SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM (STAI) BREBES
JURUSAN TARBIYAH/PROGDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
(PAI)
Alamat Kampus 2: SMA AN-NURIYAH BUMIAYU BREBES 52273.
SILABUS DAN SATUAN ACARA PERKULIAHAN (SAP)
Mata Kuliah : Pembelajaran Komputer dan Internet-2 (Sem-II/Genap)
Oleh: Isro, M.Ag.
A. Sasaran
Mata Kuliah ini didesain
untuk memahami, mengenal, mengadakan analisis kritis terhadap seluk-beluk yang
berkaitan dengan “Pembelajaran Komputer dan Internet”. Dengan demikian, mahasiswa akan mampu: 1). Memperluas,
memahami konsep dan pengertian Komputer dan Internet. 2). Mengerti dan memahami
perkembangan Komputer dan Internet 3).
Mengerti dan memahami ruang lingkup serta karakteristik Komputer dan Internet yang digunakan dalam pelaksanaan proses
belajar mengajar saat ini.
Mengingat mata kuliah ini
termasuk mata kuliah dasar (MKD), maka kuliah ini hanya bersifat pengantar,
tidak membahas Komputer dan Internet
secara detail. Kuliah ini sekedar memberikan arahan dan pengantar bagi
para mahasiswa untruk mengungkap lebih rinci dan detail terhadap masalah yang
berkaitan dengan Komputer dan Internet . Mahasiswa sendirilah yang nantinya
akan mendalami baik secara mandiri (otodidak) maupun secara kelompok
(kolektif).
B. Sistem Perkuliahan
Perkuliahan ini dilakukan
atas asumsi bahwa mahasiswa adalah sosok individu yang memiliki kemandirian
belajar, karena itu perkuliahan ini pada dasarnya untuk mengaktifkan,
menggairahkan dan meningkatkan kemampuan belajar mandiri. Sehingga untuk
perkuliahan melalui ceramah dikurangi semaksimal mungkin. Sebagai gantinya
mahasiswa diarahkan untuk mendiskusikan dan mempraktekan tema-tema yang ada
secara serius.
Untuk itu, maka diwajibkan
kepada masing-masing mahasiswa (baik secara perorangan atau group) menulis satu
makalah/paper untuk dipresentasikan. Dan makalah tersebut hendaknya dibuat
rangkap/digandakan secukupnya (untuk peserta dan pengampu mata kuliah).
Makalah/paper tersebut selanjutnya dipresentasikan paling lama 15 menit untuk
selanjutnya didiskusikan di dalam ruang kuliah dengan tertib.
C. Sistem Penilaian
1. Absensi/partisipasi kelas (kehadiran dan
kontribusi pemikiran dalam diskusi 25 %.
2. Makalah (presentasi dan revisi) 15 %
3. Tugas Mandiri (sesuai situasi dan kondisi)
15 %.
4. Mid semester 20 %.
5. Ujian akhir 25 %.
D. Cara Penulisan Paper/Makalah
Makalah/Paper yang ditulis harus mengikuti
prosedur sebagai berikut:
- Pendahuluan (suatu problem/masalah
yang akan dijawab/dibahas).
- Pengertian (sub-sub yang akan dibahas
harus dijelaskan secara singkat).
- Pembahasan (jawaban
problem/pembahasan dari literatur/buku-buku).
- Analisis/argumentasi (jawaban yang
diutarakan sebagai orisinalitas pandangan dari penulis makalah/paper yang
bersangkutan).
- Kesimpulan/penutup (bukan ringkasan
makalah/paper, melainkan ulasan singkat mengenai problem solving terhadap
masalah yang ada.
- Bentuk penulisan: a). Memakai font 12
(TNR) atau Tahoma 11 juga calibri 11.
b. Margin kanan kiri ukuran standar. c. Bila ada kutipan gunakan
cakak (foot note bukan body note atau end note).
- Referensi (mengenai data buku; judul,
pengarang, tahun, penerbit, cetakan, penerjemah).
- Makalah Individu dikumpulkan dalam
bentuk hard copy atau Soft Copy CD
atau dikirim lewat e-mail: isromag2@gmail.com paling lambat sampai Ujian Akhir Semester (UAS).
E. Manajemen Waktu Kuliah
Waktu perkuliahan setiap
pertemuan untuk alokasi waktu 60/100 menit, dengan perincian sebagai berikut:
1. Preparasi 5/10
menit
2. Presentasi makalah/paper 10/20
menit
3. Tanya Jawab 30/40
menit
4. Masukan pengampu mata kuliah 15/30 menit
F. Ragam Tema diskusi (Silaby)
Lihat lampiran
G.
Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah ini
merupakan mata kuliah yang diberikan pada program S-1 PAI. Selesai
mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan memahami pentingnya Pembelajaran komputer dan Internet
bagi dunia pendidikan. Perkuliahan ini juga mengkaji pemanfaatan komputer
dan internet dalam pembelajaran di sekolah. Pelaksanaan kuliah menggunakan
pendekatan ekspositori dalam bentuk ceramah, tanya jawab dan demonstrasi yang dilengkapi dengan penggunaan lab komputer, infocus/LCD dan
pendekatan inkuiri yaitu penyelesaian tugas
penyusunan dan penyajian makalah, diskusi dan pemecahan masalah, observasi. Dan Tahap penguasaan mahasiswa selain evaluasi
melalui UTS dan UAS juga evaluasi terhadap
tugas mandiri, penyajian dan
diskusi.
H. Tujuan Akhir Perkuliahan
Selesai mengikuti perkuliahan ini mahasiswa dapat
memahami pentingnya pembelajaran komputer, menganalisis manfaat pembelajaran
komputer dalam dunia pendidikan, mengetahui prosedur pemilihan dan pengembangan
pembelajaran komputer, menguasai beberapa program aplikasi untuk pengembangan
pembelajaran komputer, dan mampu memanfaatkan internet untuk berbagai tujuan
pendidikan.
I. Deskripsi isi
Dalam perkuliahan ini dibahas pentingnya
pembelajaran komputer dalam kehidupan sehari-hari, pengaruh pembelajaran
komputer, pengenalan komponen-komponen komputer, prosedur, pemilihan dan
pengembangan program pembelajaran komputer, pengembangan program
pembelajaran berbasis program multimedia dalam dunia pendidikan. Perkuliahan ini juga mengkaji pemanfaatan
internet dalam pembelajaran di
sekolah.
J. Pendekatan
Pembelajaran (Ekspositori
dan inkuiri)
1.
Metode: ceramah, tanya jawab, demonstrasi,
diskusi, pemecahan masalah dan praktek
pengembangan program media.
2. Tugas
: makalah, penyajian dan diskusi, produksi program pembelajaran komputer
3.
Media : OHP, LCD, Modul, Buku, WEB.
K. Evaluasi
1.
Kehadiran
2.
Makalah
3.
Penyajian dan diskusi
4. UTS
5. UAS
J. Penutup
Panduan ini disusun dengan
harapan dapat menjadi acuan proses perkuliahan Komputer dan Internet dan juga dapat berfungsi sebagai jembatan
untuk mencapai tujuan akhir dari perkuliahan ini.
Bumiayu, 22 Februari 2018
Pengampu Mata Kuliah,
Isro, M.Ag.
PEMBELAJARAN KOMPUTER DAN INTERNET-II
Rincian materi perkuliahan tiap pertemuan
Pertemuan 1 :
Orientasi perkuliahan
Pertemuan 2 : Aplikasi Words dan
Paper/makalah/Skripsi, dll.
Pertemuan 3 : Aplikasi Words dan File JPG, Scane, dan
sejenisnya.
Pertemuan 4 : Aplikasi Excel dalam Tabel dan Olah
Data Nilai/Evaluasi Score Nilai.
Pertemuan 5 : Aplikasi Converter file sebagai alat
bantu pengolah file/data
Pertemuan 6 : Aplikasi note book/laptop store atau
Play Store sbg Alat Bantu Multimedia
Pertemuan 7 : Aplikasi Power Point dan View LCD
Pertemuan 8 : Aplikasi Electronic Mail sebagai Media Pembelajaran.
Pertemuan 9 : Blog sebagai Media Pembelajaran
Pertemuan 10 : Web dan Searching Data.
Pertemuan 11 : Aplikasi Soft Ware Penting untuk Pembelajaran
Pertemuan 12 : Aplikasi Arabic Pad dalam Ms. Words.
Pertemuan 13 : Aplikasi Al-Qur’an digital dalam Ms.words.
Pertemuan 14 : Aplikasi Panggil data/File yang
Terhapus/Hilang(Recuva).
Pertemuan 15 : Aplikasi Kamus
Indonesia/Inggris/Arab off line/on line.
Referensi
1. Anderson, Ronald H. (1993). Pemilihan dan
Pengembangan Media untuk Pembelajaran. Jakarta:
Universitas Terbuka dan PT Raja Grafindo Persada Chandra (2003).
2.
Photoshop 7.0 untuk Orang Awam. Palembang : CV.
Maxikom. Giles, David (2003).
3.
Hamalik, Oemar (1986). Media Pendidikan. Bandung :
Alumni.
4.
Kadir, Abdul (2003). Pengenalan Sistem Informasi.
Yogyakarta : Andi.
5.
Pribadi, B.A, dkk (2008). Komputer dalam Kegiatan
Pengembangan Anak Usia Dini (Modul).
6.
Suarna, Nana (2005). Pedoman Praktikum Microsoft
Office. Bandung: Yrana Widuya.
7.
Sudjana, N., Rivai, A(1997) Teknologi Pengajaran.
Bandung : Sinar Baru
8.
Tim Litbang Wahana Komputer (1999). Desain Grafis
dengan Corel Draw 8.0. Yogyakarta: Andi.
9. Tim Litbang Wahana Komputer (2004). Pembuatan
Animasi dengan Macromedia Director MX.
2004. Yogyakarta : Andi.
10.
Isro,
(2012) Diktat Pengenalan Internet, Ms. Words, Ms. Power Point, Dll,
Unpublished.
JUDUL TUGAS
PEMBUATAN MAKALAH
Individu Yang Dikumpulkan Pra UAS Lewat Cd/Email/Hard
Copy.
NO. Absen
|
NAMA
|
JUDUL PAPER
|
KET.
|
|
1
|
|
Aplikasi Words
|
dan PRL
|
Min 14 Lbr
|
2
|
|
Aplikasi excel
|
dan PRL
|
Min 14 Lbr
|
3
|
|
Aplikasi Converter Video
audio
|
dan PRL
|
Min 14 Lbr
|
4
|
|
Aplikasi adobe photoshop
|
dan PRL
|
Min 14 Lbr
|
5
|
|
Aplikasi Corel Draw
|
dan PRL
|
Min 14 Lbr
|
6
|
|
Aplikasi powerpoint
|
dan PRL
|
Min 14 Lbr
|
7
|
|
Facebook
|
dan PRL
|
Min 14 Lbr
|
8
|
|
What’s Up
|
dan PRL
|
Min 14 Lbr
|
9
|
|
BBM
|
dan PRL
|
Min 14 Lbr
|
10
|
|
Email
|
dan PRL
|
Min 14 Lbr
|
11
|
|
Instagram
|
dan PRL
|
Min 14 Lbr
|
12
|
|
Koneksi Wifi
|
dan PRL
|
Min 14 Lbr
|
13
|
|
Internet Iatellite
|
dan PRL
|
Min 14 Lbr
|
14
|
|
TV Satelit
|
dan PRL
|
Min 14 Lbr
|
15
|
|
TV Cable
|
dan PRL
|
Min 14 Lbr
|
16
|
|
TV UHF/VHF
|
dan PRL
|
Min 14 Lbr
|
17
|
|
Internet DVB Card/Grabbing
|
dan PRL
|
Min 14 Lbr
|
18
|
|
Koneksi LAN
|
dan PRL
|
Min 14 Lbr
|
19
|
|
Koneksi WAN
|
dan PRL
|
Min 14 Lbr
|
20
|
|
Fiber Optic
|
dan PRL
|
Min 14 Lbr
|
21
|
|
Provider Layanan Internet
|
dan PRL
|
Min 14 Lbr
|
22
|
|
Plasdish/MMC/Hardisk
External
|
dan PRL
|
Min 14 Lbr
|
23
|
|
Modem internet
|
dan PRL
|
Min 14 Lbr
|
24
|
|
Saluran internet 2G/5G
Radio
|
dan PRL
|
Min 14 Lbr
|
25
|
|
Saluran 2G GPRS/Edge/Hsdp
|
dan PRL
|
Min 14 Lbr
|
26
|
|
Saluran 3G
|
dan PRL
|
Min 14 Lbr
|
27
|
|
Saluran 4G
|
dan PRL
|
Min 14 Lbr
|
28
|
|
Satelit Palapa
|
dan PRL
|
Min 14 Lbr
|
29
|
|
Satelite Telkom
|
dan PRL
|
Min 14 Lbr
|
30
|
|
Satelit Brisat
|
dan PRL
|
Min 14 Lbr
|
31
|
|
Satelit Cakrawalta
|
dan PRL
|
Min 14 Lbr
|
32
|
|
Infra Red dan Bluetooth
|
dan PRL
|
Min 14 Lbr
|
33
|
|
Processor Pentium 3,4,Core,
dll.
|
dan PRL
|
Min 14 Lbr
|
34
|
|
CCTV digital
|
dan PRL
|
Min 14 Lbr
|
35
|
|
Lampu LED
|
dan PRL
|
Min 14 Lbr
|
36
|
|
Era Digital dan Komputer
|
dan PRL
|
Min 14 Lbr
|
37
|
|
Komputer Multidimensi
|
dan PRL
|
Min 14 Lbr
|
38
|
|
Note book/Laptop
|
dan PRL
|
Min 14 Lbr
|
39
|
|
OS Android/Aple/symbian
|
dan PRL
|
Min 14 Lbr
|
40
|
|
LCD
|
dan PRL
|
Min 14 Lbr
|
41
|
|
LD,VCD, DVD
|
dan PRL
|
Min 14 Lbr
|
42
|
|
Power bank USB
|
dan PRL
|
Min 14 Lbr
|
43
|
|
Mini Player/Mp3 Player
|
dan PRL
|
Min 14 Lbr
|
44
|
|
Bahaya Game/Game Online
|
dan PRL
|
Min 14 Lbr
|
45
|
|
Anti Virus Komputer
|
dan PRL
|
Min 14 Lbr
|
46
|
|
SMS Banking/Banking Net
|
dan PRL
|
Min 14 Lbr
|
47
|
|
Finger Print/Face Print,
dll
|
dan PRL
|
Min 14 Lbr
|
Bumiayu, 22 Februari 2018
Pengampu Mata Kuliah,
Ket. Isro, M.Ag.
Ket.
1. Makalah Individu
dikumpulkan sebelum UAS Lewat Hard Copy/ CD/Email.
2. Judul Makalah Individu
tidak boleh ditukar dengan mhsw lain.
3. Dibuat/diketik sesuai
dengan prosedur dan tidak kurang dari 14 lembar.
4. Buku referensi bebas yang
penting berkaitan.
MATERI MATKUL K+I-II
No.
|
Pokok Bahasan
|
Kel Diskusi
|
Tapka
|
1
|
Aplikasi Words dan
Paper/makalah/Skripsi, dll.
|
1
|
2
|
2
|
Aplikasi Words dan File JPG,
Scane, dan sejenisnya.
|
2
|
3
|
3
|
Aplikasi Excel dalam Tabel dan
Olah Data Nilai/Evaluasi Score Nilai.
|
3
|
4
|
4
|
Aplikasi Converter file sebagai
alat bantu pengolah file/data
|
4
|
5
|
5
|
Aplikasi note book/laptop store
atau Play Store sbg Alat Bantu Multimedia
|
5
|
6
|
6
|
Aplikasi Power Point dan View LCD
|
6
|
7
|
7
|
Aplikasi Electronic Mail sebagai
Media Pembelajaran.
|
7
|
8
|
8
|
Blog sebagai Media Pembelajaran.
|
8
|
9
|
9
|
Web dan Searching Data.
|
9
|
10
|
10
|
Aplikasi Soft Ware Penting
untuk Pembelajaran
|
10
|
11
|
11
|
Aplikasi Arabic Pad dalam Ms.
Words.
|
11
|
12
|
12
|
Aplikasi Al-Qur’an digital dalam
Ms.words.
|
12
|
13
|
13
|
Aplikasi Panggil data/File yang
Terhapus/Hilang(Recuva).
|
13
|
14
|
14
|
Aplikasi Kamus
Indonesia/Inggris/Arab off line/on
line.
|
14
|
15
|
Makalah Kelompok harus sudah dikonsep ketika diskusi kelas berlangsung…!
Makalah Individu diserahkan kepada dosen pengampu paling lambat ketika
UAS.
Bumiayu, 22 Februari 2018
Pengampu,
Isro.M.Ag.
PEMBAGIAN JUDUL KELOMPOK DISKUSI KELAS-A/B
No
|
Nama
|
Kel Diskusi
|
Topik Ke-
|
Tapka
|
1.
|
|
1
|
1
|
2
|
2.
|
|
2
|
2
|
3
|
3.
|
|
3
|
3
|
4
|
4.
|
|
4
|
4
|
5
|
5.
|
|
5
|
5
|
6
|
6.
|
|
6
|
6
|
7
|
7.
|
|
7
|
7
|
8
|
8.
|
|
8
|
8
|
9
|
9.
|
|
9
|
9
|
10
|
10.
|
|
10
|
10
|
11
|
11.
|
|
11
|
11
|
12
|
12.
|
|
12
|
12
|
13
|
13.
|
|
13
|
13
|
14
|
14.
|
|
14
|
14
|
15
|
15.
|
|
1
|
1
|
2
|
16.
|
|
2
|
2
|
3
|
17.
|
|
3
|
3
|
4
|
18.
|
|
4
|
4
|
5
|
19.
|
|
5
|
5
|
6
|
20.
|
|
6
|
6
|
7
|
21.
|
|
7
|
7
|
8
|
22.
|
|
8
|
8
|
9
|
23.
|
|
9
|
9
|
10
|
24.
|
|
10
|
10
|
11
|
25.
|
|
11
|
11
|
12
|
26.
|
|
12
|
12
|
13
|
27.
|
|
13
|
13
|
14
|
28.
|
|
14
|
14
|
15
|
29.
|
|
1
|
1
|
2
|
30.
|
|
2
|
2
|
3
|
31.
|
|
3
|
3
|
4
|
32.
|
|
4
|
4
|
5
|
33.
|
|
5
|
5
|
6
|
34.
|
|
6
|
6
|
7
|
35.
|
|
7
|
7
|
8
|
36.
|
|
8
|
8
|
9
|
37.
|
|
9
|
9
|
10
|
38.
|
|
10
|
10
|
11
|
39.
|
|
11
|
11
|
12
|
40.
|
|
12
|
12
|
13
|
41.
|
|
13
|
13
|
14
|
42.
|
|
14
|
14
|
15
|
43.
|
|
1
|
1
|
2
|
44.
|
|
2
|
2
|
3
|
45.
|
|
3
|
3
|
4
|
46.
|
|
4
|
4
|
5
|
47.
|
|
5
|
5
|
6
|
Bumiayu, 22 Februari 2018
Pengampu,
Isro.M.Ag.
Ket:
Bila mau konsultasi bias via
email: Isromag2@gmail.com
Judul Tugas individu dan
kelompok dapat dilihat dalam Blog: Isromag.blogspot.com
HP.0852-1519-5333 / WA: 085322816919
Tidak ada komentar:
Posting Komentar