Jumat, 16 September 2022

SYLABUS SKI MTs 2022.

SEKOLAH TINGGI ILMU TARBIYAH (STIT) BREBES JURUSAN TARBIYAH/PROGDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) Kampus 3: PONPES KH. MU’ALIM TEGPONG PURBANALA BUMIAYU BREBES 52273. PANDUAN PERKULIAHAN MP SKI DI MTs. (Sem-V/Gasal) Pengampu: Isro, M.Ag. A. Sasaran Mata Kuliah ini didesain untuk memahami, mengenal, mengadakan analisis kritis terhadap seluk-beluk yang berkaitan dengan “Sejarah Kebudayaan Islam sebagai mata pelajaran yang diberikan di MTs”. Dengan demikian, mahasiswa akan mampu: Memahami dengan benar tentang ruang lingkup Sejarah Kebudayaan Islam, Profil negeri dan bangsa Arab sebelum Islam, Kerajaan-Kerajaan Arab Pra Islam, sejarah Perjuangan Rasulullah, Islam periode Rasulullah, dan Islam Pasca Rasulullah. Mengingat mata kuliah ini termasuk mata kuliah dasar khusus (MKDK), maka kuliah ini hanya bersifat pengantar, tidak membahas Sejarah Kebudayaan Islam secara detail. Kuliah ini sekedar memberikan arahan dan pengantar bagi para mahasiswa untruk mengungkap lebih rinci dan detail terhadap masalah yang berkaitan dengan Sejarah Kebudayaan Islam Mahasiswa sendirilah yang nantinya akan mendalami baik secara mandiri (otodidak) maupun secara kelompok (kolektif). B. Sistem Perkuliahan Perkuliahan ini dilakukan atas asumsi bahwa mahasiswa adalah sosok individu yang memiliki kemandirian belajar, karena itu perkuliahan ini pada dasarnya untuk mengaktifkan, menggairahkan dan meningkatkan kemampuan belajar mandiri. Sehingga untuk perkuliahan melalui ceramah dikurangi semaksimal mungkin. Sebagai gantinya mahasiswa diarahkan untuk mendiskusikan tema-tema yang ada secara serius. Untuk itu, maka diwajibkan kepada masing-masing mahasiswa (baik secara perorangan atau group) menulis satu makalah/paper untuk dipresentasikan. Dan makalah tersebut hendaknya dibuat rangkap/digandakan secukupnya (untuk peserta dan pengampu mata kuliah). Makalah/paper tersebut selanjutnya dipresentasikan paling lama 15 menit untuk selanjutnya didiskusikan di dalam ruang kuliah dengan tertib. C. Sistem Penilaian 1. Absensi/partisipasi kelas (kehadiran dan kontribusi pemikiran dalam diskusi 25 %. 2. Makalah (presentasi dan revisi) 15 % 3. Tugas Mandiri (sesuai situasi dan kondisi) 15 %. 4. Mid semester 20 %. 5. Ujian akhir 25 %. D. Cara Penulisan Paper/Makalah Makalah/Paper yang ditulis dan dipresentasikan harus mengikuti prosedur sebagai berikut: 1. Pendahuluan (suatu problem/masalah yang akan dijawab/dibahas). 2. Pengertian (sub-sub yang akan dibahas harus dijelaskan secara singkat). 3. Pembahasan (jawaban problem/pembahasan dari literatur/buku-buku). 4. Analisis/argumentasi (jawaban yang diutarakan sebagai orisinalitas pandangan dari penulis makalah/paper yang bersangkutan). 5. Kesimpulan/penutup (bukan ringkasan makalah/paper, melainkan ulasan singkat mengenai problem solving terhadap masalah yang ada. 6. Bentuk penulisan: a). Memakai font 12 (TNR) atau Tahoma 11. b. Margin kanan kiri ukuran standar. c. Bila ada kutipan gunakan cakak (foot note bukan body note atau end note). 7. Referensi (mengenai data buku; judul, pengarang, tahun, penerbit, cetakan, penerjemah). E. Manajemen Waktu Kuliah Waktu perkuliahan setiap pertemuan untuk alokasi waktu 60/100 menit, dengan perincian sebagai berikut: 1. Preparasi 5/10 menit 2. Presentasi makalah/paper 10/20 menit 3. Tanya Jawab 30/40 menit 4. Masukan pengampu mata kuliah 15/30 menit F. Ragam Tema diskusi (Silaby) Lihat lampiran G. Penutup Panduan ini disusun dengan harapan dapat menjadi acuan proses perkuliahan Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs, dan juga dapat berfungsi sebagai jembatan untuk mencapai tujuan akhir dari perkuliahan ini. Bumiayu, 1 Septeember 2022 Pengampu Mata Kuliah, Isro, M.Ag. Lampiran F. SILABI MP SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MTs. DISKRIPSI MATA KULIAH : Mata Kuliah ini meliputi kajian tentang : Studi Pendahuluan Sejarah Kebudayaan Islam, Profil negeri dan bangsa Arab sebelum Islam, Kerajaan-Kerajaan Arab Pra Islam, sejarah Perjuangan Rasulullah, Islam periode Rasulullah, dan Islam Pasca Rasulullah. TOPIK BAHASAN A. Studi Pendahuluan Sejarah Kebudayaan Islam: 1. Pengertian, Batasan sejarah dan Kebudayaan, sumber-sumber, tujuan dan kegunaan, obyek. 2. Tipe-tipe penulisan sejarah, penyebab kesalahan penulisan sejarah, historiografi Islam dan Priodisasi Sejarah Kebudayaan Islam. B. Lintasan Sejarah Kebudayaan Islam: 3. Keadaan Bangsa Arab Sebelum Islam. (Negeri dan Bangsa Arab Pra Islam). 4. Kerajaan-kerajaan Arab pra Islam. (Arab Selatan dan Arab Utara). 5. Agama Monotheisme di jaman kuno. (Mesir kuno, Eropa kuno, Persia (zoroaster, mani’, mazdakiyah), Yahudi, Nasrani dan Hindu). 6. Islam Masa Rasulullah. (kisah kelahiran, kehidupan dan pendidikan, tanda-tanda kenabian, menjadi rasul). 7. Da’wah dan Pengikut Rasulullah sebelum Hijrah. (cara dan sasaran da’wah, agama yang dibawa, sikap kaum Quraisy, dan pengikut Nabi). 8. Pengaruh wafat Abu Thalib dan Siti Khadijah (‘amul khuzni), Hijrah ke Thaif, dan Perjalanan Da’wah Nabi secara terang. 9. Peristiwa Isra’ Mi’raj dan Hikmahnya. 10. Hijrah ke Madinah, Peperangan penting, Fathul Makkah. 11.Haji Wada’, wahyu terakhir, wafat Nabi Saw dan peninggalannya. 12. Perkembangan Islam pada masa Abu Bakar Shidiq. (Khalifah Nabi SAW yang ke-1). 13. Perkembangan Islam pada masa Umar Bin Khotob. (Khalifah Nabi SAW yang ke-2). 14. Perkembangan Islam pada masa Utsman Bin Affan. (Khalifah Nabi SAW yang ke-3). 15. Perkembangan Islam pada masa Ali Bin abi Tholib. (Khalifah Nabi SAW yang ke-4). 16. UTS 17. UAS --------0000------- JUDUL TUGAS PEMBUATAN YANG DIDISKUSIKAN DIKUMPULKAN *) NO. JUDUL/TOPIK **) PERTEMUAN PEMAKALAH NO. ABSEN: ***) KET. 1 KE-1 KE-2 2 KE-2 KE-3 3 KE-3 KE-4 4 KE-4 KE-4 5 KE-5 KE-5 6 KE-6 KE-5 7 KE-7 KE-6 8 KE-8 KE-6 9 KE-9 KE-7 10 KE-10 KE-7 11 KE-11 KE-8 12 KE-12 KE-9 13 KE-13 KE-10 14 KE-14 & 15 KE-11 15 Mid Semester KE-7 16 UAS KE-15 Ket. : *) Jika makalah belum jadi ketika diskusi, cukup membawa konsep saja, makalah harus sudah diserahkan kepada pengampu mata kuliah paling lambat sebelum semester akhir. **) Lihat Judul/Topik untuk judul makalah yang ada dalam lampiran F. ***) Nama pemakalah dapat dilihat dalam Absensi kelas harian, untuk memudahkan penilaian makalah cantumkan no. Absen dan nama pemakalah ybs. ****) Semester Akhir (Pertemuan Khusus). REFERENSI 1. Nourouzzaman Shiddiqi, Sejarah Kebudayaan Islam. 2. M. Noor Matdawam, Sejarah Kebudayaan Islam. 3. Ahmad Syalaby, Sejarah Kebudayaan Islam. 4. Ahmad Hasyimi, Sejarah Kebudayaan Islam. 5. Muhtar yahya, Bangsa Arab sebelum Islam. 6. Nourouzzaman Shiddiqi, Tamaddun Muslim. 7. Ebrahim Dkk, Islam dalam Masyarakat kontemporer. 8. Prodjodikoro, Pengantar Ilmu Tauhid. 9. Depag, Buku Ajar MTs Kelas 1-3 10. Dan semua refernsi yang mendukung. -------000000----- JUDUL TUGAS RESEARCH SAJIAN MATERI DALAM RPP YANG DIKUMPULKAN SEBELUM UAS DALAM BENTUK SOFT/HARD COPY DENGAN TEMA (SK/KD): Kelas-A/B : Ket. : Makalah Individu diketik dengan Apl. MS. Word NO MP SKI MTs MATERI PEMBELAJARAN 1. Enquiry-Discovery Learning Agama Samawi 2. Expository Learning Agama Ardy 3. Mastery Learning Peta Jazirah Arab 4. Pemberian Tugas Dan Resitasi Kehidupan Dan Adat Istiadat Bangsa Arab Jahiliyah 5. Metode Diskusi Kepercayaan Bangsa Arab 6. Pendekatan Proses Kisah Kelahiran Nabi Muhammad Saw 7. Inquiry Approach/Penemuan Kehidupan Dan Pendidikan Nabi Saw 8. Kerja Kelompok Siswa Tanda Tanda Kerasulan Nabi Muhammad Saw 9. Experiment Kisah Nabi Muhammad Menjadi Rosul 10. Tanya Jawab Cara Nabi Muhammad Berdakwah 11. Study Tour/Karyawisata Dakwah Bissirri 12. Studi Individual Dakwah Secara Terang Terangan 13. Metode Klasikal Sasaran Dakwah Nabi Muhammad 14. Humanistic Education Agama Yang Dibawa Nabi Muhammad 15. CBSA Sikap Kaum Quraisy 16. Aplikasi Perpustakaan Pengikut-Pengikut Nabi Muhammad Saw 17. Audiovisual Pengaruh Wafat Abu Tholib 18. Re-Inforcement Pengaruh Wafat Siti Khodijah 19. Mass Media Hijrah Ke Thoif 20. Bahan/Materials Kisah Isro’ Mi’roj 21. Simulasi Tanggapan Kaum Quraisy Terhadap Isro’ Mi’roj 22. Alam Lingkungan Terbuka Hikmah Isro’ Mi’roj 23. Pengajaran Modul Dakwah Kepada Orang-Orang Madinah 24. Cerita/Sejarah/Peninggalan Kaum Muhajirin Dan Anshor 25. Media Pendidikan Usaha Nabi Muhammad Ketika Di Madinah 26. Pendekatan Educatif Siasat Dan Strategi Nabi Muhammad Di Madinah 27. Pendekatan Emosional Pokok-Pokok Ajaran Islam Ketika Di Madinah 28. Pendekatan Pengalaman Perang Umat Islam Pada Masa Nabi Muhammad 29. Pendekatan Pembiasaan Fathul Makkah 30. Pendekatan Rasional Nabi Menyeru Raja Raja 31. Pendekatan Fungsional Haji Wada’ 32. Pendekatan Keagamaan Nabi Wafat 33. Pendekatan Kebermaknaan Peninggalan Nabi Muhammad Saw 34. Metode Proyek Rumah Tangga Nabi Muhammad Saw 35. Metode Sosiodrama Kehidupan Putra Putri Nabi Muhammad Saw 36. Metode Demontrasi Pemerintahan Abu Bakar Shidiq 37. Metode Problem Solving Pemerintahan Umar Bin Khotob 38. Metode Tanya Jawab Pemerintahan Utsman Bin Affan 39. Metode Drill Pemerintahan Ali Bin Abi Tholib 40. Metode CL/CTL Kisah Para Nabi Sebelum Nabi Muhammad Saw Bumiayu, 1 September 2022 Pengampu Mata Kuliah, Isro, M.Ag. Catatan: Tugas research sajian materi dalam RPP.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar