SEKOLAH
TINGGI ILMU TARBIYAH (STIT) BREBES
JURUSAN
TARBIYAH/PROGDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI)
Alamat
Korcab: MAN BREBES 2 LAREN BUMIAYU BREBES 52273.
PANDUAN PERKULIAHAN MEDIA PENGAJARAN
Pengampu: Isro, M.Ag.
A. Sasaran
Mata Kuliah ini
didesain untuk memahami, mengenal, mengadakan analisis kritis terhadap
seluk-beluk yang berkaitan dengan “Media Pengajaran”. Dengan demikian,
mahasiswa akan mampu: 1). Memperluas, memahami konsep dan pengertian Media
Pengajaran dari media yang sederhana sampai media tercanggih saat ini. 2).
Mengerti dan memahami perkembangan media Pengajaran seiring dengan perkembangan
IPTEK. 3). Mengerti dan memahami ruang
lingkup serta karakteristik Media Pengajaran yang digunakan dalam pelaksanaan proses
belajar mengajar saat ini.
Mengingat mata
kuliah ini termasuk mata kuliah dasar khusus (MKDK), maka kuliah ini hanya
bersifat pengantar, tidak membahas Media Pengajaran secara detail. Kuliah ini
sekedar memberikan arahan dan pengantar bagi para mahasiswa untruk mengungkap
lebih rinci dan detail terhadap masalah yang berkaitan dengan media Pengajaran.
Mahasiswa sendirilah yang nantinya akan mendalami baik secara mandiri
(otodidak) maupun secara kelompok (kolektif).
B. Sistem Perkuliahan
Perkuliahan ini
dilakukan atas asumsi bahwa mahasiswa adalah sosok individu yang memiliki
kemandirian belajar, karena itu perkuliahan ini pada dasarnya untuk
mengaktifkan, menggairahkan dan meningkatkan kemampuan belajar mandiri.
Sehingga untuk perkuliahan melalui ceramah dikurangi semaksimal mungkin. Sebagai
gantinya mahasiswa diarahkan untuk mendiskusikan tema-tema yang ada secara
serius.
Untuk itu, maka
diwajibkan kepada masing-masing mahasiswa (baik secara perorangan atau group)
menulis satu makalah/paper untuk dipresentasikan. Dan makalah tersebut hendaknya
dibuat rangkap/digandakan secukupnya (untuk peserta dan pengampu mata kuliah).
Makalah/paper tersebut selanjutnya dipresentasikan paling lama 15 menit untuk
selanjutnya didiskusikan di dalam ruang kuliah dengan tertib.
C. Sistem Penilaian
1. Absensi/partisipasi
kelas (kehadiran dan kontribusi pemikiran dalam diskusi 25 %.
2. Makalah (presentasi dan
revisi) 15 %
3. Tugas Mandiri (sesuai
situasi dan kondisi) 15 %.
4. Mid semester 20 %.
5. Ujian akhir 25 %.
D. Cara Penulisan Paper/Makalah
Makalah/Paper yang
ditulis dan dipresentasikan harus mengikuti prosedur sebagai berikut:
1. Pendahuluan (suatu
problem/masalah yang akan dijawab/dibahas).
2. Pengertian (sub-sub
yang akan dibahas harus dijelaskan secara singkat).
3. Pembahasan (jawaban
problem/pembahasan dari literatur/buku-buku).
4. Analisis/argumentasi
(jawaban yang diutarakan sebagai orisinalitas pandangan dari penulis makalah/paper
yang bersangkutan).
5. Kesimpulan/penutup
(bukan ringkasan makalah/paper, melainkan ulasan singkat mengenai problem
solving terhadap masalah yang ada.
6. Bentuk penulisan: a).
Memakai font 12 (TNR) atau Tahoma 11. b. Margin kanan kiri ukuran standar. c.
Bila ada kutipan gunakan cakak (foot note bukan body note atau end note).
7. Referensi (mengenai
data buku; judul, pengarang, tahun, penerbit, cetakan, penerjemah).
E. Manajemen Waktu Kuliah
Waktu perkuliahan
setiap pertemuan untuk alokasi waktu 60/100 menit, dengan perincian sebagai
berikut:
1. Preparasi 5/10 menit
2. Presentasi
makalah/paper 10/20 menit
3. Tanya Jawab 30/40 menit
4. Masukan pengampu mata
kuliah 15/30 menit
F. Ragam Tema diskusi (Silaby)
Lihat lampiran
G. Penutup
Panduan ini
disusun dengan harapan dapat menjadi acuan proses perkuliahan Media Pengajaran
dan juga dapat berfungsi sebagai jembatan untuk mencapai tujuan akhir dari
perkuliahan ini.
Bumiayu, 3 September
2009.
Pengampu Mata
Kuliah,
Isro,
M.Ag.
Lampiran
F.
SILABI MEDIA PENGAJARAN
TOPIK BAHASAN
1. PENGERTIAN MEDIA (pengertian Media Pendidikan, Landasan
Teoritis penggunaan, Media Pendidikan, Ciri-Ciri Media Pendidikan). Ref. No.2,
hal. 1-12. (Pertemuan ke-1).
2. PEMAHAMAN TENTANG FUNGSI MEDIA PENDIDIKAN Ref. No.2, hal. 15-28. (Pertemuan ke-2).
3. KRITERIA PEMILIHAN MEDIA
Ref. No.1, hal. 85-98. dan Ref. No.2, hal. 67-80. (Pertemuan ke-3).
4. PENGENALAN BERBAGAI MEDIA DI LINGKUNGAN SEKOLAH Ref.
No.2, hal. 29-66. (Pertemuan ke-4).
5. PENGENALAN BERBAGAI MEDIA ELEKTRONIK Ref. No.2, hal. 29-66.
(Pertemuan ke-5).
6. JENIS DAN KARAKTERISTIK MEDIA Ref. No.1, hal. 19-82. (Pertemuan ke-6).
7. PEMBUATAN MEDIA PENDIDIKAN SEDERHANA Ref. No.1, hal.
207-330. (Pertemuan ke-7).
8. PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR Ref.
No.2, hal. 101-104. (Pertemuan ke-8).
9. LATIHAN MEMILIH MEDIA Ref. No.1, hal. 83-84. dan Ref.
No.2, hal. 67-80. (Pertemuan ke-9).
10. PENGGUNAAN MEDIA PENDIDIKAN Ref. No.2, hal. 81-96. (Pertemuan
ke-10).
11. PENGEMBANGAN MEDIA PENDIDIKAN Ref. No.2, hal. 105-172. (Pertemuan
ke-11).
12. EVALUASI MEDIA PEMBELAJARAN Ref. No.2, hal. 173-188. (Pertemuan
ke-12).
13. MID SEMESTER
(Pertemuan khusus).
14. SEMESTER AKHIR (Pertemuan Khusus).
REFERENSI
1. Arif Sadiman, dkk, Media Pendidikan, Jakarta, CV Rajawali,
1990, Cet-11.
2. Azhar Arsyad, Media Pembelajaran, Jakarta, Raja
Grapindo Persada, 2007, Cet-1.
3. Yusuf Hadi Miarso, Media Intruksional, Jakarta, Pusat TKPK,
Depdikbud, 1985, Cet-8.
4. Dan Sumber lain yang
menunjang.
JUDUL TUGAS PEMBUATAN MAKALAH
YANG DIDISKUSIKAN DAN
DIKUMPULKAN *)
NO.
|
JUDUL/TOPIK **)
|
PERTEMUAN
|
PEMAKALAH
NO. ABSEN: ***)
|
KET.
|
1
|
KE-1
|
KE-2
|
1,13,25,37
|
|
2
|
KE-2
|
KE-2
|
2,14,26,38
|
|
3
|
KE-3
|
KE-3
|
3,15,27,39
|
|
4
|
KE-4
|
KE-4
|
4,16,28,40
|
|
5
|
KE-5
|
KE-5
|
5,17,29,41
|
|
6
|
KE-6
|
KE-6
|
6,18,30,42
|
|
7
|
KE-7
|
KE-7
|
7,19,31,43
|
|
8
|
KE-8
|
KE-8
|
8,20,32,44
|
|
9
|
KE-9
|
KE-9
|
9,21,33,45
|
|
10
|
KE-10
|
KE-10
|
10,22,34,46
|
|
11
|
KE-11
|
KE-11
|
11,23,35,47
|
|
12
|
KE-12
|
KE-12
|
12,24,36,48
|
|
Ket. :
*) Jika makalah belum jadi ketika
diskusi, cukup membawa konsep saja, makalah harus sudah diserahkan kepada
pengampu mata kuliah paling lambat sebelum semester akhir.
**) Lihat Judul/Topik untuk judul
makalah yang ada dalam lampiran F.
***) Nama pemakalah dapat dilihat
dalam Absensi kelas harian, untuk memudahkan penilaian makalah cantumkan no.
Absen dan nama pemakalah ybs.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar