MATERI STRATEGI BELAJAR MENGAJAR SD SEMESTER
3/PGSD2
STKIP ISLAM BUMIAYU
No.
|
Pokok Bahasan
|
Sub Pokok Bahasan
|
Kel Diskusi
|
Tapka
|
1
|
KONSEP BELAJAR
MENGAJAR
|
1. Konsep belajar
2.
Konsep mengajar
3. Komponen pengajaran : tujuan siswa, guru,
materi, metode, alat / sumber, evaluasi
4.
Komunikasi dalam proses belajar
mengajar: komunikasi sebagai aksi,
sebagai interaksi dan sebagai transaksi
5.
Kriteria keberhasilan pengajaran:
(Ditinjau dari segi proses dan dari segi
hasil)
|
1
|
2
|
2
|
STRATEGI
BELAJAR MENGAJAR
|
1. Pengertian SBM
2.
Dimensi SBM (dimensi perancangan dan
dimensi pelaksanaan)
3.
Jenis SBM (SBM eksploitasi dan SBM
Heuristik )
4. Kriteria pemilihan strategi belajar
mengajar
|
2
|
3
|
3
|
TUJUAN
PENDIDIKAN DAN PENGAJARAN
|
1. Tingkatan tujuan pendidikan dan pengajaran
(TPN,tujuan instruksional, tujuan penggiring)
2. Klasifikasi tujuan pengajaran (ramah,
kognitif, efektif dan psikomotor)
3. Jenis tujuan pembelajaran : (tujuan umum
pembelajaran dan tujuan khusus pembelajaran )
|
3
|
4
|
4
|
BAHAN PELAJARAN DAN
KEGIATAN BELAJAR
|
1.
Kategori
bahan pelajaran (fakta, konsep, prinsip dan keterampilan)
2.
Langkah-langkah
dalam mengembangkan bahan pelajaran
3.
Kriteria
dalam menetapkan / mengembangkan bahan pelajaran
4.
Kategori
kegiatan belajar siswa (belajar mandiri, belajar kelompok dan belajar
klasikal)
|
4
|
5
|
5
|
PENDEKATAN BELAJAR
MENGAJAR
|
1. Pengertian pendekatan belajar mengajar
2. Jenis-jenis pendekatan mengajar (pendekatan
tradisional, kelompok, bervariasi, edukatif, pengalaman, pembiasaan,
emosional, rasional, fungsional, kebermaknaan imposisi, teknologi,
personalisasi dan interaksi)
|
5
|
6
|
6
|
METODE DAN TEKNIK
BELAJAR
|
1. Peranan metode dan teknik mengajar
2. Jenis-jenis metode mengajar (ceramah, tanya
jawab, diskusi, demonstrasi, tugas, eksperimen, simulasi)
3. Keunggulan dan kelemahan setiap metode
mengajar
4.
Prosedur pelaksanaan setiap
metode mengajar dalam PBM
|
6
|
7
|
7
|
MEDIA, SUMBER DAN ALAT
PEMBELAJARAN
|
1.
Pengertian
media, alat dan sumber bahan pembelajaran
2.
Jenis-jenis
media pembelajaran (media cetak dan elektronik)
3.
Jenis
alat pembelajaran (umum dan khusus)
4.
Pemilihan
media, alat dan sumber pembelajaran
|
7
|
8
|
8
|
PENERAPAN
CBSA, PKP DAN MODEL DALAM PEMBELAJARAN
|
1.
Rasional
penerapan dan pengertian CBSA dalam pembelajaran
2.
Prinsip-prinsip
penerapan CBSA dalam pembelajaran
3.
Rasional
penerapan dan pengertian PKP dalam pembelajaran
4.
Jenis-jenis
keterampilan yang dapat dikembangkan pada anak SD dalam pembelajaran
5.
Langkah-langkah KBM pada penerapan PKP
|
8
|
9
|
9
|
STRATEGI
PEMBELAJARAN EKSPOSITORY, DISCOVERY, INQUIRY, COOPERATIVE LEARNING DAN CTL.
|
1.
Faktor-Faktor
Strategi Pembelajaran
2.
Jenis
Strategi Pembelajaran
3.
Konsep
Dan Prinsip Penggunaan Strategi Pembelajaran Ekspository, Discovery, Inquiry,
Cooperative Learning dan CTL.
|
9
|
10
|
10
|
MODEL
PAIKEM
|
1.
Pembelajaran
Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif Dan
Menyenangkan
2.
Langkah-Langkah
Dan Model Pembelajaran Paikem
|
10
|
11
|
11
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
|
1.
Pengertian
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
2.
Langkah-Langkah
Rencana Pembelajaran
|
11
|
12
|
12
|
BERTANYA,
MENJELASKAN, MENGADAKAN VARIASI, DAN MEMBERI PENGUATAN
|
1.
Keterampilan
bertanya, menjelaskan, mengadakan variasi, dan memberi penguatan.
2.
Metode
dan langkah-langkah bertanya, menjelaskan, variasi, dan member penguatan.
|
12
|
13
|
13
|
MEMBUKA
DAN MENUTUP PELAJARAN, MENGELOLA KELAS, MEMBIMBING DISKUSI, DAN MENGAJAR
KELOMPOK SISWA
|
1.
Keterampilan
membuka dan menutup pelajaran, mengelola kelas, membimbing diskusi, dan
mengajar kelompok kecil/perorangan dan kelompok besar.
2.
Metode
dan langkah-langkah membuka dan
menutup pelajaran, mengelola kelas, membimbing diskusi, dan mengajar kelompok
kecil/perorangan dan kelompok besar.
|
13
|
14
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar