Kamis, 14 September 2023

SAP PP SKI MTS.MA 2023

 

SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM  (STAI) BREBES

JURUSAN TARBIYAH/PROGDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI)

Alamat Kampus 3: PONPES TEGONG PURBANALA  BUMIAYU BREBES 52273.

 

 PANDUAN PERKULIAHAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN 

 SKI DI MTs. Dan  MA  (Sem-V/Gasal)

Pengampu: Isro, M.Ag.

A.   Sasaran

Mata Kuliah ini didesain untuk memahami, mengenal, mengadakan analisis kritis terhadap seluk-beluk yang berkaitan dengan “Sejarah Kebudayaan Islam sebagai mata pelajaran yang diberikan di MTs”. Dengan demikian, mahasiswa akan mampu: Memahami dengan benar tentang ruang lingkup Sejarah Kebudayaan Islam, Profil negeri dan bangsa Arab sebelum Islam, Kerajaan-Kerajaan Arab Pra Islam, sejarah Perjuangan Rasulullah, Islam periode Rasulullah, dan Islam Pasca Rasulullah.

Mengingat mata kuliah ini termasuk mata kuliah dasar khusus (MKDK), maka kuliah ini hanya bersifat pengantar, tidak membahas Sejarah Kebudayaan Islam secara detail. Kuliah ini sekedar memberikan arahan dan pengantar bagi para mahasiswa untruk mengungkap lebih rinci dan detail terhadap masalah yang berkaitan dengan Sejarah Kebudayaan Islam Mahasiswa sendirilah yang nantinya akan mendalami baik secara mandiri (otodidak) maupun secara kelompok (kolektif).

 

B.   Sistem Perkuliahan

Perkuliahan ini dilakukan atas asumsi bahwa mahasiswa adalah sosok individu yang memiliki kemandirian belajar, karena itu perkuliahan ini pada dasarnya untuk mengaktifkan, menggairahkan dan meningkatkan kemampuan belajar mandiri. Sehingga untuk perkuliahan melalui ceramah dikurangi semaksimal mungkin. Sebagai gantinya mahasiswa diarahkan untuk mendiskusikan tema-tema yang ada secara serius.

Untuk itu, maka diwajibkan kepada masing-masing mahasiswa (baik secara perorangan atau group) menulis satu makalah/paper untuk dipresentasikan. Dan makalah tersebut hendaknya dibuat rangkap/digandakan secukupnya (untuk peserta dan pengampu mata kuliah). Makalah/paper tersebut selanjutnya dipresentasikan paling lama 15 menit untuk selanjutnya didiskusikan di dalam ruang kuliah dengan tertib.

 

C.   Sistem Penilaian

1.    Absensi/partisipasi kelas (kehadiran dan kontribusi pemikiran dalam diskusi 25 %.

2.    Makalah (presentasi dan revisi) 15 %

3.    Tugas Mandiri (sesuai situasi dan kondisi) 15 %.

4.    Mid semester 20 %.

5.    Ujian akhir 25 %.

 

D.   Cara Penulisan Paper/Makalah

Makalah/Paper yang ditulis dan dipresentasikan harus mengikuti prosedur sebagai berikut:

1.    Pendahuluan (suatu problem/masalah yang akan dijawab/dibahas).

2.    Pengertian (sub-sub yang akan dibahas harus dijelaskan secara singkat).

3.    Pembahasan (jawaban problem/pembahasan dari literatur/buku-buku).

4.    Analisis/argumentasi (jawaban yang diutarakan sebagai orisinalitas pandangan dari penulis makalah/paper yang bersangkutan).

5.    Kesimpulan/penutup (bukan ringkasan makalah/paper, melainkan ulasan singkat mengenai problem solving terhadap masalah yang ada.

6.    Bentuk penulisan: a). Memakai font 12 (TNR) atau Tahoma 11. b. Margin kanan kiri ukuran standar. c. Bila ada kutipan gunakan cakak (foot note bukan body note atau end note).

7.    Referensi (mengenai data buku; judul, pengarang, tahun, penerbit, cetakan, penerjemah).

 

E.    Manajemen Waktu Kuliah

Waktu perkuliahan setiap pertemuan untuk alokasi waktu 60/100 menit, dengan perincian sebagai berikut:

1.    Preparasi                                                         5 10 menit

2.    Presentasi makalah/paper                               10/20 menit

3.    Tanya Jawab                                                  30/40 menit

4.    Masukan pengampu mata kuliah                   15/30 menit

 

F.    Ragam Tema diskusi (Silaby)

Lihat lampiran

G.   Penutup

Panduan ini disusun dengan harapan dapat menjadi acuan proses perkuliahan Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs, dan juga dapat berfungsi sebagai jembatan untuk mencapai tujuan akhir dari perkuliahan ini.

Bumiayu, 15 September 2023

Pengampu Mata Kuliah,

 

Isro, M.Ag.

  

Lampiran F.

SILABI PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN   SKI DI MTs. Dan  MA

DISKRIPSI MATA KULIAH :

Mata Kuliah ini meliputi kajian tentang : Studi Pendahuluan Sejarah Kebudayaan Islam,  Profil negeri dan bangsa Arab sebelum Islam, Kerajaan-Kerajaan Arab Pra Islam, sejarah Perjuangan Rasulullah, Islam periode Rasulullah, dan Islam Pasca Rasulullah.

 

TOPIK BAHASAN

 

A.  Studi Pendahuluan Sejarah Kebudayaan Islam:

1. Pengertian, Batasan sejarah dan Kebudayaan, sumber-sumber, tujuan dan kegunaan,  obyek. (ceramah)

 

2. Tipe-tipe penulisan sejarah, penyebab kesalahan penulisan sejarah, historiografi Islam dan Priodisasi Sejarah Kebudayaan Islam dengan  Pendekatan Kontekstual

 

 

B.  Lintasan Sejarah Kebudayaan Islam:

3. Keadaan Bangsa Arab Sebelum  Islam. (Negeri dan Bangsa Arab Pra Islam) dengan Pendekatan Konstruktivisme

 

4. Kerajaan-kerajaan Arab pra Islam. (Arab Selatan dan Arab Utara) dengan Pendekatan Pemecahan Masalah

 

5.  Agama Monotheisme di jaman kuno. (Mesir kuno, Eropa kuno, Persia (zoroaster, mani’, mazdakiyah), Yahudi, Nasrani dan Hindu)  dengan Pendekatan Induktif

 

6.  Islam Masa Rasulullah. (kisah kelahiran, kehidupan dan pendidikan, tanda-tanda kenabian, menjadi rasul) dengan Pendekatan Deduktif

 

7. Da’wah dan Pengikut Rasulullah sebelum Hijrah. (cara dan sasaran da’wah, agama yang dibawa, sikap kaum Quraisy, dan pengikut Nabi). Dan Pengaruh wafat Abu Thalib dan Siti Khadijah (‘amul khuzni), Hijrah ke Thaif, dan Perjalanan Da’wah Nabi secara terang.dengan Pendekatan Open-Ended

 

8.  Peristiwa Isra’ Mi’raj, hijrah ke Madinah, Peperangan penting, Fathul Makkah, dan Nabi Wafat (Haji Wada’, wahyu terakhir, wafat Nabi Saw dan peninggalannya) dengan Pendekatan Saintifik

 

9.  Perkembangan Islam pada masa khulafaurrosyidin. (4 khalifah Nabi SAW)  dengan Pendekatan Proses

 

10. Sejarah Islam Pada Masa Bani Umayah dengan Pendekatan Realistik

 

11. Sejarah Islam pada Masa bani Abasiyah dengan Pendekatan Sains, Teknologi dan Masyarakat

 

12. Runtuhnya Islam Kerajaan Andalusia dan pengaruhnya terhadap peradaban Islam. Dengan Pendekatan Rasional

 

13. Perang Salib dengan Pendekatan Fungsional

 

14. Kebangkitan Bangsa Barat. (penemuan Iptek, tumbuhnya kekuatan Barat dan ekspansi ke daerah lain) dengan Teacher Centered

15. Kebangkitan dunia Islam. (Modernisasi dan revitalisasi) dengan Student Centered

 

--------0000-------

JUDUL TUGAS PEMBUATAN MAKALAH

YANG DIDISKUSIKAN DAN DIKUMPULKAN *)

 

 

NO.

 

 

JUDUL/TOPIK **)

 

PERTEMUAN

 

PEMAKALAH

NO. ABSEN: ***)

 

 

KET.

 

1

KE-1

KE-2

 

 

2

KE-2

KE-3

 

 

3

KE-3

KE-4

 

 

4

KE-4

KE-4

 

 

5

KE-5

KE-5

 

 

6

KE-6

KE-5

 

 

7

KE-7

KE-6

 

 

8

KE-8

KE-6

 

 

9

KE-9

KE-7

 

 

10

KE-10

KE-7

 

 

11

KE-11

KE-8

 

 

12

KE-12

KE-9

 

 

13

KE-13

KE-10

 

 

14

KE-14 & 15

KE-11

 

 

15

Mid Semester

KE-7

 

 

16

UAS

KE-15

 

 

Ket. :

*)   Jika makalah belum jadi ketika diskusi, cukup membawa konsep saja, makalah harus sudah diserahkan kepada pengampu mata kuliah paling lambat sebelum semester akhir.

**) Lihat Judul/Topik untuk judul makalah yang ada dalam lampiran F.

***) Nama pemakalah dapat dilihat dalam Absensi kelas harian, untuk memudahkan penilaian makalah cantumkan no. Absen dan nama pemakalah ybs.

****) Semester Akhir (Pertemuan Khusus).

 

REFERENSI

1.        Nourouzzaman Shiddiqi, Sejarah Kebudayaan Islam.

2.        M. Noor Matdawam, Sejarah Kebudayaan Islam.

3.        Ahmad Syalaby, Sejarah Kebudayaan Islam.

4.        Ahmad Hasyimi, Sejarah Kebudayaan Islam.

5.        Muhtar yahya, Bangsa Arab sebelum Islam.

6.        Nourouzzaman Shiddiqi, Tamaddun Muslim.

7.        Ebrahim Dkk, Islam dalam Masyarakat kontemporer.

8.        Prodjodikoro, Pengantar Ilmu Tauhid.

9.        Depag, Buku Ajar MTs Kelas 1-3

10.    Dan semua refernsi yang mendukung.

-------000000-----

 

JUDUL TUGAS PEMBUATAN SAJIAN MATERI DALAM RPP

YANG DIKUMPULKAN SEBELUM UAS

DALAM BENTUK HARD COPY DENGAN TEMA (SK/KD):

Makalah diketik dalam format MS Words

 

 

1.       

Enquiry-Discovery Learning

Sejarah Islam Pada Masa Bani Umayah

2.       

Expository Learning

Sejarah Islam pada Masa bani Abasiyah

3.       

Mastery Learning

Runtuhnya Islam Kerajaan Andalusia dan pengaruhnya terhadap peradaban Islam.

4.       

Pemberian Tugas Dan Resitasi

Perang Salib

5.       

Metode Diskusi

Kebangkitan Bangsa Barat. (penemuan Iptek, tumbuhnya kekuatan Barat dan ekspansi ke daerah lain).

6.       

Pendekatan Proses

Kebangkitan dunia Islam. (Modernisasi dan revitalisasi)

7.       

Inquiry Approach/Penemuan

Indonesia sebelum kedatangan Islam. (Kehidupan bangsa Indonesia dan agama yang dianut sebelum datangnya Islam).

8.       

Kerja Kelompok Siswa

Gerakan dan usaha persatuan dunia Islam. (organisasi Islam International dan kerjasama antar negeri Islam).

9.       

Experiment

Gerakan Pembaharuan dalam dalam dunia Islam (Gerakan Wahabi dan pan Islamisme)

10.   

Tanya Jawab

Masa Kemunduran (Bangsa mongol dan dinasti Khan, serangan timur lenk, dan dinasti mamalik Mesir).

11.   

Study Tour/Karyawisata

Kerajaan Utsmani dan Safawi di Persia.

12.   

Studi Individual

Kerajaan Mughal di India.

13.   

Metode Klasikal

Renaisans di Eropa.

14.   

Humanistic Education

Pusat peradaban Islam di Baghdad Irak

15.   

CBSA

Pusat peradaban Islam di Kairo Mesir

16.   

Aplikasi Perpustakaan

Pusat peradaban Islam di Isfahan Persia

17.   

Audiovisual

Pusat peradaban Islam di Istambul Turki

18.   

Re-Inforcement

Pusat peradaban Islam di Delhi India

19.   

Mass Media

Pusat peradaban Islam di Andalus (Spanyol).

20.   

Bahan/Materials

Pusat peradaban Islam di Samarkand-Bukhara (Transoxania)

21.   

Simulasi

Khilafah rasyidah

22.   

Alam Lingkungan Terbuka

Dinasti yang memerdekakan diri dari Baghdad

23.   

Pengajaran Modul

Sebab-sebab kemunduran kekholifahan bani Abbas

24.   

Cerita/Sejarah/Peninggalan

Penjajahan Barat terhadap Islam di anak benua India dan Asia.

25.   

Media Pendidikan

Politik Islam Hindia Belanda

26.   

Pendekatan Educatif

Format Islam Jawa (Priyayi, santri dan abangan)

27.   

Pendekatan Emosional

Kultur Islam jawa dan kedekatannya dengan Gugon tuhon, khurafat, tahayul dan mistis.

28.   

Pendekatan Pengalaman

Asimilasi, akulturasi dan penetrasi antara Islam dan budaya jawa lama (budaya animisme, dinamisme/hindu, budha).

29.   

Pendekatan Pembiasaan

Terusan Suez dan andilnya dalam kemajuan Islam dan dampak negatif bagi dunia Timur.

30.   

Pendekatan Rasional

Pola fikir Barat dan Asia

31.   

Pendekatan Fungsional

Pusat peradaban Mesir dan andil bagi dunia Islam Indonesia

32.   

Pendekatan Keagamaan

Pusat peradaban Irak  dan andil bagi dunia Islam Indonesia

33.   

Pendekatan Kebermaknaan

Pusat peradaban Turki dan andil bagi dunia Islam Indonesia

34.   

Metode Proyek

Dinasti Turki Utsmani

35.   

Metode Sosiodrama

Pengaruh pemikiran filosuf Yunani terhadap dunia Islam

36.   

Metode Demontrasi

Pengaruh Perang Salib terhadap umat Islam.

37.   

Metode Problem Solving

Citra Triyuningsih Pengaruh Kolonilisme barat terhadap umat Islam

38.   

Metode Tanya Jawab

Sejarah Kota Baghdad pra, post dan pasca Era Islam.

39.   

Metode Drill

Renaisance  dan pengaruhnya terhadap dunia Islam

40.   

Metode CL/CTL

Urgensi filsafat Islam dalam pembentukan masyarakat madani

 

Bumiayu, 15 September 2023

Pengampu Mata Kuliah,

 

Isro, M.Ag.

 

Catatan:

Tugas ini bukan makalah/paper tapi sajian materi dalam RPP, jadi termasuk RPP lengkap 1 Tapka.

Ket:

Bila mau konsultasi bias via email atau kirim tugas  via email : Isromag2@gmail.com

Judul Tugas individu dan kelompok dapat dilihat dalam Blog:Isromag.blogspot.com

 WA: 085322816919.

Telp/Sms: 0852-1519-5333.

 

 

 

 

Pendekatan Kontekstual

Pendekatan Konstruktivisme

Pendekatan Pemecahan Masalah

Pendekatan Induktif

Pendekatan Deduktif

Pendekatan Open-Ended

Pendekatan Saintifik

Pendekatan Proses

Pendekatan Realistik

Pendekatan Sains, Teknologi dan Masyarakat

Pendekatan Rasional

Pendekatan Fungsional

Teacher Centered

Student Centered

Tidak ada komentar:

Posting Komentar