SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM (STAI) BREBES
JURUSAN
TARBIYAH/PROGDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI)
Alamat Kampus 3: PONPES KH. MU’ALIM TEGONG PURBANALA
BUMIAYU BREBES
52273.
PANDUAN PERKULIAHAN MP SKI DI MA
Pengampu: Isro, M.Ag.
A.
Sasaran
Mata Kuliah ini
didesain untuk memahami, mengenal, mengadakan analisis kritis terhadap
seluk-beluk yang berkaitan dengan “Sejarah Kebudayaan Islam sebagai mata
pelajaran yang diberikan di MA”. Dengan demikian, mahasiswa akan mampu: Memahami
dengan benar tentang Sejarah Kebudayaan Islam Pasca Nabi SAW, Sejarah
Kebudayaan Islam di Indonesia dari sebelum kedatangan Islam, Sejarah masuknya
Islam, dan sejarah Masuk dan berkembangnya Islam ke berbagai Pulau di
Indonesia.
Mengingat mata kuliah
ini termasuk mata kuliah dasar khusus (MKDK), maka kuliah ini hanya bersifat
pengantar, tidak membahas Sejarah Kebudayaan Islam secara detail. Kuliah ini
sekedar memberikan arahan dan pengantar bagi para mahasiswa untruk mengungkap
lebih rinci dan detail terhadap masalah yang berkaitan dengan materi Sejarah
Kebudayaan Islam sebagai MP yang diberikan di MA. Mahasiswa sendirilah yang
nantinya akan mendalami baik secara mandiri (otodidak) maupun secara kelompok
(kolektif).
B.
Sistem Perkuliahan
Perkuliahan ini
dilakukan atas asumsi bahwa mahasiswa adalah sosok individu yang memiliki
kemandirian belajar, karena itu perkuliahan ini pada dasarnya untuk
mengaktifkan, menggairahkan dan meningkatkan kemampuan belajar mandiri.
Sehingga untuk perkuliahan melalui ceramah dikurangi semaksimal mungkin.
Sebagai gantinya mahasiswa diarahkan untuk mendiskusikan tema-tema yang ada
secara serius.
Untuk itu, maka diharuskan
kepada masing-masing mahasiswa (baik secara perorangan atau group) membuat
sebuah makalah/paper untuk dipresentasikan. Dan makalah tersebut hendaknya dicopy
secukupnya (sejumlah peserta diskusi dalam kelas). Makalah/paper tersebut
selanjutnya dipresentasikan paling lama 10 menit untuk selanjutnya didiskusikan
di dalam ruang kuliah dengan tertib. Adapun makalah yang didiskusikan tidak
perlu diserahkan kepada pengampu mata kuliah. Selain membuat makalah/paper yang
didiskusikan, juga membuat makalah/paper secara individu sebagai tugas akhir dengan
judul terlampir yang harus diserahkan kepada dosen pengampu sebelum UAS dalam
bentuk soft copy dan dikirim lewat e-mail : isromag@yahoo.co.id
atau diserahkan dalam bentuk CD/DVD.
C.
Sistem Penilaian
1. Absensi/partisipasi kelas (kehadiran dan kontribusi
pemikiran dalam diskusi 25 %.
2. Makalah (presentasi dan revisi) 15 %
3. Tugas Mandiri (sesuai situasi dan kondisi) 15 %.
4. Mid semester 20 %.
5. Ujian akhir 25 %.
D.
Cara Penulisan Paper/Makalah
Makalah/Paper yang
ditulis dan diserahkan kepada pengampu mata kuliah harus mengikuti
prosedur sebagai berikut:
1. Pendahuluan (suatu problem/masalah yang akan
dijawab/dibahas).
2. Pengertian (sub-sub yang akan dibahas harus dijelaskan
secara singkat).
3. Pembahasan (jawaban problem/pembahasan dari
literatur/buku-buku).
4. Analisis/argumentasi (jawaban yang diutarakan sebagai orisinalitas
pandangan dari penulis makalah/paper yang bersangkutan).
5. Kesimpulan/penutup (bukan ringkasan makalah/paper,
melainkan ulasan singkat mengenai problem solving terhadap masalah yang ada.
6. Bentuk penulisan: a). Menggunakan office dalam format
Word dan memakai font TNR-12, Calibri-12 atau Tahoma-11. b. Margin kanan kiri
ukuran standar. c. Bila ada kutipan gunakan cakak (foot note bukan body note
atau end note).
7. Referensi (mengenai data buku; judul, pengarang, tahun,
penerbit, cetakan, penerjemah).
E.
Manajemen Waktu Kuliah
Waktu perkuliahan
setiap pertemuan untuk alokasi waktu 60/100 menit, dengan perincian sebagai
berikut:
1. Preparasi 5/10 menit
2. Presentasi makalah/paper 10/20 menit
3. Tanya Jawab 30/40 menit
4. Masukan pengampu mata kuliah 15/30
menit
F.
Ragam Tema diskusi (Silaby)
Lihat lampiran
G.
Penutup
Panduan ini disusun
dengan harapan dapat menjadi acuan proses perkuliahan Sejarah Kebudayaan Islam Di
MA, dan juga dapat berfungsi sebagai jembatan untuk mencapai tujuan akhir dari
perkuliahan ini.
Bumiayu, 10 September
2021.
Pengampu Mata
Kuliah,
Isro,
M.Ag.
Lampiran F.
SILABI MP SKI DI MA
DISKRIPSI
MATA KULIAH :
Mata Kuliah ini meliputi kajian tentang : Tentang Sejarah
Kebudayaan Islam Islam Pasca Rasulullah, Sejarah Kebudayaan Islam Islam di
Indonesia dari sebelum kedatangan Islam, Sejarah masuknya Islam, dan sejarah
Masuk dan berkembangnya Islam ke berbagai Pulau di Indonesia.
TOPIK
BAHASAN
SKI PASCA RASULULLAH SAW. DI TIMUR DAN BARAT
1. Sejarah Islam Pada Masa Bani Umayah
2. Sejarah Islam pada Masa bani Abasiyah
3. Runtuhnya Islam Kerajaan Andalusia dan pengaruhnya
terhadap peradaban Islam.
4. Perang Salib
5. Kebangkitan Bangsa Barat. (penemuan Iptek, tumbuhnya
kekuatan Barat dan ekspansi ke daerah lain).
6. Kebangkitan dunia Islam. (Modernisasi dan revitalisasi)
SKI DI INDONESIA
7. Indonesia sebelum kedatangan Islam. (Kehidupan bangsa
Indonesia dan agama yang dianut sebelum datangnya Islam).
8. Sejarah Masuknya Islam ke Indonesia. (Peta penyebaran,
cara dan pembawanya, serta Akulturasi antara pengaruh kebudayaan Islam dengan
non Islam).
9. Sejarah Masuknya Islam dan perkembangannya (strategi
penyebarannya) ke pulau-pulau di Indonesia.
10. Kerajaan Islam di Sumatera. (Samudera Pasai dan Aceh), Kerajaan
Islam di Jawa. (Demak, Pajang, Banten dan Mataram), Kerajaan Islam di
Kalimantan. (Sukadana, Brunai / kalimantan utara, Banjar / kalimantan Selatan),
Kerajaan Islam di Sulawesi. (Goa Tallo, Makasar), Kerajaan Islam di Pulau
Maluku dan Nusa Tenggara.
11. Indonesia di bawah penjajahan Belanda.
12. Kebangkitan Islam di Indonesia. (sebab timbulnya,
tokoh-tokohnya, dan daerah-daerahnya), dan Peranan Umat Islam dalam Proklamasi
Kemerdekaan.
13. Keadaan Islam di Indonesia sebagai negara berdasar
pancasila, negara aneka suku dan agama, aneka budaya dan adat istiadat, serta
sikap tasamuh/toleransi antar agama.
14. Gerakan dan usaha persatuan dunia Islam. (organisasi
Islam International dan kerjasama antar negeri Islam).
15. Gerakan Pembaharuan dalam dalam dunia Islam (Gerakan
Wahabi dan pan Islamisme).
--------0000-------
JUDUL TUGAS PEMBUATAN MAKALAH
YANG DIDISKUSIKAN*)
NO. |
JUDUL/TOPIK **) |
PERTEMUAN |
PEMAKALAH NO. ABSEN: ***) |
KET. |
1 |
KE-1 |
KE-2 |
1,14,27,40 |
|
2 |
KE-2 |
KE-3 |
2,15,28,41 |
|
3 |
KE-3 |
KE-4 |
3,16,29,42 |
|
4 |
KE-4 |
KE-5 |
4,17,30,43 |
|
5 |
KE-5 |
KE-6 |
5,18,31,44 |
|
6 |
KE-6 |
KE-7 |
6,19,32,45 |
|
7 |
KE-7 |
KE-8 |
7,20,33,46 |
|
8 |
UTS |
KE-9 |
Semua MHS |
|
9 |
KE-8 |
KE-10 |
8,21,34,47 |
|
10 |
KE-9 |
KE-11 |
9,22,35,48 |
|
11 |
KE-10 |
KE-12 |
10,23,36,49 |
|
12 |
KE-11 |
KE-13 |
11,24,37,50 |
|
13 |
KE-12,14 |
KE-14 |
12,25,38,51 |
|
14 |
KE-13,15 |
KE-15 |
13,26,39,52 |
|
15 |
UAS |
KE-16 |
Semua MHS |
|
Ket. :
*) Jika makalah belum jadi ketika
diskusi, cukup membawa konsep saja, dan diskusi tetap berlangsung dengan tertib.
**) Lihat Judul/Topik untuk judul makalah yang ada dalam
lampiran F.
***) Nama pemakalah dapat dilihat dalam Absensi kelas harian/pembagian
nomor absen yang disepakati bersama.
REFERENSI
1.
Nourouzzaman Shiddiqi, Sejarah Kebudayaan Islam.
2.
Badri Yatim,
Sejarah Peradaban Islam
3.
M. Noor Matdawam, Sejarah Kebudayaan Islam.
4.
Ahmad Syalaby, Sejarah Kebudayaan Islam.
5.
Ahmad Hasyimi, Sejarah Kebudayaan Islam.
6.
Muhtar yahya, Bangsa Arab sebelum Islam.
7.
Nourouzzaman Shiddiqi, Tamaddun Muslim.
8.
Ebrahim Dkk, Islam
dalam Masyarakat kontemporer.
9.
Prodjodikoro,
Pengantar Ilmu Tauhid.
10.
Buku paket SKI untuk MA.
11. Dan semua
refernsi yang mendukung.
-------000000-----
JUDUL TUGAS PEMBUATAN MAKALAH INDIVIDU
YANG DIKUMPULKAN SEBELUM UAS
DALAM BENTUK SOFT COPY YANG DIKIRIM
KE E-MAIL ATAU DISERAHKAN DALAM BENTUK CD*)
Kelas-A :
ABSEN |
MP SKI MA |
MATERI
PELAJARAN |
1. |
Enquiry-Discovery
Learning |
Sejarah Islam Pada Masa Bani Umayah |
2. |
Expository
Learning |
Sejarah Islam pada Masa bani Abasiyah |
3. |
Mastery
Learning |
Runtuhnya Islam Kerajaan Andalusia dan
pengaruhnya terhadap peradaban Islam. |
4. |
Pemberian
Tugas Dan Resitasi |
Perang Salib |
5. |
Metode
Diskusi |
Kebangkitan Bangsa Barat. (penemuan Iptek,
tumbuhnya kekuatan Barat dan ekspansi ke daerah lain). |
6. |
Pendekatan
Proses |
Kebangkitan dunia Islam. (Modernisasi dan
revitalisasi) |
7. |
Inquiry
Approach/Penemuan |
Indonesia sebelum kedatangan Islam. (Kehidupan
bangsa Indonesia dan agama yang dianut sebelum datangnya Islam). |
8. |
Kerja
Kelompok Siswa |
Sejarah Masuknya Islam ke Indonesia. (Peta
penyebaran, cara dan pembawanya, serta Akulturasi antara pengaruh kebudayaan
Islam dengan non Islam). |
9. |
Experiment |
Sejarah Masuknya Islam dan perkembangannya
(strategi penyebarannya) ke pulau-pulau di Indonesia. |
10. |
Tanya
Jawab |
Kerajaan Islam di Sumatera. (Samudera Pasai dan
Aceh). |
11. |
Study
Tour/Karyawisata |
Kerajaan Islam di Jawa. (Demak, Pajang, Banten
dan Mataram). |
12. |
Studi
Individual |
Kerajaan Islam di Kalimantan. (Sukadana, Brunai
/ kalimantan utara, Banjar / kalimantan Selatan). |
13. |
Metode
Klasikal |
Kerajaan Islam di Sulawesi. (Goa Tallo,
Makasar), |
14. |
Humanistic
Education |
Kerajaan Islam di Pulau Maluku dan Nusa Tenggara
(NTT/NTB) |
15. |
CBSA |
1.
Indonesia di bawah penjajahan Belanda. |
16. |
Aplikasi
Perpustakaan |
Kebangkitan Islam di Indonesia. (sebab
timbulnya, tokoh-tokohnya, dan daerah-daerahnya). |
17. |
Audiovisual |
Peranan Umat Islam dalam Proklamasi Kemerdekaan. |
18. |
Re-Inforcement |
Keadaan Islam di Indonesia sebagai negara
berdasar pancasila, negara aneka suku dan agama, aneka budaya dan adat
istiadat, serta sikap tasamuh/toleransi antar agama. |
19. |
Mass
Media |
Gerakan dan usaha persatuan dunia Islam.
(organisasi Islam International dan kerjasama antar negeri Islam). |
20. |
Bahan/Materials |
Gerakan Pembaharuan dalam dalam dunia Islam
(Gerakan Wahabi dan pan Islamisme) |
21. |
Simulasi |
Masa
Kemunduran (Bangsa mongol dan dinasti Khan, serangan timur lenk, dan dinasti
mamalik Mesir). |
22. |
Alam
Lingkungan Terbuka |
Kerajaan
Utsmani dan Safawi di Persia. |
23. |
Pengajaran
Modul |
Kerajaan
Mughal di India. |
24. |
Cerita/Sejarah/Peninggalan |
Renaisans di
Eropa. |
25. |
Media
Pendidikan |
Pusat
peradaban Islam di Baghdad Irak |
26. |
Pendekatan
Educatif |
Pusat
peradaban Islam di Kairo Mesir |
27. |
Pendekatan
Emosional |
Pusat
peradaban Islam di Isfahan Persia |
28. |
Pendekatan
Pengalaman |
Pusat
peradaban Islam di Istambul Turki |
29. |
Pendekatan
Pembiasaan |
Pusat
peradaban Islam di Delhi India |
30. |
Pendekatan
Rasional |
Pusat
peradaban Islam di Andalus (Spanyol). |
31. |
Pendekatan
Fungsional |
Pusat
peradaban Islam di Samarkand-Bukhara (Transoxania) |
32. |
Pendekatan
Keagamaan |
Khilafah
rasyidah |
33. |
Pendekatan
Kebermaknaan |
Dinasti yang
memerdekakan diri dari Baghdad |
34. |
Metode
Proyek |
Sebab-sebab
kemunduran kekholifahan bani Abbas |
35. |
Metode
Sosiodrama |
Penjajahan
Barat terhadap Islam di anak benua India dan Asia. |
36. |
Metode
Demontrasi |
Politik Islam
Hindia Belanda |
37. |
Metode
Problem Solving |
Format Islam
Jawa (Priyayi, santri dan abangan) |
38. |
Metode
Tanya Jawab |
Kultur Islam
jawa dan kedekatannya dengan Gugon tuhon, khurafat, tahayul dan mistis. |
39. |
Metode
Drill |
Asimilasi, akulturasi
dan penetrasi antara Islam dan budaya jawa lama (budaya animisme,
dinamisme/hindu, budha). |
40. |
Metode
CL/CTL |
Terusan Suez
dan andilnya dalam kemajuan Islam dan dampak negatif bagi dunia Timur. |
Ket. : Soft copy diketik dengan Apl. Word dan dikirim lewat e-mail : isromag2@gmail.com atau diserahkan dalam bentuk CD/DVD.
Bumiayu, 11 September 2021.
Pengampu Mata Kuliah,
Isro, M.Ag.
JUDUL TUGAS PEMBUATAN MAKALAH INDIVIDU
YANG DIKUMPULKAN SEBELUM UAS
DALAM BENTUK SOFT COPY YANG DIKIRIM
KE E-MAIL ATAU DISERAHKAN
DALAM BENTUK CD*)
Kelas-B:
ABSEN |
MP SKI MA |
MATERI PELAJARAN |
1.
|
Enquiry-Discovery Learning |
Sejarah Islam Pada Masa
Bani Umayah |
2.
|
Expository Learning |
Sejarah Islam pada Masa
bani Abasiyah |
3.
|
Mastery Learning |
Runtuhnya Islam Kerajaan
Andalusia dan pengaruhnya terhadap peradaban Islam. |
4.
|
Pemberian Tugas Dan Resitasi |
Perang Salib |
5.
|
Metode Diskusi |
Kebangkitan Bangsa Barat.
(penemuan Iptek, tumbuhnya kekuatan Barat dan ekspansi ke daerah lain). |
6.
|
Pendekatan Proses |
Kebangkitan dunia Islam.
(Modernisasi dan revitalisasi) |
7.
|
Inquiry Approach/Penemuan |
Indonesia sebelum
kedatangan Islam. (Kehidupan bangsa Indonesia dan agama yang dianut sebelum
datangnya Islam). |
8.
|
Kerja Kelompok Siswa |
Sejarah Masuknya Islam ke
Indonesia. (Peta penyebaran, cara dan pembawanya, serta Akulturasi antara
pengaruh kebudayaan Islam dengan non Islam). |
9.
|
Experiment |
Sejarah Masuknya Islam dan
perkembangannya (strategi penyebarannya) ke pulau-pulau di Indonesia. |
10.
|
Tanya Jawab |
Kerajaan Islam di Sumatera.
(Samudera Pasai dan Aceh). |
11.
|
Study Tour/Karyawisata |
Kerajaan Islam di Jawa.
(Demak, Pajang, Banten dan Mataram). |
12.
|
Studi Individual |
Kerajaan Islam di
Kalimantan. (Sukadana, Brunai / kalimantan utara, Banjar / kalimantan
Selatan). |
13.
|
Metode Klasikal |
Kerajaan Islam di Sulawesi.
(Goa Tallo, Makasar), |
14.
|
Humanistic Education |
Kerajaan Islam di Pulau
Maluku dan Nusa Tenggara (NTT/NTB) |
15.
|
CBSA |
2.
Indonesia di bawah penjajahan Belanda. |
16.
|
Aplikasi Perpustakaan |
Kebangkitan Islam di
Indonesia. (sebab timbulnya, tokoh-tokohnya, dan daerah-daerahnya). |
17.
|
Audiovisual |
Peranan Umat Islam dalam
Proklamasi Kemerdekaan. |
18.
|
Re-Inforcement |
Keadaan Islam di Indonesia
sebagai negara berdasar pancasila, negara aneka suku dan agama, aneka budaya
dan adat istiadat, serta sikap tasamuh/toleransi antar agama. |
19.
|
Mass Media |
Gerakan dan usaha persatuan
dunia Islam. (organisasi Islam International dan kerjasama antar negeri
Islam). |
20.
|
Bahan/Materials |
Gerakan Pembaharuan dalam
dalam dunia Islam (Gerakan Wahabi dan pan Islamisme) |
21.
|
Simulasi |
Masa Kemunduran (Bangsa mongol dan dinasti Khan,
serangan timur lenk, dan dinasti mamalik Mesir). |
22.
|
Alam Lingkungan Terbuka |
Kerajaan Utsmani dan Safawi di Persia. |
23.
|
Pengajaran Modul |
Kerajaan Mughal di India. |
24.
|
Cerita/Sejarah/Peninggalan |
Renaisans di Eropa. |
25.
|
Media Pendidikan |
Pusat peradaban Islam di Baghdad Irak |
26.
|
Pendekatan Educatif |
Pusat peradaban Islam di Kairo Mesir |
27.
|
Pendekatan Emosional |
Pusat peradaban Islam di Isfahan Persia |
28.
|
Pendekatan Pengalaman |
Pusat peradaban Islam di Istambul Turki |
29.
|
Pendekatan Pembiasaan |
Pusat peradaban Islam di Delhi India |
30.
|
Pendekatan Rasional |
Pusat peradaban Islam di Andalus (Spanyol). |
31.
|
Pendekatan Fungsional |
Pusat peradaban Islam di Samarkand-Bukhara
(Transoxania) |
32.
|
Pendekatan Keagamaan |
Khilafah rasyidah |
33.
|
Pendekatan Kebermaknaan |
Dinasti yang memerdekakan diri dari Baghdad |
34.
|
Metode Proyek |
Sebab-sebab kemunduran kekholifahan bani Abbas |
35.
|
Metode Sosiodrama |
Penjajahan Barat terhadap Islam di anak benua India dan
Asia. |
36.
|
Metode Demontrasi |
Politik Islam Hindia Belanda |
37.
|
Metode Problem Solving |
Format Islam Jawa (Priyayi, santri dan abangan) |
38.
|
Metode Tanya Jawab |
Kultur Islam jawa dan kedekatannya dengan Gugon tuhon,
khurafat, tahayul dan mistis. |
39.
|
Metode Drill |
Asimilasi, akulturasi dan penetrasi antara Islam dan
budaya jawa lama (budaya animisme, dinamisme/hindu, budha). |
40.
|
Metode CL/CTL |
Terusan Suez dan andilnya dalam kemajuan Islam dan
dampak negatif bagi dunia Timur. |
Ket. : Soft copy diketik dengan Apl. Word dan dikirim lewat e-mail : isromag2@gmail.com atau diserahkan dalam
bentuk CD/DVD.
Bumiayu, 11 September 2021.
Pengampu Mata Kuliah,
Isro, M.Ag.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar