SAP PP SKI MTS.MA 2023
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM (STAI) BREBES
JURUSAN TARBIYAH/PROGDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI)
Alamat Kampus 3: PONPES TEGONG PURBANALA BUMIAYU BREBES
52273.
PANDUAN PERKULIAHAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN
SKI DI MTs. Dan MA (Sem-V/Gasal)
Pengampu:
Isro, M.Ag.
A. Sasaran
Mata Kuliah ini didesain
untuk memahami, mengenal, mengadakan analisis kritis terhadap seluk-beluk yang
berkaitan dengan “Sejarah Kebudayaan Islam sebagai mata pelajaran yang
diberikan di MTs”. Dengan demikian, mahasiswa akan mampu: Memahami dengan benar
tentang ruang lingkup Sejarah Kebudayaan Islam, Profil negeri dan bangsa Arab
sebelum Islam, Kerajaan-Kerajaan Arab Pra Islam, sejarah Perjuangan Rasulullah,
Islam periode Rasulullah, dan Islam Pasca Rasulullah.
Mengingat mata kuliah
ini termasuk mata kuliah dasar khusus (MKDK), maka kuliah ini hanya bersifat
pengantar, tidak membahas Sejarah Kebudayaan Islam secara detail. Kuliah ini
sekedar memberikan arahan dan pengantar bagi para mahasiswa untruk mengungkap
lebih rinci dan detail terhadap masalah yang berkaitan dengan Sejarah
Kebudayaan Islam Mahasiswa sendirilah yang nantinya akan mendalami baik secara
mandiri (otodidak) maupun secara kelompok (kolektif).
B. Sistem
Perkuliahan
Perkuliahan ini
dilakukan atas asumsi bahwa mahasiswa adalah sosok individu yang memiliki
kemandirian belajar, karena itu perkuliahan ini pada dasarnya untuk
mengaktifkan, menggairahkan dan meningkatkan kemampuan belajar mandiri.
Sehingga untuk perkuliahan melalui ceramah dikurangi semaksimal mungkin.
Sebagai gantinya mahasiswa diarahkan untuk mendiskusikan tema-tema yang ada
secara serius.
Untuk itu, maka
diwajibkan kepada masing-masing mahasiswa (baik secara perorangan atau group)
menulis satu makalah/paper untuk dipresentasikan. Dan makalah tersebut
hendaknya dibuat rangkap/digandakan secukupnya (untuk peserta dan pengampu mata
kuliah). Makalah/paper tersebut selanjutnya dipresentasikan paling lama 15
menit untuk selanjutnya didiskusikan di dalam ruang kuliah dengan tertib.
C. Sistem
Penilaian
1. Absensi/partisipasi
kelas (kehadiran dan kontribusi pemikiran dalam diskusi 25 %.
2. Makalah
(presentasi dan revisi) 15 %
3. Tugas
Mandiri (sesuai situasi dan kondisi) 15 %.
4. Mid
semester 20 %.
5. Ujian
akhir 25 %.
D. Cara
Penulisan Paper/Makalah
Makalah/Paper yang
ditulis dan dipresentasikan harus mengikuti prosedur sebagai berikut:
1. Pendahuluan
(suatu problem/masalah yang akan dijawab/dibahas).
2. Pengertian
(sub-sub yang akan dibahas harus dijelaskan secara singkat).
3. Pembahasan
(jawaban problem/pembahasan dari literatur/buku-buku).
4. Analisis/argumentasi
(jawaban yang diutarakan sebagai orisinalitas pandangan dari penulis
makalah/paper yang bersangkutan).
5. Kesimpulan/penutup
(bukan ringkasan makalah/paper, melainkan ulasan singkat mengenai problem
solving terhadap masalah yang ada.
6. Bentuk
penulisan: a). Memakai font 12 (TNR) atau Tahoma 11. b. Margin kanan kiri
ukuran standar. c. Bila ada kutipan gunakan cakak (foot note bukan body note
atau end note).
7. Referensi
(mengenai data buku; judul, pengarang, tahun, penerbit, cetakan, penerjemah).
E. Manajemen
Waktu Kuliah
Waktu perkuliahan setiap
pertemuan untuk alokasi waktu 60/100 menit, dengan perincian sebagai berikut:
1. Preparasi
5 10 menit
2. Presentasi
makalah/paper 10/20
menit
3. Tanya
Jawab 30/40
menit
4. Masukan
pengampu mata kuliah
15/30 menit
F. Ragam
Tema diskusi (Silaby)
Lihat lampiran
G. Penutup
Panduan ini disusun
dengan harapan dapat menjadi acuan proses perkuliahan Mata Pelajaran Sejarah
Kebudayaan Islam di MTs, dan juga dapat berfungsi sebagai jembatan untuk mencapai
tujuan akhir dari perkuliahan ini.
Bumiayu,
15 September 2023
Pengampu Mata Kuliah,
Isro, M.Ag.
Lampiran
F.
SILABI PENGEMBANGAN
PEMBELAJARAN SKI DI MTs. Dan MA
DISKRIPSI MATA KULIAH :
Mata Kuliah ini meliputi kajian tentang : Studi Pendahuluan
Sejarah Kebudayaan Islam, Profil negeri dan bangsa Arab sebelum
Islam, Kerajaan-Kerajaan Arab Pra Islam, sejarah Perjuangan Rasulullah, Islam
periode Rasulullah, dan Islam Pasca Rasulullah.
TOPIK BAHASAN
A. Studi
Pendahuluan Sejarah Kebudayaan Islam:
1.
Pengertian, Batasan sejarah dan Kebudayaan, sumber-sumber, tujuan dan
kegunaan, obyek. (ceramah)
2. Tipe-tipe penulisan sejarah, penyebab kesalahan penulisan sejarah,
historiografi Islam dan Priodisasi Sejarah Kebudayaan Islam dengan Pendekatan Kontekstual
B. Lintasan
Sejarah Kebudayaan Islam:
3. Keadaan Bangsa Arab Sebelum Islam. (Negeri dan Bangsa Arab
Pra Islam) dengan Pendekatan Konstruktivisme
4. Kerajaan-kerajaan Arab pra Islam. (Arab Selatan dan Arab Utara) dengan
Pendekatan
Pemecahan Masalah
5. Agama Monotheisme di jaman kuno. (Mesir kuno, Eropa kuno,
Persia (zoroaster, mani’, mazdakiyah), Yahudi, Nasrani dan Hindu) dengan Pendekatan Induktif
6. Islam Masa Rasulullah. (kisah kelahiran, kehidupan dan
pendidikan, tanda-tanda kenabian, menjadi rasul) dengan Pendekatan Deduktif
7. Da’wah dan Pengikut Rasulullah sebelum Hijrah. (cara dan sasaran
da’wah, agama yang dibawa, sikap kaum Quraisy, dan pengikut Nabi). Dan Pengaruh
wafat Abu Thalib dan Siti Khadijah (‘amul khuzni), Hijrah ke Thaif, dan
Perjalanan Da’wah Nabi secara terang.dengan Pendekatan Open-Ended
8. Peristiwa Isra’ Mi’raj, hijrah ke Madinah, Peperangan
penting, Fathul Makkah, dan Nabi Wafat (Haji Wada’, wahyu terakhir, wafat Nabi
Saw dan peninggalannya) dengan Pendekatan Saintifik
9. Perkembangan Islam pada masa khulafaurrosyidin. (4 khalifah
Nabi SAW) dengan Pendekatan Proses
10. Sejarah Islam Pada Masa Bani Umayah dengan Pendekatan Realistik
11. Sejarah Islam pada Masa bani Abasiyah dengan Pendekatan Sains, Teknologi dan
Masyarakat
12. Runtuhnya Islam Kerajaan Andalusia dan pengaruhnya terhadap peradaban
Islam. Dengan Pendekatan
Rasional
13. Perang Salib dengan Pendekatan Fungsional
14. Kebangkitan Bangsa
Barat. (penemuan Iptek, tumbuhnya kekuatan Barat dan ekspansi ke daerah lain)
dengan Teacher
Centered
15. Kebangkitan dunia
Islam. (Modernisasi dan revitalisasi) dengan Student Centered
--------0000-------
JUDUL TUGAS PEMBUATAN MAKALAH
YANG DIDISKUSIKAN DAN DIKUMPULKAN *)
NO. |
JUDUL/TOPIK **) |
PERTEMUAN |
PEMAKALAH NO.
ABSEN: ***) |
KET. |
1 |
KE-1 |
KE-2 |
|
|
2 |
KE-2 |
KE-3 |
|
|
3 |
KE-3 |
KE-4 |
|
|
4 |
KE-4 |
KE-4 |
|
|
5 |
KE-5 |
KE-5 |
|
|
6 |
KE-6 |
KE-5 |
|
|
7 |
KE-7 |
KE-6 |
|
|
8 |
KE-8 |
KE-6 |
|
|
9 |
KE-9 |
KE-7 |
|
|
10 |
KE-10 |
KE-7 |
|
|
11 |
KE-11 |
KE-8 |
|
|
12 |
KE-12 |
KE-9 |
|
|
13 |
KE-13 |
KE-10 |
|
|
14 |
KE-14 & 15 |
KE-11 |
|
|
15 |
Mid Semester |
KE-7 |
|
|
16 |
UAS |
KE-15 |
|
|
Ket. :
*) Jika makalah belum jadi ketika diskusi, cukup
membawa konsep saja, makalah harus sudah diserahkan kepada pengampu mata kuliah
paling lambat sebelum semester akhir.
**) Lihat Judul/Topik untuk judul makalah yang ada
dalam lampiran F.
***) Nama pemakalah dapat dilihat dalam Absensi kelas
harian, untuk memudahkan penilaian makalah cantumkan no. Absen dan nama
pemakalah ybs.
****) Semester Akhir (Pertemuan Khusus).
REFERENSI
1. Nourouzzaman Shiddiqi, Sejarah
Kebudayaan Islam.
2. M. Noor Matdawam, Sejarah Kebudayaan
Islam.
3. Ahmad Syalaby, Sejarah Kebudayaan Islam.
4. Ahmad Hasyimi, Sejarah Kebudayaan Islam.
5. Muhtar yahya, Bangsa Arab sebelum Islam.
6. Nourouzzaman Shiddiqi, Tamaddun Muslim.
7. Ebrahim Dkk, Islam dalam Masyarakat
kontemporer.
8. Prodjodikoro, Pengantar Ilmu Tauhid.
9. Depag, Buku Ajar MTs Kelas 1-3
10. Dan semua refernsi
yang mendukung.
-------000000-----
JUDUL TUGAS PEMBUATAN SAJIAN MATERI DALAM
RPP
YANG DIKUMPULKAN SEBELUM UAS
DALAM BENTUK HARD COPY DENGAN
TEMA (SK/KD):
Makalah diketik dalam format MS Words
1. |
Enquiry-Discovery Learning |
Sejarah Islam Pada Masa Bani Umayah |
2. |
Expository Learning |
Sejarah Islam pada Masa bani Abasiyah |
3. |
Mastery Learning |
Runtuhnya Islam Kerajaan Andalusia dan pengaruhnya
terhadap peradaban Islam. |
4. |
Pemberian Tugas Dan Resitasi |
Perang Salib |
5. |
Metode Diskusi |
Kebangkitan Bangsa Barat. (penemuan Iptek, tumbuhnya
kekuatan Barat dan ekspansi ke daerah lain). |
6. |
Pendekatan Proses |
Kebangkitan dunia Islam. (Modernisasi dan revitalisasi) |
7. |
Inquiry Approach/Penemuan |
Indonesia sebelum kedatangan Islam. (Kehidupan bangsa
Indonesia dan agama yang dianut sebelum datangnya Islam). |
8. |
Kerja Kelompok Siswa |
Gerakan dan usaha persatuan dunia Islam. (organisasi Islam
International dan kerjasama antar negeri Islam). |
9. |
Experiment |
Gerakan Pembaharuan dalam dalam dunia Islam (Gerakan
Wahabi dan pan Islamisme) |
10. |
Tanya Jawab |
Masa Kemunduran (Bangsa mongol dan dinasti Khan, serangan
timur lenk, dan dinasti mamalik Mesir). |
11. |
Study Tour/Karyawisata |
Kerajaan Utsmani dan Safawi di Persia. |
12. |
Studi Individual |
Kerajaan Mughal di India. |
13. |
Metode Klasikal |
Renaisans di Eropa. |
14. |
Humanistic Education |
Pusat peradaban Islam di Baghdad Irak |
15. |
CBSA |
Pusat peradaban Islam di Kairo Mesir |
16. |
Aplikasi Perpustakaan |
Pusat peradaban Islam di Isfahan Persia |
17. |
Audiovisual |
Pusat peradaban Islam di Istambul Turki |
18. |
Re-Inforcement |
Pusat peradaban Islam di Delhi India |
19. |
Mass Media |
Pusat peradaban Islam di Andalus (Spanyol). |
20. |
Bahan/Materials |
Pusat peradaban Islam di Samarkand-Bukhara (Transoxania) |
21. |
Simulasi |
Khilafah rasyidah |
22. |
Alam Lingkungan Terbuka |
Dinasti yang memerdekakan diri dari Baghdad |
23. |
Pengajaran Modul |
Sebab-sebab kemunduran kekholifahan bani Abbas |
24. |
Cerita/Sejarah/Peninggalan |
Penjajahan Barat terhadap Islam di anak benua India dan
Asia. |
25. |
Media Pendidikan |
Politik Islam Hindia Belanda |
26. |
Pendekatan Educatif |
Format Islam Jawa (Priyayi, santri dan abangan) |
27. |
Pendekatan Emosional |
Kultur Islam jawa dan kedekatannya dengan Gugon tuhon,
khurafat, tahayul dan mistis. |
28. |
Pendekatan Pengalaman |
Asimilasi, akulturasi dan penetrasi antara Islam dan
budaya jawa lama (budaya animisme, dinamisme/hindu, budha). |
29. |
Pendekatan Pembiasaan |
Terusan Suez dan andilnya dalam kemajuan Islam dan dampak
negatif bagi dunia Timur. |
30. |
Pendekatan Rasional |
Pola fikir Barat dan Asia |
31. |
Pendekatan Fungsional |
Pusat peradaban Mesir dan andil bagi dunia Islam Indonesia |
32. |
Pendekatan Keagamaan |
Pusat peradaban Irak dan andil bagi dunia Islam
Indonesia |
33. |
Pendekatan Kebermaknaan |
Pusat peradaban Turki dan andil bagi dunia Islam Indonesia |
34. |
Metode Proyek |
Dinasti Turki Utsmani |
35. |
Metode Sosiodrama |
Pengaruh pemikiran filosuf Yunani terhadap dunia Islam |
36. |
Metode Demontrasi |
Pengaruh Perang Salib terhadap umat Islam. |
37. |
Metode Problem Solving |
Citra Triyuningsih Pengaruh Kolonilisme barat terhadap
umat Islam |
38. |
Metode Tanya Jawab |
Sejarah Kota Baghdad pra, post dan pasca Era Islam. |
39. |
Metode Drill |
Renaisance dan pengaruhnya terhadap dunia Islam |
40. |
Metode CL/CTL |
Urgensi filsafat Islam dalam pembentukan masyarakat madani |
Bumiayu, 15 September 2023
Pengampu Mata Kuliah,
Isro, M.Ag.
Catatan:
Tugas ini bukan
makalah/paper tapi sajian materi dalam RPP, jadi termasuk RPP lengkap 1 Tapka.
Ket:
Bila mau konsultasi
bias via email atau kirim tugas via email : Isromag2@gmail.com
Judul Tugas individu
dan kelompok dapat dilihat dalam Blog:Isromag.blogspot.com
WA: 085322816919.
Telp/Sms:
0852-1519-5333.
Pendekatan Kontekstual
Pendekatan Konstruktivisme
Pendekatan Pemecahan Masalah
Pendekatan Induktif
Pendekatan Deduktif
Pendekatan Open-Ended
Pendekatan Saintifik
Pendekatan Proses
Pendekatan Realistik
Pendekatan Sains, Teknologi dan
Masyarakat
Pendekatan Rasional
Pendekatan Fungsional
Teacher
Centered
Student
Centered
0 Komentar:
Posting Komentar
Berlangganan Posting Komentar [Atom]
<< Beranda