SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM (STAI) BREBES
JURUSAN
TARBIYAH/PROGDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI)
Alamat Kampus 3: PONPES
TEGONG PURBANALA BUMIAYU BREBES 52273.
Pengampu: Isro, M.Ag.
A.
Sasaran
Mata Kuliah ini
didesain untuk memahami, mengenal, mengadakan analisis kritis terhadap
seluk-beluk yang berkaitan dengan “Sejarah Kebudayaan Islam sebagai mata
pelajaran yang diberikan di MTs”. Dengan demikian, mahasiswa akan mampu: Memahami
dengan benar tentang ruang lingkup Sejarah Kebudayaan Islam, Profil negeri dan
bangsa Arab sebelum Islam, Kerajaan-Kerajaan Arab Pra Islam, sejarah Perjuangan
Rasulullah, Islam periode Rasulullah, dan Islam Pasca Rasulullah.
Mengingat mata kuliah
ini termasuk mata kuliah dasar khusus (MKDK), maka kuliah ini hanya bersifat
pengantar, tidak membahas Sejarah Kebudayaan Islam secara detail. Kuliah ini
sekedar memberikan arahan dan pengantar bagi para mahasiswa untruk mengungkap
lebih rinci dan detail terhadap masalah yang berkaitan dengan Sejarah
Kebudayaan Islam Mahasiswa sendirilah yang nantinya akan mendalami baik secara
mandiri (otodidak) maupun secara kelompok (kolektif).
B.
Sistem Perkuliahan
Perkuliahan ini
dilakukan atas asumsi bahwa mahasiswa adalah sosok individu yang memiliki kemandirian
belajar, karena itu perkuliahan ini pada dasarnya untuk mengaktifkan,
menggairahkan dan meningkatkan kemampuan belajar mandiri. Sehingga untuk
perkuliahan melalui ceramah dikurangi semaksimal mungkin. Sebagai gantinya
mahasiswa diarahkan untuk mendiskusikan tema-tema yang ada secara serius.
Untuk itu, maka
diwajibkan kepada masing-masing mahasiswa (baik secara perorangan atau group)
menulis satu makalah/paper untuk dipresentasikan. Dan makalah tersebut
hendaknya dibuat rangkap/digandakan secukupnya (untuk peserta dan pengampu mata
kuliah). Makalah/paper tersebut selanjutnya dipresentasikan paling lama 15
menit untuk selanjutnya didiskusikan di dalam ruang kuliah dengan tertib.
C.
Sistem Penilaian
1. Absensi/partisipasi kelas (kehadiran dan kontribusi pemikiran
dalam diskusi 25 %.
2. Makalah (presentasi dan revisi) 15 %
3. Tugas Mandiri (sesuai situasi dan kondisi) 15 %.
4. Mid semester 20 %.
5. Ujian akhir 25 %.
D.
Cara Penulisan Paper/Makalah
Makalah/Paper yang
ditulis dan dipresentasikan harus mengikuti prosedur sebagai berikut:
1. Pendahuluan (suatu problem/masalah yang akan
dijawab/dibahas).
2. Pengertian (sub-sub yang akan dibahas harus dijelaskan
secara singkat).
3. Pembahasan (jawaban problem/pembahasan dari
literatur/buku-buku).
4. Analisis/argumentasi (jawaban yang diutarakan sebagai orisinalitas
pandangan dari penulis makalah/paper yang bersangkutan).
5. Kesimpulan/penutup (bukan ringkasan makalah/paper,
melainkan ulasan singkat mengenai problem solving terhadap masalah yang ada.
6. Bentuk penulisan: a). Memakai font 12 (TNR) atau Tahoma
11. b. Margin kanan kiri ukuran standar. c. Bila ada kutipan gunakan cakak
(foot note bukan body note atau end note).
7. Referensi (mengenai data buku; judul, pengarang, tahun,
penerbit, cetakan, penerjemah).
E.
Manajemen Waktu Kuliah
Waktu perkuliahan
setiap pertemuan untuk alokasi waktu 60/100 menit, dengan perincian sebagai
berikut:
1. Preparasi 5 10 menit
2. Presentasi makalah/paper 10/20 menit
3. Tanya Jawab 30/40 menit
4. Masukan pengampu mata kuliah 15/30
menit
F.
Ragam Tema diskusi (Silaby)
Lihat lampiran
G.
Penutup
Panduan ini disusun
dengan harapan dapat menjadi acuan proses perkuliahan Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan
Islam di MTs, dan juga dapat berfungsi sebagai jembatan untuk mencapai tujuan
akhir dari perkuliahan ini.
Bumiayu, 4 September 2020
Pengampu Mata Kuliah,
Isro, M.Ag.
Lampiran F.
SILABI MP SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MTs.
DISKRIPSI MATA KULIAH :
Mata Kuliah ini meliputi kajian tentang : Studi
Pendahuluan Sejarah Kebudayaan Islam, Profil
negeri dan bangsa Arab sebelum Islam, Kerajaan-Kerajaan Arab Pra Islam, sejarah
Perjuangan Rasulullah, Islam periode Rasulullah, dan Islam Pasca Rasulullah.
TOPIK BAHASAN
A. Studi Pendahuluan Sejarah Kebudayaan Islam:
1. Pengertian, Batasan
sejarah dan Kebudayaan, sumber-sumber, tujuan dan kegunaan, obyek.
2. Tipe-tipe penulisan
sejarah, penyebab kesalahan penulisan sejarah, historiografi Islam dan
Priodisasi Sejarah Kebudayaan Islam.
B. Lintasan Sejarah Kebudayaan Islam:
3. Keadaan Bangsa Arab
Sebelum Islam. (Negeri dan Bangsa Arab
Pra Islam).
4. Kerajaan-kerajaan Arab
pra Islam. (Arab Selatan dan Arab Utara).
5. Agama Monotheisme di jaman kuno. (Mesir kuno,
Eropa kuno, Persia (zoroaster, mani’, mazdakiyah), Yahudi, Nasrani dan Hindu).
6. Islam Masa Rasulullah. (kisah kelahiran,
kehidupan dan pendidikan, tanda-tanda kenabian, menjadi rasul).
7. Da’wah dan Pengikut
Rasulullah sebelum Hijrah. (cara dan sasaran da’wah, agama yang dibawa, sikap
kaum Quraisy, dan pengikut Nabi). Dan Pengaruh wafat Abu Thalib dan Siti
Khadijah (‘amul khuzni), Hijrah ke Thaif, dan Perjalanan Da’wah Nabi secara
terang.
8. Peristiwa Isra’ Mi’raj, hijrah ke Madinah,
Peperangan penting, Fathul Makkah, dan Nabi Wafat (Haji Wada’, wahyu terakhir,
wafat Nabi Saw dan peninggalannya).
9. Perkembangan Islam pada masa
khulafaurrosyidin. (4 khalifah Nabi SAW).
10. Sejarah Islam Pada
Masa Bani Umayah
11. Sejarah Islam pada Masa
bani Abasiyah
12. Runtuhnya Islam
Kerajaan Andalusia dan pengaruhnya terhadap peradaban Islam.
13. Perang Salib
14. Kebangkitan Bangsa Barat.
(penemuan Iptek, tumbuhnya kekuatan Barat dan ekspansi ke daerah lain).
15. Kebangkitan dunia
Islam. (Modernisasi dan revitalisasi)
--------0000-------
JUDUL TUGAS PEMBUATAN MAKALAH
YANG DIDISKUSIKAN DAN
DIKUMPULKAN *)
NO. |
JUDUL/TOPIK **) |
PERTEMUAN |
PEMAKALAH NO. ABSEN: ***) |
KET. |
1 |
KE-1 |
KE-2 |
|
|
2 |
KE-2 |
KE-3 |
|
|
3 |
KE-3 |
KE-4 |
|
|
4 |
KE-4 |
KE-4 |
|
|
5 |
KE-5 |
KE-5 |
|
|
6 |
KE-6 |
KE-5 |
|
|
7 |
KE-7 |
KE-6 |
|
|
8 |
KE-8 |
KE-6 |
|
|
9 |
KE-9 |
KE-7 |
|
|
10 |
KE-10 |
KE-7 |
|
|
11 |
KE-11 |
KE-8 |
|
|
12 |
KE-12 |
KE-9 |
|
|
13 |
KE-13 |
KE-10 |
|
|
14 |
KE-14 & 15 |
KE-11 |
|
|
15 |
Mid Semester |
KE-7 |
Semua MHS****) |
|
16 |
UAS |
KE-15 |
Semua MHS****) |
|
Ket. :
*) Jika makalah belum jadi ketika
diskusi, cukup membawa konsep saja, makalah harus sudah diserahkan kepada
pengampu mata kuliah paling lambat sebelum semester akhir.
**) Lihat Judul/Topik untuk judul makalah yang ada dalam
lampiran F.
***) Nama pemakalah dapat dilihat dalam Absensi kelas harian,
untuk memudahkan penilaian makalah cantumkan no. Absen dan nama pemakalah ybs.
****) Semester Akhir (Pertemuan Khusus).
REFERENSI
1.
Nourouzzaman Shiddiqi, Sejarah Kebudayaan Islam.
2.
M. Noor Matdawam, Sejarah Kebudayaan Islam.
3.
Ahmad Syalaby, Sejarah Kebudayaan Islam.
4.
Ahmad Hasyimi, Sejarah Kebudayaan Islam.
5.
Muhtar yahya, Bangsa Arab sebelum Islam.
6.
Nourouzzaman Shiddiqi, Tamaddun Muslim.
7.
Ebrahim Dkk, Islam
dalam Masyarakat kontemporer.
8.
Prodjodikoro,
Pengantar Ilmu Tauhid.
9.
Depag, Buku Ajar MTs Kelas 1-3
10. Dan semua
refernsi yang mendukung.
-------000000-----
1.
|
|
Sejarah Islam Pada Masa
Bani Umayah |
2.
|
|
Sejarah Islam pada Masa
bani Abasiyah |
3.
|
|
Runtuhnya Islam Kerajaan
Andalusia dan pengaruhnya terhadap peradaban Islam. |
4.
|
|
Perang Salib |
5.
|
|
Kebangkitan Bangsa Barat.
(penemuan Iptek, tumbuhnya kekuatan Barat dan ekspansi ke daerah lain). |
6.
|
|
Kebangkitan dunia Islam.
(Modernisasi dan revitalisasi) |
7.
|
|
Indonesia sebelum
kedatangan Islam. (Kehidupan bangsa Indonesia dan agama yang dianut sebelum
datangnya Islam). |
8.
|
|
Gerakan dan usaha persatuan
dunia Islam. (organisasi Islam International dan kerjasama antar negeri
Islam). |
9.
|
|
Gerakan Pembaharuan dalam
dalam dunia Islam (Gerakan Wahabi dan pan Islamisme) |
10. |
|
Masa Kemunduran (Bangsa mongol dan dinasti Khan, serangan timur lenk, dan
dinasti mamalik Mesir). |
11. |
|
Kerajaan Utsmani dan Safawi di Persia. |
12. |
|
Kerajaan Mughal di India. |
13. |
|
Renaisans di Eropa. |
14. |
|
Pusat peradaban Islam di Baghdad Irak |
15. |
|
Pusat peradaban Islam di Kairo Mesir |
16. |
|
Pusat peradaban Islam di Isfahan Persia |
17. |
|
Pusat peradaban Islam di Istambul Turki |
18. |
|
Pusat peradaban Islam di Delhi India |
19. |
|
Pusat peradaban Islam di Andalus (Spanyol). |
20. |
|
Pusat peradaban Islam di Samarkand-Bukhara (Transoxania) |
21. |
|
Khilafah rasyidah |
22. |
|
Dinasti yang memerdekakan diri dari Baghdad |
23. |
|
Sebab-sebab kemunduran kekholifahan bani Abbas |
24. |
|
Penjajahan Barat terhadap Islam di anak benua India dan Asia. |
25. |
|
Politik Islam Hindia Belanda |
26. |
|
Format Islam Jawa (Priyayi, santri dan abangan) |
27. |
|
Kultur Islam jawa dan kedekatannya dengan Gugon tuhon, khurafat, tahayul
dan mistis. |
28. |
|
Asimilasi, akulturasi dan penetrasi antara Islam dan budaya jawa lama
(budaya animisme, dinamisme/hindu, budha). |
29. |
|
Terusan Suez dan andilnya dalam kemajuan Islam dan dampak negatif bagi
dunia Timur. |
30. |
|
Pola
fikir Barat dan Asia |
31. |
|
Pusat
peradaban Mesir dan andil bagi dunia Islam Indonesia |
32. |
|
Pusat
peradaban Irak dan andil bagi dunia
Islam Indonesia |
33. |
|
Pusat
peradaban Turki dan andil bagi dunia Islam Indonesia |
34. |
|
Dinasti
Turki Utsmani |
35. |
|
Pengaruh
pemikiran filosuf Yunani terhadap dunia Islam |
36. |
|
Pengaruh Perang Salib terhadap umat Islam. |
37. |
|
Citra Triyuningsih Pengaruh Kolonilisme barat
terhadap umat Islam |
38. |
|
Sejarah
Kota Baghdad pra, post dan pasca Era Islam. |
39. |
|
Renaisance dan pengaruhnya terhadap dunia Islam |
40. |
|
Urgensi
filsafat Islam dalam pembentukan masyarakat madani |
Bumiayu, 4 September 2020.
Pengampu Mata Kuliah,
Isro,
M.Ag.
Catatan:
Tugas ini bukan
makalah/paper tapi sajian materi dalam RPP, jadi termasuk RPP lengkap 1 Tapka.
BalasHapusmenangkan uang sebanyak-banyaknya hanya di AJOQQ :D
AJOQQ menyediakan 9 permainan seru :)
WA;+855969190856