Jumat, 16 September 2022

SYLABUS SKI MA 2022

PANDUAN PERKULIAHAN MP SKI DI MA TA 2021/2022 SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM (STAI) BREBES JURUSAN TARBIYAH/PROGDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KAMPUS-3: PONPES KH. MU’ALIM TEGONG PURBANALA BUMIAYU BREBES 52273. PANDUAN PERKULIAHAN MP SKI DI MA Pengampu: Isro, M.Ag. A. Sasaran Mata Kuliah ini didesain untuk memahami, mengenal, mengadakan analisis kritis terhadap seluk-beluk yang berkaitan dengan “Sejarah Kebudayaan Islam sebagai mata pelajaran yang diberikan di MA”. Dengan demikian, mahasiswa akan mampu: Memahami dengan benar tentang Sejarah Kebudayaan Islam Pasca Nabi SAW, Sejarah Kebudayaan Islam di Indonesia dari sebelum kedatangan Islam, Sejarah masuknya Islam, dan sejarah Masuk dan berkembangnya Islam ke berbagai Pulau di Indonesia. Mengingat mata kuliah ini termasuk mata kuliah dasar khusus (MKDK), maka kuliah ini hanya bersifat pengantar, tidak membahas Sejarah Kebudayaan Islam secara detail. Kuliah ini sekedar memberikan arahan dan pengantar bagi para mahasiswa untruk mengungkap lebih rinci dan detail terhadap masalah yang berkaitan dengan materi Sejarah Kebudayaan Islam sebagai MP yang diberikan di MA. Mahasiswa sendirilah yang nantinya akan mendalami baik secara mandiri (otodidak) maupun secara kelompok (kolektif). B. Sistem Perkuliahan Perkuliahan ini dilakukan atas asumsi bahwa mahasiswa adalah sosok individu yang memiliki kemandirian belajar, karena itu perkuliahan ini pada dasarnya untuk mengaktifkan, menggairahkan dan meningkatkan kemampuan belajar mandiri. Sehingga untuk perkuliahan melalui ceramah dikurangi semaksimal mungkin. Sebagai gantinya mahasiswa diarahkan untuk mendiskusikan tema-tema yang ada secara serius. Untuk itu, maka diharuskan kepada masing-masing mahasiswa (baik secara perorangan atau group) membuat sebuah makalah/paper untuk dipresentasikan. Dan makalah tersebut hendaknya dicopy secukupnya (sejumlah peserta diskusi dalam kelas). Makalah/paper tersebut selanjutnya dipresentasikan paling lama 10 menit untuk selanjutnya didiskusikan di dalam ruang kuliah dengan tertib. Adapun makalah yang didiskusikan tidak perlu diserahkan kepada pengampu mata kuliah. Selain membuat makalah/paper yang didiskusikan, juga membuat makalah/paper secara individu sebagai tugas akhir dengan judul terlampir yang harus diserahkan kepada dosen pengampu sebelum UAS dalam bentuk soft copy dan dikirim lewat e-mail isromag2@gmail.com atau diserahkan dalam bentuk CD/DVD. C. Sistem Penilaian 1. Absensi/partisipasi kelas (kehadiran dan kontribusi pemikiran dalam diskusi 25 %. 2. Makalah (presentasi dan revisi) 15 % 3. Tugas Mandiri (sesuai situasi dan kondisi) 15 %. 4. Mid semester 20 %. 5. Ujian akhir 25 %. D. Cara Penulisan Paper/Makalah Makalah/Paper yang ditulis dan diserahkan kepada pengampu mata kuliah harus mengikuti prosedur sebagai berikut: 1. Pendahuluan (suatu problem/masalah yang akan dijawab/dibahas). 2. Pengertian (sub-sub yang akan dibahas harus dijelaskan secara singkat). 3. Pembahasan (jawaban problem/pembahasan dari literatur/buku-buku). 4. Analisis/argumentasi (jawaban yang diutarakan sebagai orisinalitas pandangan dari penulis makalah/paper yang bersangkutan). 5. Kesimpulan/penutup (bukan ringkasan makalah/paper, melainkan ulasan singkat mengenai problem solving terhadap masalah yang ada. 6. Bentuk penulisan: a). Menggunakan office dalam format Word dan memakai font TNR-12, Calibri-12 atau Tahoma-11. b. Margin kanan kiri ukuran standar. c. Bila ada kutipan gunakan cakak (foot note bukan body note atau end note). 7. Referensi (mengenai data buku; judul, pengarang, tahun, penerbit, cetakan, penerjemah). E. Manajemen Waktu Kuliah Waktu perkuliahan setiap pertemuan untuk alokasi waktu 60/100 menit, dengan perincian sebagai berikut: 1. Preparasi 5/10 menit 2. Presentasi makalah/paper 10/20 menit 3. Tanya Jawab 30/40 menit 4. Masukan pengampu mata kuliah 15/30 menit F. Ragam Tema diskusi (Silaby) Lihat lampiran G. Penutup Panduan ini disusun dengan harapan dapat menjadi acuan proses perkuliahan Sejarah Kebudayaan Islam Di MA, dan juga dapat berfungsi sebagai jembatan untuk mencapai tujuan akhir dari perkuliahan ini. Bumiayu, 1 September 2022 Pengampu Mata Kuliah, Isro, M.Ag. Lampiran F. SILABI MP SKI DI MA DISKRIPSI MATA KULIAH : Mata Kuliah ini meliputi kajian tentang : Tentang Sejarah Kebudayaan Islam Islam Pasca Rasulullah, Sejarah Kebudayaan Islam Islam di Indonesia dari sebelum kedatangan Islam, Sejarah masuknya Islam, dan sejarah Masuk dan berkembangnya Islam ke berbagai Pulau di Indonesia. TOPIK BAHASAN SKI PASCA RASULULLAH SAW. DI TIMUR DAN BARAT 1. Sejarah Islam Pada Masa Bani Umayah 2. Sejarah Islam pada Masa bani Abasiyah 3. Runtuhnya Islam Kerajaan Andalusia dan pengaruhnya terhadap peradaban Islam. 4. Perang Salib 5. Kebangkitan Bangsa Barat. (penemuan Iptek, tumbuhnya kekuatan Barat dan ekspansi ke daerah lain). 6. Kebangkitan dunia Islam. (Modernisasi dan revitalisasi) SKI DI INDONESIA 7. Indonesia sebelum kedatangan Islam. (Kehidupan bangsa Indonesia dan agama yang dianut sebelum datangnya Islam). 8. Sejarah Masuknya Islam ke Indonesia. (Peta penyebaran, cara dan pembawanya, serta Akulturasi antara pengaruh kebudayaan Islam dengan non Islam). 9. Sejarah Masuknya Islam dan perkembangannya (strategi penyebarannya) ke pulau-pulau di Indonesia. 10. Kerajaan Islam di Sumatera. (Samudera Pasai dan Aceh), Kerajaan Islam di Jawa. (Demak, Pajang, Banten dan Mataram), Kerajaan Islam di Kalimantan. (Sukadana, Brunai / kalimantan utara, Banjar / kalimantan Selatan), Kerajaan Islam di Sulawesi. (Goa Tallo, Makasar), Kerajaan Islam di Pulau Maluku dan Nusa Tenggara. 11. Indonesia di bawah penjajahan Belanda. 12. Kebangkitan Islam di Indonesia. (sebab timbulnya, tokoh-tokohnya, dan daerah-daerahnya), dan Peranan Umat Islam dalam Proklamasi Kemerdekaan. 13. Keadaan Islam di Indonesia sebagai negara berdasar pancasila, negara aneka suku dan agama, aneka budaya dan adat istiadat, serta sikap tasamuh/toleransi antar agama. 14. Gerakan dan usaha persatuan dunia Islam. (organisasi Islam International dan kerjasama antar negeri Islam). 15. Gerakan Pembaharuan dalam dalam dunia Islam (Gerakan Wahabi dan pan Islamisme). --------0000------- JUDUL TUGAS PEMBUATAN MAKALAH YANG DIDISKUSIKAN*) NO. JUDUL/TOPIK **) PERTEMUAN PEMAKALAH NO. ABSEN: ***) KET. 1 KE-1 KE-2 1,14,27,40 2 KE-2 KE-3 2,15,28,41 3 KE-3 KE-4 3,16,29,42 4 KE-4 KE-5 4,17,30,43 5 KE-5 KE-6 5,18,31,44 6 KE-6 KE-7 6,19,32,45 7 KE-7 KE-8 7,20,33,46 8 UTS KE-9 Semua MHS 9 KE-8 KE-10 8,21,34,47 10 KE-9 KE-11 9,22,35,48 11 KE-10 KE-12 10,23,36,49 12 KE-11 KE-13 11,24,37,50 13 KE-12,14 KE-14 12,25,38,51 14 KE-13,15 KE-15 13,26,39,52 15 UAS KE-16 Semua MHS Ket. : *) Jika makalah belum jadi ketika diskusi, cukup membawa konsep saja, dan diskusi tetap berlangsung dengan tertib. **) Lihat Judul/Topik untuk judul makalah yang ada dalam lampiran F. ***) Nama pemakalah dapat dilihat dalam Absensi kelas harian/pembagian nomor absen yang disepakati bersama. REFERENSI 1. Nourouzzaman Shiddiqi, Sejarah Kebudayaan Islam. 2. Badri Yatim, Sejarah Peradaban Islam 3. M. Noor Matdawam, Sejarah Kebudayaan Islam. 4. Ahmad Syalaby, Sejarah Kebudayaan Islam. 5. Ahmad Hasyimi, Sejarah Kebudayaan Islam. 6. Muhtar yahya, Bangsa Arab sebelum Islam. 7. Nourouzzaman Shiddiqi, Tamaddun Muslim. 8. Ebrahim Dkk, Islam dalam Masyarakat kontemporer. 9. Prodjodikoro, Pengantar Ilmu Tauhid. 10. Buku paket SKI untuk MA. 11. Dan semua refernsi yang mendukung. -------000000----- JUDUL TUGAS RESEARCH INDIVIDU YANG DIKUMPULKAN SEBELUM UAS DALAM BENTUK SOFT COPY YANG DIKIRIM KE E-MAIL ATAU DISERAHKAN DALAM BENTUK CD/HARD COPY Kelas-A/B : NO. MP SKI MA MATERI PELAJARAN 1. Enquiry-Discovery Learning Sejarah Islam Pada Masa Bani Umayah 2. Expository Learning Sejarah Islam pada Masa bani Abasiyah 3. Mastery Learning Runtuhnya Islam Kerajaan Andalusia dan pengaruhnya terhadap peradaban Islam. 4. Pemberian Tugas Dan Resitasi Perang Salib 5. Metode Diskusi Kebangkitan Bangsa Barat. (penemuan Iptek, tumbuhnya kekuatan Barat dan ekspansi ke daerah lain). 6. Pendekatan Proses Kebangkitan dunia Islam. (Modernisasi dan revitalisasi) 7. Inquiry Approach/Penemuan Indonesia sebelum kedatangan Islam. (Kehidupan bangsa Indonesia dan agama yang dianut sebelum datangnya Islam). 8. Kerja Kelompok Siswa Sejarah Masuknya Islam ke Indonesia. (Peta penyebaran, cara dan pembawanya, serta Akulturasi antara pengaruh kebudayaan Islam dengan non Islam). 9. Experiment Sejarah Masuknya Islam dan perkembangannya (strategi penyebarannya) ke pulau-pulau di Indonesia. 10. Tanya Jawab Kerajaan Islam di Sumatera. (Samudera Pasai dan Aceh). 11. Study Tour/Karyawisata Kerajaan Islam di Jawa. (Demak, Pajang, Banten dan Mataram). 12. Studi Individual Kerajaan Islam di Kalimantan. (Sukadana, Brunai / kalimantan utara, Banjar / kalimantan Selatan). 13. Metode Klasikal Kerajaan Islam di Sulawesi. (Goa Tallo, Makasar), 14. Humanistic Education Kerajaan Islam di Pulau Maluku dan Nusa Tenggara (NTT/NTB) 15. CBSA 1. Indonesia di bawah penjajahan Belanda. 16. Aplikasi Perpustakaan Kebangkitan Islam di Indonesia. (sebab timbulnya, tokoh-tokohnya, dan daerah-daerahnya). 17. Audiovisual Peranan Umat Islam dalam Proklamasi Kemerdekaan. 18. Re-Inforcement Keadaan Islam di Indonesia sebagai negara berdasar pancasila, negara aneka suku dan agama, aneka budaya dan adat istiadat, serta sikap tasamuh/toleransi antar agama. 19. Mass Media Gerakan dan usaha persatuan dunia Islam. (organisasi Islam International dan kerjasama antar negeri Islam). 20. Bahan/Materials Gerakan Pembaharuan dalam dalam dunia Islam (Gerakan Wahabi dan pan Islamisme) 21. Simulasi Masa Kemunduran (Bangsa mongol dan dinasti Khan, serangan timur lenk, dan dinasti mamalik Mesir). 22. Alam Lingkungan Terbuka Kerajaan Utsmani dan Safawi di Persia. 23. Pengajaran Modul Kerajaan Mughal di India. 24. Cerita/Sejarah/Peninggalan Renaisans di Eropa. 25. Media Pendidikan Pusat peradaban Islam di Baghdad Irak 26. Pendekatan Educatif Pusat peradaban Islam di Kairo Mesir 27. Pendekatan Emosional Pusat peradaban Islam di Isfahan Persia 28. Pendekatan Pengalaman Pusat peradaban Islam di Istambul Turki 29. Pendekatan Pembiasaan Pusat peradaban Islam di Delhi India 30. Pendekatan Rasional Pusat peradaban Islam di Andalus (Spanyol). 31. Pendekatan Fungsional Pusat peradaban Islam di Samarkand-Bukhara (Transoxania) 32. Pendekatan Keagamaan Khilafah rasyidah 33. Pendekatan Kebermaknaan Dinasti yang memerdekakan diri dari Baghdad 34. Metode Proyek Sebab-sebab kemunduran kekholifahan bani Abbas 35. Metode Sosiodrama Penjajahan Barat terhadap Islam di anak benua India dan Asia. 36. Metode Demontrasi Politik Islam Hindia Belanda 37. Metode Problem Solving Format Islam Jawa (Priyayi, santri dan abangan) 38. Metode Tanya Jawab Kultur Islam jawa dan kedekatannya dengan Gugon tuhon, khurafat, tahayul dan mistis. 39. Metode Drill Asimilasi, akulturasi dan penetrasi antara Islam dan budaya jawa lama (budaya animisme, dinamisme/hindu, budha). 40. Metode CL/CTL Terusan Suez dan andilnya dalam kemajuan Islam dan dampak negatif bagi dunia Timur. Ket. : Soft hasil Research copy diketik dengan Apl. Word dan dikirim lewat e-mail : isromag2@gmail.com atau diserahkan dalam bentuk CD/DVD. Bumiayu, 1 September 2022. Pengampu Mata Kuliah, Isro, M.Ag.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar