Minggu, 26 Mei 2013

Lirik dan arti shalawat tarhimSyair Shalawat Tarhim

Indahnya kalau kita Bisa Berbagi

‘Lagu’ nya mirip dengan adzan, tapi bukan. Tak heran, kalau saya dulu juga mengira udah adzan subuh padahal belum.


Tentang tarhim sendiri yang di lakukan ketika akan adzan Subuh itu kebidahan yang nyata, bukan tuntunan yang berdalil, Rasul, para sahabat dan ulama salaf tidak menjalankannya. Karena itu, tarhim di Mekkah maupun Madinah tidak ada, mulai zaman Nabi Muhammad sampai sekarang karena yang sebenarnya yang dianjurkan itu adalah adzan shubuh yang pertama dan bukan shalawat tarhim.

 Ash-shalâtu was-salâmu ‘alâyk Yâ imâmal mujâhidîn yâ Rasûlallâh Ash-shalâtu was-salâmu ‘alâyk Yâ nâshiral hudâ yâ khayra khalqillâh Ash-shalâtu was-salâmu ‘alâyk Yâ nâshiral haqqi yâ Rasûlallâh Ash-shalâtu was-salâmu ‘alâyk Yâ Man asrâ bikal muhayminu laylan nilta mâ nilta wal-anâmu niyâmuWa taqaddamta lish-shalâti fashallâ kulu man fis-samâi wa antal imâmuWa ilal muntahâ rufi’ta karîmanWa ilal muntahâ rufi’ta karîman wa sai’tan nidâ ‘alaykas salâmYâ karîmal akhlâq yâ RasûlallâhShallallâhu ‘alayka wa ‘alâ âlika wa ashhâbika ajma’în
Artinya
Shalawat dan salam semoga tercurahkan padamuduhai pemimpin para pejuang, ya RasulullahShalawat dan salam semoga tercurahkan padamuduhai penuntun petunjuk Ilahi, duhai makhluk yang terbaik Shalawat dan salam semoga tercurahkan atasmu Duhai penolong kebenaran, ya RasulullahShalawat dan salam semoga tercurahkan padamuWahai Yang Memperjalankanmu di malam hari Dialah Yang Maha Melindungi Engkau memperoleh apa yang kau peroleh sementara semua manusia tidur Semua penghuni langit melakukan shalat di belakangmudan engkau menjadi imam Engkau diberangkatkan ke Sitratul Muntaha karena kemulianmudan engkau mendengar suara ucapan salam atasmu Duhai yang paling mulia akhlaknya, ya RasulullahSemoga shalawat selalu tercurahkan padamu, pada keluargamu dan sahabatmu.

7 komentar:

  1. Membid'ah-bid'ahkan, sebagai hoby, nalar yang pendek

    BalasHapus
  2. terserah mau di bilang bid'ah atau apa.tp jujur itulah yang membuat hatiku merinding dan menyegerakan sholat subuh berjamaah.

    BalasHapus
  3. Sholawat ini kan sebelum subuh,buat bangunin yg msh tidur jg bisa.blm masuk wktu subuh masa di anjurkan adzan subuh😄

    BalasHapus
  4. mungkin harus lebih arif mendifinisikan bidah....karena kalau terminologinya tidak di lakukan rasul,sahabat,salaf di anggap bidah maka di pastikan kita tiap hari melakukan bidah.padahal itu banyak maslahatnya.

    BalasHapus
  5. Kalau itu bid'ah maka kalau loh mau sholat buka hp juga bid'ah,jauh loh naik motor juga bid'ah,, dasar loh suhu pendek..

    BalasHapus