STKIP BUMIAYU
IZIN OPERASIONAL SK MENDIKNAS NO. 98 / D / O / 2009
Alamat : Jl. Hj. Aminah – Dukuhturi,
Bumiayu Jawa Tengah 52273 Telp. (0289) 432689.
PANDUAN PERKULIAHAN BAHASA
ARAB-2
Pengampu: Isro, M.Ag.
A. Sasaran
Mata Kuliah ini
didesain untuk memahami, mengenal, mengadakan analisis kritis terhadap ruang
lingkup dan seluk-beluk bacaan Al-Qur’an, Bahasa Arab mengenai perubahan kata,
asal kata dan modifikasi kata (Al-Tashrif atau Qaidah sharfiyah). Dengan demikian,
mahasiswa akan mampu mengkaji dan memahami : 1). Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ),
jenis, metode dan cara pembelajarannya. 2). Waqaf/pemberhentian dalam
al-Qur’an, bentuk dan aplikasinya. 3). Macam-macam Tajwid dalam bacaan
al-Qur’an dan aplikasinya. 4). Lafadz/Redaksi do’a-do’a
dalam Shalat fardhu/Shalat Sunah bagi
umat Islam. 5). Lafadz/Redaksi do’a-do’a dalam kehidupan sehari-hari Umat Islam
aplikasinya. 6). Al-Tasrif (10 Wajan/timbangan suatu asal kata/derivasi),
bentuk dan aplikasinya. 7). Pembagian Fi’il menurut kandungan hurufnya, bentuk
dan aplikasinya. 8). Bentuk Tashrif Fi’il Madhi dan Fi’il Mudhare untuk semua
dhamir, dan aplikasinya. 9). Bentuk
Tashrif fi’il ‘Amr, Nahyi, dan Bentuk
Fi’il-fi’il Mu’tal, Sahih serta aplikasinya. 10). Bentuk lafadz Isim Fa’il,
Isim Makan, Zaman dan Isim Alat serta aplikasinya. 11). ‘Adad Ma’dud (Bilangan) dalam bahasa Arab,
bentuk dan aplikasinya. 12). Redaksi percakapan Bahasa Arab dalam kegiatan
sehari-hari. 13). Majaz dan Tasbih (Ilmu Balaghah) dalam bahasa Arab, bentuk
dan aplikasinya. 14). Mengenal Redaksi Nama Surat Al-Qur’an Al-Karim, Arti,
Klasifikasi turunnya dan Jumlah Ayatnya. Juga mengenal Redaksi Bahasa Arab
untuk Kata yang populer (kata benda, kata kerja dan lainnya) yang ada dalam al-Qur’an.
Mengingat mata
kuliah ini termasuk mata kuliah dasar (MKD), maka kuliah ini hanya bersifat
pengantar, tidak membahas Bahasa Arab secara detail. Kuliah ini sekedar
memberikan arahan dan pengantar bagi para mahasiswa untuk mengungkap lebih
rinci dan detail terhadap masalah yang berkaitan dengan Baca tulis Al-qur’an,
Bahasa arab dalam kehidupan sehari-hari dan Qaidah al-Shorfiyah dalam Bahasa
Arab. Mahasiswa sendirilah yang nantinya akan mendalami baik secara mandiri (otodidak) maupun secara kelompok (kolektif).
B. Sistem Perkuliahan
Perkuliahan ini
dilakukan atas asumsi bahwa mahasiswa adalah sosok individu yang memiliki
kemandirian belajar, karena itu perkuliahan ini pada dasarnya untuk
mengaktifkan, menggairahkan dan meningkatkan kemampuan belajar mandiri. Sehingga
untuk perkuliahan melalui ceramah dikurangi semaksimal mungkin. Sebagai
gantinya mahasiswa diarahkan untuk mendiskusikan tema-tema yang ada secara
serius.
Untuk itu, maka
diwajibkan kepada masing-masing mahasiswa : 1). Menulis satu makalah/paper
untuk dikumpulkan sewaktu ujian akhir semester (UAS), adapun tugas individu
tersebut dikumpulkan dalam bentuk hard copy dengan format A4/letter dan dijilid
dengan rapih, mengenai judul paper, pembagian tema untuk setiap mahasiswa dan
format pembuatan terlampir. 2). Melaksanakan diskusi kelompok (group) dengan
membahas tema-tema perkuliahan yang ada, materi yang didiskusikan berupa
draf/konsep, boleh berupa catatan tangan atau ketikan, dan baru dikumpulkan
makalahnya (hard copy dan soft copy/CD-nya) kepada pengampu mata kuliah setelah
ada revisi pasca makalah didiskusikan. Adapun tema/pokok bahasan, pembagian kelompok
mahasiswa dan format ruang lingkup pembahasan terlampir.
C. Sistem Penilaian
1. Absensi/partisipasi kelas (kehadiran dan kontribusi
pemikiran dalam diskusi 20 %.
2. Makalah Group/kelompok (presentasi) 15 %
3. Tugas Mandiri (makalah individu) 15 %.
4. Mid semester 20 %.
5. Ujian akhir 30 %.
D. Isi Paper/Makalah/Tugas
Kelompok :
Makalah/Paper kelompok dan individu yang didiskusikan
harus mengikuti ketentuan sebagai berikut:
1. Pendahuluan (Penjelasan tema yang dibahas) dan problem
yang hendak dibahas.
2. Pengertian (sub-sub yang akan dibahas harus dijelaskan
secara singkat).
3. Pembahasan (pembahasan dari literatur/buku-buku).
4. Analisis/argumentasi ( baik dari referensi berbagai sumber
maupun pemakalah ybs).
5. Penutup (jawaban atas problem/masalah yang ada dalam
makalah/paper).
6. Bentuk penulisan: a. Menggunakan office dalam format Word
dan memakai font TNR-12, Calibri-12 atau Tahoma-11. b. Margin kanan kiri ukuran
standar. c. Bila ada kutipan gunakan cakak (foot note bukan body note atau end
note).
7. Referensi (mengenai data buku; judul, pengarang, tahun,
penerbit, cetakan, penerjemah).
8. Makalah kelompok disebarluaskan kepada seluruh mahasiswa
untuk bahan/materi UTS dan UAS.
E. Manajemen Waktu Kuliah
Waktu perkuliahan setiap pertemuan untuk alokasi waktu 100
menit, dengan perincian sebagai berikut:
1. Preparasi 10 menit
2. Presentasi makalah/paper 20 menit
3. Tanya Jawab 40 menit
4. Masukan pengampu mata kuliah 30 menit
F. Ragam Tema diskusi (Silaby)
Lihat lampiran
G. Penutup
Panduan ini
disusun dengan harapan dapat menjadi acuan proses perkuliahan Bahasa Arab-2 dan
juga dapat berfungsi sebagai jembatan untuk mencapai tujuan akhir dari
perkuliahan ini.
Bumiayu, 2 Maret
2012.
Pengampu Mata Kuliah,
Isro,
M.Ag.
Lampiran F
SILABY MATA KULIAH BAHASA ARAB 2
- Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ), jenis, metode dan cara pembelajarannya.
- Waqaf/pemberhentian dalam al-Qur’an, bentuk dan aplikasinya.
- Macam-macam Tajwid dalam bacaan al-Qur’an dan aplikasinya.
- Lafadz/Redaksi do’a-do’a dalam Shalat fardhu/Shalat Sunah bagi umat Islam.
- Lafadz/Redaksi do’a-do’a dalam kehidupan sehari-hari Umat Islam aplikasinya.
- Al-Tasrif (10 Wajan/timbangan suatu asal kata/derivasi), bentuk dan aplikasinya.
- Pembagian Fi’il menurut kandungan hurufnya, bentuk dan aplikasinya.
- Bentuk Tashrif Fi’il Madhi dan Fi’il Mudhare untuk semua dhamir, dan aplikasinya.
- Bentuk Tashrif fi’il ‘Amr, Nahyi, dan Bentuk Fi’il-fi’il Mu’tal, Sahih serta aplikasinya.
- Bentuk lafadz Isim Fa’il, Isim Makan, Zaman dan Isim Alat serta aplikasinya.
- ‘Adad Ma’dud (Bilangan) dalam bahasa Arab, bentuk dan aplikasinya.
12. Redaksi percakapan
Bahasa Arab dalam kegiatan sehari-hari.
- Majaz dan Tasbih (Ilmu Balaghah) dalam bahasa Arab, bentuk dan aplikasinya.
- Mengenal Redaksi Nama Surat Al-Qur’an Al-Karim, Arti, Klasifikasi turunnya dan Jumlah Ayatnya. Juga mengenal Redaksi Bahasa Arab untuk Kata yang populer (kata benda, kata kerja dan lainnya) yang ada dalam al-Qur’an.
Referensi:
·
Fuad Nu’mah,
Mulakhos Qowaid al-Lughah al-Arabiyah, Juz-2, Beirut, Dar al-Hikmah, cet-9,
1996. (buku Wajib).
·
Moch. Anwar,
Ilmu sharaf dan Ilmu Nahwu. (Buku Wajib)
·
A. Mas’ud
Sjafi’i, Pelajaran Tajwid, CV. Usaha Keluarga, Semarang, atau Ahmad Soenarto,
Pelajaran Tajwid, praktis dan Lengkap, CV. Bintang Terang, Jakarta, 1999. (Buku
Wajib)
·
Ruslan Adjun,
Balaghah (Ilman Bayan), CV. Akadoma, Jakarta, 1997. (Buku wajib).
·
Depag, Tim,
Al-Qur’an Al-Karim, Jakarta, Dar Al-Ulum, 2010. (Buku wajib).
·
KH. Al-munawir,
Kamus Almunawir, Surabaya, Progresif, 2001. (Buku wajib).
·
Hasan Baharun,
Kamus kontemporer Bahasa Arab, Surabaya, Mutiara, 1997. (Buku wajib).
·
Imam Zarkasyi,
Percakapan Bahasa Arab sehari-hari, Madiun, Gontor Press, 2004.
·
Fathurahman,
Doa, dzikir dan Tahlil dalam kehidupan sehari-hari. Semarang, toha Putra. 2005.
(Buku wajib).
·
Imam Bashori
Assayuthi, Bimbingan Ibadah Shalat Lengkap, Surabaya, Mitra Ummat, 1998. (Buku
wajib).
·
M. Rifai
Tuntunan sholat Lengkap, Semarang, toha Putra. 2011. (Buku wajib)
·
As’ad Humam,
Buku Iqra’, Yogyakarta, Balai Litbang LPTQ Nasional AMM,
2000. (Buku wajib). Bandingkan dengan Buku Qiroati dan Al-Baghdadi.
·
Dan Buku-buku lain yang berkaitan.
Pengampu Mata Kuliah,
Isro,
M.Ag.
JUDUL TUGAS PEMBUATAN MAKALAH
YANG DIDISKUSIKAN*)
NO.
|
JUDUL/TOPIK **)
|
PERTEMUAN
|
PEMAKALAH
NO. ABSEN: ***)
|
KET.
|
1
|
Ta’aruf/Sos materi
|
KE-1
|
Blm ada makalah
|
|
2
|
KE-1
|
KE-2
|
1,15,29,43.
|
|
3
|
KE-2
|
KE-3
|
2,16,30,44.
|
|
4
|
KE-3
|
KE-4
|
3,17,31,45.
|
|
5
|
KE-4
|
KE-5
|
4,18,32,46.
|
|
6
|
KE-5
|
KE-6
|
5,19,33,47.
|
|
7
|
KE-6
|
KE-7
|
6,20,34,48.
|
|
8
|
KE-7
|
KE-8
|
7,21,35,49.
|
|
9
|
UTS
|
Khusus
|
Semua MHS
|
|
10
|
KE-8
|
KE-9
|
8,22,36,50.
|
|
11
|
KE-9
|
KE-10
|
9,23,37.
|
|
12
|
KE-10
|
KE-11
|
10,24,38.
|
|
13
|
KE-11
|
KE-12
|
11,25,39.
|
|
14
|
KE-12
|
KE-13
|
12,26,40.
|
|
15
|
KE-13
|
KE-14
|
13,27,41.
|
|
16
|
KE-14
|
KE-15
|
14,28,42.
|
|
17
|
UAS
|
Khusus
|
Semua MHS
|
|
Ket. :
*) Jika makalah belum jadi ketika
diskusi, cukup membawa konsep saja, dan diskusi tetap berlangsung dengan tertib, Setiap kelompok harus menyerahkan
Soft Copy makalah yang didiskusikan dan sudah direvisi (pasca diskusi) dalam bentuk
CD/DVD.
**) Lihat Judul/Topik untuk judul
makalah yang ada dalam lampiran F.
***)
Nama pemakalah dapat dilihat
dalam Absensi kelas harian/pembagian nomor absen yang disepakati bersama.
Cat : Bagi yang bertugas presentasi tapi tidak hadir dianggap gugur
mengikuti Bahasa Arab-2,
dan
mengulang di semester berikutnya (semester genap).
JUDUL MAKALAH/PAPER/TUGAS KELOMPOK
BAHASA ARAB-2 KELAS PBI/SEMESTER-2
YANG HARUS
DIPRESENTASIKAN/DIDISKUSIKAN DI DALAM KELAS
No.
|
Nama Mahasiswa
|
Judul Makalah yang dipresentasikan
|
1
|
AMANAH ROSLINA
|
|
2
|
APRILIA AMANDA
|
|
3
|
ASMIYATI
|
|
4
|
CHANDRA PARAMITHA
|
|
5
|
DEVRIS INDRA YANUAR
|
|
6
|
DSERIL ERWIN
|
|
7
|
DWI ELISA
|
|
8
|
ELSA SUSILARINI
|
|
9
|
EZANI MUASHSHAF
|
|
10
|
FAIQOHTUL FAUZIAH R.
|
|
11
|
IDAH NURHOLILAH
|
|
12
|
JANATIN
|
|
13
|
INAYATI
|
|
14
|
ISNA FAHIMATUL KHALFIAH
|
|
15
|
IZA NURUL NAJAH
|
|
16
|
IZZA NUR MAULIDA
|
|
17
|
M FARIS ARROMAL
|
|
18
|
|
|
19
|
M. ARIF BUDIYANTO
|
|
20
|
MAEMUN SOBIROH
|
|
21
|
|
|
22
|
MUTHOHAROH
|
|
23
|
NIDYA GITA MUTIARA
|
|
24
|
|
|
25
|
NURUL FAUZIAH
|
|
26
|
NURYATUL KHIKMAH
|
|
27
|
|
|
28
|
SITI NURFADILAH
|
|
29
|
SITI NURJANAH
|
|
30
|
|
|
31
|
SULASIH
|
|
32
|
TERRISTIYA ARMI M
|
|
33
|
|
|
34
|
WANTI ARUM JANARI
|
|
35
|
WINDA NARULLITA
|
|
36
|
|
|
37
|
M. FRADIV MARU FENALDES
|
13. Majaz dan Tasbih (Ilmu
Balaghah) dalam bahasa Arab, bentuk dan aplikasinya
|
38
|
SITI HIMMATUL AULIYA
|
|
39
|
|
|
40
|
SRI MULYANI AZIZAH
|
|
41
|
TRI ASTUTI
|
|
42
|
|
|
43
|
|
Bergabung ke No. Absen 32, 33
|
44
|
|
|
45
|
|
|
46
|
|
|
Bumiayu,
26 Pebruari 2012.
Pengampu Mata Kuliah,
Isro, M.Ag.
JUDUL MAKALAH/PAPER/TUGAS KELOMPOK
BAHASA ARAB-2 KELAS PMAT/SEMESTER-2
YANG HARUS DIPRESENTASIKAN/DIDISKUSIKAN DI DALAM KELAS
No.
|
Nama Mahasiswa
|
Judul Makalah yang dipresentasikan
|
1
|
AFIPUDIN
|
|
2
|
ANITA PRILIA UTAMI
|
|
|
|
|
3
|
AZIMATURROHMAH
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
CATUR KESIT PUTRANTO
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
ELFIKA IFHANI
|
|
|
|
|
6
|
ELNA RAHMAWATI
|
|
7
|
ENDANG RAHMANA
|
|
|
|
|
8
|
EVA UTAMININGSIH
|
|
9
|
FIRGIAWAN ABDILLAH
|
|
|
|
|
10
|
HANA PUTRI ARIZKA
|
|
11
|
IDA FARLINI
|
|
|
|
|
12
|
IIS KHOERUNNISA
|
|
13
|
IKA YULIANI
|
|
|
|
|
14
|
INDRIWATI
|
|
15
|
MUHAMAD ABDULLOH
|
|
|
|
|
16
|
MUHAMMAD IBNU AQIL
|
|
17
|
SEKHU AMANNULLOH
|
|
|
|
|
18
|
SITI FITRIYANI
|
|
19
|
TAKWA TRI SUBEKTI
|
|
|
|
|
20
|
TITI NUR ROSFANI
|
|
21
|
UMI AENUN BAROROH
|
|
|
|
|
22
|
UNTARI PUJI ASTUTI
|
|
23
|
VIVI PUTRI ZULISTIYA RINI
|
|
|
|
|
24
|
YENI AYU RAHMAWATI
|
|
25
|
YUVITA YULIES VALENTINE PP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Bumiayu,
26 Pebruari 2012.
Pengampu Mata Kuliah,
Isro,
M.Ag.
JUDUL MAKALAH/PAPER/TUGAS KELOMPOK
BAHASA ARAB-2 KELAS PGSD-1/SEMESTER-2
YANG HARUS DIPRESENTASIKAN/DIDISKUSIKAN
DI DALAM KELAS
No.
|
Nama Mahasiswa
|
Judul Makalah yang dipresentasikan
|
1
|
AFIYATUN ISNAENI
|
|
2
|
AISYI ROHMATIKA
|
|
3
|
ASEP SAEPUL MILAH
|
|
4
|
BANGKIT TRIWIBOWO
|
|
5
|
DESIYANA R.H
|
|
6
|
DIAN RATNA SUMILAH
|
|
7
|
DIMAS GITA SAPUTRA
|
|
8
|
DITA RIZKI ARNILAH
|
|
9
|
DZIKRINA ISTIGHFAROH
|
|
10
|
EMMY CHANDRA MARIFAH
|
|
11
|
ERMA SASWINDARI
|
|
12
|
FINTHA NURRYA
|
|
13
|
IFANA AYU LESTARI
|
|
14
|
ISMA KHOIRU MASLAHATUL U
|
|
15
|
IZZATUN NAJAH
|
|
16
|
JAKHIYATUL FAHIROH
|
|
17
|
KHAIROTUNISA FITRI ARIFIA
|
|
18
|
KHANIFATUL HIKMAH
|
|
19
|
KORIAH
|
|
20
|
LAILA ZAKIYYAH Y
|
|
21
|
M. KHANIF ALFADILAH
|
|
22
|
MENTARI SISTIAWAN
|
|
23
|
NISAHATUN MUZAYAROH
|
|
24
|
NOVIANA KARTIKSARI
|
|
25
|
OKI DIYAH NUGRAHENI
|
|
26
|
PRIHASTIWI DWI WULANDARI
|
|
27
|
RIAU SAPUTRI AGUSTINA
|
|
28
|
RIZAN ELFANY
|
|
29
|
RIZKA DAMAYANTI
|
|
30
|
RIZKI SETIANI
|
|
31
|
RIZQA EKO WULANDARI
|
|
32
|
ROSTI HIDAYAH
|
|
33
|
SEPTRIANA W.U
|
|
34
|
SILVIA DANIYAR SAPUTRI
|
|
35
|
SINGGIH EKO YUDIANTORO
|
|
36
|
SRI WAHYUNI
|
|
37
|
SUSI SOPIYANTI
|
|
38
|
TOMI ANDRIYANTO
|
|
39
|
VIA NORMALITA SARI
|
|
40
|
YANA HERIYANTI
|
14. Redaksi Nama Surat Al-Qur’an Al-Karim, Arti,
Klasifikasi turunnya dan Jumlah Ayatnya. Redaksi Bahasa Arab untuk Kata yang
populer (kata benda, kata kerja dan lainnya)
yang ada dalam al-Qur’an.
|
41
|
YENI SULISTYANINGSIH
|
|
|
|
|
43
|
|
|
44
|
|
|
Bumiayu,
26 Pebruari 2012.
Pengampu Mata Kuliah,
Isro, M.Ag.
JUDUL MAKALAH/PAPER/TUGAS KELOMPOK
BAHASA ARAB-2 KELAS PGSD-2/SEMESTER-2
YANG HARUS
DIPRESENTASIKAN/DIDISKUSIKAN DI DALAM KELAS)
No.
|
Nama Mahasiswa
|
Judul Makalah yang dipresentasikan
|
1
|
AHMAD JALALUDIN
|
|
2
|
ANISAH
|
|
3
|
AZKY AFRIGHUDIN FURQON H
|
|
4
|
BENI RIZTIYANTO
|
|
5
|
CITA LISNAWATI
|
|
6
|
DESI LINA NURJANAH
|
|
7
|
DIAH RIANITA
|
|
8
|
DIANA WINANTI
|
|
9
|
DITA DWI PURNAMA SARI
|
|
10
|
DIYAN PUTRI PAHLAWATI
|
|
11
|
FAJAR HIKMAWAN
|
|
12
|
FERA YUSTIANA
|
|
13
|
FITA YULIATI
|
|
14
|
FITRIYANINGSIH
|
|
15
|
HENI RAHMAWATI
|
|
16
|
HESTI ANGGI YANI
|
|
17
|
IDA PURNAMASARI
|
|
|
|
|
18
|
IRMA SULISTIANTO
|
|
19
|
LAELA ROMADLON ZULFIATNI
|
|
|
|
|
20
|
LULU MUKHOYYAROH
|
|
21
|
M. ABDUL AZIS
|
|
22
|
M. ANANG HATIM
|
|
23
|
MUHAMAD HALALAH
|
|
24
|
MUHAMMAD ALI WARDANA
|
|
25
|
NURUL AFIFAH
|
|
26
|
PEBRIANINGSIH
|
|
27
|
PUTRI ADITYA NOVELI L
|
|
28
|
RAHMA WIJAYA K
|
|
29
|
REZA PAHLEVI PUTRI U
|
|
30
|
RIRIS FAJRIA RIZKIA
|
|
31
|
RIYAN FATUROHMAN
|
|
32
|
SHINTA ARUMSARI
|
|
33
|
SITI MASITOH
|
|
|
|
|
34
|
SITI MASROKHAH
|
|
35
|
SUSANTI
|
|
|
|
|
36
|
UMI HIDAYAH
|
|
37
|
ZUHROTUNNISA
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Bumiayu,
26 Pebruari 2012.
Pengampu Mata Kuliah,
Isro, M.Ag.
JUDUL MAKALAH/PAPER/TUGAS KELOMPOK
BAHASA ARAB-2 KELAS PGSD-3/SEMESTER-2
YANG HARUS DIPRESENTASIKAN/DIDISKUSIKAN DI DALAM KELAS
No.
|
Nama Mahasiswa
|
Judul Makalah yang dipresentasikan
|
1
|
|
|
2
|
AGUNG
EKO PRASETYO
|
|
3
|
ANI ROHAYANIAH
|
|
4
|
ARI IRAWAN
|
|
5
|
ASTI YUNIARTI
|
|
6
|
AZIS
SETIAWAN
|
|
7
|
BRYAN
PRIYO LAKSONO
|
|
8
|
DWI
ANISTI
|
|
9
|
EKA
RATNA SARI
|
|
10
|
FAISAL
BAHTIAR
|
|
11
|
FAIZ
HARYADI
|
|
12
|
FIKA KAMALUDIN
|
|
13
|
FUTEHATUL
AMALIA
|
|
14
|
GIGIH PRIYONO
|
|
15
|
HESTY TRI ANGGRAENI
|
|
16
|
IKA SETIA RAHMAWATI
|
|
17
|
M. TRI FIRMAN F
|
|
18
|
MAMBAHIJUL
FIRDAUS
|
|
19
|
MUHAJIRIN
|
|
20
|
MUHAMMAD
ADZILLA MU
|
|
21
|
MUHAMMAD
SEFUDIN
|
|
22
|
NAFIATUL
KHAERIYAH
|
|
23
|
NIA
RENI RUDIASIH
|
|
24
|
NOK
NURHAYATI
|
|
25
|
NURAFRIATUN
MUSLIAH
|
|
26
|
PUJI
SISWATI
|
|
27
|
RIZKA
KHASANAH
|
|
28
|
SEPTIANA
TIFFANI ASTRI D
|
|
29
|
SHINTA
FITRIANI
|
|
30
|
SITI KHALIMAH
|
|
31
|
SUDIANI
|
|
32
|
TANTI PURWANTI
|
|
33
|
TUSRIYANI
|
|
34
|
UDIN
AFIPUDIN
|
|
35
|
WAHYU
DWI ANTORO
|
|
|
WINDI MARLIANA DEWI
|
|
36
|
YOSSI
PRATIWI
|
|
37
|
ZANUAR FAISAL UMAM
|
|
|
|
|
38
|
ADE
HERI KURNIAWAN
|
|
39
|
YUNI
CHAEERUNNISA
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Bumiayu,
26 Pebruari 2012.
Pengampu Mata Kuliah,
Isro, M.Ag.
JUDUL MAKALAH/PAPER/TUGAS KELOMPOK
BAHASA ARAB-2 KELAS PGSD-4/SEMESTER-2
YANG HARUS DIPRESENTASIKAN/DIDISKUSIKAN DI DALAM KELAS
No.
|
Nama Mahasiswa
|
Judul Makalah yang dipresentasikan
|
1
|
AMIR
|
|
2
|
ANA LAELA ROHMAWATI
|
|
3
|
ARMAN SUBAKTI
|
|
4
|
ASTA PUTRI ANGGREANI
|
|
5
|
ATI SALIS SABRINA
|
|
6
|
CAHYANINGTYAS TRI WIJI U
|
|
7
|
CUT NOVELIA SELLIYAN
|
|
|
|
|
8
|
DARYANTI
|
|
9
|
DEDI SANTOSA
|
|
10
|
DEKA LISWIANA
|
|
11
|
DEVI AYU PRATIWI
|
|
12
|
DEWI RAKHMAWATI
|
|
13
|
Lu'lu Mukhtaroh
|
|
14
|
DIDI INDRAMAWAN
|
|
15
|
DIDING WRASONGKO
|
|
16
|
EVI NURUL MARIZA
|
|
17
|
FARIZ KURNIA ROHMAN
|
|
18
|
FITRI HIJRIYANI
|
|
19
|
HENI WAHYUNINGSIH
|
|
20
|
HERNI ERAWATI
|
|
21
|
HERY ANA ARY LESTARY
|
|
|
|
|
22
|
INDRAWATI
|
|
23
|
KORIAH
|
|
24
|
MARSIH
|
|
25
|
NADA FAZIA ROSALBA
|
|
26
|
NIA ROVATI IRHANINGTYAS
|
|
27
|
NUR LISTIOWATI
|
|
28
|
RETNO SUNDAWATI
|
|
29
|
RIMA TRI NURHAYATI
|
|
30
|
ROBIT HILMI NAHIB
|
|
31
|
SITI ANITA SARI
|
|
32
|
Izza Vidiyati
|
|
33
|
SITI NUR AFNI
|
|
34
|
SRI SETIA NINGSIH
|
|
35
|
SUKMA PERMANA
|
|
36
|
SUNITI
|
|
37
|
ULFAH NURUL UMMATIN
|
|
38
|
UMMI NURUL FATHONAH
|
|
39
|
WULAN SEKAR ASRI
|
|
40
|
YADI SUBEKTI
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Bumiayu,
26 Pebruari 2012.
Pengampu Mata Kuliah,
Isro, M.Ag.
JUDUL MAKALAH/PAPER/TUGAS INDIVIDU
BAHASA ARAB-2 KELAS PGSD1/SEMESTER-2
DIKUMPULKAN BERSAMA DENGAN LEMBAR UAS
No.
|
Nama Mahasiswa
|
Judul Makalah Individu
|
1
|
AFIYATUN ISNAENI
|
Iqra’ AMM jenis, metode dan cara
pembelajarannya.
|
2
|
AISYI ROHMATIKA
|
Qiroati Semarang jenis, metode
dan cara pembelajarannya.
|
3
|
ASEP SAEPUL MILAH
|
Al-baghdady jenis, metode dan
cara pembelajarannya.
|
4
|
BANGKIT TRIWIBOWO
|
Waqaf dalam al-Qur’an, bentuk dan aplikasinya.
|
5
|
DESIYANA R.H
|
Idzhar dalam bacaan al-Qur’an dan aplikasinya.
|
6
|
DIAN RATNA SUMILAH
|
Ikhfa dalam bacaan
al-Qur’an dan aplikasinya.
|
7
|
DIMAS GITA SAPUTRA
|
Idgham dalam bacaan al-Qur’an
dan aplikasinya.
|
8
|
DITA RIZKI ARNILAH
|
Iqlab dalam bacaan
al-Qur’an dan aplikasinya.
|
9
|
DZIKRINA ISTIGHFAROH
|
Mad dalam bacaan
al-Qur’an dan aplikasinya.
|
10
|
EMMY CHANDRA MARIFAH
|
Qalqalah dalam bacaan
al-Qur’an dan aplikasinya.
|
11
|
ERMA SASWINDARI
|
Redaksi do’a-do’a dalam Shalat bagi umat Islam.
|
12
|
FINTHA NURRYA
|
Redaksi do’a-do’a
harian Umat
Islam dan aplikasinya.
|
13
|
IFANA AYU LESTARI
|
Keutamaan, adab membaca Al-Qur’an bagi umat Islam.
|
14
|
ISMA KHOIRU MASLAHATUL U
|
Al-Tasrif (10 derivasi kata), bentuk dan aplikasinya.
|
15
|
IZZATUN NAJAH
|
Fi’il menurut kandungan huruf, bentuk dan aplikasinya.
|
16
|
JAKHIYATUL FAHIROH
|
Tashrif Fi’il Madhi
semua dhamir, dan aplikasinya.
|
17
|
KHAIROTUNISA FITRI ARIFIA
|
Tashrif fi’il ‘Amr,
bentuk, dan aplikasinya.
|
18
|
KHANIFATUL HIKMAH
|
Isim Fa’il, bentuk, dan
aplikasinya.
|
19
|
KORIAH
|
‘Adad Ma’dud/bilangan bahasa Arab, bentuk dan
aplikasinya
|
20
|
LAILA ZAKIYYAH Y
|
Redaksi percakapan Bahasa Arab kegiatan sehari-hari.
|
21
|
M. KHANIF ALFADILAH
|
Majaz dalam
bahasa Arab, bentuk dan aplikasinya.
|
22
|
MENTARI SISTIAWAN
|
Tasbih dalam bahasa Arab, bentuk dan aplikasinya.
|
23
|
NISAHATUN MUZAYAROH
|
Redaksi Nama Surat/ayat Al-Qur’an Arti, klsfksi
turunnya.
|
24
|
NOVIANA KARTIKSARI
|
Redaksi Bahasa Arab untuk Kata Benda disekitar kita.
|
25
|
OKI DIYAH NUGRAHENI
|
Saktah, isymam, imalah dalam al-Qur’an.
|
26
|
PRIHASTIWI DWI WULANDARI
|
Bacaan-bacaan yang disunatkan ketika membaca al-Qur’an.
|
27
|
RIAU SAPUTRI AGUSTINA
|
Sujud tilawah dan ayat-ayatnya.
|
28
|
RIZAN ELFANY
|
Faidah dan adab membaca do’a-do’a
harian Umat
Islam.
|
29
|
RIZKA DAMAYANTI
|
Wudhu (bersuci dari hadats kecil) dan tata caranya.
|
30
|
RIZKI SETIANI
|
Qira’ah sab’ah/7 dialek yang dibolehkan Rasulullah.
|
31
|
RIZQA EKO WULANDARI
|
Tashrif Mudhare semua dhamir, dan aplikasinya.
|
32
|
ROSTI HIDAYAH
|
Tashrif fi’il
Nahyi, bentuk, dan aplikasinya.
|
33
|
SEPTRIANA W.U
|
Tashrif fi’il
Mu’tal, bentuk, dan aplikasinya.
|
34
|
SILVIA DANIYAR SAPUTRI
|
Tashrif fi’il
Sahih, bentuk, dan aplikasinya.
|
35
|
SINGGIH EKO YUDIANTORO
|
Isim Makan, bentuk, dan aplikasinya.
|
36
|
SRI WAHYUNI
|
Isim Zaman, bentuk dan aplikasinya.
|
37
|
SUSI SOPIYANTI
|
Isim Alat, bentuk dan aplikasinya.
|
38
|
TOMI ANDRIYANTO
|
Pengaruh Ilmu Bayan dalam berbicara, tulisan, pidato,
dls.
|
39
|
VIA NORMALITA SARI
|
Al-Fashahah dalam ilmu retorika/keindahan bahasa.
|
40
|
YANA HERIYANTI
|
Al-Ushlub dalam ilmu retorika/keindahan bahasa.
|
41
|
YENI SULISTYANINGSIH
|
Qiroati Semarang jenis, metode
dan cara pembelajarannya.
|
Bumiayu, 26
Pebruari 2012.
Pengampu Mata
Kuliah,
Isro, M.Ag.
JUDUL MAKALAH/PAPER/TUGAS INDIVIDU
BAHASA ARAB-2 KELAS PGSD2/SEMESTER-2
DIKUMPULKAN BERSAMA DENGAN LEMBAR UAS
No.
|
Nama Mahasiswa
|
Judul Makalah Individu
|
1
|
AHMAD JALALUDIN
|
Iqra’ AMM jenis, metode dan cara
pembelajarannya.
|
2
|
ANISAH
|
Qiroati Semarang jenis, metode
dan cara pembelajarannya.
|
3
|
AZKY AFRIGHUDIN FURQON H
|
Al-baghdady jenis, metode dan
cara pembelajarannya.
|
4
|
BENI RIZTIYANTO
|
Waqaf dalam al-Qur’an, bentuk dan aplikasinya.
|
5
|
CITA LISNAWATI
|
Idzhar dalam bacaan al-Qur’an dan aplikasinya.
|
6
|
DESI LINA NURJANAH
|
Ikhfa dalam bacaan
al-Qur’an dan aplikasinya.
|
7
|
DIAH RIANITA
|
Idgham dalam bacaan
al-Qur’an dan aplikasinya.
|
8
|
DIANA WINANTI
|
Iqlab dalam bacaan
al-Qur’an dan aplikasinya.
|
9
|
DITA DWI PURNAMA SARI
|
Mad dalam bacaan
al-Qur’an dan aplikasinya.
|
10
|
DIYAN PUTRI PAHLAWATI
|
Qalqalah dalam bacaan
al-Qur’an dan aplikasinya.
|
11
|
FAJAR HIKMAWAN
|
Redaksi do’a-do’a dalam Shalat bagi umat Islam.
|
12
|
FERA YUSTIANA
|
Redaksi do’a-do’a
harian Umat
Islam dan aplikasinya.
|
13
|
FITA YULIATI
|
Keutamaan, adab membaca Al-Qur’an bagi umat Islam.
|
14
|
FITRIYANINGSIH
|
Al-Tasrif (10 derivasi kata), bentuk dan aplikasinya.
|
15
|
HENI RAHMAWATI
|
Fi’il menurut kandungan huruf, bentuk dan aplikasinya.
|
16
|
HESTI ANGGI YANI
|
Tashrif Fi’il Madhi
semua dhamir, dan aplikasinya.
|
17
|
IDA PURNAMASARI
|
Tashrif fi’il ‘Amr,
bentuk, dan aplikasinya.
|
18
|
IRMA SULISTIANTO
|
Isim Fa’il, bentuk, dan
aplikasinya.
|
19
|
KHUSNA KAMILATUN M
|
‘Adad Ma’dud/bilangan bahasa Arab, bentuk dan
aplikasinya
|
20
|
LAELA NUR CAHYATI
|
Redaksi percakapan Bahasa Arab kegiatan sehari-hari.
|
21
|
LAELA ROMADLON ZULFIATNI
|
Majaz dalam
bahasa Arab, bentuk dan aplikasinya.
|
22
|
LULU MUKHOYYAROH
|
Tasbih dalam bahasa Arab, bentuk dan aplikasinya.
|
23
|
M. ABDUL AZIS
|
Redaksi Nama Surat/ayat Al-Qur’an Arti, klsfksi
turunnya.
|
24
|
M. ANANG HATIM
|
Redaksi Bahasa Arab untuk Kata Benda disekitar kita.
|
25
|
MUHAMAD HALALAH
|
Saktah, isymam, imalah dalam al-Qur’an.
|
26
|
MUHAMMAD ALI WARDANA
|
Bacaan-bacaan yang disunatkan ketika membaca al-Qur’an.
|
27
|
NURUL AFIFAH
|
Sujud tilawah dan ayat-ayatnya.
|
28
|
PEBRIANINGSIH
|
Faidah dan adab membaca do’a-do’a
harian Umat
Islam.
|
29
|
PUTRI ADITYA NOVELI L
|
Wudhu (bersuci dari hadats kecil) dan tata caranya.
|
30
|
RAHMA WIJAYA K
|
Qira’ah sab’ah/7 dialek yang dibolehkan Rasulullah.
|
31
|
REZA PAHLEVI PUTRI U
|
Tashrif Mudhare semua dhamir, dan aplikasinya.
|
32
|
RIRIS FAJRIA RIZKIA
|
Tashrif fi’il
Nahyi, bentuk, dan aplikasinya.
|
33
|
RIYAN FATUROHMAN
|
Tashrif fi’il
Mu’tal, bentuk, dan aplikasinya.
|
34
|
SHINTA ARUMSARI
|
Tashrif fi’il
Sahih, bentuk, dan aplikasinya.
|
35
|
SITI MASITOH
|
Isim Makan, bentuk, dan aplikasinya.
|
36
|
SITI MASROKHAH
|
Isim Zaman, bentuk dan aplikasinya.
|
37
|
SUSANTI
|
Isim Alat, bentuk dan aplikasinya.
|
38
|
UMI HIDAYAH
|
Pengaruh Ilmu Bayan dalam berbicara, tulisan, pidato,
dls.
|
39
|
ZUHROTUNNISA
|
Al-Fashahah dalam ilmu retorika/keindahan bahasa.
|
40
|
|
Al-Ushlub dalam ilmu retorika/keindahan bahasa.
|
41
|
|
Al-Balaghah dalam ilmu retorika/keindahan bahasa.
|
Bumiayu, 26
Pebruari 2012.
Pengampu Mata
Kuliah,
Isro, M.Ag.
JUDUL MAKALAH/PAPER/TUGAS INDIVIDU
BAHASA ARAB-2 KELAS PGSD3/SEMESTER-2
DIKUMPULKAN BERSAMA DENGAN LEMBAR UAS
No.
|
Nama Mahasiswa
|
Judul Makalah Individu
|
1
|
ADE
HERI KURNIAWAN
|
Iqra’ AMM jenis, metode dan cara
pembelajarannya.
|
2
|
AGUNG
EKO PRASETYO
|
Qiroati Semarang jenis, metode
dan cara pembelajarannya.
|
3
|
ANI ROHAYANIAH
|
Al-baghdady jenis, metode dan
cara pembelajarannya.
|
4
|
ARI IRAWAN
|
Waqaf dalam al-Qur’an, bentuk dan aplikasinya.
|
5
|
ASTI YUNIARTI
|
Idzhar dalam bacaan al-Qur’an dan aplikasinya.
|
6
|
AZIS
SETIAWAN
|
Ikhfa dalam bacaan
al-Qur’an dan aplikasinya.
|
7
|
BRYAN
PRIYO LAKSONO
|
Idgham dalam bacaan
al-Qur’an dan aplikasinya.
|
8
|
DWI
ANISTI
|
Iqlab dalam bacaan
al-Qur’an dan aplikasinya.
|
9
|
EKA
RATNA SARI
|
Mad dalam bacaan
al-Qur’an dan aplikasinya.
|
10
|
FAISAL
BAHTIAR
|
Qalqalah dalam bacaan
al-Qur’an dan aplikasinya.
|
11
|
FAIZ
HARYADI
|
Redaksi do’a-do’a dalam Shalat bagi umat Islam.
|
12
|
FIKA KAMALUDIN
|
Redaksi do’a-do’a
harian Umat
Islam dan aplikasinya.
|
13
|
FUTEHATUL
AMALIA
|
Keutamaan, adab membaca Al-Qur’an bagi umat Islam.
|
14
|
GIGIH PRIYONO
|
Al-Tasrif (10 derivasi kata), bentuk dan aplikasinya.
|
15
|
HESTY TRI ANGGRAENI
|
Fi’il menurut kandungan huruf, bentuk dan aplikasinya.
|
16
|
IKA SETIA RAHMAWATI
|
Tashrif Fi’il Madhi
semua dhamir, dan aplikasinya.
|
17
|
M. TRI FIRMAN F
|
Tashrif fi’il ‘Amr,
bentuk, dan aplikasinya.
|
18
|
MAMBAHIJUL
FIRDAUS
|
Isim Fa’il, bentuk, dan
aplikasinya.
|
19
|
MUHAJIRIN
|
‘Adad Ma’dud/bilangan bahasa Arab, bentuk dan
aplikasinya
|
20
|
MUHAMMAD
ADZILLA MU
|
Redaksi percakapan Bahasa Arab kegiatan sehari-hari.
|
21
|
MUHAMMAD
SEFUDIN
|
Majaz dalam
bahasa Arab, bentuk dan aplikasinya.
|
22
|
NAFIATUL
KHAERIYAH
|
Tasbih dalam bahasa Arab, bentuk dan aplikasinya.
|
23
|
NIA
RENI RUDIASIH
|
Redaksi Nama Surat/ayat Al-Qur’an Arti, klsfksi
turunnya.
|
24
|
NOK
NURHAYATI
|
Redaksi Bahasa Arab untuk Kata Benda disekitar kita.
|
25
|
NURAFRIATUN
MUSLIAH
|
Saktah, isymam, imalah dalam al-Qur’an.
|
26
|
PUJI
SISWATI
|
Bacaan-bacaan yang disunatkan ketika membaca al-Qur’an.
|
27
|
RIZKA
KHASANAH
|
Sujud tilawah dan ayat-ayatnya.
|
28
|
SEPTIANA
TIFFANI ASTRI D
|
Faidah dan adab membaca do’a-do’a
harian Umat
Islam.
|
29
|
SHINTA
FITRIANI
|
Wudhu (bersuci dari hadats kecil) dan tata caranya.
|
30
|
SITI KHALIMAH
|
Qira’ah sab’ah/7 dialek yang dibolehkan Rasulullah.
|
31
|
SUDIANI
|
Tashrif Mudhare semua dhamir, dan aplikasinya.
|
32
|
TANTI PURWANTI
|
Tashrif fi’il
Nahyi, bentuk, dan aplikasinya.
|
33
|
TUSRIYANI
|
Tashrif fi’il
Mu’tal, bentuk, dan aplikasinya.
|
34
|
UDIN
AFIPUDIN
|
Tashrif fi’il
Sahih, bentuk, dan aplikasinya.
|
35
|
WAHYU
DWI ANTORO
|
Isim Makan, bentuk, dan aplikasinya.
|
36
|
WINDI MARLIANA DEWI
|
Isim Zaman, bentuk dan aplikasinya.
|
37
|
YOSSI
PRATIWI
|
Isim Alat, bentuk dan aplikasinya.
|
38
|
YUNI
CHAEERUNNISA
|
Pengaruh Ilmu Bayan dalam berbicara, tulisan, pidato,
dls.
|
39
|
ZANUAR FAISAL UMAM
|
Al-Fashahah dalam ilmu retorika/keindahan bahasa.
|
40
|
|
Al-Ushlub dalam ilmu retorika/keindahan bahasa.
|
Bumiayu, 26
Pebruari 2012.
Pengampu Mata
Kuliah,
Isro, M.Ag.
JUDUL MAKALAH/PAPER/TUGAS INDIVIDU
BAHASA ARAB-2 KELAS PGSD4/SEMESTER-2
DIKUMPULKAN BERSAMA DENGAN LEMBAR UAS
No.
|
Nama Mahasiswa
|
Judul Makalah Individu
|
1
|
AMIR
|
Iqra’ AMM jenis, metode dan cara
pembelajarannya.
|
2
|
ANA LAELA ROHMAWATI
|
Qiroati Semarang jenis, metode
dan cara pembelajarannya.
|
3
|
ARMAN SUBAKTI
|
Al-baghdady jenis, metode dan
cara pembelajarannya.
|
4
|
ASTA PUTRI ANGGREANI
|
Waqaf dalam al-Qur’an, bentuk dan aplikasinya.
|
5
|
ATI SALIS SABRINA
|
Idzhar dalam bacaan al-Qur’an dan aplikasinya.
|
6
|
CAHYANINGTYAS TRI WIJI U
|
Ikhfa dalam bacaan
al-Qur’an dan aplikasinya.
|
7
|
CUT NOVELIA SELLIYAN
|
Idgham dalam bacaan
al-Qur’an dan aplikasinya.
|
8
|
DANI SARA SAHTI
|
Iqlab dalam bacaan
al-Qur’an dan aplikasinya.
|
9
|
DARYANTI
|
Mad dalam bacaan al-Qur’an
dan aplikasinya.
|
10
|
DEDI SANTOSA
|
Qalqalah dalam bacaan
al-Qur’an dan aplikasinya.
|
11
|
DEKA LISWIANA
|
Redaksi do’a-do’a dalam Shalat bagi umat Islam.
|
12
|
DEVI AYU PRATIWI
|
Redaksi do’a-do’a
harian Umat
Islam dan aplikasinya.
|
13
|
DEWI RAKHMAWATI
|
Keutamaan, adab membaca Al-Qur’an bagi umat Islam.
|
14
|
DIAN CAHYA MAYANG S
|
Al-Tasrif (10 derivasi kata), bentuk dan aplikasinya.
|
15
|
DIDI INDRAMAWAN
|
Fi’il menurut kandungan huruf, bentuk dan aplikasinya.
|
16
|
DIDING WRASONGKO
|
Tashrif Fi’il Madhi
semua dhamir, dan aplikasinya.
|
17
|
EVI NURUL MARIZA
|
Tashrif fi’il ‘Amr,
bentuk, dan aplikasinya.
|
18
|
FARIZ KURNIA ROHMAN
|
Isim Fa’il, bentuk, dan
aplikasinya.
|
19
|
FITRI HIJRIYANI
|
‘Adad Ma’dud/bilangan bahasa Arab, bentuk dan
aplikasinya
|
20
|
HENI WAHYUNINGSIH
|
Redaksi percakapan Bahasa Arab kegiatan sehari-hari.
|
21
|
HERNI ERAWATI
|
Majaz dalam
bahasa Arab, bentuk dan aplikasinya.
|
22
|
HERY ANA ARY LESTARY
|
Tasbih dalam bahasa Arab, bentuk dan aplikasinya.
|
23
|
HETY PRIATIN
|
Redaksi Nama Surat/ayat Al-Qur’an Arti, klsfksi turunnya.
|
24
|
INDRAWATI
|
Redaksi Bahasa Arab untuk Kata Benda disekitar kita.
|
25
|
KORIAH
|
Saktah, isymam, imalah dalam al-Qur’an.
|
26
|
MARSIH
|
Bacaan-bacaan yang disunatkan ketika membaca al-Qur’an.
|
27
|
NADA FAZIA ROSALBA
|
Sujud tilawah dan ayat-ayatnya.
|
28
|
NIA ROVATI IRHANINGTYAS
|
Faidah dan adab membaca do’a-do’a
harian Umat
Islam.
|
29
|
NUR LISTIOWATI
|
Wudhu (bersuci dari hadats kecil) dan tata caranya.
|
30
|
RETNO SUNDAWATI
|
Qira’ah sab’ah/7 dialek yang dibolehkan Rasulullah.
|
31
|
RIMA TRI NURHAYATI
|
Tashrif Mudhare semua dhamir, dan aplikasinya.
|
32
|
ROBIT HILMI NAHIB
|
Tashrif fi’il
Nahyi, bentuk, dan aplikasinya.
|
33
|
SITI ANITA SARI
|
Tashrif fi’il
Mu’tal, bentuk, dan aplikasinya.
|
34
|
SITI MASRIPAH
|
Tashrif fi’il
Sahih, bentuk, dan aplikasinya.
|
35
|
SITI NUR AFNI
|
Isim Makan, bentuk, dan aplikasinya.
|
36
|
SRI SETIA NINGSIH
|
Isim Zaman, bentuk dan aplikasinya.
|
37
|
SUKMA PERMANA
|
Isim Alat, bentuk dan aplikasinya.
|
38
|
SUNITI
|
Pengaruh Ilmu Bayan dalam berbicara, tulisan, pidato,
dls.
|
39
|
ULFAH NURUL UMMATIN
|
Al-Fashahah dalam ilmu retorika/keindahan bahasa.
|
40
|
UMMI NURUL FATHONAH
|
Al-Ushlub dalam ilmu retorika/keindahan bahasa.
|
41
|
VIVI SIKHATUL AFIYAH
|
Al-Balaghah dalam ilmu retorika/keindahan bahasa.
|
42
|
WULAN SEKAR ASRI
|
Tahfid al-Qur’an : metode dan fadhilahnya.
|
43
|
YADI SUBEKTI
|
MTQ : sejarah
dan urgensinya bagi umat Islam.
|
44
|
Izza Vidiyati
|
Redaksi Nama Surat/ayat Al-Qur’an Arti, klsfksi
turunnya.
|
45
|
Lu'lu Mukhtaroh
|
Al-Balaghah dalam ilmu retorika/keindahan bahasa.
|
Bumiayu, 26
Pebruari 2012.
Pengampu Mata
Kuliah,
Isro, M.Ag.
JUDUL MAKALAH/PAPER/TUGAS INDIVIDU
BAHASA ARAB-2 KELAS PBI/SEMESTER-2
DIKUMPULKAN BERSAMA DENGAN LEMBAR UAS
No.
|
Nama Mahasiswa
|
Judul Makalah Individu
|
1
|
AMANAH ROSLINA
|
Iqra’ AMM jenis, metode dan cara
pembelajarannya.
|
2
|
APRILIA AMANDA
|
Qiroati Semarang jenis, metode
dan cara pembelajarannya.
|
3
|
ASMIYATI
|
Al-baghdady jenis, metode dan
cara pembelajarannya.
|
4
|
CHANDRA PARAMITHA
|
Waqaf dalam al-Qur’an, bentuk dan aplikasinya.
|
5
|
DEVRIS INDRA YANUAR
|
Idzhar dalam bacaan al-Qur’an dan aplikasinya.
|
6
|
DSERIL ERWIN
|
Ikhfa dalam bacaan
al-Qur’an dan aplikasinya.
|
7
|
DWI ELISA
|
Idgham dalam bacaan
al-Qur’an dan aplikasinya.
|
8
|
ELSA SUSILARINI
|
Iqlab dalam bacaan
al-Qur’an dan aplikasinya.
|
9
|
EZANI MUASHSHAF
|
Mad dalam bacaan
al-Qur’an dan aplikasinya.
|
10
|
FAIQOHTUL FAUZIAH R.
|
Qalqalah dalam bacaan
al-Qur’an dan aplikasinya.
|
11
|
IDAH NURHOLILAH
|
Redaksi do’a-do’a dalam Shalat bagi umat Islam.
|
12
|
INAYATI
|
Redaksi do’a-do’a
harian Umat
Islam dan aplikasinya.
|
13
|
|
Keutamaan, adab membaca Al-Qur’an bagi umat Islam.
|
14
|
ISNA FAHIMATUL KHALFIAH
|
Al-Tasrif (10 derivasi kata), bentuk dan aplikasinya.
|
15
|
IZA NURUL NAJAH
|
Fi’il menurut kandungan huruf, bentuk dan aplikasinya.
|
16
|
IZZA NUR MAULIDA
|
Tashrif Fi’il Madhi
semua dhamir, dan aplikasinya.
|
17
|
JANATIN
|
Tashrif fi’il ‘Amr,
bentuk, dan aplikasinya.
|
18
|
M FARIS ARROMAL
|
Isim Fa’il, bentuk, dan
aplikasinya.
|
19
|
M. ARIF BUDIYANTO
|
‘Adad Ma’dud/bilangan bahasa Arab, bentuk dan
aplikasinya
|
20
|
M. FRADIV MARU FENALDES
|
Redaksi percakapan Bahasa Arab kegiatan sehari-hari.
|
21
|
MAEMUN SOBIROH
|
Majaz dalam
bahasa Arab, bentuk dan aplikasinya.
|
22
|
MUTHOHAROH
|
Tasbih dalam bahasa Arab, bentuk dan aplikasinya.
|
23
|
NIDYA GITA MUTIARA
|
Redaksi Nama Surat/ayat Al-Qur’an Arti, klsfksi
turunnya.
|
24
|
NURCAHYO ADI PUTRA
|
Redaksi Bahasa Arab untuk Kata Benda disekitar kita.
|
25
|
NURUL FAUZIAH
|
Saktah, isymam, imalah dalam al-Qur’an.
|
26
|
NURYATUL KHIKMAH
|
Bacaan-bacaan yang disunatkan ketika membaca al-Qur’an.
|
27
|
SITI HIMMATUL AULIYA
|
Sujud tilawah dan ayat-ayatnya.
|
28
|
SITI NURFADILAH
|
Faidah dan adab membaca do’a-do’a
harian Umat
Islam.
|
29
|
SITI NURJANAH
|
Wudhu (bersuci dari hadats kecil) dan tata caranya.
|
30
|
SRI MULYANI AZIZAH
|
Qira’ah sab’ah/7 dialek yang dibolehkan Rasulullah.
|
31
|
SULASIH
|
Tashrif Mudhare semua dhamir, dan aplikasinya.
|
32
|
TERRISTIYA ARMI M
|
Tashrif fi’il
Nahyi, bentuk, dan aplikasinya.
|
33
|
TRI ASTUTI
|
Tashrif fi’il
Mu’tal, bentuk, dan aplikasinya.
|
34
|
WANTI ARUM JANARI
|
Tashrif fi’il
Sahih, bentuk, dan aplikasinya.
|
35
|
WINDA NARULLITA
|
Isim Makan, bentuk, dan aplikasinya.
|
36
|
ZYTA AMALIA
|
Isim Zaman, bentuk dan aplikasinya.
|
37
|
KIKY SUPRIYATIN
|
Isim Alat, bentuk dan aplikasinya.
|
|
Pengaruh Ilmu
Bayan dalam berbicara, tulisan, pidato, dls.
|
|
39
|
|
Al-Fashahah
dalam ilmu retorika/keindahan bahasa.
|
40
|
|
Al-Ushlub
dalam ilmu retorika/keindahan bahasa.
|
41
|
|
Al-Balaghah
dalam ilmu retorika/keindahan bahasa.
|
42
|
|
Tahfid al-Qur’an : metode dan fadhilahnya.
|
43
|
|
MTQ : sejarah
dan urgensinya bagi umat Islam.
|
Bumiayu, 26
Pebruari 2012.
Pengampu Mata
Kuliah,
Isro, M.Ag.
JUDUL MAKALAH/PAPER/TUGAS INDIVIDU
BAHASA ARAB-2 KELAS PMAT/SEMESTER-2
No.
|
Nama Mahasiswa
|
Judul Makalah Individu
|
1
|
AFIPUDIN
|
Iqra’ AMM jenis, metode dan cara
pembelajarannya.
|
2
|
ANITA PRILIA UTAMI
|
Qiroati Semarang jenis, metode
dan cara pembelajarannya.
|
3
|
AZIMATURROHMAH
|
Al-baghdady jenis, metode dan
cara pembelajarannya.
|
4
|
CATUR KESIT PUTRANTO
|
Waqaf dalam al-Qur’an, bentuk dan aplikasinya.
|
5
|
ELFIKA IFHANI
|
Idzhar dalam bacaan al-Qur’an dan aplikasinya.
|
6
|
ELNA RAHMAWATI
|
Ikhfa dalam bacaan
al-Qur’an dan aplikasinya.
|
7
|
ENDANG RAHMANA
|
Idgham dalam bacaan
al-Qur’an dan aplikasinya.
|
8
|
EVA UTAMININGSIH
|
Iqlab dalam bacaan
al-Qur’an dan aplikasinya.
|
9
|
FIRGIAWAN ABDILLAH
|
Mad dalam bacaan
al-Qur’an dan aplikasinya.
|
10
|
SITI FITRIYANI
|
Qalqalah dalam bacaan
al-Qur’an dan aplikasinya.
|
11
|
HANA PUTRI ARIZKA
|
Redaksi do’a-do’a dalam Shalat bagi umat Islam.
|
12
|
IDA FARLINI
|
Redaksi do’a-do’a
harian Umat
Islam dan aplikasinya.
|
13
|
IIS KHOERUNNISA
|
Keutamaan, adab membaca Al-Qur’an bagi umat Islam.
|
14
|
IKA YULIANI
|
Al-Tasrif (10 derivasi kata), bentuk dan aplikasinya.
|
15
|
INDRIWATI
|
Fi’il menurut kandungan huruf, bentuk dan aplikasinya.
|
16
|
MUHAMAD ABDULLOH
|
Tashrif Fi’il Madhi
semua dhamir, dan aplikasinya.
|
17
|
MUHAMMAD IBNU AQIL
|
Tashrif fi’il ‘Amr, bentuk, dan
aplikasinya.
|
18
|
SEKHU AMANNULLOH
|
Isim Fa’il, bentuk, dan
aplikasinya.
|
19
|
|
‘Adad Ma’dud/bilangan bahasa Arab, bentuk dan
aplikasinya
|
20
|
TAKWA TRI SUBEKTI
|
Redaksi percakapan Bahasa Arab kegiatan sehari-hari.
|
21
|
TITI NUR ROSFANI
|
Majaz dalam
bahasa Arab, bentuk dan aplikasinya.
|
22
|
UMI AENUN BAROROH
|
Tasbih dalam bahasa Arab, bentuk dan aplikasinya.
|
23
|
UNTARI PUJI ASTUTI
|
Redaksi Nama Surat/ayat Al-Qur’an Arti, klsfksi
turunnya.
|
24
|
VIVI PUTRI ZULISTIYA RINI
|
Redaksi Bahasa Arab untuk Kata Benda disekitar kita.
|
25
|
YENI AYU RAHMAWATI
|
Saktah, isymam, imalah dalam al-Qur’an.
|
26
|
YUVITA YULIES VALENTINE PP
|
Bacaan-bacaan yang disunatkan ketika membaca al-Qur’an.
|
27
|
|
Sujud tilawah dan ayat-ayatnya.
|
28
|
|
Faidah dan adab membaca do’a-do’a
harian Umat
Islam.
|
29
|
|
Wudhu (bersuci dari hadats kecil) dan tata caranya.
|
30
|
|
Qira’ah sab’ah/7 dialek yang dibolehkan Rasulullah.
|
31
|
|
Tashrif Mudhare semua dhamir, dan aplikasinya.
|
32
|
|
Tashrif fi’il
Nahyi, bentuk, dan aplikasinya.
|
33
|
|
Tashrif fi’il
Mu’tal, bentuk, dan aplikasinya.
|
34
|
|
Tashrif fi’il
Sahih, bentuk, dan aplikasinya.
|
35
|
|
Isim Makan, bentuk, dan aplikasinya.
|
36
|
|
Isim Zaman, bentuk dan aplikasinya.
|
37
|
|
Isim Alat, bentuk dan aplikasinya.
|
38
|
|
Pengaruh Ilmu Bayan dalam berbicara, tulisan, pidato,
dls.
|
39
|
|
Al-Fashahah dalam ilmu retorika/keindahan bahasa.
|
40
|
|
Al-Ushlub dalam ilmu retorika/keindahan bahasa.
|
Bumiayu, 26
Pebruari 2012.
Pengampu Mata
Kuliah,
Isro,
M.Ag.
FORMAT PEMBUATAN TUGAS/PAPER/MAKALAH INDIVIDU
Adapun Isi Paper/Makalah/Tugas Individu harus memenuhi
ketentuan sbb. :
1. Pendahuluan (Penjelasan
tentang ruang lingkup judul yang akan
dibahas).
2. Latar belakang masalah atau
problem yang akan dipecahkan/dibahas harus jelas.
3. Uraian pembahasan sesuai
dengan sub-sub pembahasan yang diajukan dalam masalah/problem yang ada dalam
latar belakang.
4. Disertai analisis dari sumber
lain disamping mahasiswa pemakalah.
5. Penutup (Berisi kesimpulan,
urgensi pembahasan dan saran-saran/masukan).
6. Bentuk penulisan: a. Memakai
font TNR-12, Calibri-12, atau Tahoma 11 untuk teks Bahasa Indonesia, dan font
Nash Juria atau font Arabic standar untuk teks bahasa Arab. b. Margin kanan
kiri ukuran standar dan spasi rangkap. c. Bila ada kutipan gunakan cakak (foot
note) atau body note).
7. Referensi (mengenai data
buku; judul, Jilid buku, pengarang, tahun, penerbit, cetakan, penerjemah).
8. Jumlah makalah yang dibuat minimal
9 lembar.
9. Pengumpulan
tugas/makalah/paper dalam bentuk hard copy (dijilid rapi, ukuran kertas
A4/Letter).
FORMAT MAKALAH
COVER DEPAN *)
PENDAHULUAN
LATAR BELAKANG
MASALAH/PROBLEM YANG AKAN DIBAHAS
TELAAH PUSTAKA
BILA PERLU
URAIAN
PEMBAHASAN
ANALISIS
PENUTUP: KESIMPULAN/SARAN/URGENSI
PEMBAHASAN
LITERARTUR
Catatan :
*)JudUL, logo
STKIP, Nama mahasiswa+Prodi+NIM, nama pengampu mata kuliah, dan paling bawah
nama lembaga kampus STKIP, Alamat, tahun.
SELAMAT BELAJAR!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar