Kamis, 15 September 2022

Sylabus Pembelajaran Komputer dan Internet 2022.

 

SEKOLAH TINGGI ILMU TARBIYAH (STIT) BREBES

JURUSAN TARBIYAH/PROGDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI)

Kampus 3: PONPES KH. MU’ALIM TEGPONG PURBANALA BUMIAYU BREBES 52273.

 

 


SILABUS  DAN SATUAN ACARA PERKULIAHAN (SAP)

Mata Kuliah : Pembelajaran Komputer dan Internet

Oleh: Isro, M.Ag.

 

 

A.    Sasaran

Mata Kuliah ini didesain untuk memahami, mengenal, mengadakan analisis kritis terhadap seluk-beluk yang berkaitan dengan “Pembelajaran Komputer dan Internet”. Dengan demikian, mahasiswa akan mampu: 1). Memperluas, memahami konsep dan pengertian Komputer dan Internet. 2). Mengerti dan memahami perkembangan Komputer dan Internet  3). Mengerti dan memahami ruang lingkup serta karakteristik Komputer dan Internet  yang digunakan dalam pelaksanaan proses belajar mengajar saat ini.

Mengingat mata kuliah ini termasuk mata kuliah dasar (MKD), maka kuliah ini hanya bersifat pengantar, tidak membahas Komputer dan Internet  secara detail. Kuliah ini sekedar memberikan arahan dan pengantar bagi para mahasiswa untruk mengungkap lebih rinci dan detail terhadap masalah yang berkaitan dengan Komputer dan Internet . Mahasiswa sendirilah yang nantinya akan mendalami baik secara mandiri (otodidak) maupun secara kelompok (kolektif).

 

B.     Sistem Perkuliahan

Perkuliahan ini dilakukan atas asumsi bahwa mahasiswa adalah sosok individu yang memiliki kemandirian belajar, karena itu perkuliahan ini pada dasarnya untuk mengaktifkan, menggairahkan dan meningkatkan kemampuan belajar mandiri. Sehingga untuk perkuliahan melalui ceramah dikurangi semaksimal mungkin. Sebagai gantinya mahasiswa diarahkan untuk mendiskusikan dan mempraktekan tema-tema yang ada secara serius.

Untuk itu, maka diwajibkan kepada masing-masing mahasiswa (baik secara perorangan atau group) menulis satu makalah/paper untuk dipresentasikan. Dan makalah tersebut hendaknya dibuat rangkap/digandakan secukupnya (untuk peserta dan pengampu mata kuliah). Makalah/paper tersebut selanjutnya dipresentasikan paling lama 15 menit untuk selanjutnya didiskusikan di dalam ruang kuliah dengan tertib.

 

C.    Sistem Penilaian

1.    Absensi/partisipasi kelas (kehadiran dan kontribusi pemikiran dalam diskusi 25 %.

2.    Makalah (presentasi dan revisi) 15 %

3.    Tugas Mandiri (sesuai situasi dan kondisi) 15 %.

4.    Mid semester 20 %.

5.    Ujian akhir 25 %.

 

D.    Cara Penulisan Paper/Makalah

Makalah/Paper yang ditulis harus mengikuti prosedur sebagai berikut:

  1. Pendahuluan (suatu problem/masalah yang akan dijawab/dibahas).
  2. Pengertian (sub-sub yang akan dibahas harus dijelaskan secara singkat).
  3. Pembahasan (jawaban problem/pembahasan dari literatur/buku-buku).
  4. Analisis/argumentasi (jawaban yang diutarakan sebagai orisinalitas pandangan dari penulis makalah/paper yang bersangkutan).
  5. Kesimpulan/penutup (bukan ringkasan makalah/paper, melainkan ulasan singkat mengenai problem solving terhadap masalah yang ada.
  6. Bentuk penulisan: a). Memakai font 12 (TNR) atau Tahoma 11 juga calibri 11.  b. Margin kanan kiri ukuran standar. c. Bila ada kutipan gunakan cakak (foot note bukan body note atau end note).
  7. Referensi (mengenai data buku; judul, pengarang, tahun, penerbit, cetakan, penerjemah).
  8. Makalah Individu dikumpulkan dalam bentuk hard copy atau  Soft Copy CD atau dikirim lewat e-mail: isromag2@gmail.com paling lambat sampai ujian tengah Semester (UTS).

 

E.     Manajemen Waktu Kuliah

Waktu perkuliahan setiap pertemuan untuk alokasi waktu 60/100 menit, dengan perincian sebagai berikut:

1.    Preparasi                                                                        5/10 menit

2.    Presentasi makalah/paper                                               10/20 menit

3.    Tanya Jawab                                                                  30/40 menit

4.    Masukan pengampu mata kuliah                                   15/30 menit

 

F.     Ragam Tema diskusi (Silaby)

Lihat lampiran

 

G.    Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah yang diberikan pada program S-1 PAI. Selesai mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan memahami pentingnya Pembelajaran komputer dan Internet bagi dunia pendidikan. Perkuliahan ini juga mengkaji pemanfaatan komputer dan internet dalam pembelajaran di sekolah. Pelaksanaan kuliah menggunakan pendekatan ekspositori dalam bentuk ceramah, tanya jawab dan demonstrasi yang dilengkapi dengan penggunaan lab komputer, infocus/LCD dan pendekatan inkuiri yaitu penyelesaian tugas penyusunan dan penyajian makalah, diskusi dan pemecahan masalah, observasi. Dan  Tahap penguasaan mahasiswa selain evaluasi melalui UTS dan UAS juga evaluasi terhadap tugas mandiri, penyajian dan diskusi.

 

H.    Tujuan Akhir Perkuliahan

Selesai mengikuti perkuliahan ini mahasiswa dapat memahami pentingnya pembelajaran komputer, menganalisis manfaat pembelajaran komputer dalam dunia pendidikan, mengetahui prosedur pemilihan dan pengembangan pembelajaran komputer, menguasai beberapa program aplikasi untuk pengembangan pembelajaran komputer, dan mampu memanfaatkan internet untuk berbagai tujuan pendidikan.

 

I.       Deskripsi isi

Dalam perkuliahan ini dibahas pentingnya pembelajaran komputer dalam kehidupan sehari-hari, pengaruh pembelajaran komputer, pengenalan komponen-komponen komputer, prosedur, pemilihan dan pengembangan program pembelajaran komputer, pengembangan program pembelajaran berbasis program multimedia dalam dunia pendidikan. Perkuliahan ini juga mengkaji pemanfaatan internet dalam pembelajaran di sekolah.

 

J. Pendekatan Pembelajaran (Ekspositori dan inkuiri)

1.    Metode: ceramah, tanya jawab, demonstrasi, diskusi, pemecahan masalah dan praktek pengembangan program media.

2.    Tugas : makalah, penyajian dan diskusi, produksi program pembelajaran komputer

3.    Media : OHP, LCD, Modul, Buku, WB.

 

K. Evaluasi

1.    Kehadiran

2.    Makalah

3.    Penyajian dan diskusi

4.    UTS

5.    UAS

 

J.      Penutup

Panduan ini disusun dengan harapan dapat menjadi acuan proses perkuliahan Komputer dan Internet  dan juga dapat berfungsi sebagai jembatan untuk mencapai tujuan akhir dari perkuliahan ini.

 

 Bumiayu, 1 Septeember 2022

 Pengampu Mata Kuliah,

 

 

Isro, M.Ag.

 

 

PEMBELAJARAN KOMPUTER DAN INTERNET

Rincian materi perkuliahan tiap pertemuan

 

Pertemuan 1 : Orientasi perkuliahan

Pertemuan 2 : Pengaruh Komputer dan Internet dalam segala Bidang (Teori).

Pertemuan 3 : Komponen-komponen komputer (Hardware dan Software) (Teori).

Pertemuan 4 : Prosedur Pemilihan Program Pembelajaran Komputer dan Internet(Teori).

Pertemuan 5 : Prosedur Pengembangan Program Pembelajaran Komputer dan Internet(Teori).

Pertemuan 6 : Aplikasi Word Processor (Microsoft Word) dalam Pembelajaran (Teori).

Pertemuan 7 : Aplikasi Word Processor (Microsoft Word) dalam Pembelajaran(Praktek).

Pertemuan 8 : Aplikasi Program Presentasi (Microsoft Excel) dalam Pembelajaran (Teori).

Pertemuan 9 : Aplikasi Program Presentasi (Microsoft Excel) dalam Pembelajaran (Praktek).

Pertemuan 10 : Pengembangan program pembelajaran komputer menggunakan Microsoft Power Point (Teori).

Pertemuan 11 : Pengembangan program pembelajaran komputer menggunakan Microsoft Power Point (Praktek).

Pertemuan 12 : Aplikasi Program Multimedia dalam Pembelajaran (Teori).

Pertemuan 13 : Aplikasi Program Multimedia dalam Pembelajaran (Praktek).

Pertemuan 14 : Pemanfaatan Internet dalam Pembelajaran(Teori).

Pertemuan 15 : Pengembangan program pembelajaran komputer untuk anak menggunakan Program Multimedia Adobe Photoshop dan Corel Draw(Teori).

 

Referensi

1.         Anderson, Ronald (2021). Pemilihan dan Pengembangan Media untuk Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka dan PT Raja Grafindo Persada Chandra

2.         Giles, David (2019).Photoshop 7.0 untuk Orang Awam. Palembang : CV. Maxikom.

3.         Hamalik, Oemar (2018). Media Pendidikan. Bandung : Alumni.

4.         Kadir, Abdul (2009). Pengenalan Sistem Informasi. Yogyakarta : ANDI.

5.         Pribadi, B.A, dkk (2020). Komputer dalam Kegiatan Pengembangan Anak Usia Dini (Modul).

6.         Suarna, Nana (2015). Pedoman Praktikum Microsoft Office. Bandung: Yrana Widuya.

7.         Sudjana, N., Rivai, A (2017) Teknologi Pengajaran. Bandung : Sinar Baru

8.         Tim Litbang Wahana Komputer (1999). Desain Grafts dengan Corel Draw 8.0. Yogyakarta: ANDI.

9.         Tim Litbang Wahana Komputer (2017). Pembuatan Animasi dengan Macromedia Director MX. Yogyakarta : ANDI.

10.     Isro, (2018) Diktat Pengenalan Internet, Ms. Words, Ms. Power Point, Dll, Unpublished.

 

JUDUL TUGAS PEMBUATAN MAKALAH

Individu Yang Dikumpulkan Pra UAS Lewat Cd/Email/Hard Copy.

NO. Absen

NAMA

JUDUL PAPER

KET.

1

 

Pengertian Komputer dan Internet

 

2

 

Landasan teoritis penggunaan Komputer

 

3

 

Landasan teoritis penggunaan Internet

 

4

 

Fungsi dan manfaat Komputer pendidikan

 

5

 

Pengenalan internet

 

6

 

Pemilihan program internet

 

7

 

Pemilihan program komputer

 

8

 

Aplikasi Ms. Word dalam pendidikan

 

9

 

Aplikasi Ms. Power Point dalam pendidikan

 

10

 

Aplikasi Corel Draw dalam pendidikan

 

11

 

Media berbasis  komputer

 

12

 

Pemanfaatan komputer sebagai sumber belajar

 

13

 

Evaluasi pembelajaran dengan internet

 

14

 

komputer pendidikan dan proses belajar mengajar

 

15

 

Jenis dan karakteristik internet

 

16

 

Aplikasi internet dan rancangan

 

17

 

Penyusunan dan perancangan Internet pendidikan

 

18

 

Tujuan dan penggunaan Komputer pendidikan

 

19

 

Analisis kebutuhan Internet dan komputer

 

20

 

Strategi pemanfaatan komputer sebagai alat bantu

 

21

 

Persiapan sebelum menggunakan Internet

 

22

 

Perbedaan aplikasi komputer pendidikan

 

23

 

Aplikasi Plash disk, MMC, Dll

 

24

 

Aplikasi Hard disk

 

25

 

Aplikasi LCD

 

26

 

Aplikasi E-mail

 

27

 

Aplikasi Jejaring sosial

 

28

 

Aplikasi Web pendidikan

 

29

 

Aplikasi Televisi berbasis internet

 

30

 

Aplikasi media komputer-lcd-program

 

31

 

Tataletak penempatan LCD di kelas

 

32

 

Aplikasi program player di laptop/notebook

 

33

 

Aplikasi media komputer dalam PBM di kelas

 

34

 

Aplikasi video youtube dalam pembelajaran

 

35

 

Kreatifitas pengolahan program komputer

 

36

 

Keterbatasan komputer dalam pendidikan

 

37

 

Faktor pendukung media komputer

 

38

 

Faktor penghambat  media komputer

 

39

 

Penyimpanan media pendidikan

 

40

 

Memodifikasi program words untuk PBM

 

41

 

Keterkaitan internet pendidikan

 

42

 

Minat, respon siswa terhadap komputer

 

43

 

Hubungan metode dan media komputer

 

44

 

Pemanfaatan televisi edukasi  dalam internet

 

45

 

Pemanfaatan berita surat kabar dalam internet

 

46

 

Pemanfaatan searcher google dalam pendidikan

 

47

 

Pemanfaatan searcher yahoo dalam pendidikan

 

48

 

Pemanfaatan searcher youtube video pendidikan

 

49

 

Pemanfaatan jejaring sosial dalam pendidikan

 

50

 

Fungsi internet dan komputer sebagai pengolah data

 

51

 

Aplikasi Camera dan handycam untuk video pendidikan

 

52

 

Aplikasi E-mail dan daya dukung pendidikan

 

53

 

Aplikasi Internet komputer dan video live dalam PBM

 

 

Bumiayu, 1 September 2022

Pengampu Mata Kuliah,

 

Ket.                                                                                         Isro, M.Ag.

Ket.

1. Makalah Individu dikumpulkan sebelum UAS Lewat Soft/Hard Copy/ CD/Email.

2. Judul Makalah Individu tidak boleh ditukar dengan mhsw lain.

3. Dibuat/diketik sesuai dengan prosedur dan tidak kurang dari 14  lembar.

4. Buku referensi bebas yang penting berkaitan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar