SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM (STAI) BREBES
JURUSAN TARBIYAH/PROGDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI)
Alamat Kampus 2: Pontren KH. MU'ALIM TEGONG BUMIAYU BREBES 52273.
SILABUS
DAN SATUAN ACARA PERKULIAHAN (SAP)
Mata Kuliah : Pembelajaran Komputer dan Internet (Sem-1/Gasal)
Oleh: Isro, M.Ag.
A. Sasaran
Mata Kuliah ini didesain untuk memahami, mengenal, mengadakan analisis kritis terhadap seluk-beluk yang berkaitan dengan “Pembelajaran Komputer dan Internet”. Dengan demikian, mahasiswa akan mampu: 1). Memperluas, memahami konsep dan pengertian Komputer dan Internet. 2). Mengerti dan memahami perkembangan Komputer dan Internet 3). Mengerti dan memahami ruang lingkup serta karakteristik Komputer dan Internet yang digunakan dalam pelaksanaan proses belajar mengajar saat ini.
Mengingat mata kuliah ini termasuk mata kuliah dasar (MKD), maka kuliah ini hanya bersifat pengantar, tidak membahas Komputer dan Internet secara detail. Kuliah ini sekedar memberikan arahan dan pengantar bagi para mahasiswa untruk mengungkap lebih rinci dan detail terhadap masalah yang berkaitan dengan Komputer dan Internet . Mahasiswa sendirilah yang nantinya akan mendalami baik secara mandiri (otodidak) maupun secara kelompok (kolektif).
B. Sistem Perkuliahan
Perkuliahan ini dilakukan atas asumsi bahwa mahasiswa adalah sosok individu yang memiliki kemandirian belajar, karena itu perkuliahan ini pada dasarnya untuk mengaktifkan, menggairahkan dan meningkatkan kemampuan belajar mandiri. Sehingga untuk perkuliahan melalui ceramah dikurangi semaksimal mungkin. Sebagai gantinya mahasiswa diarahkan untuk mendiskusikan dan mempraktekan tema-tema yang ada secara serius.
Untuk itu, maka diwajibkan kepada masing-masing mahasiswa (baik secara perorangan atau group) menulis satu makalah/paper untuk dipresentasikan. Dan makalah tersebut hendaknya dibuat rangkap/digandakan secukupnya (untuk peserta dan pengampu mata kuliah). Makalah/paper tersebut selanjutnya dipresentasikan paling lama 15 menit untuk selanjutnya didiskusikan di dalam ruang kuliah dengan tertib.
C. Sistem Penilaian
1. Absensi/partisipasi kelas (kehadiran dan kontribusi pemikiran dalam diskusi 25 %.
2. Makalah (presentasi dan revisi) 15 %
3. Tugas Mandiri (sesuai situasi dan kondisi) 15 %.
4. Mid semester 20 %.
5. Ujian akhir 25 %.
D. Cara Penulisan Paper/Makalah
Makalah/Paper yang ditulis harus mengikuti prosedur sebagai berikut:
- Pendahuluan (suatu problem/masalah yang akan dijawab/dibahas).
- Pengertian (sub-sub yang akan dibahas harus dijelaskan secara singkat).
- Pembahasan (jawaban problem/pembahasan dari literatur/buku-buku).
- Analisis/argumentasi (jawaban yang diutarakan sebagai orisinalitas pandangan dari penulis makalah/paper yang bersangkutan).
- Kesimpulan/penutup (bukan ringkasan makalah/paper, melainkan ulasan singkat mengenai problem solving terhadap masalah yang ada.
- Bentuk penulisan: a). Memakai font 12 (TNR) atau Tahoma 11 juga calibri 11. b. Margin kanan kiri ukuran standar. c. Bila ada kutipan gunakan cakak (foot note bukan body note atau end note).
- Referensi (mengenai data buku; judul, pengarang, tahun, penerbit, cetakan, penerjemah).
- Makalah Individu dikumpulkan dalam bentuk hard copy atau Soft Copy CD atau dikirim lewat e-mail: isromag2@gmail.com paling lambat sampai ujian tengah Semester (UTS).
E. Manajemen Waktu Kuliah
Waktu perkuliahan setiap pertemuan untuk alokasi waktu 60/100 menit, dengan perincian sebagai berikut:
1. Preparasi 5/10 menit
2. Presentasi makalah/paper 10/20 menit
3. Tanya Jawab 30/40 menit
4. Masukan pengampu mata kuliah 15/30 menit
F. Ragam Tema diskusi (Silaby)
Lihat lampiran
G. Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah yang diberikan pada program S-1 PAI. Selesai mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan memahami pentingnya Pembelajaran komputer dan Internet bagi dunia pendidikan. Perkuliahan ini juga mengkaji pemanfaatan komputer dan internet dalam pembelajaran di sekolah. Pelaksanaan kuliah menggunakan pendekatan ekspositori dalam bentuk ceramah, tanya jawab dan demonstrasi yang dilengkapi dengan penggunaan lab komputer, infocus/LCD dan pendekatan inkuiri yaitu penyelesaian tugas penyusunan dan penyajian makalah, diskusi dan pemecahan masalah, observasi. Dan Tahap penguasaan mahasiswa selain evaluasi melalui UTS dan UAS juga evaluasi terhadap tugas mandiri, penyajian dan diskusi.
H. Tujuan Akhir Perkuliahan
Selesai mengikuti perkuliahan ini mahasiswa dapat memahami pentingnya pembelajaran komputer, menganalisis manfaat pembelajaran komputer dalam dunia pendidikan, mengetahui prosedur pemilihan dan pengembangan pembelajaran komputer, menguasai beberapa program aplikasi untuk pengembangan pembelajaran komputer, dan mampu memanfaatkan internet untuk berbagai tujuan pendidikan.
I. Deskripsi isi
Dalam perkuliahan ini dibahas pentingnya pembelajaran komputer dalam kehidupan sehari-hari, pengaruh pembelajaran komputer, pengenalan komponen-komponen komputer, prosedur, pemilihan dan pengembangan program pembelajaran komputer, pengembangan program pembelajaran berbasis program multimedia dalam dunia pendidikan. Perkuliahan ini juga mengkaji pemanfaatan internet dalam pembelajaran di sekolah.
J. Pendekatan Pembelajaran (Ekspositori dan inkuiri)
1. Metode: ceramah, tanya jawab, demonstrasi, diskusi, pemecahan masalah dan praktek pengembangan program media.
2. Tugas : makalah, penyajian dan diskusi, produksi program pembelajaran komputer
3. Media : OHP, LCD, Modul, Buku, WB.
K. Evaluasi
1. Kehadiran
2. Makalah
3. Penyajian dan diskusi
4. UTS
5. UAS
J. Penutup
Panduan ini disusun dengan harapan dapat menjadi acuan proses perkuliahan Komputer dan Internet dan juga dapat berfungsi sebagai jembatan untuk mencapai tujuan akhir dari perkuliahan ini.
Bumiayu, 4 Septembar 2020
Pengampu Mata Kuliah,
Isro, M.Ag.
PEMBELAJARAN KOMPUTER DAN INTERNET
Rincian materi perkuliahan tiap pertemuan
Pertemuan 1 : Orientasi perkuliahan
Pertemuan 2 : Pengaruh Komputer dan Internet dalam segala Bidang (Teori).
Pertemuan 3 : Komponen-komponen komputer (Hardware dan Software) (Teori).
Pertemuan 4 : Prosedur Pemilihan Program Pembelajaran Komputer dan Internet(Teori).
Pertemuan 5 : Prosedur Pengembangan Program Pembelajaran Komputer dan Internet(Teori).
Pertemuan 6 : Aplikasi Word Processor (Microsoft Word) dalam Pembelajaran (Teori).
Pertemuan 7 : Aplikasi Word Processor (Microsoft Word) dalam Pembelajaran(Research).
Pertemuan 8 : Aplikasi Program Presentasi (Microsoft Excel) dalam Pembelajaran (Teori).
Pertemuan 9 : Aplikasi Program Presentasi (Microsoft Excel) dalam Pembelajaran (Research).
Pertemuan 10 : Pengembangan program pembelajaran komputer menggunakan Microsoft Power Point (Teori).
Pertemuan 11 : Pengembangan program pembelajaran komputer menggunakan Microsoft Power Point (Research).
Pertemuan 12 : Aplikasi Program Multimedia dalam Pembelajaran (Teori).
Pertemuan 13 : Aplikasi Program Multimedia dalam Pembelajaran (Research).
Pertemuan 14 : Pemanfaatan Internet dalam Pembelajaran(Teori).
Pertemuan 15 : Pemanfaatan Internet dalam Pembelajaran(Research).
Pertemuan 16 : Pengembangan program pembelajaran komputer untuk anak menggunakan Program Multimedia Adobe Photoshop dan Corel Draw(Teori).
Pertemuan 17 : Pengembangan program pembelajaran komputer untuk anak menggunakan Program Multimedia Adobe Photoshop dan Corel Draw (Research).
Referensi
1. Anderson, Ronald H. (1993). Pemilihan dan Pengembangan Media untuk Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka dan PT Raja Grafindo Persada Chandra (2003).
2. Photoshop 7.0 untuk Orang Awam. Palembang : CV. Maxikom. Giles, David (2003).
3. Hamalik, Oemar (1986). Media Pendidikan. Bandung : Alumni.
4. Kadir, Abdul (2003). Pengenalan Sistem Informasi. Yogyakarta : ANDI.
5. Pribadi, B.A, dkk (2008). Komputer dalam Kegiatan Pengembangan Anak Usia Dini (Modul).
6. Suarna, Nana (2005). Pedoman Praktikum Microsoft Office. Bandung: Yrana Widuya.
7. Sudjana, N., Rivai, A(1997) Teknologi Pengajaran. Bandung : Sinar Baru
8. Tim Litbang Wahana Komputer (1999). Desain Grafts dengan Corel Draw 8.0. Yogyakarta: ANDI.
9. Tim Litbang Wahana Komputer (2004). Pembuatan Animasi dengan Macromedia Director MX. 2004. Yogyakarta : ANDI.
10. Isro, (2012) Diktat Pengenalan Internet, Ms. Words, Ms. Power Point, Dll, Unpublished.
JUDUL TUGAS PEMBUATAN MAKALAH
Individu Yang Dikumpulkan Pra UAS Lewat Cd/Email/Hard Copy.
NO. Absen | NAMA | JUDUL PAPER | KET. |
1 | Pengertian Komputer dan Internet | ||
2 | Landasan teoritis penggunaan Komputer | ||
3 | Landasan teoritis penggunaan Internet | ||
4 | Fungsi dan manfaat Komputer pendidikan | ||
5 | Pengenalan internet | ||
6 | Pemilihan program internet | ||
7 | Pemilihan program komputer | ||
8 | Aplikasi Ms. Word dalam pendidikan | ||
9 | Aplikasi Ms. Power Point dalam pendidikan | ||
10 | Aplikasi Corel Draw dalam pendidikan | ||
11 | Media berbasis komputer | ||
12 | Pemanfaatan komputer sebagai sumber belajar | ||
13 | Evaluasi pembelajaran dengan internet | ||
14 | komputer pendidikan dan proses belajar mengajar | ||
15 | Jenis dan karakteristik internet | ||
16 | Aplikasi internet dan rancangan | ||
17 | Penyusunan dan perancangan Internet pendidikan | ||
18 | Tujuan dan penggunaan Komputer pendidikan | ||
19 | Analisis kebutuhan Internet dan komputer | ||
20 | Strategi pemanfaatan komputer sebagai alat bantu | ||
21 | Persiapan sebelum menggunakan Internet | ||
22 | Perbedaan aplikasi komputer pendidikan | ||
23 | Aplikasi Plash disk, MMC, Dll | ||
24 | Aplikasi Hard disk | ||
25 | Aplikasi LCD | ||
26 | Aplikasi E-mail | ||
27 | Aplikasi Jejaring sosial | ||
28 | Aplikasi Web pendidikan | ||
29 | Aplikasi Televisi berbasis internet | ||
30 | Aplikasi media komputer-lcd-program | ||
31 | Tataletak penempatan LCD di kelas | ||
32 | Aplikasi program player di laptop/notebook | ||
33 | Aplikasi media komputer dalam PBM di kelas | ||
34 | Aplikasi video youtube dalam pembelajaran | ||
35 | Kreatifitas pengolahan program komputer | ||
36 | Keterbatasan komputer dalam pendidikan | ||
37 | Faktor pendukung media komputer | ||
38 | Faktor penghambat media komputer | ||
39 | Penyimpanan media pendidikan | ||
40 | Memodifikasi program words untuk PBM | ||
41 | Keterkaitan internet pendidikan | ||
42 | Minat, respon siswa terhadap komputer | ||
43 | Hubungan metode dan media komputer | ||
44 | Pemanfaatan televisi edukasi dalam internet | ||
45 | Pemanfaatan berita surat kabar dalam internet | ||
46 | Pemanfaatan searcher google dalam pendidikan | ||
47 | Pemanfaatan searcher yahoo dalam pendidikan | ||
48 | Pemanfaatan searcher youtube video pendidikan | ||
49 | Pemanfaatan jejaring sosial dalam pendidikan | ||
50 | Fungsi internet dan komputer sebagai pengolah data | ||
51 | Camera dan handycam untuk video pendidikan | ||
52 | Aplikasi E-mail dan daya dukung pendidikan | ||
53 | Aplikasi Internet komputer dan video live dalam PBM |
Bumiayu, 4 September 2020
Pengampu Mata Kuliah,
Ket. Isro, M.Ag.
Ket.
1. Makalah Individu dikumpulkan sebelum UAS Lewat Hard Copy/ CD/Email.
2. Judul Makalah Individu tidak boleh ditukar dengan mhsw lain.
3. Dibuat/diketik sesuai dengan prosedur dan tidak kurang dari 14 lembar.
4. Buku referensi bebas yang penting berkaitan.
Email : Isromag2@gmail.com
Blog : Isromag.blogspot.com
WA : 085322816919
SMS : 085215195333
AJOQQ agen jud! poker online terpecaya dan teraman di indonesia :)
BalasHapusgampang menangnya dan banyak bonusnya :)
ayo segera bergabung bersama kami hanya di AJOQQ :)
WA;+855969190856