SEKOLAH TINGGI ILMU TARBIYAH (STIT)
BREBES
JURUSAN
TARBIYAH/PROGDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI)
Alamat
Kampus 3: MAN BREBES 2 LAREN BUMIAYU BREBES 52273.
PANDUAN PERKULIAHAN SEJARAH PENDIDIKAN ISLAM
Pengampu: Isro, M.Ag.
A. Sasaran
Mata Kuliah ini
didesain untuk memahami, mengenal, mengadakan analisis kritis terhadap
seluk-beluk yang berkaitan dengan “Sejarah Pendidikan Islam”. Dengan demikian,
mahasiswa akan mampu: Memahami dengan benar tentang ruang lingkup sejarah
pendidikan Islam, pertumbuhan dan perkembangan pendidikan Islam di Asia Barat
dan pendidikan Islam di Indonesia.
Mengingat mata
kuliah ini termasuk mata kuliah dasar khusus (MKDK), maka kuliah ini hanya
bersifat pengantar, tidak membahas Sejarah Pendidikan Islam secara detail.
Kuliah ini sekedar memberikan arahan dan pengantar bagi para mahasiswa untruk
mengungkap lebih rinci dan detail terhadap masalah yang berkaitan dengan Sejarah
Pendidikan Islam Mahasiswa sendirilah yang nantinya akan mendalami baik secara
mandiri (otodidak) maupun secara kelompok (kolektif).
B. Sistem Perkuliahan
Perkuliahan ini
dilakukan atas asumsi bahwa mahasiswa adalah sosok individu yang memiliki
kemandirian belajar, karena itu perkuliahan ini pada dasarnya untuk
mengaktifkan, menggairahkan dan meningkatkan kemampuan belajar mandiri.
Sehingga untuk perkuliahan melalui ceramah dikurangi semaksimal mungkin.
Sebagai gantinya mahasiswa diarahkan untuk mendiskusikan tema-tema yang ada
secara serius.
Untuk itu, maka
diwajibkan kepada masing-masing mahasiswa (baik secara perorangan atau group)
menulis satu makalah/paper untuk dipresentasikan. Dan makalah tersebut
hendaknya dibuat rangkap/digandakan secukupnya (untuk peserta dan pengampu mata
kuliah). Makalah/paper tersebut selanjutnya dipresentasikan paling lama 15
menit untuk selanjutnya didiskusikan di dalam ruang kuliah dengan tertib.
C. Sistem Penilaian
1. Absensi/partisipasi
kelas (kehadiran dan kontribusi pemikiran dalam diskusi 25 %.
2. Makalah (presentasi dan
revisi) 15 %
3. Tugas Mandiri (sesuai
situasi dan kondisi) 15 %.
4. Mid semester 20 %.
5. Ujian akhir 25 %.
D. Cara Penulisan Paper/Makalah
Makalah/Paper yang
ditulis dan dipresentasikan harus mengikuti prosedur sebagai berikut:
1. Pendahuluan (suatu
problem/masalah yang akan dijawab/dibahas).
2. Pengertian (sub-sub
yang akan dibahas harus dijelaskan secara singkat).
3. Pembahasan (jawaban
problem/pembahasan dari literatur/buku-buku).
4. Analisis/argumentasi
(jawaban yang diutarakan sebagai orisinalitas pandangan dari penulis makalah/paper
yang bersangkutan).
5. Kesimpulan/penutup
(bukan ringkasan makalah/paper, melainkan ulasan singkat mengenai problem
solving terhadap masalah yang ada.
6. Bentuk penulisan: a).
Memakai font 12 (TNR) atau Tahoma 11. b. Margin kanan kiri ukuran standar. c.
Bila ada kutipan gunakan cakak (foot note bukan body note atau end note).
7. Referensi (mengenai
data buku; judul, pengarang, tahun, penerbit, cetakan, penerjemah).
E. Manajemen Waktu Kuliah
Waktu perkuliahan
setiap pertemuan untuk alokasi waktu 60/100 menit, dengan perincian sebagai
berikut:
1. Preparasi 5/10 menit
2. Presentasi
makalah/paper 10/20 menit
3. Tanya Jawab 30/40 menit
4. Masukan pengampu mata
kuliah 15/30 menit
F. Ragam Tema diskusi (Silaby)
Lihat lampiran
G. Penutup
Panduan ini
disusun dengan harapan dapat menjadi acuan proses perkuliahan Sejarah
Pendidikan Islam dan juga dapat
berfungsi sebagai jembatan untuk mencapai tujuan akhir dari perkuliahan ini.
Bumiayu, 1
Pebruari 2010.
Pengampu Mata
Kuliah,
Isro,
M.Ag.
Lampiran F.
SILABI SEJARAH PENDIDIKAN ISLAM
DISKRIPSI MATA KULIAH :
Mata Kuliah ini meliputi kajian tentang : Studi Pendahuluan
Sejarah Pendidikan Islam, pertumbuhan dan perkembangan pendidikan Islam dan
Pendidikan Islam di Indonesia.
TOPIK BAHASAN
A. Studi Pendahuluan Sejarah
Pendidikan Islam:
1. Pengertian, Obyek dan metode, kegunaan dan
Priodisasi Sejarah Pendidikan Islam.
B. Pertumbuhan dan Perkembangan
Sejarah Pendidikan Islam:
2. Keadaan Bangsa Arab Sebelum dan Islam Pendidikannya. (Tujuan, Tempat,
Metode, dan Pendidikan Kaum Wanita).
3. Masa Pembinaan Pendidikan Islam di Mekah. (Tahapan Secara rahasia,
secara terang-terangan, bahan, metode, faktor pendorong dan penghambat).
4. Masa Pembinaan Pendidikan Islam
di Madinah. (bahan atau materi, metode, pusat pendidikan, hasil pendidikan dan
guru atau tenaga pendidik).
5. Masa pertumbuhan dan perkembangan
pendidikan Islam. (Pusat-pusat, pengajaran al-Qur’an, Pertumbuhan dan
perkembangan kebudayaan Islam).
6. Masa Kejayaan Pendidikan Islam.
(Berkembangnya lembaga-lembaga pendidikan Islam, sistem pendidikan di
sekolah-sekolah, puncak kemajuan Ilmu pendidikan Islam).
7. Masa Kemunduran Pendidikan Islam.
8. Masa Pembaharuan Pendidikan
Islam.
9. Corak Pendidikan Islam Pasca
Rasulullah Masa Abasiyah dan Umayah.
C. Pendidikan Islam di Indonesia:
10. Pertumbuhan dan Perkembangan pendidikan Islam di Indonesia. (Masa masuk
dan berkembangnya, kebijakan pemerintah Belanda dan Jepang dalam bidang
Pendidikan Islam, dan kebijakan pemerintah Indonesia dalam bidang Pendidikan
Islam).
11. Organisasi, Lembaga, dan Tokoh-tokoh pendidikan Islam. (Organisasi,
Jenis Lembaga dan para tokohnya).
12. sistem dan Isi Pendidikan Islam
13. Pendidikan Islam dan Pendidikan Nasional Indonesia.
14. Corak Pendidikan Islam Pada masa Orde Baru sampai sekarang.
--------0000-------
JUDUL TUGAS PEMBUATAN MAKALAH
YANG DIDISKUSIKAN DAN
DIKUMPULKAN *)
NO.
|
JUDUL/TOPIK **)
|
PERTEMUAN
|
PEMAKALAH
NO. ABSEN: ***)
|
KET.
|
1
|
KE-1
|
KE-2
|
1, 14,27,40,53
|
|
2
|
KE-2
|
KE-3
|
2, 15,28,41,54
|
|
3
|
KE-3
|
KE-4
|
3, 16,29,42,55
|
|
4
|
KE-4
|
KE-4
|
4, 17,30,43,56
|
|
5
|
KE-5
|
KE-5
|
5, 18,31,44,57
|
|
6
|
KE-6
|
KE-5
|
6, 19,32,45,58
|
|
7
|
KE-7
|
KE-6
|
Semua , MHS
|
|
8
|
KE-8
|
KE-6
|
7,20,33,46,59
|
|
9
|
KE-9
|
KE-7
|
8,21,34,47,60
|
|
10
|
KE-10
|
KE-7
|
9,22,35,48,61,
|
|
11
|
KE-11
|
KE-8
|
10,23,36,4962
|
|
12
|
KE-12
|
KE-9
|
11,24,37,50,63
|
|
13
|
KE-13
|
KE-10
|
12,25,38,51,64
|
|
14
|
KE-14
|
KE-11
|
13,26,39,52,65
|
|
15
|
Mid Semester
|
KE-7
|
Semua MHS
|
|
16
|
UAS
|
KE-15
|
Semua MHS****)
|
|
Ket. :
*) Jika makalah belum jadi ketika
diskusi, cukup membawa konsep saja, makalah harus sudah diserahkan kepada
pengampu mata kuliah paling lambat sebelum semester akhir.
**) Lihat Judul/Topik untuk judul
makalah yang ada dalam lampiran F.
***) Nama pemakalah dapat dilihat
dalam Absensi kelas harian, untuk memudahkan penilaian makalah cantumkan no.
Absen dan nama pemakalah ybs.
****) Semester Akhir (Pertemuan Khusus).
REFERENSI
1.
Busyairi Madjidi, Sejarah Pendidikan Islam.
2.
I. Djumhur, Sejarah
Pendidikan Islam.
3.
Zuhairini, Sejarah
Pendidikan Islam.
4.
Muhammad Athiyah al-Abrasyi, Sejarah Pendidikan Islam.
5.
Mahmud Junus, Sejarah Pendidikan Islam.
6.
Mahmudah, Sejarah Pendidikan Islam.
7.
Dan semua refernsi yang mendukung.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar