SEKOLAH TINGGI ILMU TARBIYAH (STIT) BREBES
JURUSAN TARBIYAH/PROGDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI)
Alamat Kampus 2: MAN BREBES 2 Jl. Jenderal Soedirman Km. 01
Telp./Fax. (0289) 430056 LAREN BUMIAYU BREBES 52273.
SILABUS DAN SATUAN ACARA PERKULIAHAN (SAP)
Mata Kuliah : Pembelajaran Komputer dan Internet (Sem-1/Gasal)
A. Sasaran
Mata Kuliah ini didesain untuk
memahami, mengenal, mengadakan analisis kritis terhadap seluk-beluk yang
berkaitan dengan “Pembelajaran Komputer dan Internet”. Dengan demikian, mahasiswa akan mampu: 1). Memperluas,
memahami konsep dan pengertian Komputer dan Internet. 2). Mengerti dan memahami
perkembangan Komputer dan Internet 3).
Mengerti dan memahami ruang lingkup serta karakteristik Komputer dan
Internet yang digunakan dalam
pelaksanaan proses belajar mengajar saat ini.
Mengingat mata kuliah ini
termasuk mata kuliah dasar (MKD), maka kuliah ini hanya bersifat pengantar,
tidak membahas Komputer dan Internet
secara detail. Kuliah ini sekedar memberikan arahan dan pengantar bagi
para mahasiswa untruk mengungkap lebih rinci dan detail terhadap masalah yang
berkaitan dengan Komputer dan Internet . Mahasiswa sendirilah yang nantinya
akan mendalami baik secara mandiri (otodidak) maupun secara kelompok
(kolektif).
B. Sistem Perkuliahan
Perkuliahan ini dilakukan atas
asumsi bahwa mahasiswa adalah sosok individu yang memiliki kemandirian belajar,
karena itu perkuliahan ini pada dasarnya untuk mengaktifkan, menggairahkan dan
meningkatkan kemampuan belajar mandiri. Sehingga untuk perkuliahan melalui
ceramah dikurangi semaksimal mungkin. Sebagai gantinya mahasiswa diarahkan
untuk mendiskusikan dan mempraktekan tema-tema yang ada secara serius.
Untuk itu, maka diwajibkan
kepada masing-masing mahasiswa (baik secara perorangan atau group) menulis satu
makalah/paper untuk dipresentasikan. Dan makalah tersebut hendaknya dibuat
rangkap/digandakan secukupnya (untuk peserta dan pengampu mata kuliah).
Makalah/paper tersebut selanjutnya dipresentasikan paling lama 15 menit untuk
selanjutnya didiskusikan di dalam ruang kuliah dengan tertib.
C. Sistem Penilaian
1. Absensi/partisipasi kelas (kehadiran dan
kontribusi pemikiran dalam diskusi 25 %.
2. Makalah (presentasi dan revisi) 15 %
3. Tugas Mandiri (sesuai situasi dan kondisi)
15 %.
4. Mid semester 20 %.
5. Ujian akhir 25 %.
D. Cara Penulisan Paper/Makalah
Makalah/Paper yang ditulis harus mengikuti
prosedur sebagai berikut:
- Pendahuluan (suatu problem/masalah yang akan dijawab/dibahas).
- Pengertian (sub-sub yang akan dibahas harus dijelaskan secara singkat).
- Pembahasan (jawaban problem/pembahasan dari literatur/buku-buku).
- Analisis/argumentasi (jawaban yang diutarakan sebagai orisinalitas pandangan dari penulis makalah/paper yang bersangkutan).
- Kesimpulan/penutup (bukan ringkasan makalah/paper, melainkan ulasan singkat mengenai problem solving terhadap masalah yang ada.
- Bentuk penulisan: a). Memakai font 12 (TNR) atau Tahoma 11 juga calibri 11. b. Margin kanan kiri ukuran standar. c. Bila ada kutipan gunakan cakak (foot note bukan body note atau end note).
- Referensi (mengenai data buku; judul, pengarang, tahun, penerbit, cetakan, penerjemah).
- Makalah Individu dikumpulkan dalam bentuk hard copy atau Soft Copy CD atau dikirim lewat e-mail: isromag2@gmail.com paling lambat satu minggu sebelum Ajian Akhir Semester (UAS).
E. Manajemen Waktu Kuliah
Waktu perkuliahan setiap
pertemuan untuk alokasi waktu 60/100 menit, dengan perincian sebagai berikut:
1. Preparasi 5/10
menit
2. Presentasi makalah/paper 10/20
menit
3. Tanya Jawab 30/40
menit
4. Masukan pengampu mata kuliah 15/30 menit
F. Ragam Tema diskusi (Silaby)
Lihat lampiran
G.
Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah ini
merupakan mata kuliah yang diberikan pada program S-1 PAI. Selesai
mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan memahami pentingnya Pembelajaran komputer dan Internet bagi
dunia pendidikan. Perkuliahan ini juga mengkaji pemanfaatan komputer
dan internet dalam pembelajaran di sekolah. Pelaksanaan kuliah menggunakan
pendekatan ekspositori dalam bentuk ceramah, tanya jawab dan demonstrasi yang dilengkapi dengan penggunaan lab komputer, infocus/LCD dan
pendekatan inkuiri yaitu penyelesaian tugas
penyusunan dan penyajian makalah, diskusi dan pemecahan masalah, observasi. Dan Tahap penguasaan mahasiswa selain evaluasi
melalui UTS dan UAS juga evaluasi terhadap
tugas mandiri, penyajian dan
diskusi.
H. Tujuan Akhir Perkuliahan
Selesai mengikuti perkuliahan ini mahasiswa dapat
memahami pentingnya pembelajaran komputer, menganalisis manfaat pembelajaran
komputer dalam dunia pendidikan, mengetahui prosedur pemilihan dan pengembangan
pembelajaran komputer, menguasai beberapa program aplikasi untuk pengembangan
pembelajaran komputer, dan mampu memanfaatkan internet untuk berbagai tujuan
pendidikan.
I. Deskripsi isi
Dalam perkuliahan ini dibahas pentingnya
pembelajaran komputer dalam kehidupan sehari-hari, pengaruh pembelajaran
komputer, pengenalan komponen-komponen komputer, prosedur, pemilihan dan
pengembangan program pembelajaran komputer, pengembangan program
pembelajaran berbasis program multimedia dalam dunia pendidikan. Perkuliahan ini juga mengkaji pemanfaatan
internet dalam pembelajaran di
sekolah.
J. Pendekatan
Pembelajaran (Ekspositori
dan inkuiri)
1. Metode: ceramah, tanya jawab, demonstrasi,
diskusi, pemecahan masalah dan praktek pengembangan program media.
2. Tugas : makalah, penyajian dan diskusi, produksi program pembelajaran komputer
3. Media : OHP, LCD, Modul, Buku, WB.
2. Tugas : makalah, penyajian dan diskusi, produksi program pembelajaran komputer
3. Media : OHP, LCD, Modul, Buku, WB.
K. Evaluasi
1.
Kehadiran
2.
Makalah
3.
Penyajian dan diskusi
4. UTS
5. UAS
J. Penutup
Panduan ini disusun dengan
harapan dapat menjadi acuan proses perkuliahan Komputer dan Internet dan juga dapat berfungsi sebagai jembatan
untuk mencapai tujuan akhir dari perkuliahan ini.
Bumiayu, 14 September 2017
Pengampu Mata Kuliah,
Isro, M.Ag.
PEMBELAJARAN KOMPUTER DAN INTERNET
Rincian materi perkuliahan tiap pertemuan
Pertemuan 1 :
Orientasi perkuliahan
Pertemuan 2 : Pengaruh Komputer dan Internet dalam segala Bidang (Teori).
Pertemuan 3 : Komponen-komponen komputer (Hardware
dan Software) (Teori).
Pertemuan 4 : Prosedur Pemilihan Program Pembelajaran
Komputer dan Internet(Teori).
Pertemuan 5 : Prosedur Pengembangan Program
Pembelajaran Komputer dan Internet(Teori).
Pertemuan 6 : Aplikasi Word Processor (Microsoft
Word) dalam Pembelajaran (Teori).
Pertemuan 7 : Aplikasi Word Processor (Microsoft Word) dalam Pembelajaran(Praktek).
Pertemuan 8 : Aplikasi Program Presentasi (Microsoft Excel) dalam Pembelajaran (Teori).
Pertemuan 9 : Aplikasi Program Presentasi (Microsoft Excel) dalam Pembelajaran (Praktek).
Pertemuan 10 : Pengembangan program pembelajaran komputer menggunakan Microsoft Power Point (Teori).
Pertemuan 11 : Pengembangan program pembelajaran komputer menggunakan Microsoft Power Point (Praktek).
Pertemuan 12 : Aplikasi Program Multimedia dalam Pembelajaran (Teori).
Pertemuan 13 : Aplikasi Program Multimedia dalam Pembelajaran (Praktek).
Pertemuan 14 : Pemanfaatan Internet dalam
Pembelajaran(Teori).
Pertemuan 15 : Pemanfaatan Internet dalam
Pembelajaran(Praktek).
Pertemuan 16 : Pengembangan program pembelajaran komputer untuk anak
menggunakan Program Multimedia Adobe Photoshop dan Corel Draw(Teori).
Pertemuan 17 : Pengembangan program pembelajaran komputer untuk anak
menggunakan Program Multimedia Adobe Photoshop dan Corel Draw (Praktek).
Referensi
1. Anderson, Ronald H. (1993). Pemilihan dan
Pengembangan Media untuk Pembelajaran. Jakarta:
Universitas Terbuka dan PT Raja Grafindo Persada Chandra (2003).
2.
Photoshop 7.0 untuk Orang Awam. Palembang : CV.
Maxikom. Giles, David (2003).
3.
Hamalik, Oemar (1986). Media Pendidikan. Bandung :
Alumni.
4.
Kadir, Abdul (2003). Pengenalan Sistem Informasi. Yogyakarta
: ANDI.
5.
Pribadi, B.A, dkk (2008). Komputer dalam Kegiatan
Pengembangan Anak Usia Dini (Modul).
6.
Suarna, Nana (2005). Pedoman Praktikum Microsoft
Office. Bandung: Yrana Widuya.
7.
Sudjana, N., Rivai, A(1997) Teknologi Pengajaran.
Bandung : Sinar Baru
8.
Tim Litbang Wahana Komputer (1999). Desain Grafts
dengan Corel Draw 8.0. Yogyakarta: ANDI.
9. Tim Litbang Wahana Komputer (2004). Pembuatan
Animasi dengan Macromedia Director MX.
2004. Yogyakarta : ANDI.
10.
Isro,
(2012) Diktat Pengenalan Internet, Ms. Words, Ms. Power Point, Dll,
Unpublished.
JUDUL TUGAS
PEMBUATAN MAKALAH
Individu Yang Dikumpulkan Pra UAS Lewat Cd/Email/Hard
Copy.
Kelas A
NO. Absen
|
NAMA
|
JUDUL PAPER
|
KET.
|
1
|
Ade Sri Nurinayah
|
Pengertian Komputer dan Internet
|
|
2
|
Aji Saputra
|
Landasan teoritis penggunaan Komputer
|
|
3
|
Amri Afriadi
|
Landasan teoritis penggunaan Internet
|
|
4
|
Anita
|
Fungsi dan manfaat Komputer pendidikan
|
|
5
|
Askini Aenul F.
|
Pengenalan internet
|
|
6
|
Charisma SN.
|
Pemilihan program internet
|
|
7
|
Dedeh Musyarofah
|
Pemilihan program komputer
|
|
8
|
Deni Haryanto
|
Aplikasi Ms. Word dalam pendidikan
|
|
9
|
Desi W.
|
Aplikasi Ms. Power Point dalam pendidikan
|
|
10
|
Aplikasi Corel Draw dalam pendidikan
|
||
11
|
Fahrizal Ridlo
|
Media berbasis komputer
|
|
12
|
Fastabikul Amal
|
Pemanfaatan komputer sebagai sumber belajar
|
|
13
|
Fifin Ahzam
|
Evaluasi pembelajaran dengan internet
|
|
14
|
Himmatul K.
|
komputer pendidikan dan proses belajar mengajar
|
|
15
|
Imam Mujiyani
|
Jenis dan karakteristik internet
|
|
16
|
Indah W.
|
Aplikasi internet dan rancangan
|
|
17
|
Irfan NR.
|
Penyusunan dan perancangan Internet pendidikan
|
|
18
|
Is Abdurrohman
|
Tujuan dan penggunaan Komputer pendidikan
|
|
19
|
Julian AP.
|
Analisis kebutuhan Internet dan komputer
|
|
20
|
Jumantoro
|
Strategi pemanfaatan komputer sebagai alat bantu
|
|
21
|
Meily Ulwiyah
|
Persiapan sebelum menggunakan Internet
|
|
22
|
Muhamad TS.
|
Perbedaan aplikasi komputer pendidikan
|
|
23
|
Mukti AQ.
|
Aplikasi Plash disk, MMC, Dll
|
|
24
|
Ratu Alawiyah
|
Aplikasi Hard disk
|
|
25
|
Rizki Amaliatul I.
|
Aplikasi LCD
|
|
26
|
Saroful Anam
|
Aplikasi E-mail
|
|
27
|
Sigit Romadhon
|
Aplikasi Jejaring sosial
|
|
28
|
Siti Maryam
|
Aplikasi Web pendidikan
|
|
29
|
Tanto
|
Aplikasi Televisi berbasis internet
|
|
30
|
Titik Mar'atus S.
|
Aplikasi media komputer-lcd-program
|
|
31
|
Vika Amalia Zein
|
Tataletak penempatan LCD di kelas
|
|
32
|
Widi Astuti
|
Aplikasi program player di laptop/notebook
|
|
33
|
Azizatul Hikmah
|
Aplikasi media komputer dalam PBM di kelas
|
|
34
|
Muh. Latif
|
Aplikasi video youtube dalam pembelajaran
|
|
35
|
Mhs yg belum masuk
|
Kreatifitas pengolahan program komputer
|
|
36
|
Mhs yg belum masuk
|
Keterbatasan komputer dalam pendidikan
|
|
37
|
Mhs yg belum masuk
|
Faktor pendukung media komputer
|
|
38
|
Faktor penghambat media komputer
|
||
39
|
Penyimpanan media pendidikan
|
||
40
|
Memodifikasi program words untuk PBM
|
||
41
|
Keterkaitan internet pendidikan
|
||
42
|
Minat, respon siswa terhadap komputer
|
||
43
|
Hubungan metode dan media komputer
|
||
44
|
Pemanfaatan televisi edukasi dalam
internet
|
||
45
|
Pemanfaatan berita surat kabar dalam internet
|
||
46
|
Pemanfaatan searcher google dalam pendidikan
|
||
47
|
Pemanfaatan searcher yahoo dalam pendidikan
|
||
48
|
Pemanfaatan searcher youtube video pendidikan
|
||
49
|
Pemanfaatan jejaring sosial dalam pendidikan
|
||
50
|
Fungsi internet dan komputer sebagai pengolah data
|
||
51
|
Aplikasi Camera dan handycam untuk video pendidikan
|
||
52
|
Aplikasi E-mail dan daya dukung pendidikan
|
||
53
|
Aplikasi Internet komputer dan video live dalam PBM
|
Bumiayu, 1 Oktober 2017
Pengampu Mata Kuliah,
Ket. Isro, M.Ag.
INFO KOMUNIKASI
DOSEN PENGAMPU
Email : Isromag.blogspot.com
Blog : Isromag2@gmail.com
HP : 085215195333
WA :
085322816919
Ket.
1.
Makalah Individu dikumpulkan sebelum UAS Lewat Hard Copy/
CD/Email.
2.
Judul Makalah Individu tidak boleh ditukar dengan mhsw
lain.
3.
Dibuat/diketik sesuai dengan prosedur dan tidak kurang
dari 14 lembar.
4.
Buku referensi bebas yang penting berkaitan.
JUDUL TUGAS PEMBUATAN MAKALAH
YANG DIDISKUSIKAN DAN DIKUMPULKAN *)
NO.
|
JUDUL/TOPIK **)
|
PERTEMUAN
|
PEMAKALAH
NO. ABSEN: ***)
|
KET.
|
1
|
KE-1
|
KE-2
|
1,15,29,43
|
|
2
|
KE-2
|
KE-3
|
2,16,30,44
|
|
3
|
KE-3
|
KE-4
|
3,17,31,45
|
|
4
|
KE-4
|
KE-4
|
4,18,32,46
|
|
5
|
KE-5
|
KE-5
|
5,19,33,47
|
|
6
|
KE-6
|
KE-5
|
6,20,34,48
|
|
7
|
KE-7
|
KE-6
|
7,21,35,49
|
|
8
|
KE-8
|
KE-6
|
8,22,36,50
|
|
9
|
KE-9
|
KE-7
|
9,23,37,51
|
|
10
|
KE-10
|
KE-7
|
10,24,38,52
|
|
11
|
KE-11
|
KE-8
|
11,25,39,53
|
|
12
|
KE-12
|
KE-9
|
12,26,40,54
|
|
13
|
KE-13
|
KE-10
|
13,27,41,55
|
|
14
|
KE-14 &
15
|
KE-11
|
14,28,42,56
|
|
15
|
Mid Semester
|
KE-7
|
Semua MHS****)
|
|
16
|
UAS
|
KE-15
|
Semua MHS****)
|
Ket. :
*) Jika makalah
belum jadi ketika diskusi, cukup membawa konsep saja, makalah harus sudah
diserahkan kepada pengampu mata kuliah paling lambat sebelum semester akhir.
**) Lihat Judul/Topik untuk judul makalah yang ada dalam
lampiran F.
***) Nama pemakalah dapat dilihat dalam Absensi kelas harian,
untuk memudahkan penilaian makalah cantumkan no. Absen dan nama pemakalah ybs.
****) Semester Akhir
(Pertemuan Khusus).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar