Selasa, 14 Agustus 2012

PANDUAN PERKULIAHAN BAHASA ARAB 1



SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
STIKIP BUMIAYU

IZIN OPERASIONAL SK MENDIKNAS NO. 98 / D / O / 2009
Alamat : Jl. Hj. Aminah – Dukuhturi, Bumiayu Jawa Tengah 52273 Telp. (0289) 432689.


PANDUAN PERKULIAHAN BAHASA ARAB 1
Pengampu: Isro, M.Ag.

A.   Sasaran
Mata Kuliah ini didesain untuk memahami, mengenal, mengadakan analisis kritis terhadap ruang lingkup dan seluk-beluk Bahasa Arab. Dengan demikian, mahasiswa akan mampu: 1). Mengkaji dan memahami ruang lingkup bahasa Arab, meliputi: Pengertian, perkembangan dan pertumbuhannya, pengajaran dan metode pengajarannya. 2). Mengkaji dan memahami susunan Bahasa arab tingkat intermediate dalam berbagai aspek serta pola kata dan kalimatnya. 3). Dapat membedakan berbagai pola kata dan kalimat dalam bentuk marfuat, mansubat, majrurat dan majzumat. Dan   4). Dapat menyusun berbagai pola kalimat yang berstruktur komplek baik dalam kalimat nominal (isim dan fail) maupun kalimat verbal (jumlah filiyah).
Mengingat mata kuliah ini termasuk mata kuliah dasar (MKD), maka kuliah ini hanya bersifat pengantar, tidak membahas Bahasa Arab secara detail. Kuliah ini sekedar memberikan arahan dan pengantar bagi para mahasiswa untruk mengungkap lebih rinci dan detail terhadap masalah yang berkaitan dengan Bahasa Arab. Mahasiswa sendirilah yang nantinya akan mendalami baik secara mandiri (otodidak) maupun secara kelompok (kolektif).

B.   Sistem Perkuliahan
Perkuliahan ini dilakukan atas asumsi bahwa mahasiswa adalah sosok individu yang memiliki kemandirian belajar, karena itu perkuliahan ini pada dasarnya untuk mengaktifkan, menggairahkan dan meningkatkan kemampuan belajar mandiri. Sehingga untuk perkuliahan melalui ceramah dikurangi semaksimal mungkin. Sebagai gantinya mahasiswa diarahkan untuk mendiskusikan tema-tema yang ada secara serius.
Untuk itu, maka diwajibkan kepada masing-masing mahasiswa : 1). Menulis satu makalah/paper untuk dikumpulkan menjelang ujian tengah semester (UTS), adapun tugas individu tersebut tidak dikumpulkan dalam bentuk print out, tapi dalam bentuk soft copy dan diserahkan kepada dosen pengampu dikirim lewat e-mail : isromag@yahoo.co.id, mengenai judul paper, pembagian tema untuk setiap mahasiswa dan format pembuatan terlampir. 2). Melaksanakan diskusi kelompok (group) dengan membahas tema-tema perkuliahan yang ada, materi yang didiskusikan berupa draf/konsep, boleh berupa catatan tangan atau ketikan, dan tidak dikumpulkan kepada pengampu mata kuliah, adapun tema/pokok bahasan, pembagian kelompok mahasiswa dan format ruang lingkup pembahasan terlampir
C.   Sistem Penilaian
1.    Absensi/partisipasi kelas (kehadiran dan kontribusi pemikiran dalam diskusi 20 %.
2.    Makalah Group/kelompok (presentasi) 15 %
3.    Tugas Mandiri (sesuai situasi dan kondisi) 15 %.
4.    Mid semester 20 %.
5.    Ujian akhir 30 %.

D.   Cara Penulisan Paper/Makalah
Makalah/Paper kelompok yang didiskusikan harus berisi sebagai berikut:
1.    Pendahuluan (Penjelasan tema yang dibahas) dan problem yang hendak dibahas.
2.    Pengertian (sub-sub yang akan dibahas harus dijelaskan secara singkat).
3.    Pembahasan (pembahasan dari literatur/buku-buku).
4.    Analisis/argumentasi ( baik dari referensi berbagai sumber maupun pemakalah ybs).
5.    Penutup (jawaban atas problem/masalah yang ada dalam makalah/paper).
6.    Bentuk penulisan: a. Menggunakan office dalam format Word dan memakai font TNR-12, Calibri-12 atau Tahoma-11. b. Margin kanan kiri ukuran standar. c. Bila ada kutipan gunakan cakak (foot note bukan body note atau end note).
7.    Referensi (mengenai data buku; judul, pengarang, tahun, penerbit, cetakan, penerjemah).
8.    Makalah kelompok disebarluaskan kepada seluruh mahasiswa untuk bahan/materi UTS dan UAS dan tidak perlu dikumpulkan kepada pengampu mata kuliah.

E.    Manajemen Waktu Kuliah
Waktu perkuliahan setiap pertemuan untuk alokasi waktu 100 menit, dengan perincian sebagai berikut:
1.    Preparasi                                                       10 menit
2.    Presentasi makalah/paper                                 20 menit
3.    Tanya Jawab                                                  40 menit
4.    Masukan pengampu mata kuliah                        30 menit

F.    Ragam Tema diskusi (Silaby)
Lihat lampiran

G.   Penutup
Panduan ini disusun dengan harapan dapat menjadi acuan proses perkuliahan Bahasa Arab dan juga dapat berfungsi sebagai jembatan untuk mencapai tujuan akhir dari perkuliahan ini.

Bumiayu, 15 September 2011.
                                                                                          Pengampu Mata Kuliah,



                                                                                              Isro, M.Ag.



Lampiran F
SILABY MATA KULIAH BAHASA ARAB 1

A. Al-Lughah al-Arabiyah ( Ruang Lingkup Bahasa Arab).

Seluk Beluknya Bahasa dan Bahasa Arab, Pertumbuhan serta Perkembangan Bahasa Arab: (1)
1.     Pengertian Bahasa
2.    Pertumbuhan Bahasa
3.    Fungsi-fungsi Bahasa
4.    Asal Usul Bahasa Arab
5.    Pertumbuhan Bahasa Arab sebelum dan sesudah Islam
6.    Bahasa Arab Sastra Modern
7.    Peranan Bahasa Arab Dalam Agama, Ilmu Pengetahuan, Kebudayaan Nasional, dan Hubungan Internasional

Eksistensi Bahasa Arab sebagai Bahasa International (2)

8.     Universalisme Islam dan Kedudukan Bahasa Arab
9.    Varietas Bahasa Arab

Pengajaran Bahasa Arab dan Metodenya: (3)
  1. Tujuan Pengajaran Bahasa Arab
  2. Problematika Pengajaran Bahasa Arab
  3. Usaha-usaha mencari Metode Pengajaran Bahasa Arab yang tepat
13.  Aproach, Metode dan teknik serta metodologi pengajaran Bahasa Arab
14.  Dasar-dasar Umum pengajaran Bahasa Arab
15.  Tingkatan-tingkatan Pengajaran Bahasa Arab

Referensi:
·         Azhar Arsyad, Bahasa Arab dan Metode Pengajarannya (Beberapa pokok Pikiran),Yogyakarta: CV. Pustaka Pelajar, 2004.
·         Chatibul Umam, et.al. Pedoman Pengajaran Bahasa Arab Pada Perguruan Tinggi Agama, Jakarta, PPSPA Depag, 1975.
·         Mulyanto Sumardi, Pengajaran Bahasa Asing, Jakarta, Bulan Bintang, 1975.
·         Muhammad Abubakar, Metode Khusus Pengajaran Bahasa Arab, Surabaya: CV. Usaha Nasional, 1991.
·         Dan Buku-buku lain yang berkaitan.




                                                                                                                


B. Tata Bahasa (Grammar)  Arab dan Aplikasinya (al-Nahwu wa al-Sharfu):

1. Al-Kasfu fi al-Ma’ajim (Cara Menggunakan Kamus) (4)
2. Al-Jumlah ( kalimat) (5)
3. Al-I’rab (Perubahan Bacaan) (6)
4. Al-Dhomir (kata Ganti) (7)
5. Taqsim al Asma’  (Macam-macam Kata Benda) (8)
6. Al-Ma’rifah wa Al-Nakirah (definit dan indefinit) (9)
7. Al-Sifah wa al-Mausuf (Al-Na’at wa al-Man’ut/Sifat dan yang disifati) (10)
8. Al-Idhafah (Mudhaf dan Mudhaf Ilaih/ Gabungan Kata) (11)
9. Al-Dharfu al-Jaman wa al-Makan (Keterangan Tempat dan Waktu) (12)
10. Transliterasi Arab-Indonesia (13)
11. Al-Kitabah (Aplikasi nahwu/Tata Bahasa) dalam teks/muthala’ah (14).

Referensi:
·         Fuad Nu’mah, Mulakhos Qowaid al-Lughah al-Arabiyah, Beirut, Dar al-Hikmah, cet-9, 1996.
·         Moch. Anwar, ilmu Nahwu, Sinar Baru Algesindo, Bandung, 2009.
·         Imam Zarkasyi, Imam syaibany, Durus al-Lughah al-Arabiyah, Juz 1-2, Gontor, CV. Trimurti, 1994.
·         Syekh Musthafa al-Gulayyain, Jami’u al-Durus al-‘Arabiyah, juz 1-2,  Beirut, al-Maktabah al-‘Asyriyah, cet-1, 1973.
·         Dan Buku-buku lain yang berkaitan.




                                                                                          Pengampu Mata Kuliah,


                                                                                           Isro, M.Ag.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar