SEJARAH PENDIDIKAN ISLAM INDONESIA (SPII)
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM (STAI) BREBES
JURUSAN TARBIYAH/PROGDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI)
SEMESTER VI (GENAP) TA.2021/2022
Alamat Kampus 3: TEGONG PURBANALA BUMIAYU BREBES
JAWA-TENGAH 52273.
SILABUS SEJARAH PENDIDIKAN ISLAM
INDONESIA (SPII) SEM-VI 2022.
Isro, M.Ag.
1. |
Pengertian SPII , Obyek
SPII dan Kegunaan mempelajari SPII |
2. |
Sejarah Masuknya Pendidikan Islam ke Indonesia.
(Peta penyebaran, cara dan para pengajar/pendidik Agama Islamdi Indonesia,
serta pengaruh terhadap Pendididkan di nusantara. |
3. |
Pendidikan Islam di Indonesia pada masa awal (surau
/ langgar, masjid, pondok, pesantren) |
4. |
Pendidikan Islam pada masa Kerajaan Islam di
Sumatra, Sejarah, Pembawa dan model Penyebaranya. |
5. |
Pendidikan Islam pada masa Kerajaan Islam di Jawa,
Sejarah, Pembawa dan model Penyebaranya. |
6. |
Pendidikan Islam pada masa Kerajaan Islam di
Sulawesi, Sejarah, Pembawa dan model Penyebaranya. |
7. |
Pendidikan Islam pada masa Kerajaan Islam di Nusa
Tenggara, Sejarah, Pembawa dan model Penyebaranya. |
8. |
Pendidikan Islam pada masa Kerajaan Islam di
Kalimantan, Sejarah, Pembawa dan model Penyebaranya. |
9. |
Pendidikan Islam pada masa Kerajaan Islam di Maluku,
Sejarah, Pembawa dan model Penyebaranya. |
10. |
Organisasi Keagamaan (Muhammadiyah, NU, Al Irsyad,
Jamiatul Khir, dll) perannya dalam pengembangan pendidikan Islam di Indonesia |
11. |
Pengaruh penjajahan Belanda dan Jepang dalam
perjalanan pendidikan Islam di Indonesia |
12. |
Pengaruh kemerdekaan terhadap perjalanan pendidikan
Islam (bentuk, isi, sifat, dll ) |
13. |
Pendidikan Islam pada masa Orde Baru (ciri, bentuk,
peran pemerintah) |
14. |
Perkembangan pendidikan Islam pada masa modernitas
(bentuk, isi materi, kelembagaan, dll ) |
15. |
UTS |
16. |
UAS |
REFERENSI
1. Mahmud Junus, Sejarah Pendidikan
Islam di Indonesia (Buku Wajib)
2. Zuhairini, Sejarah Pendidikan Islam.
3. Busyairi Madjidi, Sejarah Pendidikan Islam.
4. I. Djumhur, Sejarah Pendidikan Islam.
5. Muhammad Athiyah al-Abrasyi, Sejarah
Pendidikan Islam.
6. Mahmudah, Sejarah Pendidikan Islam.
7. Dan semua refernsi yang mendukung.
Bumiayu, 18 Februari 2022
Pengampu,
Isro. S.Ag, S.Pd.Kkt, M.Ag.
PEMBAGIAN JUDUL INDIVIDU MATKUL SPII KELAS-A/B
NO |
NAMA |
JUDUL INDIVIDU |
|
1. |
Pendidikan Islam di Minangkabau |
RLdan Kajian Analisis Kritis |
|
2. |
Pendidikan Islam di Jambi |
RLdan Kajian Analisis Kritis |
|
3. |
Pendidikan Islam di Aceh |
RLdan Kajian Analisis Kritis |
|
4. |
Pendidikan Islamdi sumsel |
RLdan Kajian Analisis Kritis |
|
5. |
Pendidikan Islamdi Sumut |
RLdan Kajian Analisis Kritis |
|
6. |
Pendidikan Islam di Jombang |
RLdan Kajian Analisis Kritis |
|
7. |
Pendidikan Islam di Mataram |
RLdan Kajian Analisis Kritis |
|
8. |
Pendidikan Islam di Yogyakarta |
RLdan Kajian Analisis Kritis |
|
9. |
Pendidikan Islam di demak |
RLdan Kajian Analisis Kritis |
|
10. |
Pendidikan Islam di Madiun |
RLdan Kajian Analisis Kritis |
|
11. |
Pendidikan Islamdi Surakarta |
RLdan Kajian Analisis Kritis |
|
12. |
Pendidikan Islam di Majalengka |
RLdan Kajian Analisis Kritis |
|
13. |
Pendidikan Islam di Cirebon |
RLdan Kajian Analisis Kritis |
|
14. |
Pendidikan Islam di Sukabumi |
RLdan Kajian Analisis Kritis |
|
15. |
Pendidikan Islam di Bandung |
RLdan Kajian Analisis Kritis |
|
16. |
Pendidikan Islam di Tasikmalaya |
RLdan Kajian Analisis Kritis |
|
17. |
Pendidikan Islam di Ciamis |
RLdan Kajian Analisis Kritis |
|
18. |
Pendidikan Islam di Bogor |
RLdan Kajian Analisis Kritis |
|
19. |
Pendidikan Islam di Benda |
RLdan Kajian Analisis Kritis |
|
20. |
Pendidikan Islam di Jakarta |
RLdan Kajian Analisis Kritis |
|
21. |
Pendidikan Islam di NTT |
RLdan Kajian Analisis Kritis |
|
22. |
Pendidikan Islam di NTB |
RLdan Kajian Analisis Kritis |
|
23. |
Pendidikan Islam di Kaltim |
RLdan Kajian Analisis Kritis |
|
24. |
Pendidikan Islam diKalteng |
RLdan Kajian Analisis Kritis |
|
25. |
Pendidikan Islam diKalbar |
RLdan Kajian Analisis Kritis |
|
26. |
Pendidikan Islam di Kalsel |
RLdan Kajian Analisis Kritis |
|
27. |
Pendidikan Islam di Bone |
RLdan Kajian Analisis Kritis |
|
28. |
Pendidikan Islam di Pare-pare |
RLdan Kajian Analisis Kritis |
|
29. |
Pendidikan Islam di Bugis |
RLdan Kajian Analisis Kritis |
|
30. |
Pendidikan Islam di Poso |
RLdan Kajian Analisis Kritis |
|
31. |
MOI syekh HN. Thaib Umar |
RLdan Kajian Analisis Kritis |
|
32. |
MOI syekh KH. Hasyim Asy |
RLdan Kajian Analisis Kritis |
|
33. |
MOI syekh KH.Ahmad Dahl. |
RLdan Kajian Analisis Kritis |
|
34. |
MOI syekh Cokroaminoto |
RLdan Kajian Analisis Kritis |
|
35. |
MOI syekh KHA Halim |
RLdan Kajian Analisis Kritis |
|
36. |
MOI syekh HM. Asád Bugis |
RLdan Kajian Analisis Kritis |
|
37. |
MOI syekh Ky. Munawir |
RLdan Kajian Analisis Kritis |
|
38. |
MOI syekh Musthofa Bisri |
RLdan Kajian Analisis Kritis |
|
39. |
MOI Nahdlatul Ulama |
RLdan Kajian Analisis Kritis |
|
40. |
MOI Muhammadiyah |
RLdan Kajian Analisis Kritis |
|
41. |
MOI Persis |
RLdan Kajian Analisis Kritis |
|
42. |
MOI Perti dan SI |
RLdan Kajian Analisis Kritis |
|
43. |
MOI Al-Irsyad |
RLdan Kajian Analisis Kritis |
|
44. |
MOI Jamíyah al-Wasliyah |
RLdan Kajian Analisis Kritis |
|
45. |
MOI PUI |
RLdan Kajian Analisis Kritis |
|
46. |
PST Paruwatan Brebes |
RLdan Kajian Analisis Kritis |
|
47. |
PST Bustan Bangbayang |
RLdan Kajian Analisis Kritis |
|
48. |
PST Manarotul Huda Bangbayang |
RLdan Kajian Analisis Kritis |
|
49. |
PST At-Tibyan Laren |
RLdan Kajian Analisis Kritis |
|
50. |
PST al-Mu’alim Tegong |
RLdan Kajian Analisis Kritis |
|
51. |
|
PST An-Nuriyah Bumiayu |
RLdan Kajian Analisis Kritis |
52. |
|
PST Al-Hidayah Purwokerto |
RLdan Kajian Analisis Kritis |
53. |
|
PST Al-Amin Purwokerto |
RLdan Kajian Analisis Kritis |
54. |
|
PST Subulasalam Parasi |
RLdan Kajian Analisis Kritis |
55. |
|
PST Nurul HudaBantarkawung |
RLdan Kajian Analisis Kritis |
56. |
|
PST Manonjaya Tasikmalaya |
RLdan Kajian Analisis Kritis |
57. |
|
PST Cipasung Tasikmalaya |
RLdan Kajian Analisis Kritis |
Bumiayu, 18 Februari 2022
Pengampu,
Isro. S.Ag, S.Pd.Kkt, M.Ag.
MATERI MATKUL SPII
No. |
Pokok Bahasan |
Kel Diskusi |
Tapka |
1 |
Pengertian SPII, Obyek SPII, dan Kegunaan mempelajari
SPII |
1 |
2 |
2 |
Sejarah Masuknya Pendidikan Islam ke Indonesia. (Peta penyebaran, cara
dan para pengajar/pendidik Agama Islamdi Indonesia, serta pengaruh terhadap
Pendididkan di nusantara. |
2 |
3 |
3 |
Pendidikan Islam di Indonesia pada masa awal (surau / langgar, masjid,
pondok, pesantren) |
3 |
4 |
4 |
Pendidikan Islam pada masa Kerajaan Islam di Sumatra, Sejarah, Pembawa
dan model Penyebaranya. |
4 |
5 |
5 |
Pendidikan Islam pada masa Kerajaan Islam di Jawa, Sejarah, Pembawa dan
model Penyebaranya. |
5 |
6 |
6 |
Pendidikan Islam pada masa Kerajaan Islam di Sulawesi, Sejarah, Pembawa
dan model Penyebaranya. |
6 |
7 |
7 |
Pendidikan Islam pada masa Kerajaan Islam di Nusa Tenggara, Sejarah,
Pembawa dan model Penyebaranya. |
7 |
8 |
8 |
Pendidikan Islam pada masa Kerajaan Islam di Kalimantan, Sejarah, Pembawa
dan model Penyebaranya. |
8 |
9 |
9 |
Pendidikan Islam pada masa Kerajaan Islam di Maluku, Sejarah, Pembawa dan
model Penyebaranya. |
9 |
10 |
10 |
Organisasi Keagamaan (Muhammadiyah, NU, Al Irsyad, Jamiatul Khir, dll)
perannya dalam pengembangan pendidikan Islam di Indonesia |
10 |
11 |
11 |
Pengaruh penjajahan Belanda dan Jepang dalam perjalanan pendidikan Islam
di Indonesia |
11 |
12 |
12 |
Pengaruh kemerdekaan terhadap perjalanan pendidikan Islam (bentuk, isi,
sifat, dll ) |
12 |
13 |
13 |
Pendidikan Islam pada masa Orde Baru (ciri, bentuk, peran pemerintah) |
13 |
14 |
14 |
Perkembangan pendidikan Islam pada masa modernitas (bentuk, isi materi,
kelembagaan, dll ) |
14 |
15 |
Makalah Kelompok harus sudah dikonsep
ketika diskusi kelas berlangsung…!
Makalah Individu diserahkan kepada
pengampu makul paling lambat ketika UAS.
Bumiayu, 18 Februari 2022
Pengampu,
Isro. S.Ag, S.Pd.Kkt, M.Ag.
PEMBAGIAN JUDUL KELOMPOK DISKUSI DAN
TAPKA SPII KELAS-A
NO |
NAMA |
KEL DISKUSI |
TOPIK KE- |
TAPKA |
1. |
1 |
1 |
2 |
|
2. |
2 |
2 |
3 |
|
3. |
3 |
3 |
4 |
|
4. |
4 |
4 |
5 |
|
5. |
5 |
5 |
6 |
|
6. |
6 |
6 |
7 |
|
7. |
7 |
7 |
8 |
|
8. |
8 |
8 |
9 |
|
9. |
9 |
9 |
10 |
|
10. |
10 |
10 |
11 |
|
11. |
11 |
11 |
12 |
|
12. |
12 |
12 |
13 |
|
13. |
13 |
13 |
14 |
|
14. |
14 |
14 |
15 |
|
15. |
1 |
1 |
2 |
|
16. |
2 |
2 |
3 |
|
17. |
3 |
3 |
4 |
|
18. |
4 |
4 |
5 |
|
19. |
5 |
5 |
6 |
|
20. |
6 |
6 |
7 |
|
21. |
7 |
7 |
8 |
|
22. |
8 |
8 |
9 |
|
23. |
9 |
9 |
10 |
|
24. |
10 |
10 |
11 |
|
25. |
11 |
11 |
12 |
|
26. |
12 |
12 |
13 |
|
27. |
13 |
13 |
14 |
|
28. |
14 |
14 |
15 |
|
29. |
1 |
1 |
2 |
|
30. |
2 |
2 |
3 |
|
31. |
3 |
3 |
4 |
|
32. |
4 |
4 |
5 |
|
33. |
5 |
5 |
6 |
|
34. |
6 |
6 |
7 |
|
35. |
7 |
7 |
8 |
|
36. |
8 |
8 |
9 |
|
37. |
9 |
9 |
10 |
|
38. |
10 |
10 |
11 |
|
39. |
11 |
11 |
12 |
|
40. |
12 |
12 |
13 |
|
41. |
13 |
13 |
14 |
|
42. |
14 |
14 |
15 |
|
43. |
1 |
1 |
2 |
|
44. |
2 |
2 |
3 |
|
45. |
3 |
3 |
4 |
|
46. |
4 |
4 |
5 |
|
47. |
5 |
5 |
6 |
|
48. |
6 |
6 |
7 |
|
49. |
7 |
7 |
8 |
|
50. |
8 |
8 |
9 |
Bumiayu, 18 Februari 2022
Pengampu,
Isro. S.Ag, S.Pd.Kkt, M.Ag.
Ket:
Bila mau konsultasi bias via
email: Isromag2@gmail.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar