Kamis, 28 Februari 2013
Sylabus Kurikulum Sejarah Kebudayaan Islam di MTs STIT Brebes 2013
SEKOLAH TINGGI ILMU TARBIYAH (STIT) BREBES
JURUSAN TARBIYAH/PROGDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI)
Alamat Kampus 3: MAN BREBES 2 LAREN BUMIAYU BREBES 52273.
PANDUAN PERKULIAHAN MP SKI DI MTs.
Pengampu: Isro, M.Ag.
A. Sasaran
Mata Kuliah ini didesain untuk memahami, mengenal, mengadakan analisis kritis terhadap seluk-beluk yang berkaitan dengan “Sejarah Kebudayaan Islam sebagai mata pelajaran yang diberikan di MTs”. Dengan demikian, mahasiswa akan mampu: Memahami dengan benar tentang ruang lingkup Sejarah Kebudayaan Islam, Profil negeri dan bangsa Arab sebelum Islam, Kerajaan-Kerajaan Arab Pra Islam, sejarah Perjuangan Rasulullah, Islam periode Rasulullah, dan Islam Pasca Rasulullah.
Mengingat mata kuliah ini termasuk mata kuliah dasar khusus (MKDK), maka kuliah ini hanya bersifat pengantar, tidak membahas Sejarah Kebudayaan Islam secara detail. Kuliah ini sekedar memberikan arahan dan pengantar bagi para mahasiswa untruk mengungkap lebih rinci dan detail terhadap masalah yang berkaitan dengan Sejarah Kebudayaan Islam Mahasiswa sendirilah yang nantinya akan mendalami baik secara mandiri (otodidak) maupun secara kelompok (kolektif).
B. Sistem Perkuliahan
Perkuliahan ini dilakukan atas asumsi bahwa mahasiswa adalah sosok individu yang memiliki kemandirian belajar, karena itu perkuliahan ini pada dasarnya untuk mengaktifkan, menggairahkan dan meningkatkan kemampuan belajar mandiri. Sehingga untuk perkuliahan melalui ceramah dikurangi semaksimal mungkin. Sebagai gantinya mahasiswa diarahkan untuk mendiskusikan tema-tema yang ada secara serius.
Untuk itu, maka diwajibkan kepada masing-masing mahasiswa (baik secara perorangan atau group) menulis satu makalah/paper untuk dipresentasikan. Dan makalah tersebut hendaknya dibuat rangkap/digandakan secukupnya (untuk peserta dan pengampu mata kuliah). Makalah/paper tersebut selanjutnya dipresentasikan paling lama 15 menit untuk selanjutnya didiskusikan di dalam ruang kuliah dengan tertib.
C. Sistem Penilaian
1. Absensi/partisipasi kelas (kehadiran dan kontribusi pemikiran dalam diskusi 25 %.
2. Makalah (presentasi dan revisi) 15 %
3. Tugas Mandiri (sesuai situasi dan kondisi) 15 %.
4. Mid semester 20 %.
5. Ujian akhir 25 %.
D. Cara Penulisan Paper/Makalah
Makalah/Paper yang ditulis dan dipresentasikan harus mengikuti prosedur sebagai berikut:
1. Pendahuluan (suatu problem/masalah yang akan dijawab/dibahas).
2. Pengertian (sub-sub yang akan dibahas harus dijelaskan secara singkat).
3. Pembahasan (jawaban problem/pembahasan dari literatur/buku-buku).
4. Analisis/argumentasi (jawaban yang diutarakan sebagai orisinalitas pandangan dari penulis makalah/paper yang bersangkutan).
5. Kesimpulan/penutup (bukan ringkasan makalah/paper, melainkan ulasan singkat mengenai problem solving terhadap masalah yang ada.
6. Bentuk penulisan: a). Memakai font 12 (TNR) atau Tahoma 11. b. Margin kanan kiri ukuran standar. c. Bila ada kutipan gunakan cakak (foot note bukan body note atau end note).
7. Referensi (mengenai data buku; judul, pengarang, tahun, penerbit, cetakan, penerjemah).
E. Manajemen Waktu Kuliah
Waktu perkuliahan setiap pertemuan untuk alokasi waktu 60/100 menit, dengan perincian sebagai berikut:
1. Preparasi 5/10 menit
2. Presentasi makalah/paper 10/20 menit
3. Tanya Jawab 30/40 menit
4. Masukan pengampu mata kuliah 15/30 menit
F. Ragam Tema diskusi (Silaby)
Lihat lampiran
G. Penutup
Panduan ini disusun dengan harapan dapat menjadi acuan proses perkuliahan Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs, dan juga dapat berfungsi sebagai jembatan untuk mencapai tujuan akhir dari perkuliahan ini.
Bumiayu, 1 Maret 2013
Pengampu Mata Kuliah,
Isro, M.Ag.
Lampiran F.
SILABI MP SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MTs.
DISKRIPSI MATA KULIAH :
Mata Kuliah ini meliputi kajian tentang : Studi Pendahuluan Sejarah Kebudayaan Islam, Profil negeri dan bangsa Arab sebelum Islam, Kerajaan-Kerajaan Arab Pra Islam, sejarah Perjuangan Rasulullah, Islam periode Rasulullah, dan Islam Pasca Rasulullah.
TOPIK BAHASAN
A. Studi Pendahuluan Sejarah Kebudayaan Islam:
1. Pengertian, Batasan sejarah dan Kebudayaan, sumber-sumber, tujuan dan kegunaan, obyek.
2. Tipe-tipe penulisan sejarah, penyebab kesalahan penulisan sejarah, historiografi Islam dan Priodisasi Sejarah Kebudayaan Islam.
B. Lintasan Sejarah Kebudayaan Islam:
3. Keadaan Bangsa Arab Sebelum Islam. (Negeri dan Bangsa Arab Pra Islam).
4. Kerajaan-kerajaan Arab pra Islam. (Arab Selatan dan Arab Utara).
5. Agama Monotheisme di jaman kuno. (Mesir kuno, Eropa kuno, Persia (zoroaster, mani’, mazdakiyah), Yahudi, Nasrani dan Hindu).
6. Islam Masa Rasulullah. (kisah kelahiran, kehidupan dan pendidikan, tanda-tanda kenabian, menjadi rasul).
7. Da’wah dan Pengikut Rasulullah sebelum Hijrah. (cara dan sasaran da’wah, agama yang dibawa, sikap kaum Quraisy, dan pengikut Nabi). Dan Pengaruh wafat Abu Thalib dan Siti Khadijah (‘amul khuzni), Hijrah ke Thaif, dan Perjalanan Da’wah Nabi secara terang.
8. Peristiwa Isra’ Mi’raj, hijrah ke Madinah, Peperangan penting, Fathul Makkah, dan Nabi Wafat (Haji Wada’, wahyu terakhir, wafat Nabi Saw dan peninggalannya).
9. Perkembangan Islam pada masa khulafaurrosyidin. (4 khalifah Nabi SAW).
10. Sejarah Islam Pada Masa Bani Umayah
11. Sejarah Islam pada Masa bani Abasiyah
12. Runtuhnya Islam Kerajaan Andalusia dan pengaruhnya terhadap peradaban Islam.
13. Perang Salib
14. Kebangkitan Bangsa Barat. (penemuan Iptek, tumbuhnya kekuatan Barat dan ekspansi ke daerah lain).
15. Kebangkitan dunia Islam. (Modernisasi dan revitalisasi)
--------0000-------
JUDUL TUGAS PEMBUATAN MAKALAH
YANG DIDISKUSIKAN DAN DIKUMPULKAN *)
NO.
JUDUL/TOPIK **)
PERTEMUAN
PEMAKALAH
NO. ABSEN: ***)
KET.
1 KE-1 KE-2 1, 14,27,40,53
2 KE-2 KE-3 2, 15,28,41,54
3 KE-3 KE-4 3, 16,29,42,55
4 KE-4 KE-4 4, 17,30,43,56
5 KE-5 KE-5 5, 18,31,44,57
6 KE-6 KE-5 6, 19,32,45,58
7 KE-7 KE-6 Semua , MHS
8 KE-8 KE-6 7,20,33,46,59
9 KE-9 KE-7 8,21,34,47,60
10 KE-10 KE-7 9,22,35,48,61,
11 KE-11 KE-8 10,23,36,4962
12 KE-12 KE-9 11,24,37,50,63
13 KE-13 KE-10 12,25,38,51,64
14 KE-14 & 15 KE-11 13,26,39,52,65
15 Mid Semester KE-7 Semua MHS
16 UAS KE-15 Semua MHS****)
Ket. :
*) Jika makalah belum jadi ketika diskusi, cukup membawa konsep saja, makalah harus sudah diserahkan kepada pengampu mata kuliah paling lambat sebelum semester akhir.
**) Lihat Judul/Topik untuk judul makalah yang ada dalam lampiran F.
***) Nama pemakalah dapat dilihat dalam Absensi kelas harian, untuk memudahkan penilaian makalah cantumkan no. Absen dan nama pemakalah ybs.
****) Semester Akhir (Pertemuan Khusus).
REFERENSI
1. Nourouzzaman Shiddiqi, Sejarah Kebudayaan Islam.
2. M. Noor Matdawam, Sejarah Kebudayaan Islam.
3. Ahmad Syalaby, Sejarah Kebudayaan Islam.
4. Ahmad Hasyimi, Sejarah Kebudayaan Islam.
5. Muhtar yahya, Bangsa Arab sebelum Islam.
6. Nourouzzaman Shiddiqi, Tamaddun Muslim.
7. Ebrahim Dkk, Islam dalam Masyarakat kontemporer.
8. Prodjodikoro, Pengantar Ilmu Tauhid.
9. Depag, Buku Ajar MTs Kelas 1-3
10. Dan semua refernsi yang mendukung.
-------000000-----
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar