Kamis, 31 Januari 2013

10 Cara Murah Turunkan Tekanan Darah



Pepaya dan pisang bisa memenuhi kebutuhan 150 kkal setiap kali snacking time.
"Siapa saja yang memiliki hipertensi harus didorong untuk bekerjasama dengan dokter mereka dan mencoba berbagai hal yang mungkin membantu menurunkan tekanan darah tanpa menggunakan agen farmakologis (obat-obatan)," kata Matthew Burg, PhD, seorang profesor dari Columbia University Medical Center di New York.
Berikut ini adalah 10 cara murah dan alami menurunkan tekanan darah tanpa harus menggunakan obat-obatan :
1. Olahraga
Dengan melakukan olahraga 30 menit sehari, Anda dapat menurunkan tekanan darah secara signifikan, kata Gerald Fletcher, MD, seorang ahli jantung dari Mayo Clinic, Jacksonville, Florida, sekaligus juru bicara American Heart Association. 
"Cobalah latihan aerobik untuk mengurangi tekanan darah sistolik Anda," kata Fletcher. Ia menambahkan, orang yang aktif secara fisik biasanya dapat mengurangi konsumsi jumlah asupan obat hipertensi. Untuk menunjangnya, pilihlah jenis kegiatan yang Anda sukai seperti misalnya, berjalan, berlari, berenang atau bersepeda.
2. Makan pisang
Anda mungkin tahu bahwa makan terlalu banyak garam dapat meningkatkan tekanan darah, tetapi kebanyakan orang tidak menyadari manfaat kalium - zat yang mampu menangkal efek buruk dari sodium.
Menurut penelitian dari Dietary Guidelines for Americans, mereka yang mengalami hipertensi harus mencukupi kebutuhan jumlah kalium dalam diet mereka. Orang dewasa harus mendapatkan setidaknya 4.700 miligram per hari. Adapun beberapa sumber makanan yang kaya kandungan kalium diantaranya pisang (422 miligram), kentang panggang dengan kulit (738 miligram), jus jeruk (496 miligram per cangkir), dan yogurt tanpa lemak atau rendah lemak (531-579 miligram per 8 ons).
3. Kurangi asupan garam
Orang dengan tekanan darah normal, cukup tinggi, dan hipertensi secara substansial dapat mengurangi tekanan darah mereka dengan memotong asupan garam. Pedoman diet merekomendasikan bahwa orang dengan hipertensi harus membatasi asupan garam kurang dari 1.500 miligram (600 miligram sodium) sehari.
4. Stop merokok
Perokok adalah kelompok yang paling berisiko tinggi mengidap hipertensi. Kandungan tembakau dan nikotin dalam rokok dapat menyebabkan lonjakan tekanan darah sementara, meskipun rokok itu sendiri bukan penyebab tunggal hipertensi kronis. Berhenti merokok dapat membantu Anda menurunkan sedikit tekanan darah Anda. Dan, tentu saja, manfaat kesehatan lainnya yang tak terhitung jumlahnya, kata Fletcher.
5. Menurunkan berat badan
Secara konsisten beberapa penelitian menunjukkan bahwa, sedikit saja kehilangan berat badan, dapat memiliki dampak besar pada tekanan darah Anda. Kelebihan berat badan membuat jantung bekerja lebih keras. Tekanan ekstra ini lambat laun dapat menyebabkan hipertensi. Sementara itu, dengan memangkas berat badan beban kerja jantung akan jauh lebih ringan.
6. Kurangi alkohol
Konsumsi alkohol secara moderat - tidak lebih dari satu gelas sehari untuk wanita, dan dua gelas sehari untuk pria - memiliki manfaat kesehatan jantung. Tapi pada beberapa orang, minum terlalu banyak dapat meningkatkan tekanan darah. Penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi alkohol lebih dari dua gelas sehari dapat meningkatkan risiko hipertensi bagi pria dan wanita.
7. Kelola stres
Mengelola stres secara efektif dapat membantu mengurangi tekanan darah, tetapi sayangnya, tidak ada penelitian yang menawarkan langkah demi langkah untuk mengurangi tingkat stres pada semua orang, kata Burg.
"Ada sejumlah cara yang telah dikembangkan sebagai praktik untuk menginduksi keadaan relaksasi. Tetapi bagaimana cara yang baik dan benar, ini masih harus dijawab dalam uji klinis," katanya. Namun demikian, Burg merekomendasikan bahwa orang dengan hipertensi harus mampu melakukan manajemen stres dan berlatih dengan konsisten.
8. Yoga
Yoga adalah cara terbaik untuk mengatasi stres. Sebuah studi baru di India menemukan bahwa latihan pernapasan yoga mengurangi tekanan darah pada orang dengan hipertensi - di mana bekerja
mempengaruhi efek sistem saraf otonom - dengan mengatur denyut jantung, pencernaan, dan fungsi lainnya.
9. Jauhi kafein
Kopi memiliki beberapa manfaat kesehatan, tetapi tidak untuk menurunkan tekanan darah. Dalam jangka pendek kafein dapat memicu lonjakan tekanan darah, bahkan pada orang tanpa hipertensi.
Jika Anda memiliki tekanan darah tinggi, cara terbaik yang harus dilakukan adalah dengan membatasi asupan kafein (sekitar dua cangkir kopi per hari). Anda dapat memeriksa apakah Anda sensitif terhadap kafein atau tidak dengan memeriksa tekanan darah sebelum dan setengah jam setelah mengkonsumsi minuman berkafein. Jika meningkat sebesar 5 atau 10 poin, Anda berarti sensitif terhadap kafein.
10. Meditasi
Meditasi - apakah itu melibatkan nyanyian, pernapasan, visualisasi - dapat menjadi alat manajemen stres yang efektif bagi banyak orang, kata Burg. Sekali lagi, yang penting adalah bahwa hal itu membuat Anda merasa baik, dan Anda dapat berkomitmen untuk melakukannya secara konsisten.
DARAH TINGGI
Tekanan darah tinggi (HBP) berarti hipertensi atau tekanan tinggi (ketegangan) pada arteri. Arteri adalah pembuluh darah yang membawa darah dari jantung yang memompa ke seluruh jaringan dan organ tubuh. Tekanan darah tinggi tidak berarti ketegangan emosional yang berlebihan, walaupun ketegangan emosi dan stres dapat meningkatkan tekanan darah sementara. Tekanan darah normal di bawah 120/80; tekanan darah antara 120/80 dan 139/89 disebut "pre-hipertensi", dan tekanan darah dari 140/90 atau di atas dianggap tinggi.
Angka teratas, tekanan darah systolic, terkait dengan tekanan di arteri sebagai jantung mengkerut dan memompa darah kedalam arteri. Angka bagian bawah, tekanan diastolic, merupakan tekanan di arteri sebagai jantung relaksasi setelah kontraksi. Tekanan diastolic yang mencerminkan tekanan terendah dimana arteri terbuka.
ketinggian dari systolic dan / atau tekanan darah diastolic akan meningkatkan resiko pengembangan penyakit jantung (cardiac), penyakit ginjal (renal), pengerasan arteri(atherosclerosis atau arteriosclerosis), kerusakan mata, dan stroke (kerusakan otak). Komplikasi dari hipertensi ini sering disebut sebagai kerusakan organ terakhir karena kerusakan pada organ-organ ini adalah hasil akhirnya yang kronis (durasi panjang) tekanan darah tinggi. Oleh karena itu, diagnosis dari tekanan darah tinggi adalah penting agar dapat dilakukan upaya untuk menormalkan kembali tekanan darah dan mencegah komplikasi
Salah satu alternatif obat alami untuk darah tinggi dengan Gold G sea cucumber (ektrak teriapng/gamat).
Teripang tak hanya membantu proses penyembuhan stroke dan asma. Banyak penyakit maut lain yang dituntaskan oleh anggota famili Holothuriidae itu seperti diabetes mellitus, jantung koroner, hepatitis, dan psoriasis. Teripang berkhasiat untuk hampir semua kasus penyakit. Cara kerjanya tentu saja berbeda. Misalnya untuk asam urat ekstrak teripang memblokir asam urat, untuk osteoarthritis alias radang sendi teripang memberikan kondroitin sehingga tulang rawannya membaik, ujar dr Zen Djaja MD di Malang.
Ekstrak teripang itulah yang kini menjadi buah bibir di masyarakat Indonesia. Banyak pasien berharap sembuh dari penyakit mematikan dengan mengkonsumsi ekstraknya. Di sisi lain banyak pula dokter yang mengidap penyakit tertentu, lalu mengkonsumsi teripang untuk diri sendiri dan merasakan faedahnya. Khasiat dari teripang ini bisa kita lihat dari kandungannya.
Kandungan Sea Cucumber (tripang /gamat) berdasarkan hasil penelitian adalah: 
  • Protein 86,8%
  • Kolagen 80,0%
  • Mineral
  • Mukopolisakarida
  • Glucasaninoglycans (GAGs)
  • Antiseptik alamiah
  • Chondroitin
  • Omega-3, 6, dan 9
  • Asam Amino
Manfaat Masing-Masing Zat di Atas

1.
Manfaat Protein

a. Baik untuk sistem pencernaan/lambung

b. Memperkuat sistem daya tahan tubuh

c. Membantu sistem pernafasan

d. Menghasilkan hormon & enzim serta fungsi protein lainnya

 
2.
Manfaat Kolagen

a. Kecantikan kulit

b. Membantu menyembuhkan luka

c. Mengurangi masalah lambung/maag

d. Baik untuk paru-paru

e. Bersama chondroitin membentuk tulang rawan baru


3.
Manfaat Glukosaminoglykan (GAGs)

a. Meringankan arthritis dan sakit/nyeri persendian

b. Membantu meningkatkan kadar insulin darah

c. Bersama omega 3, 6, dan 9 mencegah penyumbatan dalam sirkulasi darah


4.
Manfaat Chondroitin

a. Meringankan Artritis

b. Menjaga Persendian (pelicin sendi), menjaga kelenturan persendian

c. Membantu dan mencegah osteoporosis dan osteoarthritis

d. Membantu memelihara jaringan ligmen pada tulang


5.
Manfaat Mukopolisakarida

a. Membantu/melancarkan sirkulasi darah

b. Memelihara sistem jantung

c. Menghilangkan rasa sakit (zat penahan sakit alamiah)

d. Membantu menurunkan inflamasi dan mempercepat proses
    penyembuhan luka

e. Membantu masalah wasir

f. Menurunkan & menstabilkan hipertensi/darah tinggi


6.
Manfaat Omega 3 dan Omega 6

a. Membantu meningkatkan pembakaran energi & metabolisme sel

b. Menjaga system penghantaran impuls syaraf dan memelihara
    tekanan darah

c. Menurunkan kekentalan darah, sehingga mengurangi resiko
    serangan jantung
 
d. Menurunkan kolesterol LDL dan Trigliserida
 
e. Menurunkan HDL


7.
Manfaat Mineral : Potassium, Fosfor, Kromium, Magnesium, Kalsium, Besi, Sodium

a. Mengaktifkan keseimbangan enzim

b. Bersama protein membentuk keseimbangan hormon & sistem kelenjar

c. Menghasilkan sel darah merah

d. Mencegah anemia darah

e. Membantu toleransi gula darah

f.  Bersama GAGs, membantu mengatasi toleransi gula darah


8.
Manfaat Asam Amino :
Terdapat 18 macam asam amino, termasuk 9 macam asam amino esensial, kandungan asam aminonya lebih tinggi dari asam amino yang terdapat pada ikan laut, ayam dan telur.



a. Membentuk sel-sel baru

b. Memperbaiki jaringan

c. Membentuk anti bodi atau daya tahan tubuh

d. Menyelaraskan enzim & hormon


9.
Manfaat Vitamin B

a. Vitamin B1 (Thiamin)

     -  Sebagai bagian dari enzim
     -  Membantu fungsi sel syaraf.
     -  Diperlukan untuk produksi energi di dalam otak.

b. Vitamin B2 (Riboflavin)

     -  Diperlukan untuk metabolisme energi dan membangun jaringan.

c. Vitamin B3 (Niasin)

     -  Diperlukan untuk metabolisme energi, pencernaan dan sistem syaraf yang sehat


10.
Antiseptik Alamiah

a. Zat untuk mencegah bakteri, jamur, infeksi

b. Anti tumor

Inilah Cara Murah Lingsirkan Tensi

TERKAIT:
KOMPAS.com - Bagi Anda yang sedang bermasalah dengan tekanan darah tinggi ada baiknya mengikuti saran sederhana berikut ini. Sering-seringlah menikmati lantunan musik favorit atau mendengarkan lawakan. Dua cara ini adalah salah satu solusi mudah dan murah untuk meredam tekanan darah Anda yang melonjak.
Menurut studi terbaru yang dipublikasi pada pertemuan tahunan American Heart Association di Atlanta, Amerika Serikat, aktivitas mendengar musik atau lawakan dapat meredam tensi darah. Bahkan terapi ini dapat disetarakan dengan memangkas asupan garam dalam diet atau menurunkan bobot badan hingga 10 pon.
Riset kecil yang dilakukan para ahli di Osaka Jepang itu menemukan, partisipan yang rutin ambil bagian dalam sesi mendengarkan musik atau lawakan dua kali sebulan mencatat tekanan sistolik yang lebih rendah dengan penurunan rata-rata lima hingga 6 poin dalam tiga bulan.  Sedangkan rata-rata tensi darah pada kelompok yang tidak menjalani dua jenis terapi tersebut tidak menunjukkan perubahan berarti.
Meski relatif tak mencolok, tetapi nilai penurunannya dinilai berpengaruh bagi kesehatan. Menurut  Michael Miller, MD, direktur pencegahan penyakit jantung di University of Maryland Medical Center, Baltimore, penurunan tensi darah yang tampak dalam studi ini berkaitan dengan berkurangnya risiko mengidap sakit jantung atau stroke sebesar 5-15 persen .
“Saya kira, jelas ada efek fisiologis yang terjadi, semacam hubungan antara pikiran dan jantung ,” kata Miller, yang tak terlibat dalam riset di Osaka, tetapi ia juga melakukan riset serupa.
Dalam penelitian di Osaka University Graduate School of Medicine, tim ilmuwan melibatkan puluhan pria wanita berusia 40 -74 tahun yang secara acak dipilih untuk menerima terapi musik dan lawak setiap dua minggu.  Saat mengikuti sesi musik, partisipan mendengarkan lagu sesuai selera mereka seperti pop, klasik  atau  jazz. Mereka juga disarankan untuk mendengar musik di rumah. 
Saat sesi lawak, partisipan diminta mendengarkan cerita lucu dan humor Jepang.  Mereka juga menjalani semacam terapi yoga, dengan berpura-pura tertawa hingga benar-benar tertawa alami.
Setelah tiga bulan, rata-rata tekanan sistolik  pada kelompok yang mendapat dua terapi  itu diukur dan mencatat penurunan antara 6 mmHg dan 5 mmHg.  Pengukuran juga dilakukan sesaat sebelum dan setelah setiap sesi terapi. Hasilnya, terjadi penurunan jangka pendek antara  6 mmHg hingga 7 mmHg pada setiap sesi.
Cara alami
Menurut Miller, penurunan tensi dalam tiga bulan tersebut dapat disetarakan dengan usaha seseorang menjalani diet rendah garam, menurunkan berat sekitar 10 pon, atau melakukan terapi obat penurun tensi.
Walaupun terlihat cukup signifikan, Miller berpesan bahwa terapi musik dan lawak saja tidak cukup efektif untuk mengobati penyakit hipertensi.
"Ini hanyalah cara alami untuk memperbaiki kesehatan Anda. Saya tidak merekomendasikannya sebagai pengganti obat-obatan, walaupun ini dapat meningkatkan kemungkinan Anda menghentikan pengobatan atau menurunkan dosis,” kata Dr. Miller.
Lalu bagaimana sebenarnya musik dan lawak dapat memengaruhi tensi darah? Para peneliti belum dapat mengungkap hubungannya dengan jelas. Namun yang pasti, terapi yang membuat tubuh rileks diyakni membantu menekan kadar kortisol,  hormon stres yang menyebabkan tensi darah meningkat.
Dalam riset yang dilakukan  Miller, terapi musik dan lawak terbukti memperbaiki fungsi lapisan dalam pembuluh darah dan membuatnya melebar hingga 30 persen. Miller menduga, nitrat oksida yang dilepaskan tubuh saat merespon lawakan atau musik merupakan zat ajaib yang mampu melebarkan pembuluh darah dan menurunkan tensi.
Vera Brandes, direktur program riset music dan pengobatan di Paracelsus Medical University,  Salzburg, Austria, mengatakan musik dan lawak memengaruhi  tekanan darah dengan cara yang berbeda. Musik dipercaya memberi pengaruh pada sistem saraf parasimpatetik, yang membuat tubuh rileks dan memperlambat detak jantung. Sedangkan pengaruh lawak atau humor terhadap emosi seseorang -  yang pada gilirannya berefek pada fisik — masih perlu diteliti lebih lanjut.
Darah tinggi dapat kita cegah atau dapat pula kita obati. Tentu saja dengan obat, pola makan, dan selalu menjaga kesehatan. Tekanan darah tinggi adalah suatu kondisi medis di mana terjadi peningkatan tekanan darah secara kronis (dalam jangka waktu lama). Gejala-gejala yang akan timbul dari penyakit darah tinggi diantaranya sakit kepala, pendarahan dari hidung, pusing, wajah kemerahan dan kelelahan.
Maka dari itu mari kita bahas tentang obat darah tinggi itu sendiri :
Obat darah tinggi 1
- Ambillah segenggam daun seledri lalu tumbuk sampai halus
- Kemudian campur dengan air matang dan saringlah pada sebuah kain bersih / saringan halus. Usahakan air saringan sampai satu gelas
- Diamkan selama satu jam baru diminum dengan sedikit ampas.
- Minum secara rutin setiap pagi dan sore
Obat darah tinggi 2
- Ambillah 3 buah mengkudu kemudian parut dan peras airnya
- Usahakan airnya sampai satu gelas
- Minum setiap pagi dan sore
Bila sang penderita sudah sampai stadium 2. Kemungkinan besar akan butuh obat tambahan yang datang dalam berbagai bentuk obat. Berikut adalah 4 jenis obat yang Anda mungkin diresepkan:
1. Beta blockers – Ini adalah salah satu obat yang paling umum digunakan tekanan darah tinggi. Dengan mengurangi sinyal dikirim ke pembuluh darah dan jantung oleh sistem saraf tekanan darah diturunkan.
2. Ace Inhibitor – Dengan mencegah tubuh di atas menghasilkan hormon yang membuat kontrak pembuluh darah dan bukannya menjaga mereka dalam keadaan yang lebih santai lagi tekanan darah berkurang.
3. Calcium Channel Blockers – Obat alam ini mencegah kalsium dari mendapatkan ke dalam sel dari jantung dan pembuluh darah sehingga relaksasi pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah tinggi.
4. Angiotensin Reseptor Blockers – Seperti namanya obat ini mencegah hormon angiotensin dari memiliki apapun tidak mempengaruhi pada pembuluh darah dan memungkinkan mereka untuk berkembang.

Penyakit darah tinggi

Penyakit darah tinggi atau Hipertensi (Hypertension) adalah suatu keadaan di mana seseorang mengalami peningkatan tekanan darah di atas normal yang ditunjukkan oleh angka systolic (bagian atas) dan angka bawah (diastolic) pada pemeriksaan tensi darah menggunakan alat pengukur tekanan darah baik yang berupa cuff air raksa (sphygmomanometer) ataupun alat digital lainnya.
Nilai normal tekanan darah seseorang dengan ukuran tinggi badan, berat badan, tingkat aktifitas normal dan kesehatan secara umum adalah 120/80 mmHG. Dalam aktivitas sehari-hari, tekanan darah normalnya adalah dengan nilai angka kisaran stabil. Tetapi secara umum, angka pemeriksaan tekanan darah menurun saat tidur dan meningkat diwaktu beraktifitas atau berolahraga.
Penyebab Hipertensi
Penggunaan obat-obatan seperti golongan kortikosteroid (cortison) dan beberapa obat hormon, termasuk beberapa obat antiradang (anti-inflammasi) secara terus menerus (sering) dapat meningkatkan tekanan darah seseorang. Merokok juga merupakan salah satu faktor penyebab terjadinya peningkatan tekanan darah tinggi dikarenakan tembakau yang berisi nikotin. Minuman yang mengandung alkohol juga termasuk salah satu faktor yang dapat menimbulkan terjadinya tekanan darah tinggi. Stop menjadi alcoholic!
Penanganan dan Pengobatan Hipertensi
Diet Penyakit Darah Tinggi (Hipertensi)
  1. 1 . Diet Penyakit Darah Tinggi (Hipertensi)
  • Kandungan garam (Sodium/Natrium)
  • Seseorang yang mengidap penyakit darah tinggi sebaiknya mengontrol diri dalam mengkonsumsi asin-asinan dan garam ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk pengontrolan diet sodium/natrium ini ;
    - Jangan meletakkan garam diatas meja makan
    - Pilih jumlah kandungan sodium rendah saat membeli makan
    - Batasi konsumsi daging dan keju
    - Hindari cemilan yang asin-asin
    - Kurangi pemakaian saos yang umumnya memiliki kandungan sodium
  1. 2. Pengobatan darah tinggi
Penanganan darah tinggi salah satu solusi terbaik dan aman dengan jelly gamat Gold G
Gold-G melembutkan dan melebarkan pembuluh darah, menjaga elastisitas pembuluh darah dan mengurangi kekentalan darah. Glucosaminoglycan yang terkandung dalam Gold-G juga mencegah penggumpalan darah sehingga mengurangi tekanan darah. Pengurangan konsumsi garam dalam diet akan membantu dalam mempercepat proses penyembuhan.
Efektivitas teripang mengencerkan darah beku disebabkan kandungan mucopolusacharida (MPS) yang populer sebagai glycosaminoglycans (GAGs). ‘MPS bersama GAGs memberikan efek pelendiran dinding sel,’ kata Walter K M Yee, ahli gizi dari Luxor Network, Malaysia. Artinya teripang sebagai antithrombogenik untuk mencegah penggumpalan melalui pengenceran darah.
























Buat keterangan :

1.      Surat sbg dosen STKIP Islam Bumiayu Untuk : ( Barnawi, S.Pd., M.Si., Isro, M.Ag., Ahmad Rifa’i, M.Pd.I )
2.      Pengantar ikut seleksi Dana Hibah dengan judul : Meningkatkan Kemampuan Menulis Santri berbasis Citizen Journalism di Pondok Pesantren Al-hikmah 2.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar