SEKOLAH TINGGI
ILMU TARBIYAH (STIT) BREBES
JURUSAN
TARBIYAH/PROGDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI)
Alamat Kampus 3: Ponpes
KH. Mu’alim Tegong Bumiayu BREBES 52273.
PANDUAN PERKULIAHAN MP SKI DI MTs. (Sem-V/Gasal)
Pengampu: Isro, M.Ag.
A.
Sasaran
Mata Kuliah ini
didesain untuk memahami, mengenal, mengadakan analisis kritis terhadap
seluk-beluk yang berkaitan dengan “Sejarah Kebudayaan Islam sebagai mata
pelajaran yang diberikan di MTs”. Dengan demikian, mahasiswa akan mampu: Memahami
dengan benar tentang ruang lingkup Sejarah Kebudayaan Islam, Profil negeri dan
bangsa Arab sebelum Islam, Kerajaan-Kerajaan Arab Pra Islam, sejarah Perjuangan
Rasulullah, Islam periode Rasulullah, dan Islam Pasca Rasulullah.
Mengingat mata kuliah
ini termasuk mata kuliah dasar khusus (MKDK), maka kuliah ini hanya bersifat
pengantar, tidak membahas Sejarah Kebudayaan Islam secara detail. Kuliah ini
sekedar memberikan arahan dan pengantar bagi para mahasiswa untruk mengungkap
lebih rinci dan detail terhadap masalah yang berkaitan dengan Sejarah Kebudayaan
Islam Mahasiswa sendirilah yang nantinya akan mendalami baik secara mandiri
(otodidak) maupun secara kelompok (kolektif).
B.
Sistem Perkuliahan
Perkuliahan ini
dilakukan atas asumsi bahwa mahasiswa adalah sosok individu yang memiliki
kemandirian belajar, karena itu perkuliahan ini pada dasarnya untuk
mengaktifkan, menggairahkan dan meningkatkan kemampuan belajar mandiri.
Sehingga untuk perkuliahan melalui ceramah dikurangi semaksimal mungkin.
Sebagai gantinya mahasiswa diarahkan untuk mendiskusikan tema-tema yang ada
secara serius.
Untuk itu, maka
diwajibkan kepada masing-masing mahasiswa (baik secara perorangan atau group)
menulis satu makalah/paper untuk dipresentasikan. Dan makalah tersebut
hendaknya dibuat rangkap/digandakan secukupnya (untuk peserta dan pengampu mata
kuliah). Makalah/paper tersebut selanjutnya dipresentasikan paling lama 15
menit untuk selanjutnya didiskusikan di dalam ruang kuliah dengan tertib.
C.
Sistem Penilaian
1. Absensi/partisipasi kelas (kehadiran dan kontribusi
pemikiran dalam diskusi 25 %.
2. Makalah (presentasi dan revisi) 15 %
3. Tugas Mandiri (sesuai situasi dan kondisi) 15 %.
4. Mid semester 20 %.
5. Ujian akhir 25 %.
D.
Cara Penulisan Paper/Makalah
Makalah/Paper yang
ditulis dan dipresentasikan harus mengikuti prosedur sebagai berikut:
1. Pendahuluan (suatu problem/masalah yang akan
dijawab/dibahas).
2. Pengertian (sub-sub yang akan dibahas harus dijelaskan
secara singkat).
3. Pembahasan (jawaban problem/pembahasan dari
literatur/buku-buku).
4. Analisis/argumentasi (jawaban yang diutarakan sebagai orisinalitas
pandangan dari penulis makalah/paper yang bersangkutan).
5. Kesimpulan/penutup (bukan ringkasan makalah/paper,
melainkan ulasan singkat mengenai problem solving terhadap masalah yang ada.
6. Bentuk penulisan: a). Memakai font 12 (TNR) atau Tahoma
11. b. Margin kanan kiri ukuran standar. c. Bila ada kutipan gunakan cakak
(foot note bukan body note atau end note).
7. Referensi (mengenai data buku; judul, pengarang, tahun,
penerbit, cetakan, penerjemah).
E.
Manajemen Waktu Kuliah
Waktu perkuliahan
setiap pertemuan untuk alokasi waktu 60/100 menit, dengan perincian sebagai
berikut:
1. Preparasi 5/10 menit
2. Presentasi makalah/paper 10/20 menit
3. Tanya Jawab 30/40 menit
4. Masukan pengampu mata kuliah 15/30
menit
F.
Ragam Tema diskusi (Silaby)
Lihat lampiran
G.
Penutup
Panduan ini disusun
dengan harapan dapat menjadi acuan proses perkuliahan Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan
Islam di MTs, dan juga dapat berfungsi sebagai jembatan untuk mencapai tujuan
akhir dari perkuliahan ini.
Bumiayu, 9
September 2021
Pengampu Mata
Kuliah,
Isro, M.Ag.
Lampiran F.
SILABI MP SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MTs.
DISKRIPSI
MATA KULIAH :
Mata Kuliah ini meliputi kajian tentang : Studi
Pendahuluan Sejarah Kebudayaan Islam, Profil
negeri dan bangsa Arab sebelum Islam, Kerajaan-Kerajaan Arab Pra Islam, sejarah
Perjuangan Rasulullah, Islam periode Rasulullah, dan Islam Pasca Rasulullah.
TOPIK BAHASAN
A. Studi Pendahuluan Sejarah Kebudayaan Islam:
1. Pengertian, Batasan
sejarah dan Kebudayaan, sumber-sumber, tujuan dan kegunaan, obyek.
2. Tipe-tipe penulisan
sejarah, penyebab kesalahan penulisan sejarah, historiografi Islam dan
Priodisasi Sejarah Kebudayaan Islam.
B. Lintasan Sejarah Kebudayaan Islam:
3. Keadaan Bangsa Arab
Sebelum Islam. (Negeri dan Bangsa Arab Pra
Islam).
4. Kerajaan-kerajaan Arab
pra Islam. (Arab Selatan dan Arab Utara).
5. Agama Monotheisme di jaman kuno. (Mesir kuno,
Eropa kuno, Persia (zoroaster, mani’, mazdakiyah), Yahudi, Nasrani dan Hindu).
6. Islam Masa Rasulullah. (kisah kelahiran, kehidupan
dan pendidikan, tanda-tanda kenabian, menjadi rasul).
7. Da’wah dan Pengikut
Rasulullah sebelum Hijrah. (cara dan sasaran da’wah, agama yang dibawa, sikap
kaum Quraisy, dan pengikut Nabi).
8. Pengaruh wafat Abu
Thalib dan Siti Khadijah (‘amul khuzni), Hijrah ke Thaif, dan Perjalanan Da’wah
Nabi secara terang.
9. Peristiwa Isra’ Mi’raj dan Hikmahnya.
10. Hijrah ke Madinah,
Peperangan penting, Fathul Makkah.
11.Haji Wada’, wahyu
terakhir, wafat Nabi Saw dan peninggalannya.
12. Perkembangan Islam pada masa Abu Bakar Shidiq.
(Khalifah Nabi SAW yang ke-1).
13. Perkembangan Islam
pada masa Umar Bin Khotob. (Khalifah Nabi SAW yang ke-2).
14. Perkembangan Islam
pada masa Utsman Bin Affan. (Khalifah Nabi SAW yang ke-3).
15. Perkembangan Islam
pada masa Ali Bin abi Tholib. (Khalifah Nabi SAW yang ke-4).
16. UTS
17. UAS
--------0000-------
JUDUL TUGAS PEMBUATAN MAKALAH
YANG DIDISKUSIKAN DAN
DIKUMPULKAN *)
NO. |
JUDUL/TOPIK **) |
PERTEMUAN |
PEMAKALAH NO. ABSEN: ***) |
KET. |
1 |
KE-1 |
KE-2 |
|
|
2 |
KE-2 |
KE-3 |
|
|
3 |
KE-3 |
KE-4 |
|
|
4 |
KE-4 |
KE-4 |
|
|
5 |
KE-5 |
KE-5 |
|
|
6 |
KE-6 |
KE-5 |
|
|
7 |
KE-7 |
KE-6 |
|
|
8 |
KE-8 |
KE-6 |
|
|
9 |
KE-9 |
KE-7 |
|
|
10 |
KE-10 |
KE-7 |
|
|
11 |
KE-11 |
KE-8 |
|
|
12 |
KE-12 |
KE-9 |
|
|
13 |
KE-13 |
KE-10 |
|
|
14 |
KE-14 & 15 |
KE-11 |
|
|
15 |
Mid Semester |
KE-7 |
Semua MHS****) |
|
16 |
UAS |
KE-15 |
Semua MHS****) |
|
Ket. :
*) Jika makalah belum jadi ketika
diskusi, cukup membawa konsep saja, makalah harus sudah diserahkan kepada
pengampu mata kuliah paling lambat sebelum semester akhir.
**) Lihat Judul/Topik untuk judul makalah yang ada dalam
lampiran F.
***) Nama pemakalah dapat dilihat dalam Absensi kelas harian,
untuk memudahkan penilaian makalah cantumkan no. Absen dan nama pemakalah ybs.
****) Semester Akhir (Pertemuan Khusus).
REFERENSI
1.
Nourouzzaman Shiddiqi, Sejarah Kebudayaan Islam.
2.
M. Noor Matdawam, Sejarah Kebudayaan Islam.
3.
Ahmad Syalaby, Sejarah Kebudayaan Islam.
4.
Ahmad Hasyimi, Sejarah Kebudayaan Islam.
5.
Muhtar yahya, Bangsa Arab sebelum Islam.
6.
Nourouzzaman Shiddiqi, Tamaddun Muslim.
7.
Ebrahim Dkk, Islam
dalam Masyarakat kontemporer.
8.
Prodjodikoro,
Pengantar Ilmu Tauhid.
9.
Depag, Buku Ajar MTs Kelas 1-3
10. Dan semua
refernsi yang mendukung.
-------000000-----
JUDUL TUGAS PEMBUATAN SAJIAN
MATERI DALAM RPP
YANG DIKUMPULKAN SEBELUM UAS
DALAM BENTUK HARD COPY DENGAN TEMA (SK/KD):
Kelas-A/B :
Ket. : Makalah Individu diketik dengan Apl. MS. Word
NO |
MP SKI MTs |
MATERI
PEMBELAJARAN |
1. |
Enquiry-Discovery Learning |
Agama Samawi |
2. |
Expository Learning |
Agama Ardy |
3. |
Mastery Learning |
Peta Jazirah
Arab |
4. |
Pemberian Tugas Dan Resitasi |
Kehidupan Dan
Adat Istiadat Bangsa Arab Jahiliyah |
5. |
Metode Diskusi |
Kepercayaan Bangsa
Arab |
6. |
Pendekatan Proses |
Kisah Kelahiran
Nabi Muhammad Saw |
7. |
Inquiry Approach/Penemuan |
Kehidupan Dan
Pendidikan Nabi Saw |
8. |
Kerja Kelompok Siswa |
Tanda Tanda
Kerasulan Nabi Muhammad Saw |
9. |
Experiment |
Kisah Nabi
Muhammad Menjadi Rosul |
10. |
Tanya Jawab |
Cara Nabi
Muhammad Berdakwah |
11. |
Study Tour/Karyawisata |
Dakwah Bissirri |
12. |
Studi Individual |
Dakwah Secara
Terang Terangan |
13. |
Metode Klasikal |
Sasaran Dakwah
Nabi Muhammad |
14. |
Humanistic Education |
Agama Yang
Dibawa Nabi Muhammad |
15. |
CBSA |
Sikap Kaum
Quraisy |
16. |
Aplikasi Perpustakaan |
Pengikut-Pengikut
Nabi Muhammad Saw |
17. |
Audiovisual |
Pengaruh Wafat
Abu Tholib |
18. |
Re-Inforcement |
Pengaruh Wafat
Siti Khodijah |
19. |
Mass Media |
Hijrah Ke
Thoif |
20. |
Bahan/Materials |
Kisah Isro’
Mi’roj |
21. |
Simulasi |
Tanggapan Kaum
Quraisy Terhadap Isro’ Mi’roj |
22. |
Alam Lingkungan Terbuka |
Hikmah Isro’
Mi’roj |
23. |
Pengajaran Modul |
Dakwah Kepada
Orang-Orang Madinah |
24. |
Cerita/Sejarah/Peninggalan |
Kaum Muhajirin
Dan Anshor |
25. |
Media Pendidikan |
Usaha Nabi
Muhammad Ketika Di Madinah |
26. |
Pendekatan Educatif |
Siasat Dan
Strategi Nabi Muhammad Di Madinah |
27. |
Pendekatan Emosional |
Pokok-Pokok
Ajaran Islam Ketika Di Madinah |
28. |
Pendekatan Pengalaman |
Perang Umat
Islam Pada Masa Nabi Muhammad |
29. |
Pendekatan Pembiasaan |
Fathul Makkah |
30. |
Pendekatan Rasional |
Nabi Menyeru
Raja Raja |
31. |
Pendekatan Fungsional |
Haji Wada’ |
32. |
Pendekatan Keagamaan |
Nabi Wafat |
33. |
Pendekatan Kebermaknaan |
Peninggalan Nabi
Muhammad Saw |
34. |
Metode Proyek |
Rumah Tangga
Nabi Muhammad Saw |
35. |
Metode Sosiodrama |
Kehidupan Putra
Putri Nabi Muhammad Saw |
36. |
Metode Demontrasi |
Pemerintahan Abu Bakar Shidiq |
37. |
Metode Problem Solving |
Pemerintahan Umar
Bin Khotob |
38. |
Metode Tanya Jawab |
Pemerintahan Utsman
Bin Affan |
39. |
Metode Drill |
Pemerintahan Ali
Bin Abi Tholib |
40. |
Metode CL/CTL |
Kisah Para
Nabi Sebelum Nabi Muhammad Saw |
Bumiayu, 9 September 2021.
Pengampu Mata Kuliah,
Isro, M.Ag.
Catatan:
Tugas ini bukan
makalah/paper tapi sajian materi dalam RPP, jadi termasuk RPP lengkap 1 Tapka.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar