SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN
ILMU PENDIDIKAN
STIKIP BUMIAYU
IZIN OPERASIONAL SK MENDIKNAS NO. 98 / D / O / 2009
Alamat : Jl. Hj. Aminah – Dukuhturi,
Bumiayu Jawa Tengah 52273 Telp. (0289) 432689.
PANDUAN PERKULIAHAN BAHASA ARAB 1
Pengampu: Isro, M.Ag.
A. Sasaran
Mata Kuliah ini
didesain untuk memahami, mengenal, mengadakan analisis kritis terhadap ruang
lingkup dan seluk-beluk Bahasa Arab. Dengan demikian, mahasiswa akan mampu: 1).
Mengkaji dan memahami ruang lingkup bahasa Arab, meliputi: Pengertian, perkembangan
dan pertumbuhannya, pengajaran dan metode pengajarannya. 2). Mengkaji dan
memahami susunan Bahasa arab tingkat intermediate
dalam berbagai aspek serta pola kata dan kalimatnya. 3). Dapat membedakan
berbagai pola kata dan kalimat dalam bentuk marfuat,
mansubat, majrurat dan majzumat.
Dan 4). Dapat menyusun berbagai pola
kalimat yang berstruktur komplek baik dalam kalimat nominal (isim dan fail) maupun kalimat verbal (jumlah filiyah).
Mengingat mata
kuliah ini termasuk mata kuliah dasar (MKD), maka kuliah ini hanya bersifat
pengantar, tidak membahas Bahasa Arab secara detail. Kuliah ini sekedar
memberikan arahan dan pengantar bagi para mahasiswa untruk mengungkap lebih
rinci dan detail terhadap masalah yang berkaitan dengan Bahasa Arab. Mahasiswa sendirilah
yang nantinya akan mendalami baik secara mandiri (otodidak) maupun secara kelompok (kolektif).
B. Sistem Perkuliahan
Perkuliahan ini
dilakukan atas asumsi bahwa mahasiswa adalah sosok individu yang memiliki
kemandirian belajar, karena itu perkuliahan ini pada dasarnya untuk
mengaktifkan, menggairahkan dan meningkatkan kemampuan belajar mandiri.
Sehingga untuk perkuliahan melalui ceramah dikurangi semaksimal mungkin.
Sebagai gantinya mahasiswa diarahkan untuk mendiskusikan tema-tema yang ada
secara serius.
Untuk itu, maka
diwajibkan kepada masing-masing mahasiswa : 1). Menulis satu makalah/paper
untuk dikumpulkan menjelang ujian tengah semester (UTS), adapun tugas individu
tersebut tidak dikumpulkan dalam bentuk print out, tapi dalam bentuk soft copy
dan diserahkan kepada dosen pengampu dikirim lewat e-mail : isromag@yahoo.co.id, mengenai judul
paper, pembagian tema untuk setiap mahasiswa dan format pembuatan terlampir.
2). Melaksanakan diskusi kelompok (group) dengan membahas tema-tema perkuliahan
yang ada, materi yang didiskusikan berupa draf/konsep, boleh berupa catatan
tangan atau ketikan, dan tidak dikumpulkan kepada pengampu mata kuliah, adapun
tema/pokok bahasan, pembagian kelompok mahasiswa dan format ruang lingkup
pembahasan terlampir
C. Sistem Penilaian
1. Absensi/partisipasi kelas (kehadiran dan kontribusi
pemikiran dalam diskusi 20 %.
2. Makalah Group/kelompok (presentasi) 15 %
3. Tugas Mandiri (sesuai situasi dan kondisi) 15 %.
4. Mid semester 20 %.
5. Ujian akhir 30 %.
D. Cara Penulisan Paper/Makalah
Makalah/Paper kelompok yang didiskusikan harus berisi
sebagai berikut:
1. Pendahuluan (Penjelasan tema yang dibahas) dan problem
yang hendak dibahas.
2. Pengertian (sub-sub yang akan dibahas harus dijelaskan
secara singkat).
3. Pembahasan (pembahasan dari literatur/buku-buku).
4. Analisis/argumentasi ( baik dari referensi berbagai
sumber maupun pemakalah ybs).
5. Penutup (jawaban atas problem/masalah yang ada dalam
makalah/paper).
6. Bentuk penulisan: a. Menggunakan office dalam format Word
dan memakai font TNR-12, Calibri-12 atau Tahoma-11. b. Margin kanan kiri ukuran
standar. c. Bila ada kutipan gunakan cakak (foot note bukan body note atau end
note).
7. Referensi (mengenai data buku; judul, pengarang, tahun,
penerbit, cetakan, penerjemah).
8. Makalah kelompok disebarluaskan kepada seluruh mahasiswa
untuk bahan/materi UTS dan UAS dan tidak perlu dikumpulkan kepada pengampu mata
kuliah.
E. Manajemen Waktu Kuliah
Waktu perkuliahan
setiap pertemuan untuk alokasi waktu 100 menit, dengan perincian sebagai
berikut:
1. Preparasi 10 menit
2. Presentasi
makalah/paper 20 menit
3. Tanya Jawab 40 menit
4. Masukan pengampu mata
kuliah 30 menit
F. Ragam Tema diskusi (Silaby)
Lihat lampiran
G. Penutup
Panduan ini
disusun dengan harapan dapat menjadi acuan proses perkuliahan Bahasa Arab dan
juga dapat berfungsi sebagai jembatan untuk mencapai tujuan akhir dari
perkuliahan ini.
Bumiayu,
15 September 2011.
Pengampu Mata Kuliah,
Isro, M.Ag.
Lampiran F
SILABY MATA KULIAH BAHASA ARAB 1
A. Al-Lughah al-Arabiyah ( Ruang Lingkup Bahasa Arab).
Seluk
Beluknya Bahasa dan Bahasa Arab, Pertumbuhan serta Perkembangan Bahasa Arab: (1)
1.
Pengertian
Bahasa
2.
Pertumbuhan
Bahasa
3.
Fungsi-fungsi
Bahasa
4.
Asal
Usul Bahasa Arab
5.
Pertumbuhan
Bahasa Arab sebelum dan sesudah Islam
6.
Bahasa
Arab Sastra Modern
7.
Peranan
Bahasa Arab Dalam Agama, Ilmu Pengetahuan, Kebudayaan Nasional, dan Hubungan
Internasional
Eksistensi
Bahasa Arab sebagai Bahasa International (2)
8.
Universalisme Islam dan Kedudukan Bahasa Arab
9.
Varietas
Bahasa Arab
Pengajaran
Bahasa Arab dan Metodenya: (3)
- Tujuan Pengajaran Bahasa Arab
- Problematika Pengajaran Bahasa Arab
- Usaha-usaha mencari Metode Pengajaran Bahasa Arab yang tepat
13. Aproach, Metode dan teknik serta metodologi pengajaran
Bahasa Arab
14. Dasar-dasar Umum pengajaran Bahasa Arab
15. Tingkatan-tingkatan Pengajaran Bahasa Arab
Referensi:
·
Azhar Arsyad, Bahasa
Arab dan Metode Pengajarannya (Beberapa pokok Pikiran),Yogyakarta:
CV. Pustaka Pelajar, 2004.
·
Chatibul Umam, et.al. Pedoman Pengajaran Bahasa Arab Pada
Perguruan Tinggi Agama, Jakarta,
PPSPA Depag, 1975.
·
Mulyanto
Sumardi, Pengajaran Bahasa Asing, Jakarta,
Bulan Bintang, 1975.
·
Muhammad Abubakar, Metode Khusus Pengajaran Bahasa Arab, Surabaya: CV. Usaha
Nasional, 1991.
·
Dan Buku-buku lain yang
berkaitan.
B. Tata
Bahasa (Grammar) Arab dan Aplikasinya
(al-Nahwu wa al-Sharfu):
1. Al-Kasfu fi al-Ma’ajim (Cara Menggunakan Kamus) (4)
|
2. Al-Jumlah ( kalimat) (5)
|
3. Al-I’rab (Perubahan Bacaan) (6)
|
4. Al-Dhomir (kata Ganti) (7)
|
5. Taqsim al Asma’
(Macam-macam Kata Benda) (8)
|
6. Al-Ma’rifah wa Al-Nakirah (definit dan indefinit) (9)
|
7. Al-Sifah wa al-Mausuf (Al-Na’at wa al-Man’ut/Sifat
dan yang disifati) (10)
|
8. Al-Idhafah (Mudhaf dan Mudhaf Ilaih/ Gabungan Kata) (11)
|
9. Al-Dharfu al-Jaman wa al-Makan (Keterangan Tempat
dan Waktu) (12)
10. Transliterasi Arab-Indonesia (13)
11. Al-Kitabah (Aplikasi nahwu/Tata Bahasa) dalam
teks/muthala’ah (14).
|
Referensi:
·
Fuad Nu’mah, Mulakhos Qowaid al-Lughah al-Arabiyah,
Beirut, Dar al-Hikmah, cet-9, 1996.
·
Moch. Anwar, ilmu Nahwu, Sinar Baru Algesindo, Bandung,
2009.
·
Imam Zarkasyi, Imam syaibany, Durus al-Lughah
al-Arabiyah, Juz 1-2, Gontor, CV. Trimurti, 1994.
·
Syekh Musthafa al-Gulayyain, Jami’u al-Durus
al-‘Arabiyah, juz 1-2, Beirut,
al-Maktabah al-‘Asyriyah, cet-1, 1973.
·
Dan
Buku-buku lain yang berkaitan.
Pengampu
Mata Kuliah,
Isro, M.Ag.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar