SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM (STAI) BREBES
JURUSAN TARBIYAH/PROGDI PENDIDIKAN AGAMA
ISLAM (PAI)
SEMESTER VI (GENAP) TA.2021/2022
Alamat Kampus
3: TEGONG PURBANALA BUMIAYU BREBES JAWA-TENGAH 52273.
Sylabus Metode
Penelitian Pend. Kuantitatif Sem-VI TA 2021/2022.
Isro, M.AgFakultas : Tarbiyah
Program Studi : PAI
Mata Kuliah : Metode
Penelitian Pend. Kuantitatif
SKS : 2 SKS
Semester : IV (Empat)
Dosen : Isro, M.Ag.
I. Deskripsi
Mata Kuliah
Mata kuliah ini membekali
mahasiswa untuk dapat memahami prinsip metode penelitian kuantitatif dan dapat
menerapkan dalam penelitian empiris, mulai dari menemukan masalah, merumuskan
masalah, mengkaji teori, menyusun instrumen, dan menganalisis data secara
kuantitatif. Mata kuliah ini penting dipahami mahasiswa karena banyak fenomena pendidikan perlu dikaji dengan
pendekatan kuantitatif.
II.
Standar Kompetensi
Mahasiswa mampu memahami
prinsip metode penelitian kuantitatif dan dapat menerapkan dalam penelitian
empiris, mulai dari menemukan masalah, merumuskan masalah, mengkaji teori,
menyusun instrumen, dan menganalisis data secara kuantitatif.
III.
Sumber Bahan
Suharsimi Arikunto, 2014, Prosedur penelitian, Suatu Pendekatan Praktek,
Jakarta: Rineka Cipta
Sutrisno Hadi, 2010, Metodologi research, Jilid 1-2, Yogyakarta: Gajah Mada
Press
Sugiyono, 2017.
Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif
dan R&D. Bandung: Alfabeta
Singarimbun,
Masri., dan Effendi, Sofian., (Eds). 1989. Metode
Penelitian Survai. Edisi Revisi. Jakarta:
LP3ES
Anwar Sutoyo, 2015.
Pemahaman Individu, Observasi, Checklist,
Kuesioner & Sosiometri. Semarang: CV Widya Karya
IV. Skema Pembelajaran
Tapka ke... |
Kompetensi
Dasar |
Materi Pokok |
Kegiatan
Pembelajaran |
|
1 |
Memahami
sistem perkuliahan MK MPPK |
Orientasi Perkuliahan |
Ceramah,
Diskusi, Tanya Jawab |
|
2 |
Memahami cara Memilih masalah |
Memilih masalah |
Ceramah,
Diskusi, Tanya Jawab |
|
3 |
Memahami cara Merumuskan hipotesis |
Merumuskan hipotesis |
Ceramah,
Diskusi, Tanya Jawab |
|
4 |
Memahami cara Memilih pendekatan |
Memilih pendekatan |
Ceramah,
Diskusi, Tanya Jawab |
|
5 |
Memahami cara Menentukan variabel |
Menentukan variabel |
Ceramah,
Diskusi, Tanya Jawab |
|
6 |
Memahami cara Menentukan sumber data |
Menentukan sumber data |
Ceramah,
Diskusi, Tanya Jawab, Tutorial |
|
7 |
UTS |
Terjadwal |
||
8 |
Memahami tentang Metode observasi |
Metode observasi |
Tutorial,
Diskusi |
|
9 |
Memahami tentang Metode Angket |
Metode Angket |
Ceramah,
Diskusi, Tanya Jawab |
|
10 |
Memahami tentang Interview |
Interview |
Ceramah,
Diskusi, Tanya Jawab |
|
11 |
Memahami tentang Tes |
Tes |
Ceramah,
Diskusi, Tanya Jawab |
|
12 |
Memahami tentang Uji Instrumen |
Uji Instrumen |
Ceramah,
Diskusi, Tanya Jawab |
|
13 |
Memahami cara Pengumpulan Data |
Pengumpulan Data |
Ceramah,
Diskusi, Tanya Jawab |
|
14 |
Memahami cara Analisis data |
Analisis data |
Ceramah,
Diskusi, Tanya Jawab |
|
15 |
Memahami cara Menarik kesimpulan |
Menarik kesimpulan |
Ceramah,
Diskusi, Tanya Jawab |
|
16 |
UAS |
Terjadwal |
||
V. Komponen Penilaian
No |
Komponen
Penilaian |
Bobot
(%) |
1 |
Partisipasi
kuliah |
25% |
2 |
Tugas |
25% |
3 |
Ujian tengah
semester |
25% |
4 |
Ujian akhir
semester |
25% |
|
Jumlah |
100 % |
Tugas:
1.
Membuat instrumen (kuesioner/angket/tes/dll) penelitian
2. Membuat
proposal riset kuantitatif
Bumiayu, 18 Februari 2022
Pengampu,
Isro. S.Ag,
S.Pd.Kkt, M.Ag.
PEMBAGIAN
JUDUL INDIVIDU MATKUL MPPK
No. |
Nama Mhs |
Judul Proposal Kuantitatif |
1.
|
|
Riset/research di
MTs (Studi Korelasi) |
2.
|
|
Riset/research di
SMP (Studi Komparasi) |
3.
|
|
Riset/research di
MA (Studi Pengaruh) |
4.
|
|
Riset/research di
SLTA (Studi Eksperimen) |
5.
|
|
Riset/research di
Madin (Studi Kausalitas ) |
6.
|
|
Riset/research di
TPQ/A (Studi Partisipasi ) |
7.
|
|
Riset/research di
MI (Studi Integrasi) |
8.
|
|
Riset/research di
SD (Studi Dinamika ) |
9.
|
|
Riset/research di
Remaja Masjid (Studi Faktor ) |
10.
|
|
Riset/research di
MTs (Studi Korelasi) |
11.
|
|
Riset/research di
SMP (Studi Komparasi) |
12.
|
|
Riset/research di
MA (Studi Pengaruh) |
13.
|
|
Riset/research di
SLTA (Studi Eksperimen) |
14.
|
|
Riset/research di
Madin (Studi Kausalitas ) |
15.
|
|
Riset/research di
TPQ/A (Studi Partisipasi ) |
16.
|
|
Riset/research di
MI (Studi Integrasi) |
17.
|
|
Riset/research di
SD (Studi Dinamika ) |
18.
|
|
Riset/research di
Remaja Masjid (Studi Faktor ) |
19.
|
|
Riset/research di
MTs (Studi Korelasi) |
20.
|
|
Riset/research di
SMP (Studi Komparasi) |
21.
|
|
Riset/research di
MA (Studi Pengaruh) |
22.
|
|
Riset/research di
SLTA (Studi Eksperimen) |
23.
|
|
Riset/research di
Madin (Studi Kausalitas ) |
24.
|
|
Riset/research di
TPQ/A (Studi Partisipasi ) |
25.
|
|
Riset/research di
MI (Studi Integrasi) |
26.
|
|
Riset/research di
SD (Studi Dinamika ) |
27.
|
|
Riset/research di
Remaja Masjid (Studi Faktor ) |
28.
|
|
Riset/research di
MTs (Studi Korelasi) |
29.
|
|
Riset/research di
SMP (Studi Komparasi) |
30.
|
|
Riset/research di
MA (Studi Pengaruh) |
31.
|
|
Riset/research di
SLTA (Studi Eksperimen) |
32.
|
|
Riset/research di
Madin (Studi Kausalitas ) |
33.
|
|
Riset/research di
TPQ/A (Studi Partisipasi ) |
34.
|
|
Riset/research di
MI (Studi Integrasi) |
35.
|
|
Riset/research di
SD (Studi Dinamika ) |
36.
|
|
Riset/research di
Remaja Masjid (Studi Faktor ) |
37.
|
|
Riset/research di
MTs (Studi Korelasi) |
38.
|
|
Riset/research di
SMP (Studi Komparasi) |
39.
|
|
Riset/research di
MA (Studi Pengaruh) |
40.
|
|
Riset/research di
SLTA (Studi Eksperimen) |
41.
|
|
Riset/research di
Madin (Studi Kausalitas ) |
42.
|
|
Riset/research di
TPQ/A (Studi Partisipasi ) |
43.
|
|
Riset/research di
MI (Studi Integrasi) |
44.
|
|
Riset/research di
SD (Studi Dinamika ) |
45.
|
|
Riset/research di
Remaja Masjid (Studi Faktor ) |
46 |
|
Riset/research di SLTA (Studi
Eksperimen) |
47 |
|
Riset/research di
Madin (Studi Kausalitas ) |
48 |
|
Riset/research di
TPQ/A (Studi Partisipasi ) |
49 |
|
Riset/research di MI (Studi
Integrasi) |
50 |
|
Riset/research di SD (Studi
Dinamika ) |
51 |
|
Riset/research di Remaja
Masjid (Studi Faktor ) |
52 |
|
Riset/research di MTs (Studi Korelasi) |
53 |
|
Riset/research di SMP (Studi
Komparasi) |
54 |
|
Riset/research di MA (Studi
Pengaruh) |
55 |
|
Riset/research di
SLTA (Studi Eksperimen) |
56 |
|
Riset/research di
Madin (Studi Kausalitas ) |
57 |
|
Riset/research di
TPQ/A (Studi Partisipasi ) |
58 |
|
Riset/research di MI (Studi
Integrasi) |
59 |
|
Riset/research di SD (Studi
Dinamika ) |
60 |
|
Riset/research di Remaja
Masjid (Studi Faktor ) |
Bumiayu, 18 Februari 2022
Pengampu,
Isro. S.Ag,
S.Pd.Kkt, M.Ag.
MATERI MATKUL MPPK
No. |
Pokok
Bahasan |
Kel
Diskusi |
Tapka |
1 |
Memilih masalah |
1 |
2 |
2 |
Merumuskan hipotesis |
2 |
3 |
3 |
Memilih pendekatan |
3 |
4 |
4 |
Menentukan
variabel |
4 |
5 |
5 |
Menentukan sumber data |
5 |
6 |
6 |
Metode observasi |
6 |
7 |
7 |
Metode Angket |
7 |
8 |
8 |
Interview |
8 |
9 |
9 |
Tes |
9 |
10 |
10 |
Uji Instrumen |
10 |
11 |
11 |
Pengumpulan Data |
11 |
12 |
12 |
Analisis data |
12 |
13 |
13 |
Menarik
kesimpulan |
13 |
14 |
14 |
Kisi-kisi/rekap materi |
14 |
15 |
Makalah Kelompok harus sudah dikonsep ketika
diskusi kelas berlangsung…!
Makalah Individu diserahkan kepada pengampu makul
paling lambat ketika UAS.
Bumiayu, 18 Februari 2022
Pengampu,
Isro. S.Ag,
S.Pd.Kkt, M.Ag.
PEMBAGIAN
JUDUL KELOMPOK DISKUSI
NO |
NAMA |
KEL DISKUSI |
TOPIK KE- |
TAPKA KE- |
1. |
1 |
1 |
2 |
|
2. |
2 |
2 |
3 |
|
3. |
3 |
3 |
4 |
|
4. |
4 |
4 |
5 |
|
5. |
5 |
5 |
6 |
|
6. |
6 |
6 |
7 |
|
7. |
7 |
7 |
8 |
|
8. |
8 |
8 |
9 |
|
9. |
9 |
9 |
10 |
|
10. |
10 |
10 |
11 |
|
11. |
11 |
11 |
12 |
|
12. |
12 |
12 |
13 |
|
13. |
13 |
13 |
14 |
|
14. |
14 |
14 |
15 |
|
15. |
1 |
1 |
2 |
|
16. |
2 |
2 |
3 |
|
17. |
3 |
3 |
4 |
|
18. |
4 |
4 |
5 |
|
19. |
5 |
5 |
6 |
|
20. |
6 |
6 |
7 |
|
21. |
7 |
7 |
8 |
|
22. |
8 |
8 |
9 |
|
23. |
9 |
9 |
10 |
|
24. |
10 |
10 |
11 |
|
25. |
11 |
11 |
12 |
|
26. |
12 |
12 |
13 |
|
27. |
13 |
13 |
14 |
|
28. |
14 |
14 |
15 |
|
29. |
1 |
1 |
2 |
|
30. |
2 |
2 |
3 |
|
31. |
3 |
3 |
4 |
|
32. |
4 |
4 |
5 |
|
33. |
5 |
5 |
6 |
|
34. |
6 |
6 |
7 |
|
35. |
7 |
7 |
8 |
|
36. |
8 |
8 |
9 |
|
37. |
9 |
9 |
10 |
|
38. |
10 |
10 |
11 |
|
39. |
11 |
11 |
12 |
|
40. |
12 |
12 |
13 |
|
41. |
13 |
13 |
14 |
|
42. |
14 |
14 |
15 |
|
43. |
1 |
1 |
2 |
|
44. |
2 |
2 |
3 |
|
45. |
3 |
3 |
4 |
|
46. |
4 |
4 |
5 |
|
47. |
5 |
5 |
6 |
|
48. |
6 |
6 |
7 |
|
49. |
7 |
7 |
8 |
|
50. |
8 |
8 |
9 |
Bumiayu, 18 Februari 2022
Pengampu,
Isro. S.Ag,
S.Pd.Kkt, M.Ag.
Ket:
Bila mau konsultasi bias via email: Isromag2@gmail.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar