah, tanya jawab dan demonstrasi yang dilengkapi
dengan penggunaan lab komputer, infocus/LCD dan pendekatan inkuiri yaitu
penyelesaian tugas penyusunan dan penyajian makalah, diskusi dan pemecahan
masalah, observasi. Dan Tahap
penguasaan mahasiswa selain evaluasi melalui UTS dan UAS juga evaluasi terhadap
tugas mandiri, penyajian dan diskusi.
H. Tujuan Akhir Perkuliahan
Selesai mengikuti
perkuliahan ini mahasiswa dapat memahami pentingnya pembelajaran komputer,
menganalisis manfaat pembelajaran komputer dalam dunia pendidikan, mengetahui
prosedur pemilihan dan pengembangan pembelajaran komputer, menguasai beberapa
program aplikasi untuk pengembangan pembelajaran komputer, dan mampu
memanfaatkan internet untuk berbagai tujuan pendidikan.
I. Deskripsi isi
Dalam perkuliahan ini
dibahas pentingnya pembelajaran komputer dalam kehidupan sehari-hari, pengaruh
pembelajaran komputer, pengenalan komponen-komponen komputer, prosedur,
pemilihan dan pengembangan program pembelajaran komputer, pengembangan program pembelajaran berbasis
program multimedia dalam dunia pendidikan. Perkuliahan ini juga mengkaji pemanfaatan
internet dalam pembelajaran di sekolah.
J. Pendekatan Pembelajaran (Ekspositori dan inkuiri)
1. Metode: ceramah, tanya jawab, demonstrasi,
diskusi, pemecahan masalah dan praktek pengembangan program media.
2. Tugas : makalah, penyajian dan diskusi, produksi program
pembelajaran komputer
3. Media : OHP, LCD, Modul, Buku, WEB.
K. Evaluasi
1. Kehadiran
2. Makalah
3. Penyajian dan diskusi
4. UTS
5. UAS
J. Penutup
Panduan ini disusun
dengan harapan dapat menjadi acuan proses perkuliahan Komputer dan
Internet dan juga dapat berfungsi sebagai jembatan untuk mencapai tujuan
akhir dari perkuliahan ini.
Bumiayu, 7 Februari 2020
Pengampu Mata Kuliah,
Isro, S.Ag,S.Pd.Kkt, M.Ag.
PEMBELAJARAN KOMPUTER DAN INTERNET-II
Rincian materi perkuliahan tiap pertemuan
Pertemuan 1 :
Orientasi perkuliahan
Pertemuan 2 : Aplikasi
Words dan Paper/makalah/Skripsi, dll.
Pertemuan 3 : Aplikasi
Words dan File JPG, Scane, dan sejenisnya.
Pertemuan 4 : Aplikasi
Excel dalam Tabel dan Olah Data Nilai/Evaluasi Score Nilai.
Pertemuan 5 : Aplikasi
Converter file sebagai alat bantu pengolah file/data
Pertemuan 6 : Aplikasi
note book/laptop store atau Play Store sbg Alat Bantu Multimedia
Pertemuan 7 : Aplikasi Power Point dan View LCD
Pertemuan 8 : Aplikasi Electronic Mail sebagai Media
Pembelajaran.
Pertemuan 9 : Blog sebagai Media Pembelajaran
Pertemuan 10 : Web dan Searching Data.
Pertemuan 11 : Aplikasi Soft Ware Penting untuk
Pembelajaran
Pertemuan 12 : Aplikasi Arabic Pad dalam Ms. Words.
Pertemuan 13 : Aplikasi Al-Qur’an digital dalam Ms.words.
Pertemuan 14 : Aplikasi Panggil data/File yang
Terhapus/Hilang(Recuva).
Pertemuan 15 : Aplikasi Kamus Indonesia/Inggris/Arab
off line/on line.
Referensi
1. Anderson, Ronald H. (1993). Pemilihan dan
Pengembangan Media untuk Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka dan PT Raja
Grafindo Persada Chandra (2003).
2. Photoshop 7.0 untuk Orang Awam. Palembang :
CV. Maxikom. Giles, David (2003).
3. Hamalik, Oemar (1986). Media Pendidikan.
Bandung : Alumni.
4. Kadir, Abdul (2003). Pengenalan Sistem
Informasi. Yogyakarta : Andi.
5. Pribadi, B.A, dkk (2008). Komputer dalam
Kegiatan Pengembangan Anak Usia Dini (Modul).
6. Suarna, Nana (2005). Pedoman Praktikum
Microsoft Office. Bandung: Yrana Widuya.
7. Sudjana, N., Rivai, A(1997) Teknologi
Pengajaran. Bandung : Sinar Baru
8. Tim Litbang Wahana Komputer (1999). Desain
Grafis dengan Corel Draw 8.0. Yogyakarta: Andi.
9. Tim Litbang Wahana Komputer (2004). Pembuatan
Animasi dengan Macromedia Director MX. 2004. Yogyakarta : Andi.
10. Isro, (2012) Diktat
Pengenalan Internet, Ms. Words, Ms. Power Point, Dll, Unpublished.
JUDUL TUGAS PEMBUATAN MAKALAH
Individu Yang Dikumpulkan Pra UAS Lewat
Cd/Email/Hard Copy.
NO. Absen
|
NAMA
|
JUDUL PAPER
|
KET.
|
|
1
|
Aplikasi Words
|
dan PRL
|
Min 14 Lbr
|
|
2
|
Aplikasi excel
|
dan PRL
|
Min 14 Lbr
|
|
3
|
Aplikasi Converter Video audio
|
dan PRL
|
Min 14 Lbr
|
|
4
|
Aplikasi adobe photoshop
|
dan PRL
|
Min 14 Lbr
|
|
5
|
Aplikasi Corel Draw
|
dan PRL
|
Min 14 Lbr
|
|
6
|
Aplikasi powerpoint
|
dan PRL
|
Min 14 Lbr
|
|
7
|
Facebook
|
dan PRL
|
Min 14 Lbr
|
|
8
|
What’s Up
|
dan PRL
|
Min 14 Lbr
|
|
9
|
BBM
|
dan PRL
|
Min 14 Lbr
|
|
10
|
Email
|
dan PRL
|
Min 14 Lbr
|
|
11
|
Instagram
|
dan PRL
|
Min 14 Lbr
|
|
12
|
Koneksi Wifi
|
dan PRL
|
Min 14 Lbr
|
|
13
|
Internet Iatellite
|
dan PRL
|
Min 14 Lbr
|
|
14
|
TV Satelit
|
dan PRL
|
Min 14 Lbr
|
|
15
|
TV Cable
|
dan PRL
|
Min 14 Lbr
|
|
16
|
TV UHF/VHF
|
dan PRL
|
Min 14 Lbr
|
|
17
|
Internet DVB Card/Grabbing
|
dan PRL
|
Min 14 Lbr
|
|
18
|
Koneksi LAN
|
dan PRL
|
Min 14 Lbr
|
|
19
|
Koneksi WAN
|
dan PRL
|
Min 14 Lbr
|
|
20
|
Fiber Optic
|
dan PRL
|
Min 14 Lbr
|
|
21
|
Provider Layanan Internet
|
dan PRL
|
Min 14 Lbr
|
|
22
|
Plasdish/MMC/Hardisk External
|
dan PRL
|
Min 14 Lbr
|
|
23
|
Modem internet
|
dan PRL
|
Min 14 Lbr
|
|
24
|
Saluran internet 2G/5G Radio
|
dan PRL
|
Min 14 Lbr
|
|
25
|
Saluran 2G GPRS/Edge/Hsdp
|
dan PRL
|
Min 14 Lbr
|
|
26
|
Saluran 3G
|
dan PRL
|
Min 14 Lbr
|
|
27
|
Saluran 4G
|
dan PRL
|
Min 14 Lbr
|
|
28
|
Satelit Palapa
|
dan PRL
|
Min 14 Lbr
|
|
29
|
Satelite Telkom
|
dan PRL
|
Min 14 Lbr
|
|
30
|
Satelit Brisat
|
dan PRL
|
Min 14 Lbr
|
|
31
|
Satelit Cakrawalta
|
dan PRL
|
Min 14 Lbr
|
|
32
|
Infra Red dan Bluetooth
|
dan PRL
|
Min 14 Lbr
|
|
33
|
Processor Pentium 3,4,Core, dll.
|
dan PRL
|
Min 14 Lbr
|
|
34
|
CCTV digital
|
dan PRL
|
Min 14 Lbr
|
|
35
|
Lampu LED
|
dan PRL
|
Min 14 Lbr
|
|
36
|
Era Digital dan Komputer
|
dan PRL
|
Min 14 Lbr
|
|
37
|
Komputer Multidimensi
|
dan PRL
|
Min 14 Lbr
|
|
38
|
Note book/Laptop
|
dan PRL
|
Min 14 Lbr
|
|
39
|
OS Android/Aple/symbian
|
dan PRL
|
Min 14 Lbr
|
|
40
|
LCD
|
dan PRL
|
Min 14 Lbr
|
|
41
|
LD,VCD, DVD
|
dan PRL
|
Min 14 Lbr
|
|
42
|
Power bank USB
|
dan PRL
|
Min 14 Lbr
|
|
43
|
Mini Player/Mp3 Player
|
dan PRL
|
Min 14 Lbr
|
|
44
|
Bahaya Game/Game Online
|
dan PRL
|
Min 14 Lbr
|
|
45
|
Anti Virus Komputer
|
dan PRL
|
Min 14 Lbr
|
|
46
|
SMS Banking/Banking Net
|
dan PRL
|
Min 14 Lbr
|
|
47
|
Mhs yang belum tercantum
|
Finger Print/Face Print, dll
|
dan PRL
|
Min 14 Lbr
|
Bumiayu, 7 Februari 2020
Pengampu Mata Kuliah,
Ket. Isro, S.Ag, S.Pd.Kkt,M.Ag.
Ket.
1. Makalah Individu dikumpulkan sebelum UAS
Lewat Hard Copy/ CD/Email.
2. Judul Makalah Individu tidak boleh ditukar
dengan mhsw lain.
3. Dibuat/diketik sesuai dengan prosedur dan
tidak kurang dari 14 lembar.
4. Buku referensi bebas yang penting berkaitan.
MATERI MATKUL K+I-II
No.
|
Pokok Bahasan
|
Kel Diskusi
|
Tapka
|
1
|
Aplikasi
Words dan Paper/makalah/Skripsi, dll.
|
1
|
2
|
2
|
Aplikasi
Words dan File JPG, Scane, dan sejenisnya.
|
2
|
3
|
3
|
Aplikasi
Excel dalam Tabel dan Olah Data Nilai/Evaluasi Score Nilai.
|
3
|
4
|
4
|
Aplikasi
Converter file sebagai alat bantu pengolah file/data
|
4
|
5
|
5
|
Aplikasi
note book/laptop store atau Play Store sbg Alat Bantu Multimedia
|
5
|
6
|
6
|
Aplikasi
Power Point dan View LCD
|
6
|
7
|
7
|
Aplikasi
Electronic Mail sebagai Media Pembelajaran.
|
7
|
8
|
8
|
Blog
sebagai Media Pembelajaran.
|
8
|
9
|
9
|
Web dan
Searching Data.
|
9
|
10
|
10
|
Aplikasi
Soft Ware Penting untuk Pembelajaran
|
10
|
11
|
11
|
Aplikasi
Arabic Pad dalam Ms. Words.
|
11
|
12
|
12
|
Aplikasi
Al-Qur’an digital dalam Ms.words.
|
12
|
13
|
13
|
Aplikasi
Panggil data/File yang Terhapus/Hilang(Recuva).
|
13
|
14
|
14
|
Aplikasi
Kamus Indonesia/Inggris/Arab off line/on line.
|
14
|
15
|
Makalah Kelompok harus
sudah dikonsep ketika diskusi kelas berlangsung…!
Makalah Individu
diserahkan kepada dosen pengampu paling lambat ketika UAS.
Bumiayu, 7 Februari
2020
Pengampu,
Isro, S.Ag, S.Pd.Kkt,M.Ag.
PEMBAGIAN JUDUL KELOMPOK DISKUSI
KELAS-A/B
No
|
Nama
|
Kel Diskusi
|
Topik Ke-
|
Tapka
|
1.
|
1
|
1
|
2
|
|
2.
|
2
|
2
|
3
|
|
3.
|
3
|
3
|
4
|
|
4.
|
4
|
4
|
5
|
|
5.
|
5
|
5
|
6
|
|
6.
|
6
|
6
|
7
|
|
7.
|
7
|
7
|
8
|
|
8.
|
8
|
8
|
9
|
|
9.
|
9
|
9
|
10
|
|
10.
|
10
|
10
|
11
|
|
11.
|
11
|
11
|
12
|
|
12.
|
12
|
12
|
13
|
|
13.
|
13
|
13
|
14
|
|
14.
|
14
|
14
|
15
|
|
15.
|
1
|
1
|
2
|
|
16.
|
2
|
2
|
3
|
|
17.
|
3
|
3
|
4
|
|
18.
|
4
|
4
|
5
|
|
19.
|
5
|
5
|
6
|
|
20.
|
6
|
6
|
7
|
|
21.
|
7
|
7
|
8
|
|
22.
|
8
|
8
|
9
|
|
23.
|
9
|
9
|
10
|
|
24.
|
10
|
10
|
11
|
|
25.
|
11
|
11
|
12
|
|
26.
|
12
|
12
|
13
|
|
27.
|
13
|
13
|
14
|
|
28.
|
14
|
14
|
15
|
|
29.
|
1
|
1
|
2
|
|
30.
|
2
|
2
|
3
|
|
31.
|
3
|
3
|
4
|
|
32.
|
4
|
4
|
5
|
|
33.
|
5
|
5
|
6
|
|
34.
|
6
|
6
|
7
|
|
35.
|
7
|
7
|
8
|
|
36.
|
8
|
8
|
9
|
|
37.
|
9
|
9
|
10
|
|
38.
|
10
|
10
|
11
|
|
39.
|
11
|
11
|
12
|
|
40.
|
12
|
12
|
13
|
|
41.
|
13
|
13
|
14
|
|
42.
|
14
|
14
|
15
|
|
43.
|
1
|
1
|
2
|
|
44.
|
2
|
2
|
3
|
|
45.
|
3
|
3
|
4
|
|
46.
|
4
|
4
|
5
|
|
47.
|
Mhs yang belum tercantum
|
5
|
5
|
6
|
Bumiayu, 7 Februari
2020
Pengampu,
Isro, S.Ag,S.Pd.Kkt,M.Ag.
Ket:
Judul Tugas individu
dan kelompok dapat dilihat dalam Blog: Isromag.blogspot.com
HP.0852-1519-5333 / WA: 085322816919
Tidak ada komentar:
Posting Komentar