SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM (STAI) BREBES
JURUSAN
TARBIYAH/PROGDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI)
Alamat Kampus 3: PONPES
TEGONG PURBANALA BREBES 52273.
PANDUAN PERKULIAHAN BPKI SEM-VII/GASAL
Pengampu: Isro, M.Ag.
A.
Sasaran
Mata Kuliah ini
didesain untuk memahami, mengenal, mengadakan analisis kritis terhadap
seluk-beluk yang berkaitan dengan “Penulisan
Karya Ilmiyah”. Dengan demikian,
mahasiswa akan mampu: Memahami dengan benar tentang Penulisan karya ilmiyah.
Mengingat mata
kuliah ini termasuk mata kuliah dasar khusus (MKDK), maka kuliah ini hanya
bersifat pengantar, tidak membahas materi secara detail. Kuliah ini sekedar
memberikan arahan dan pengantar bagi para mahasiswa untruk mengungkap lebih
rinci dan detail terhadap masalah yang berkaitan dengan penulisan karya ilmiyah. Mahasiswa sendirilah yang nantinya akan mendalami baik
secara mandiri (otodidak) maupun secara kelompok (kolektif).
B.
Sistem Perkuliahan
Perkuliahan ini
dilakukan atas asumsi bahwa mahasiswa adalah sosok individu yang memiliki
kemandirian belajar, karena itu perkuliahan ini pada dasarnya untuk
mengaktifkan, menggairahkan dan meningkatkan kemampuan belajar mandiri.
Sehingga untuk perkuliahan melalui ceramah dikurangi semaksimal mungkin.
Sebagai gantinya mahasiswa diarahkan untuk mendiskusikan tema-tema yang ada
secara serius.
Untuk itu, maka
diwajibkan kepada masing-masing mahasiswa (baik secara perorangan atau group)
menulis satu makalah/paper untuk dipresentasikan. Dan makalah tersebut
hendaknya dibuat rangkap/digandakan secukupnya (untuk peserta dan pengampu mata
kuliah). Makalah/paper tersebut selanjutnya dipresentasikan paling lama 15
menit untuk selanjutnya didiskusikan di dalam ruang kuliah dengan tertib.
C.
Sistem Penilaian
1.
Absensi/partisipasi
kelas (kehadiran dan kontribusi pemikiran dalam diskusi 25 %.
2.
Makalah
(presentasi dan revisi) 15 %
3.
Tugas Mandiri
(sesuai situasi dan kondisi) 15 %.
4.
Mid semester 20
%.
5.
Ujian akhir 25 %.
D.
Cara Penulisan Paper/Makalah
Makalah/Paper
yang ditulis dan dipresentasikan harus mengikuti prosedur sebagai berikut:
1.
Pendahuluan
(suatu problem/masalah yang akan dijawab/dibahas).
2.
Pengertian
(sub-sub yang akan dibahas harus dijelaskan secara singkat).
3.
Pembahasan
(jawaban problem/pembahasan dari literatur/buku-buku).
4.
Analisis/argumentasi
(jawaban yang diutarakan sebagai orisinalitas pandangan dari penulis
makalah/paper yang bersangkutan).
5.
Kesimpulan/penutup
(bukan ringkasan makalah/paper, melainkan ulasan singkat mengenai problem
solving terhadap masalah yang ada.
6.
Bentuk penulisan:
a). Memakai font 12 (TNR) atau Tahoma 11. b. Margin kanan kiri ukuran standar.
c. Bila ada kutipan gunakan cakak (foot note bukan body note atau end note).
7.
Referensi
(mengenai data buku; judul, pengarang, tahun, penerbit, cetakan, penerjemah).
E.
Manajemen Waktu Kuliah
Waktu perkuliahan
setiap pertemuan untuk alokasi waktu 60/100 menit, dengan perincian sebagai
berikut:
1.Preparasi 5
menit
2.Presentasi
makalah/paper 10
menit
3.Tanya Jawab 30
menit
4.Masukan pengampu
mata kuliah 15
menit
F.
Ragam Tema diskusi (Silaby)
Lihat lampiran
G.
Penutup
Panduan ini
disusun dengan harapan dapat menjadi acuan proses perkuliahan BPKI, dan juga dapat
berfungsi sebagai jembatan untuk mencapai tujuan akhir dari perkuliahan ini.
Bumiayu, 9 September 2021
Pengampu Mata Kuliah,
Isro, M.Ag.
Lampiran F.
SYLABI BIMBINGAN PENULISAN KARYA ILMIAH
TOPIK BAHASAN
No |
Pokok
Bahasan |
Sub
Bahasan |
1 |
Pengantar
Perkuliahan dan Kontrak Studi |
Ceramah
perkuliahan dari dosen. |
2 |
Pengertian
dan makna Karya Tulis Ilmiah |
1. Pengertian
karya tulis ilmiah 2. Jenis-jenis
karya Tulis ilmiah 3. Prinsip-prinsip
umum 4. Urgensi
karya tulis ilmiah |
3 |
Karya
Ilmiah Populer |
Langkah
penyusunan artikel ilmiah popular |
4 |
Anotasi
Bibligrafi dan Laporan Buku |
1. Langkah
penyusunan anotasi bibliografi 2. Langkah
penyusunan laporan buku |
5 |
Makalah
|
1. Jenis
makalah ilmiah 2. Langkah
penyusunan makalah |
6 |
Bahasa
Ilmiah |
Penggunaan
bahasa tulis Ilmiah |
7 |
Penulisan
diktat, modul dan LKS |
Cara-cara Penulisan diktat, modul dan LKS |
8 |
Bagian
dalam Karya Tulis |
1. Bagian
awal (front metter) 2. Bagian
tubuh (main body) 3. Bagian
akhir (reference section) |
9 |
Penulisan
Skripsi |
1. Macam
dan ukuran kertas 2. Tipe
huruf 3. Mengatur
kertas 4. Mengatur
Spasi 5. Indensi 6. Nomor
halaman 7. Nomor
bab dan bagian-bagiannya 8. Menulis
bilangan |
10 |
Kutipan
dan Teknik Penulisan Kutipan |
1. Pengertian
dan syarat-syarat kutipan 2. Macam-macam
kutipan 3. hal-hal
yang berhubungan dengan kutipan 4. Innote
(Intra Teks) 5. Footnote
dan Endnote 6. Transliterasi
arab-latin |
11 |
Penulisan
Tabel dan Gambar |
1. Penyajian
table 2. Format
tabel 3. Pemberian
nomor dan judul tabel 4. Ketentuan
lainnya 5. Penyajian
bahan gambar |
12 |
Daftar
Pustaka |
1. Isi
daftar pustaka 2. Fungsi
dasar pustaka 3. Ketentuan-ketentuan
menyusun daftar pustaka 4. Perbandingan
daftar pustaka dengan footnote 5. Bentuk-bentuk
lain penyusunan daftar pustaka |
13 |
Orijinalitas
dan Plagiarisme |
1. Pengertian
orijinalitas dan plagiarisme; 2. Cara-cara
menghindari plagiat |
14 |
Presenstasi karya tulisan yang efektif |
1.
Persiapan presentasi yang efektif 2.
Menyampaikan presentasi |
Referensi
A. Buku
Wajib
1. Talizduhu
Naraha, Desain Riset dan Teknik Penyusunan Karya Tulis Ilmiah
2. Djarwanto
Ps, Petunjuk Teknis Penyusunan Skripsi
3. Wahyu, Bimbingan
Penulisan Skrispi
4. Nasution
S, Buku Petunjuk Membuat Thesis, Skripsi, Book Report
5. Adjat
Sakri, Bibliografi
Buku Anjuran
1. Nana
Sudjana, Tuntunan Penyusunan Karya Ilmiah
2. Sutrisno
Hadi, Bimbingan Menulis Skripsi-Thesis Jilid II
3. Ali,
Sastrohoetomo, Karangan Ilmiah Suatu Penuntun Menulis Laporan dan Skripsi
4. Hubbel,
George Shelton, Writing Term Papers and Report
5. Turabian,
Kate L.A., Manual for Writers of Term Papers and Disertations
--------0000-------
JUDUL TUGAS PEMBUATAN MAKALAH
YANG DIDISKUSIKAN
DAN DIKUMPULKAN *)
NO. |
JUDUL/TOPIK **) |
PERTEMUAN |
PEMAKALAH NO. ABSEN: ***) |
KET. |
1 |
KE-2 |
KE-2 |
1,14,27,40 |
|
2 |
KE-3 |
KE-3 |
2,15,28,41 |
|
3 |
KE-4 |
KE-4 |
3,16,29,42 |
|
4 |
KE-5 |
KE-5 |
4,17,30,43 |
|
5 |
KE-6 |
KE-6 |
5,18,31,44 |
|
6 |
KE-7 |
KE-7 |
6,19,32,45 |
|
7 |
KE-8 |
KE-8 |
7,20,33, |
|
8 |
KE-9 |
KE-9 |
8,21,34, |
|
9 |
KE-10 |
KE-10 |
9,22,35, |
|
10 |
KE-11 |
KE-11 |
10,23,36, |
|
11 |
KE-12 |
KE-12 |
11,24,37, |
|
12 |
KE-13 |
KE-13 |
12,25,38, |
|
13 |
KE-14 |
KE-14 |
13,26,39, |
|
14 |
Mid Semester |
aksidental |
Semua MHS****) |
|
15 |
UAS |
aksidental |
Semua MHS****) |
|
Ket. :
*) Jika makalah belum jadi ketika
diskusi, cukup membawa konsep saja, makalah harus sudah diserahkan kepada
pengampu mata kuliah paling lambat sebelum semester akhir.
**) Lihat Judul/Topik
untuk judul makalah yang ada dalam lampiran F.
***) Nama pemakalah
dapat dilihat dalam Absensi kelas harian, untuk memudahkan penilaian makalah
cantumkan no. Absen dan nama pemakalah ybs.
****) Semester Akhir (Pertemuan Khusus).
PEMBAGIAN
JUDUL INDIVIDU MATKUL BPKI
NO |
NAMA |
JUDUL INDIVIDU |
|
1. |
|
Enquiry-Discovery
Learning |
di
MTs ……… TP.2020/2021 |
2. |
|
Expository
Learning |
di
MTs ……… TP.2020/2021 |
3. |
|
Mastery
Learning |
di
MTs ……… TP.2020/2021 |
4. |
|
Pemberian
Tugas Dan Resitasi |
di
MTs ……… TP.2020/2021 |
5. |
|
Metode
Diskusi |
di
MTs ……… TP.2020/2021 |
6. |
|
Pendekatan
Proses |
di
MTs ……… TP.2020/2021 |
7. |
|
Inquiry
Approach/Penemuan |
di
MTs ……… TP.2020/2021 |
8. |
|
Kerja
Kelompok Siswa |
di
MTs ……… TP.2020/2021 |
9. |
|
Experiment |
di
MTs ……… TP.2020/2021 |
10. |
|
Tanya
Jawab |
di
MTs ……… TP.2020/2021 |
11. |
|
Study
Tour/Karyawisata |
di
MTs ……… TP.2020/2021 |
12. |
|
Studi
Individual |
di
MTs ……… TP.2020/2021 |
13. |
|
Metode
Klasikal |
di
MTs ……… TP.2020/2021 |
14. |
|
Humanistic
Education |
di
MTs ……… TP.2020/2021 |
15. |
|
CBSA |
di
MTs ……… TP.2020/2021 |
16. |
|
Aplikasi
Perpustakaan |
di
MTs ……… TP.2020/2021 |
17. |
|
Audiovisual |
di
MTs ……… TP.2020/2021 |
18. |
|
Re-Inforcement |
di
MTs ……… TP.2020/2021 |
19. |
|
Mass
Media |
di
MTs ……… TP.2020/2021 |
20. |
|
Bahan/Materials |
di
MTs ……… TP.2020/2021 |
21. |
|
Simulasi |
di
MTs ……… TP.2020/2021 |
22. |
|
Alam
Lingkungan Terbuka |
di
MTs ……… TP.2020/2021 |
23. |
|
Pengajaran
Modul |
di
MTs ……… TP.2020/2021 |
24. |
|
Cerita/Sejarah/Peninggalan |
di
MTs ……… TP.2020/2021 |
25. |
|
Media
Pendidikan |
di
MTs ……… TP.2020/2021 |
26. |
|
Pendekatan
Educatif |
di
MTs ……… TP.2020/2021 |
27. |
|
Pendekatan
Emosional |
di
MTs ……… TP.2020/2021 |
28. |
|
Pendekatan
Pengalaman |
di
MTs ……… TP.2020/2021 |
29. |
|
Pendekatan
Pembiasaan |
di
MTs ……… TP.2020/2021 |
30. |
|
Pendekatan
Rasional |
di
MTs ……… TP.2020/2021 |
31. |
|
Pendekatan
Fungsional |
di
MTs ……… TP.2020/2021 |
32. |
|
Pendekatan
Keagamaan |
di
MTs ……… TP.2020/2021 |
33. |
|
Pendekatan
Kebermaknaan |
di
MTs ……… TP.2020/2021 |
34. |
|
Metode
Proyek |
di
MTs ……… TP.2020/2021 |
35. |
|
Metode
Sosiodrama |
di
MTs ……… TP.2020/2021 |
36. |
|
Metode
Demontrasi |
di
MTs ……… TP.2020/2021 |
37. |
|
Metode
Problem Solving |
di
MTs ……… TP.2020/2021 |
38. |
|
Metode
Tanya Jawab |
di
MTs ……… TP.2020/2021 |
39. |
|
Metode
Drill |
di
MTs ……… TP.2020/2021 |
40. |
|
Metode
CL/CTL |
di
MTs ……… TP.2020/2021 |
41. |
|
Program
Remedial |
di
MTs ……… TP.2020/2021 |
MAHASISWA SEM-VII/A
Ket. : Makalah
Individu diketik dengan Apl. MS. Word
Bumiayu, 9 September 2021
Pengampu Mata Kuliah,
Isro, M.Ag.
PEMBAGIAN
JUDUL INDIVIDU MATKUL BPKI
NO |
NAMA |
JUDUL INDIVIDU |
|
1. |
|
Enquiry-Discovery
Learning |
di
MTs ……… TP.2020/2021 |
2. |
|
Expository
Learning |
di
MTs ……… TP.2020/2021 |
3. |
|
Mastery
Learning |
di
MTs ……… TP.2020/2021 |
4. |
|
Pemberian
Tugas Dan Resitasi |
di
MTs ……… TP.2020/2021 |
5. |
|
Metode
Diskusi |
di
MTs ……… TP.2020/2021 |
6. |
|
Pendekatan
Proses |
di
MTs ……… TP.2020/2021 |
7. |
|
Inquiry
Approach/Penemuan |
di
MTs ……… TP.2020/2021 |
8. |
|
Kerja
Kelompok Siswa |
di
MTs ……… TP.2020/2021 |
9. |
|
Experiment |
di
MTs ……… TP.2020/2021 |
10. |
|
Tanya
Jawab |
di
MTs ……… TP.2020/2021 |
11. |
|
Study
Tour/Karyawisata |
di
MTs ……… TP.2020/2021 |
12. |
|
Studi
Individual |
di
MTs ……… TP.2020/2021 |
13. |
|
Metode
Klasikal |
di
MTs ……… TP.2020/2021 |
14. |
|
Humanistic
Education |
di
MTs ……… TP.2020/2021 |
15. |
|
CBSA |
di
MTs ……… TP.2020/2021 |
16. |
|
Aplikasi
Perpustakaan |
di
MTs ……… TP.2020/2021 |
17. |
|
Audiovisual |
di
MTs ……… TP.2020/2021 |
18. |
|
Re-Inforcement |
di
MTs ……… TP.2020/2021 |
19. |
|
Mass
Media |
di
MTs ……… TP.2020/2021 |
20. |
|
Bahan/Materials |
di
MTs ……… TP.2020/2021 |
21. |
|
Simulasi |
di
MTs ……… TP.2020/2021 |
22. |
|
Alam
Lingkungan Terbuka |
di
MTs ……… TP.2020/2021 |
23. |
|
Pengajaran
Modul |
di
MTs ……… TP.2020/2021 |
24. |
|
Cerita/Sejarah/Peninggalan |
di
MTs ……… TP.2020/2021 |
25. |
|
Media
Pendidikan |
di
MTs ……… TP.2020/2021 |
26. |
|
Pendekatan
Educatif |
di
MTs ……… TP.2020/2021 |
27. |
|
Pendekatan
Emosional |
di
MTs ……… TP.2020/2021 |
28. |
|
Pendekatan
Pengalaman |
di
MTs ……… TP.2020/2021 |
29. |
|
Pendekatan
Pembiasaan |
di
MTs ……… TP.2020/2021 |
30. |
|
Pendekatan
Rasional |
di
MTs ……… TP.2020/2021 |
31. |
|
Pendekatan
Fungsional |
di
MTs ……… TP.2020/2021 |
32. |
|
Pendekatan
Keagamaan |
di
MTs ……… TP.2020/2021 |
33. |
|
Pendekatan
Kebermaknaan |
di
MTs ……… TP.2020/2021 |
34. |
|
Metode
Proyek |
di
MTs ……… TP.2020/2021 |
35. |
|
Metode
Sosiodrama |
di
MTs ……… TP.2020/2021 |
36. |
|
Metode
Demontrasi |
di
MTs ……… TP.2020/2021 |
37. |
|
Metode
Problem Solving |
di
MTs ……… TP.2020/2021 |
38. |
|
Metode
Tanya Jawab |
di
MTs ……… TP.2020/2021 |
39. |
|
Metode
Drill |
di
MTs ……… TP.2020/2021 |
40. |
|
Metode
CL/CTL |
di
MTs ……… TP.2020/2021 |
41. |
|
Program
Remedial |
di
MTs ……… TP.2020/2021 |
MAHASISWA SEM-VII/B
Ket. : Makalah
Individu diketik dengan Apl. MS. Word
Bumiayu, 9 September 2021
Pengampu Mata Kuliah,
Isro, M.Ag.
JUDUL DAN NAMA KELOMPOK DISKUSI
MAHASISWA SEM-VII/A
NO. |
JUDUL |
TAPKA |
NAMA MAHASIAWA KELOMPOK DISKUSI |
||
1 |
KE-2 |
KE-2 |
|
|
|
2 |
KE-3 |
KE-3 |
|
|
|
3 |
KE-4 |
KE-4 |
|
|
|
4 |
KE-5 |
KE-5 |
|
|
|
5 |
KE-6 |
KE-6 |
|
|
|
6 |
KE-7 |
KE-7 |
|
|
|
7 |
KE-8 |
KE-8 |
|
|
|
8 |
KE-9 |
KE-9 |
|
|
|
9 |
KE-10 |
KE-10 |
|
|
|
10 |
KE-11 |
KE-11 |
|
|
|
11 |
KE-12 |
KE-12 |
|
|
|
12 |
KE-13 |
KE-13 |
|
|
|
13 |
KE-14 |
KE-14 |
|
|
|
Bumiayu, 9 September 2021
Pengampu Mata Kuliah,
Isro, M.Ag.
JUDUL DAN NAMA KELOMPOK DISKUSI
MAHASISWA SEM-VII/B
NO. |
JUDUL |
TAPKA |
NAMA MAHASIAWA KELOMPOK DISKUSI |
||
1 |
KE-2 |
KE-2 |
|
|
|
2 |
KE-3 |
KE-3 |
|
|
|
3 |
KE-4 |
KE-4 |
|
|
|
4 |
KE-5 |
KE-5 |
|
|
|
5 |
KE-6 |
KE-6 |
|
|
|
6 |
KE-7 |
KE-7 |
|
|
|
7 |
KE-8 |
KE-8 |
|
|
|
8 |
KE-9 |
KE-9 |
|
|
|
9 |
KE-10 |
KE-10 |
|
|
|
10 |
KE-11 |
KE-11 |
|
|
|
11 |
KE-12 |
KE-12 |
|
|
|
12 |
KE-13 |
KE-13 |
|
|
|
13 |
KE-14 |
KE-14 |
|
|
|
Bumiayu, 9 September 2020
Pengampu Mata Kuliah,
Isro, M.Ag.
Apple Watch Stainless Steel vs Titanium
BalasHapusApple Watch titanium teeth dog Stainless Steel titanium white dominus and Titanium Dioxide titanium mens rings is nipple piercing jewelry titanium a infiniti pro rainbow titanium flat iron Stainless Steel stainless steel piece from Titanium-Arts.com.