Kamis, 14 September 2017

Sylabus/Tugas Pembelajaran Komputer dan Internet (Sem-1/Gasal) STAI Brebes





SEKOLAH TINGGI ILMU TARBIYAH (STIT) BREBES
JURUSAN TARBIYAH/PROGDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI)
Alamat Kampus 2: MAN BREBES 2 Jl. Jenderal Soedirman Km. 01
Telp./Fax. (0289) 430056 LAREN BUMIAYU BREBES 52273.




SILABUS 
DAN SATUAN ACARA PERKULIAHAN (SAP)
Mata Kuliah : Pembelajaran Komputer dan Internet (Sem-1/Gasal)
Oleh: Isro, M.Ag.
A.    Sasaran
Mata Kuliah ini didesain untuk memahami, mengenal, mengadakan analisis kritis terhadap seluk-beluk yang berkaitan dengan “Pembelajaran Komputer dan Internet”. Dengan demikian, mahasiswa akan mampu: 1). Memperluas, memahami konsep dan pengertian Komputer dan Internet. 2). Mengerti dan memahami perkembangan Komputer dan Internet  3). Mengerti dan memahami ruang lingkup serta karakteristik Komputer dan Internet  yang digunakan dalam pelaksanaan proses belajar mengajar saat ini.
Mengingat mata kuliah ini termasuk mata kuliah dasar (MKD), maka kuliah ini hanya bersifat pengantar, tidak membahas Komputer dan Internet  secara detail. Kuliah ini sekedar memberikan arahan dan pengantar bagi para mahasiswa untruk mengungkap lebih rinci dan detail terhadap masalah yang berkaitan dengan Komputer dan Internet . Mahasiswa sendirilah yang nantinya akan mendalami baik secara mandiri (otodidak) maupun secara kelompok (kolektif).

B.     Sistem Perkuliahan
Perkuliahan ini dilakukan atas asumsi bahwa mahasiswa adalah sosok individu yang memiliki kemandirian belajar, karena itu perkuliahan ini pada dasarnya untuk mengaktifkan, menggairahkan dan meningkatkan kemampuan belajar mandiri. Sehingga untuk perkuliahan melalui ceramah dikurangi semaksimal mungkin. Sebagai gantinya mahasiswa diarahkan untuk mendiskusikan dan mempraktekan tema-tema yang ada secara serius.
Untuk itu, maka diwajibkan kepada masing-masing mahasiswa (baik secara perorangan atau group) menulis satu makalah/paper untuk dipresentasikan. Dan makalah tersebut hendaknya dibuat rangkap/digandakan secukupnya (untuk peserta dan pengampu mata kuliah). Makalah/paper tersebut selanjutnya dipresentasikan paling lama 15 menit untuk selanjutnya didiskusikan di dalam ruang kuliah dengan tertib.

C.    Sistem Penilaian
1.    Absensi/partisipasi kelas (kehadiran dan kontribusi pemikiran dalam diskusi 25 %.
2.    Makalah (presentasi dan revisi) 15 %
3.    Tugas Mandiri (sesuai situasi dan kondisi) 15 %.
4.    Mid semester 20 %.
5.    Ujian akhir 25 %.

D.    Cara Penulisan Paper/Makalah
Makalah/Paper yang ditulis harus mengikuti prosedur sebagai berikut:
  1. Pendahuluan (suatu problem/masalah yang akan dijawab/dibahas).
  2. Pengertian (sub-sub yang akan dibahas harus dijelaskan secara singkat).
  3. Pembahasan (jawaban problem/pembahasan dari literatur/buku-buku).
  4. Analisis/argumentasi (jawaban yang diutarakan sebagai orisinalitas pandangan dari penulis makalah/paper yang bersangkutan).
  5. Kesimpulan/penutup (bukan ringkasan makalah/paper, melainkan ulasan singkat mengenai problem solving terhadap masalah yang ada.
  6. Bentuk penulisan: a). Memakai font 12 (TNR) atau Tahoma 11 juga calibri 11.  b. Margin kanan kiri ukuran standar. c. Bila ada kutipan gunakan cakak (foot note bukan body note atau end note).
  7. Referensi (mengenai data buku; judul, pengarang, tahun, penerbit, cetakan, penerjemah).
  8. Makalah Individu dikumpulkan dalam bentuk hard copy atau  Soft Copy CD atau dikirim lewat e-mail: isromag2@gmail.com paling lambat satu minggu sebelum Ajian Akhir Semester (UAS).

E.     Manajemen Waktu Kuliah
Waktu perkuliahan setiap pertemuan untuk alokasi waktu 60/100 menit, dengan perincian sebagai berikut:
1.    Preparasi                                                                        5/10 menit
2.    Presentasi makalah/paper                                              10/20 menit
3.    Tanya Jawab                                                                  30/40 menit
4.    Masukan pengampu mata kuliah                                   15/30 menit

F.     Ragam Tema diskusi (Silaby)
Lihat lampiran

G.    Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah yang diberikan pada program S-1 PAI. Selesai mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan memahami pentingnya Pembelajaran komputer dan Internet bagi dunia pendidikan. Perkuliahan ini juga mengkaji pemanfaatan komputer dan internet dalam pembelajaran di sekolah. Pelaksanaan kuliah menggunakan pendekatan ekspositori dalam bentuk ceramah, tanya jawab dan demonstrasi yang dilengkapi dengan penggunaan lab komputer, infocus/LCD dan pendekatan inkuiri yaitu penyelesaian tugas penyusunan dan penyajian makalah, diskusi dan pemecahan masalah, observasi. Dan  Tahap penguasaan mahasiswa selain evaluasi melalui UTS dan UAS juga evaluasi terhadap tugas mandiri, penyajian dan diskusi.

H.    Tujuan Akhir Perkuliahan
Selesai mengikuti perkuliahan ini mahasiswa dapat memahami pentingnya pembelajaran komputer, menganalisis manfaat pembelajaran komputer dalam dunia pendidikan, mengetahui prosedur pemilihan dan pengembangan pembelajaran komputer, menguasai beberapa program aplikasi untuk pengembangan pembelajaran komputer, dan mampu memanfaatkan internet untuk berbagai tujuan pendidikan.

I.       Deskripsi isi
Dalam perkuliahan ini dibahas pentingnya pembelajaran komputer dalam kehidupan sehari-hari, pengaruh pembelajaran komputer, pengenalan komponen-komponen komputer, prosedur, pemilihan dan pengembangan program pembelajaran komputer, pengembangan program pembelajaran berbasis program multimedia dalam dunia pendidikan. Perkuliahan ini juga mengkaji pemanfaatan internet dalam pembelajaran di sekolah.

J. Pendekatan Pembelajaran (Ekspositori dan inkuiri)
1. Metode: ceramah, tanya jawab, demonstrasi, diskusi, pemecahan masalah dan praktek  pengembangan program media.
2.    Tugas : makalah, penyajian dan diskusi, produksi program pembelajaran komputer
3.    Media : OHP, LCD, Modul, Buku, WB.

K. Evaluasi
1.    Kehadiran
2.    Makalah
3.    Penyajian dan diskusi
4.    UTS
5.    UAS

J.      Penutup
Panduan ini disusun dengan harapan dapat menjadi acuan proses perkuliahan Komputer dan Internet  dan juga dapat berfungsi sebagai jembatan untuk mencapai tujuan akhir dari perkuliahan ini.

 Bumiayu, 14 September  2017
 Pengampu Mata Kuliah,

Isro, M.Ag.

PEMBELAJARAN KOMPUTER DAN INTERNET
Rincian materi perkuliahan tiap pertemuan
Pertemuan 1 : Orientasi perkuliahan
Pertemuan 2 : Pengaruh Komputer dan Internet dalam segala Bidang (Teori).
Pertemuan 3 : Komponen-komponen komputer (Hardware dan Software) (Teori).
Pertemuan 4 : Prosedur Pemilihan Program Pembelajaran Komputer dan Internet(Teori).
Pertemuan 5 : Prosedur Pengembangan Program Pembelajaran Komputer dan Internet(Teori).
Pertemuan 6 : Aplikasi Word Processor (Microsoft Word) dalam Pembelajaran (Teori).
Pertemuan 7 : Aplikasi Word Processor (Microsoft Word) dalam Pembelajaran(Praktek).
Pertemuan 8 : Aplikasi Program Presentasi (Microsoft Excel) dalam Pembelajaran (Teori).
Pertemuan 9 : Aplikasi Program Presentasi (Microsoft Excel) dalam Pembelajaran (Praktek).
Pertemuan 10 : Pengembangan program pembelajaran komputer menggunakan Microsoft Power Point (Teori).
Pertemuan 11 : Pengembangan program pembelajaran komputer menggunakan Microsoft Power Point (Praktek).
Pertemuan 12 : Aplikasi Program Multimedia dalam Pembelajaran (Teori).
Pertemuan 13 : Aplikasi Program Multimedia dalam Pembelajaran (Praktek).
Pertemuan 14 : Pemanfaatan Internet dalam Pembelajaran(Teori).
Pertemuan 15 : Pemanfaatan Internet dalam Pembelajaran(Praktek).
Pertemuan 16 : Pengembangan program pembelajaran komputer untuk anak menggunakan Program Multimedia Adobe Photoshop dan Corel Draw(Teori).
Pertemuan 17 : Pengembangan program pembelajaran komputer untuk anak menggunakan Program Multimedia Adobe Photoshop dan Corel Draw (Praktek).

Referensi
1.        Anderson, Ronald H. (1993). Pemilihan dan Pengembangan Media untuk Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka dan PT Raja Grafindo Persada Chandra (2003).
2.         Photoshop 7.0 untuk Orang Awam. Palembang : CV. Maxikom. Giles, David (2003).
3.         Hamalik, Oemar (1986). Media Pendidikan. Bandung : Alumni.
4.         Kadir, Abdul (2003). Pengenalan Sistem Informasi. Yogyakarta : ANDI.
5.         Pribadi, B.A, dkk (2008). Komputer dalam Kegiatan Pengembangan Anak Usia Dini (Modul).
6.         Suarna, Nana (2005). Pedoman Praktikum Microsoft Office. Bandung: Yrana Widuya.
7.         Sudjana, N., Rivai, A(1997) Teknologi Pengajaran. Bandung : Sinar Baru
8.         Tim Litbang Wahana Komputer (1999). Desain Grafts dengan Corel Draw 8.0. Yogyakarta: ANDI.
9.        Tim Litbang Wahana Komputer (2004). Pembuatan Animasi dengan Macromedia Director MX. 2004. Yogyakarta : ANDI.
10.     Isro, (2012) Diktat Pengenalan Internet, Ms. Words, Ms. Power Point, Dll, Unpublished.
 
JUDUL TUGAS PEMBUATAN MAKALAH
Individu Yang Dikumpulkan Pra UAS Lewat Cd/Email/Hard Copy.
Kelas A 
NO. Absen
NAMA
JUDUL PAPER
KET.
1
Ade Sri Nurinayah
Pengertian Komputer dan Internet

2
Aji Saputra
Landasan teoritis penggunaan Komputer

3
Amri Afriadi
Landasan teoritis penggunaan Internet

4
Anita
Fungsi dan manfaat Komputer pendidikan

5
Askini Aenul F.
Pengenalan internet

6
Charisma SN.
Pemilihan program internet

7
Dedeh Musyarofah
Pemilihan program komputer

8
Deni Haryanto
Aplikasi Ms. Word dalam pendidikan

9
Desi W.
Aplikasi Ms. Power Point dalam pendidikan

10
Elma T.
Aplikasi Corel Draw dalam pendidikan

11
Fahrizal Ridlo
Media berbasis  komputer

12
Fastabikul Amal
Pemanfaatan komputer sebagai sumber belajar

13
Fifin Ahzam
Evaluasi pembelajaran dengan internet

14
Himmatul K.
komputer pendidikan dan proses belajar mengajar

15
Imam Mujiyani
Jenis dan karakteristik internet

16
Indah W.
Aplikasi internet dan rancangan

17
Irfan NR.
Penyusunan dan perancangan Internet pendidikan

18
Is Abdurrohman
Tujuan dan penggunaan Komputer pendidikan

19
Julian AP.
Analisis kebutuhan Internet dan komputer

20
Jumantoro
Strategi pemanfaatan komputer sebagai alat bantu

21
Meily Ulwiyah
Persiapan sebelum menggunakan Internet

22
Muhamad TS.
Perbedaan aplikasi komputer pendidikan

23
Mukti AQ.
Aplikasi Plash disk, MMC, Dll

24
Ratu Alawiyah
Aplikasi Hard disk

25
Rizki Amaliatul I.
Aplikasi LCD

26
Saroful Anam
Aplikasi E-mail

27
Sigit Romadhon
Aplikasi Jejaring sosial

28
Siti Maryam
Aplikasi Web pendidikan

29
Tanto
Aplikasi Televisi berbasis internet

30
Titik Mar'atus S.
Aplikasi media komputer-lcd-program

31
Vika Amalia Zein
Tataletak penempatan LCD di kelas

32
Widi Astuti
Aplikasi program player di laptop/notebook

33
Azizatul Hikmah
Aplikasi media komputer dalam PBM di kelas

34
Muh. Latif
Aplikasi video youtube dalam pembelajaran

35
Mhs yg belum masuk
Kreatifitas pengolahan program komputer

36
Mhs yg belum masuk
Keterbatasan komputer dalam pendidikan

37
Mhs yg belum masuk
Faktor pendukung media komputer

38

Faktor penghambat  media komputer

39

Penyimpanan media pendidikan

40

Memodifikasi program words untuk PBM

41

Keterkaitan internet pendidikan

42

Minat, respon siswa terhadap komputer

43

Hubungan metode dan media komputer

44

Pemanfaatan televisi edukasi  dalam internet

45

Pemanfaatan berita surat kabar dalam internet

46

Pemanfaatan searcher google dalam pendidikan

47

Pemanfaatan searcher yahoo dalam pendidikan

48

Pemanfaatan searcher youtube video pendidikan

49

Pemanfaatan jejaring sosial dalam pendidikan

50

Fungsi internet dan komputer sebagai pengolah data

51

Aplikasi Camera dan handycam untuk video pendidikan

52

Aplikasi E-mail dan daya dukung pendidikan

53

Aplikasi Internet komputer dan video live dalam PBM


Bumiayu, 1 Oktober 2017
Pengampu Mata Kuliah,

Ket.                                                                                         Isro, M.Ag.
INFO KOMUNIKASI DOSEN PENGAMPU
Email                       : Isromag.blogspot.com 
Blog                         : Isromag2@gmail.com 
HP                            : 085215195333
WA                           : 085322816919

Ket.
1. Makalah Individu dikumpulkan sebelum UAS Lewat Hard Copy/ CD/Email.
2. Judul Makalah Individu tidak boleh ditukar dengan mhsw lain.
3. Dibuat/diketik sesuai dengan prosedur dan tidak kurang dari 14  lembar.
4. Buku referensi bebas yang penting berkaitan.

JUDUL TUGAS PEMBUATAN MAKALAH
YANG DIDISKUSIKAN DAN DIKUMPULKAN *)


NO.

JUDUL/TOPIK **)

PERTEMUAN

PEMAKALAH
NO. ABSEN: ***)

KET.
1
KE-1
KE-2
1,15,29,43

2
KE-2
KE-3
2,16,30,44

3
KE-3
KE-4
3,17,31,45

4
KE-4
KE-4
4,18,32,46

5
KE-5
KE-5
5,19,33,47

6
KE-6
KE-5
6,20,34,48

7
KE-7
KE-6
7,21,35,49

8
KE-8
KE-6
8,22,36,50

9
KE-9
KE-7
9,23,37,51

10
KE-10
KE-7
10,24,38,52

11
KE-11
KE-8
11,25,39,53

12
KE-12
KE-9
12,26,40,54

13
KE-13
KE-10
13,27,41,55

14
KE-14 & 15
KE-11
14,28,42,56

15
Mid Semester
KE-7
Semua MHS****)

16
UAS
KE-15
Semua MHS****)

Ket. :
*)   Jika makalah belum jadi ketika diskusi, cukup membawa konsep saja, makalah harus sudah diserahkan kepada pengampu mata kuliah paling lambat sebelum semester akhir.
**) Lihat Judul/Topik untuk judul makalah yang ada dalam lampiran F.
***) Nama pemakalah dapat dilihat dalam Absensi kelas harian, untuk memudahkan penilaian makalah cantumkan no. Absen dan nama pemakalah ybs.
****) Semester Akhir (Pertemuan Khusus).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar