SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM
(STAI) BREBES
JURUSAN TARBIYAH/PROGDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI)
Kampus 3: PONPES KH. MU’ALIM TEGPONG PURBANALA
BUMIAYU BREBES 52273.
|
SILABUS DAN SATUAN ACARA
PERKULIAHAN (SAP)
Mata Kuliah : Pembelajaran Komputer dan
Internet
Oleh: Isro, M.Ag.
A. Sasaran
Mata
Kuliah ini didesain untuk memahami, mengenal, mengadakan analisis kritis
terhadap seluk-beluk yang berkaitan dengan “Pembelajaran Komputer dan
Internet”. Dengan demikian, mahasiswa akan mampu: 1). Memperluas, memahami
konsep dan pengertian Komputer dan Internet. 2). Mengerti dan memahami
perkembangan Komputer dan Internet 3). Mengerti dan memahami ruang
lingkup serta karakteristik Komputer dan Internet yang digunakan
dalam pelaksanaan proses belajar mengajar saat ini.
Mengingat
mata kuliah ini termasuk mata kuliah dasar (MKD), maka kuliah ini hanya
bersifat pengantar, tidak membahas Komputer dan Internet secara
detail. Kuliah ini sekedar memberikan arahan dan pengantar bagi para mahasiswa
untruk mengungkap lebih rinci dan detail terhadap masalah yang berkaitan dengan
Komputer dan Internet . Mahasiswa sendirilah yang nantinya akan mendalami baik
secara mandiri (otodidak) maupun secara kelompok (kolektif).
B. Sistem Perkuliahan
Perkuliahan
ini dilakukan atas asumsi bahwa mahasiswa adalah sosok individu yang memiliki
kemandirian belajar, karena itu perkuliahan ini pada dasarnya untuk
mengaktifkan, menggairahkan dan meningkatkan kemampuan belajar mandiri.
Sehingga untuk perkuliahan melalui ceramah dikurangi semaksimal mungkin.
Sebagai gantinya mahasiswa diarahkan untuk mendiskusikan dan mempraktekan
tema-tema yang ada secara serius.
Untuk
itu, maka diwajibkan kepada masing-masing mahasiswa (baik secara perorangan
atau group) menulis satu makalah/paper untuk dipresentasikan. Dan makalah
tersebut hendaknya dibuat rangkap/digandakan secukupnya (untuk peserta dan
pengampu mata kuliah). Makalah/paper tersebut selanjutnya dipresentasikan
paling lama 15 menit untuk selanjutnya didiskusikan di dalam ruang kuliah
dengan tertib.
C. Sistem Penilaian
1. Absensi/partisipasi
kelas (kehadiran dan kontribusi pemikiran dalam diskusi 25 %.
2. Makalah
(presentasi dan revisi) 15 %
3. Tugas
Mandiri (sesuai situasi dan kondisi) 15 %.
4. Mid
semester 20 %.
5. Ujian
akhir 25 %.
D. Cara Penulisan Paper/Makalah
Makalah/Paper yang
ditulis harus mengikuti prosedur sebagai berikut:
1. Pendahuluan (suatu problem/masalah yang akan
dijawab/dibahas).
2. Pengertian (sub-sub yang akan dibahas harus
dijelaskan secara singkat).
3. Pembahasan (jawaban problem/pembahasan dari
literatur/buku-buku).
4. Analisis/argumentasi (jawaban yang diutarakan
sebagai orisinalitas pandangan dari penulis makalah/paper yang bersangkutan).
5. Kesimpulan/penutup (bukan ringkasan
makalah/paper, melainkan ulasan singkat mengenai problem solving terhadap
masalah yang ada.
6. Bentuk penulisan: a). Memakai font 12 (TNR)
atau Tahoma 11 juga calibri 11. b. Margin kanan kiri ukuran standar.
c. Bila ada kutipan gunakan cakak (foot note bukan body note atau end note).
7. Referensi (mengenai data buku; judul,
pengarang, tahun, penerbit, cetakan, penerjemah).
8. Makalah Individu dikumpulkan dalam bentuk hard
copy atau Soft Copy CD atau dikirim lewat e-mail: isromag2@gmail.com paling lambat sampai ujian tengah Semester
(UTS).
E. Manajemen Waktu Kuliah
Waktu
perkuliahan setiap pertemuan untuk alokasi waktu 60/100 menit, dengan perincian
sebagai berikut:
1. Preparasi 5/10
menit
2. Presentasi
makalah/paper 10/20
menit
3. Tanya
Jawab 30/40
menit
4. Masukan
pengampu mata
kuliah 15/30
menit
F. Ragam Tema diskusi (Silaby)
Lihat lampiran
G. Deskripsi Mata Kuliah
Mata
kuliah ini merupakan mata kuliah yang diberikan pada program
S-1 PAI. Selesai mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan
memahami pentingnya Pembelajaran komputer dan Internet bagi
dunia pendidikan. Perkuliahan ini juga mengkaji
pemanfaatan komputer dan internet dalam pembelajaran di sekolah.
Pelaksanaan kuliah menggunakan pendekatan ekspositori dalam bentuk
ceramah, tanya jawab dan demonstrasi yang dilengkapi dengan
penggunaan lab komputer, infocus/LCD dan pendekatan inkuiri yaitu
penyelesaian tugas penyusunan dan penyajian makalah, diskusi dan pemecahan
masalah, observasi. Dan Tahap penguasaan mahasiswa selain evaluasi
melalui UTS dan UAS juga evaluasi terhadap tugas mandiri, penyajian
dan diskusi.
H. Tujuan
Akhir Perkuliahan
Selesai
mengikuti perkuliahan ini mahasiswa dapat memahami pentingnya pembelajaran
komputer, menganalisis manfaat pembelajaran komputer dalam dunia pendidikan,
mengetahui prosedur pemilihan dan pengembangan pembelajaran komputer, menguasai
beberapa program aplikasi untuk pengembangan pembelajaran komputer, dan mampu
memanfaatkan internet untuk berbagai tujuan pendidikan.
I. Deskripsi isi
Dalam
perkuliahan ini dibahas pentingnya pembelajaran komputer dalam kehidupan
sehari-hari, pengaruh pembelajaran komputer, pengenalan komponen-komponen
komputer, prosedur, pemilihan dan pengembangan program pembelajaran
komputer, pengembangan program pembelajaran berbasis program
multimedia dalam dunia pendidikan. Perkuliahan ini juga mengkaji
pemanfaatan internet dalam pembelajaran di sekolah.
J. Pendekatan Pembelajaran (Ekspositori dan inkuiri)
1. Metode:
ceramah, tanya jawab, demonstrasi, diskusi, pemecahan masalah dan praktek
pengembangan program media.
2. Tugas
: makalah, penyajian dan diskusi, produksi program pembelajaran komputer
3. Media
: OHP, LCD, Modul, Buku, WB.
K. Evaluasi
1. Kehadiran
2. Makalah
3. Penyajian
dan diskusi
4. UTS
5. UAS
J. Penutup
Panduan
ini disusun dengan harapan dapat menjadi acuan proses perkuliahan Komputer dan
Internet dan juga dapat berfungsi sebagai jembatan untuk mencapai
tujuan akhir dari perkuliahan ini.
Bumiayu, 15 Septeember 2023
Pengampu Mata Kuliah,
Isro, M.Ag.
PEMBELAJARAN KOMPUTER DAN INTERNET
Rincian materi perkuliahan tiap pertemuan
Pertemuan 1 : Orientasi perkuliahan
Pertemuan 2 : Pengaruh Komputer dan Internet
dalam segala Bidang.
Pertemuan 3 : Komponen-komponen komputer
(Hardware dan Software).
Pertemuan 4 : Prosedur Pemilihan Program
Pembelajaran Komputer dan Internet.
Pertemuan 5 : Prosedur Pengembangan Program
Pembelajaran Komputer dan Internet.
Pertemuan 6 : Aplikasi Word Processor (Microsoft
Word) dalam Pembelajaran.
Pertemuan 7 : Aplikasi Excel Processor
(Microsoft Excel) dalam Pembelajaran.
Pertemuan 8 : Aplikasi Program Presentasi
(Microsoft Power Point) dalam Pembelajaran.
Pertemuan 9 : Penerapan Audio File dalam
Pembelajaran.
Pertemuan 10 : Penerapan video File dalam
Pembelajaran.
Pertemuan 11 : Penerapan Image/picture File
dalam Pembelajaran.
Pertemuan 12 : Kombinasi Audio, Video dan
Image/picture File dalam pembelajaran.
Pertemuan 13 : Aplikasi Program Multimedia
dalam Pembelajaran.
Pertemuan 14 : Pemanfaatan Internet dalam
Pembelajaran.
Pertemuan 15 : Pengembangan program
pembelajaran komputer untuk anak menggunakan Program Multimedia Adobe Photoshop.
Referensi
1.
Anderson,
Ronald (2021). Pemilihan dan Pengembangan Media untuk
Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka dan PT Raja Grafindo
Persada Chandra
2.
Giles,
David (2019).Photoshop 7.0 untuk Orang Awam. Palembang : CV. Maxikom.
3.
Hamalik, Oemar (2018).
Media Pendidikan. Bandung : Alumni.
4.
Kadir, Abdul (2009).
Pengenalan Sistem Informasi. Yogyakarta : ANDI.
5.
Pribadi, B.A, dkk (2020).
Komputer dalam Kegiatan Pengembangan Anak Usia Dini (Modul).
6.
Suarna, Nana (2015).
Pedoman Praktikum Microsoft Office. Bandung: Yrana Widuya.
7.
Sudjana, N., Rivai,
A (2017) Teknologi Pengajaran. Bandung : Sinar Baru
8.
Tim Litbang Wahana
Komputer (1999). Desain Grafts dengan Corel Draw 8.0. Yogyakarta: ANDI.
9.
Tim Litbang Wahana
Komputer (2017). Pembuatan Animasi dengan Macromedia
Director MX. Yogyakarta : ANDI.
10.
Isro, (2018) Diktat
Pengenalan Internet, Ms. Words, Ms. Power Point, Dll, Unpublished.
JUDUL TUGAS PEMBUATAN MAKALAH
Individu Yang Dikumpulkan Pra UAS Lewat Cd/Email/Hard Copy.
NO.
Absen |
NAMA |
JUDUL
PAPER |
KET. |
1 |
|
Pengertian Komputer dan Internet |
|
2 |
|
Landasan teoritis penggunaan
Komputer |
|
3 |
|
Landasan teoritis penggunaan
Internet |
|
4 |
|
Fungsi dan manfaat Komputer
pendidikan |
|
5 |
|
Pengenalan internet |
|
6 |
|
Pemilihan program internet |
|
7 |
|
Pemilihan program komputer |
|
8 |
|
Aplikasi Ms. Word dalam pendidikan |
|
9 |
|
Aplikasi Ms. Power Point dalam
pendidikan |
|
10 |
|
Aplikasi Corel Draw dalam
pendidikan |
|
11 |
|
Media berbasis komputer |
|
12 |
|
Pemanfaatan komputer sebagai
sumber belajar |
|
13 |
|
Evaluasi pembelajaran dengan
internet |
|
14 |
|
komputer pendidikan dan proses
belajar mengajar |
|
15 |
|
Jenis dan karakteristik internet |
|
16 |
|
Aplikasi internet dan rancangan |
|
17 |
|
Penyusunan dan perancangan
Internet pendidikan |
|
18 |
|
Tujuan dan penggunaan Komputer
pendidikan |
|
19 |
|
Analisis kebutuhan Internet dan
komputer |
|
20 |
|
Strategi pemanfaatan komputer
sebagai alat bantu |
|
21 |
|
Persiapan sebelum menggunakan
Internet |
|
22 |
|
Perbedaan aplikasi komputer
pendidikan |
|
23 |
|
Aplikasi Plash disk, MMC, Dll |
|
24 |
|
Aplikasi Hard disk |
|
25 |
|
Aplikasi LCD |
|
26 |
|
Aplikasi E-mail |
|
27 |
|
Aplikasi Jejaring sosial |
|
28 |
|
Aplikasi Web pendidikan |
|
29 |
|
Aplikasi Televisi berbasis
internet |
|
30 |
|
Aplikasi media
komputer-lcd-program |
|
31 |
|
Tataletak penempatan LCD di kelas |
|
32 |
|
Aplikasi program player di
laptop/notebook |
|
33 |
|
Aplikasi media komputer dalam PBM
di kelas |
|
34 |
|
Aplikasi video youtube dalam
pembelajaran |
|
35 |
|
Kreatifitas pengolahan program
komputer |
|
36 |
|
Keterbatasan komputer dalam
pendidikan |
|
37 |
|
Faktor pendukung media komputer |
|
38 |
|
Faktor penghambat media
komputer |
|
39 |
|
Penyimpanan media pendidikan |
|
40 |
|
Memodifikasi program words untuk
PBM |
|
41 |
|
Keterkaitan internet pendidikan |
|
42 |
|
Minat, respon siswa terhadap
komputer |
|
43 |
|
Hubungan metode dan media komputer |
|
44 |
|
Pemanfaatan televisi
edukasi dalam internet |
|
45 |
|
Pemanfaatan berita surat kabar
dalam internet |
|
46 |
|
Pemanfaatan searcher google dalam
pendidikan |
|
47 |
|
Pemanfaatan searcher yahoo dalam
pendidikan |
|
48 |
|
Pemanfaatan searcher youtube video
pendidikan |
|
49 |
|
Pemanfaatan jejaring sosial dalam
pendidikan |
|
50 |
|
Fungsi internet dan komputer
sebagai pengolah data |
|
51 |
|
Aplikasi Camera dan handycam untuk
video pendidikan |
|
52 |
|
Aplikasi E-mail dan daya dukung
pendidikan |
|
53 |
|
Aplikasi Internet komputer dan
video live dalam PBM |
|
Bumiayu, 15 September 2023
Pengampu Mata Kuliah,
Ket. Isro,
M.Ag.
Ket.
1. Makalah
Individu dikumpulkan sebelum UAS Lewat Soft/Hard Copy/ CD/Email.
2. Judul Makalah
Individu tidak boleh ditukar dengan mhsw lain.
3. Dibuat/diketik
sesuai dengan prosedur dan tidak kurang dari 14 lembar.
4. Buku referensi
bebas yang penting berkaitan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar